Monday, November 7, 2016

Tips Menjaga Traffic Blog Ala Mami Ubii


Tips menjaga traffic blog ala Mami Ubii. Ada beberapa teman yang nanya gimana kok blog saya ramai. Selama ini biasanya saya jawab, "Aduh, gimana ya. Aku juga bingung.." Bukan karena niat hati mau pelit. Tapi sungguh saya bingung gimana jawabnya. Soalnya saya nggak pernah yang dengan sengaja merumuskan tips-tips tertentu untuk kemudian saya praktikkan. Semuanya bener-bener sambil jalan aja. Learning by doing kalau mau sok keminggris nya.


Makanya waktu Mak Ety, emak blogger dari Solo, meminta saya mengisi Arisan Ilmu KEB Solo, aduh saya nggak pede setengah mati lah. Setelah dikomporin sama Mak Indah Juli baru saya berani ngiyain. Walau belum jadi sih karena belom nemu waktu yang pas. **sok iyes, sok sibuque**

Jadi yaudah saya jembreng di sini aja, yes!

Btw, saya MEMANG KEPENGIN blog saya menghasilkan duit mangkanya saya kepengin blog saya rame. Jadi, kalau kalian emang masih memfungsikan blog 'hanya' untuk melepas unek-unek, curhat, dan stress therapy TANPA pengin menghasilkan duit, which is sah-sah aja, yaudah nggak perlu sengoyo ini pun juga nggak masyalah.

Emang saya selama ini learning by doing. Tapi kalau saya pikir-pikirin beneran, ternyata bisa juga saya simpulkan menjadi beberapa tips di bawah ini. 


1) Bangun branding

Menurut saya, branding itu penting banget supaya pembaca ngeh dan bisa membedakan kita dari blogger yang lain. Sekaligus untuk kasih gambaran ke pembaca kira-kira bahasan/hal-hal apa saja yang mereka akan temukan di blog kita. 

Awal saya ngeblog, kayaknya saya masih di parenting/family doank. Tapi makin ke sini, saya memperluas dengan parenting special needs juga karena image saya dikenal sebagai Mami dari Ubii yang punya kebutuhan khusus. Makanya saya juga ngerombak header blog saya, ditambahin figur Ubii yang duduk di kursi roda dan pakai alat bantu dengar, biar aura special needs nya makin kerasa.



Designed by Nahla www.haloterong.com yang tidak munafik. LOL.

Baca: Silly Convo #3: Nahla Tidak Munafik

Jadi pembaca bisa bayangin kalau mampir ke blog Diari Mami Ubii ini mereka bakal nemuin apa, ya seputar parenting, family, pernikahan, dan anak berkebutuhan khusus. Tema besar ini toh nyatanya masih bisa banget dijembreng lagi ke kegiatan anak, mainan-mainan DIY, review buku anak, review film keluarga, dan lain-lain.

Untuk menemukan branding yang tepat, saya nggak bisa merumuskan gimana. Kayaknya it takes time deh. Soalnya dulu saya juga nggak yang ujug-ujug bisa dikenal as Mami Ubii. Sambil lihat-lihat aja hal apa dari diri kita yang menonjol/bisa bikin orang penasaran pengin tau/kita nya nyaman dikenal dengan itu. Good luck finding yours!


2) Setia dengan niche blog

Ini masih erat kaitannya sama branding kalau buat saya. Setelah dikenal sebagai blogger yang suka ngemeng parenting/family, ya saya setia di niche itu untuk blog Diari Mami Ubii ini. Benefitnya masih sama, pembaca blog ini jadi tau harus expect apa. Saya juga lebih bisa membaca keinginan pembaca.

Setia dengan niche blog berarti saya juga pilih-pilih event dan sponsored post. Kalau sekiranya nggak parenting/family tapi masih bisa saya sambung-sambungin ke dunia saya as a mom, saya masih mau. Tapi kalau saya ngerasa event atau sponsored post offer nya blas nggak bisa saya sambungin, biasanya saya emoh. Misal ada event otomotif peluncuran motor balap terbaru. Kalau saya diundang hadir dengan dibayar gede pun rasa-rasanya saya bakal tetep nolak karena ya itu menurut saya nggak nyambung banget. Saya nggak bisa nyambungin motor balap ke dunia parenting/family. 

Baru-baru ini saya dapat sponsored post smartphone di mana saya dikasih smart phone untuk direview. Sebelum saya terima, saya nanya dulu. Ini boleh nggak kalau saya ngereview dengan gaya ala Mami Ubii? Atau harus review yang sophisticated sampai ngulas spec nya yang apalah apalah gitu? Ternyata boleh review nya ala Mami Ubii. Makanya saya terima. And I swear that's challenging! LOL.


Pokoknya kalau buat saya setia sama niche itu penting! Cari celahnya aja supaya bisa disambungin. Misal saya ngereview hotel, ya tetep saya kasih personal touch dengan cerita bahwa di hotel itu saya liburan sama Adit dan anak-anak. Find a way lah pokoknya yah.


Coba intip-intip bloggers lain yang juga sudah menemukan branding dan setia sama niche blog nya seperti:

Mei Wulandari - www.meiwulandari.com


Saya mengenal Mei sebagai sosok guru yang ngeblog. Jadi kalau saya mampir ke blog Mei, ya saya expect cerita tentang kegiatannya sebagai guru. Dan ya emang Mei suka cerita hal-hal seputar itu seperti saat dia cerita tentang proses akreditasi sekolahnya, fakta tentang guru, simulasi kebakaran, dan lain-lain.

Ulu (Nurul) - www.bandungdiary.id


Salah satu blog favorit yang saya ngerasa branding dan niche nya udah konsisten banget!

Carolina Ratri - www.carolinaratri.com


No comments needed. Jempolan banget ini Mba Carra ngebranding blognya.

Dani Rachmat - www.danirachmat.com


Kalau di Mas Dani, saya expect tulisan seputar keuangan/ekonomi/bisnis yang dikemas dengan bahasa yang nggak ribet dan buat saya branding Mas Dani udah cukup kuat di situ.

Sebenernya banyak lagi, tapi mereka berempat are on my top list. Kalau saya jembreng semua-mua-muanya, postingan ini bakal sepanjang apaaaaaaaaaaaaaaaaaa....

...aaaaaaaaaaaaaaaaaaa...

...aaaaaaaaaaaaaaaaaaa...


3) Know and interact with your audience 

Selama ini source pengunjung terbanyak yang mampir ke blog saya ternyata adalah dari Facebook. Teman-teman Facebook saya jauh lebih banyak yang bukan blogger ketimbang yang ngeblog. Thank God, mayoritas ibu-ibu/keluarga. Jadi ya emang pas sama tema blog ini. Saya juga jadi bisa ngeraba mereka maunya ditulisin tentang apa.

Sesekali, buka pertanyaan juga untuk mereka, mau request tulisan apa nih. So far, karena mereka adalah ibu-ibu, ya yang direquest emang cocok-cocok aja kalau saya realisasikan jadi tulisan di sini. Saat sudah nulis request tema dari mereka, jangan lupa mention/tag mereka juga and don't forget to say thank you.

Dengan begitu pembaca akan merasa diperhatikan dan diperlakukan kayak temen.


4) Socmed sharing

Saya cukup rajin share tulisan saya ke media sosial especially Facebook (karena source terbesar dari FB) dan Instagram. Belakangan ini udah jarang ke Twitter karena..... saya suka lupa. HAHAHAH.

Untuk share ke Instagram kan butuh foto yah. Jadi kalau saya upload foto ke IG yang sekiranya nyambung sama sebuah tulisan, sekalian saya jembreng link nya. Misalnya ini:


Dan biasanya IG posts saya selalu linked to FB dan Twitter juga.

Untuk Instagram, saya suka memanfaatkan hestek juga. Tapi #DiariMamiUbii harus ada dan selalu saya taroh sebagai hestek pertama. Biar orang ngeh sama branding dan blog saya.


5) Konsisten update

Ya gimana mau traffic blognya bagus kalau update blog 2 minggu sekali doank atau malah sebulan sekali atau bahkan lebih dari sebulan sekali.

Saya juga kadang bingung mau nulis apaan di blog. Di situ lah saya dapat benefit dari setia dengan niche. Pas nggak punya ide sama sekali, kadang saya bikin status FB, "Enaknya nulis apaan, yaaahh?" Biasanya saya jadi dapat at least 1 request dan itu bisa jadi bahan deh.

Kalau pas no idea sama sekali dan nggak ada yang request apa pun, simply buka-buka timeline atau berita aja. Kira-kira apa nih yang lagi banyak diomongin orang. Kalau sekiranya hot topic nya emang bisa saya sambungin ke sini yah saya tulis.

Sebenernya bukan berarti saya cuman nulis di tema parenting/family sih. Kadang nulis juga tentang blogging atau apa lah whatever I feel like writing it. Tapi kalo tema nya melenceng banget, saya tetep batasi. Biar out of niche nya nggak keseringan.

Saya sering ditanya, "Kok sempet sih sering update blog padahal Ubii terapi nya almost tiap hari gitu?" Jawabannya karena saya selalu nyicil ngedraft. Jadi misal saya kepikiran satu tema, ya saya tulis dulu di note smartphone mau nulis apa aja tentang tema itu. Atau, saya nyicil cari foto pendukung yang sesuai dan nyicil edit (whether nerangin atau simply kasih watermark). Terus, saya suka begadang. Saya nggak bisa tidur di bawah jam 12. Anak-anak sudah tidur jam 9 atau 10. Jadi malam-malam saya menyempurnakan draft.


6) Bikin giveaway

Dulu pas saya awal-awal joined komunitas blogging, yang banyak saya temui adalah giveaway yang mengharuskan peserta bikin blogpost dan di dalamnya ngelink ke blogpost si penyelenggara. Cara itu emang bagus sih, ya. Kita jadi bisa dapat links dari bloggers yang ikutan giveaway kita. Minus nya, peserta yang ikut terbatas cuman di kalangan bloggers aja.

Tapi, saya liat-liat belakangan ini bloggers makin selektif dalam ikut giveaway atau lomba. Apalagi yang modelnya harus bikin blogpost. Banyak pertimbangan sih biasanya. Bisa karena hadiah dirasa kurang menggoda, deadline mepet, bingung mau nulis apaan, dan lain-lain.

Alasan di atas plus alasan personal saya cuman bisa sediain hadiah giveaway sederhana akhirnya mendorong saya bikin giveaway yang sepele-sepele. Biasanya cuman dengan komen di blog atau komen di media sosial saya aja (especially Instagram yang sering saya pakai untuk hold giveaway).

Emang saya jadi nggak dapat link apa-apa. Tapi, biasanya giveaway di Instagram selalu mendatangkan followers baru. Dengan followers bertambah, otomatis audience saya share link postingan blog di Instagram pun makin bertambah juga. Jumlah yang mampir ke blog jadi bertambah kan.

Kalau saya bikin giveaway di Instagram, biasanya yang ikut lumayan banyak. Padahal hadiahnya kecil banget, cuman buku doank. Kenapa banyak yang ikut? Ya soalnya gampang. Bisanya saya kasih pertanyaan yang sepele aja. Cara ikutan pun gampang karena cukup dengan komen dan mention beberapa teman, nggak perlu repost-repost (kalau emang hadiahnya cuman dikit).


Benefit lain dari ngadain giveaway adalah bisa jadi sarana berinteraksi dengan followers kita di Instagram. Karena blog dan Instagram saya niche nya family banget, jadi followers saya mayoritas ibu-ibu. Dan ibu-ibu itu pasti suka ikut kuis-kuis an apalagi yang gampang.

***

Kayaknya 6 hal itu yang selama ini saya terbiasa lakukan. Yuk tambahin dan ikut sharing juga kalau kalian gimanaa?

Tambahan:

Untuk bloggers yang kepengin memonetize blognya dengan sponsored post, better punya media kit yang berisi profil blog, media sosial, traffic, dan lain-lain. Udah punya belom?


Saya bikin media kit saya pakai Piktochart. Cara bikin, tips, dan hal-hal yang perlu included dalam media kit saya jembreng di postingan lain yah.

Baca: Contoh Media Kit untuk Blogger dengan Piktochart

Sharing is caring!


Love,




67 comments:

  1. Replies
    1. Yang penting setia sama Papa Juna #eaa

      Delete
  2. Aw aw aw... Kerenlah kakak satu ini... Aku malah skrg abim tidur aq ngantuk ikut tidur... Kl netekin atau nina boboin abim blm tidur emaknya yg uda merem duluan wkwkwk... Kapan ngedraftnya ya ini kakak :(

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah bikin giveaway, pengen nyoba tapi masih belum berani hehee .

    ReplyDelete
  4. Kereen tulisannya �� jadi pengen setia juga.. *padahal update blog masih sebulan sekali, huhu

    ReplyDelete
  5. Poin no. 4 itu masalahku banget. Sering nulis, tapi suka lupa share ke sosmed. >.<

    ReplyDelete
  6. Problemku sekarang adalah update :)
    Paling seminggu sekali di hari Senin, hari-hari lain kebanyakan ngantuknya :D

    ReplyDelete
  7. Makasih Mami... Aku baru baru mau ngerimbak blogku nih biar nggak gado-gado. Pas banget sama posti.postingan ini. Sangat membantu. Makasih Mami ;)

    ReplyDelete
  8. keren tulisannnya, semoga saya bisa konsisten update. ngelist ide rajin banget, tapi mulai nulisnya kadang kalo udah liat laptop udah ngantuk duluan.

    ReplyDelete
  9. Aku slalu suka bacaaa postingan2 mu ^o^. Soalnya beda ama parenting lain yg bhasanya lbh berat, punyamu santai dan bikin pgn baca sampe abis ;).. yg tulisan adit apalagi ;D. Bahasanya nendang ! :D

    ReplyDelete
  10. Keren mami ubi :) media kit nya juga suka ^^
    Makasih ya mak ^^

    ReplyDelete
  11. Update blog di jadwal yang sama kayaknya masih peer buat aku. Belum sanggup.. huhuhu :(. Kalo malam udah capek n males ngetik2. Palingan BW. Daaaan aku belum pernah bikin giveaway juga. Hahaha... penting juga ternyata ya :D.

    ReplyDelete
  12. Aku ga bs begadang. Kadang malah aku duluan tidur daripada anakku. Ha-ha-ha

    (Jangan ditiru. Sangat berbahaya, kecuali ada orang dewasa lain yg bisa ngawasin anak saat emaknya tidur)

    ReplyDelete
  13. Soal niche, blogku masih acakadut nih, mau dibawa kemana blog aku? *malah galau* :) TFS, mak Gesi..sukses selalu.. :)

    ReplyDelete
  14. Sejak vakum blog ku pageviewnya berkurang seribu, Mbak. Sedih banget. Tapi ya iyalah, orang gak diurusin! Huahahah :D

    Tertatih-tatih nih ngurus blog lagi. Hiks. :'

    ReplyDelete
  15. Makasih pencerahannya ya gesii :*

    ReplyDelete
  16. bangun branding.. itu yg susah banget bagiku mbak. soalnya aku orangnya suka terombang-ambing, halah, maksudnya gak konsisten..

    ReplyDelete
  17. Blog favorit Mami Ubii yang aku nggak tau cuma Mei Wulandari. Abis ini mampir ah.
    Btw tidur di atas jam 12 bangun paginya jam berapa??? Aku tidur maleman dikit pasti paginya teler *___*

    ReplyDelete
  18. aku masih ngebangun brand nih mba Gesy...heuheu mencari jati diri

    ReplyDelete
  19. Mbak...aku takut lihat pageviewnya

    ReplyDelete
  20. Thank you for sharing, mbak Gesi. Bermanfaat banget nih buat diimplementasikan :)

    ReplyDelete
  21. Noted banget. Semoga suatu waktu bisa mengekor mba grace..

    ReplyDelete
  22. Fokus pada niche tertentu emng penting bgt ya mbak

    ReplyDelete
  23. Gessiiiiiii.... awal baca ini aku langsung mikir, kalau Gessi kan niche nya parenting, tentang abk, pernikahan dll, kalau aku apa ya? Kayaknya tentang guru yang suka ngeblog deh, buakakakaka.
    Pas scroll-scroll ke bawah eh ternyata ya ampuuuuuuun.. ada blogku, ada namaku. Mimpi apa semalam nama blogku nongkrong di blognya Mami Ubiiii... uuuuu
    Kecup basah muaaach muaaach
    Makasih ya Ges :)
    I'm very happy!!!!!!!!!
    Btw aku kenal km juga karena cerita2mu soal keluarga dan antek2nya.
    Miss u
    *kok jadi panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buahahahaha. Jadi aku ditraktir apa udah bikin kamu hepi? :p Iya kok, aku ingatnya image guru yang ngeblog kalau denger atau baca nama Mei Wulandari.

      Delete
  24. Jadi bingung sendiri habis baca ini

    ReplyDelete
  25. Aku belajar darimu, mba. Banyak yang mau dibenahi.

    Nice sharing. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mba. Glad to know it's useful! :*

      Delete
  26. setia sih.. tapi kadang banyak silent reader..

    ReplyDelete
    Replies
    1. So what? Nggak masalah, Mba. Readers blog ku juga lebih banyak yg silent kok daripada yang komen :)

      Delete
  27. Berguna banget mami ubiii. Belum konsisten soal niche blogging, masih gado-gado gitu, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takes time dan yang penting konsisten update dulu mba Lisna :*

      Delete
    2. Iyesss time and consistency ya mamiii. Noted. Mamaci sharingnya yaaa.. :*

      Delete
  28. Give away belum pernah nih ...
    Bingung mau bikin give away-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin giveaway nggak harus juga sih, Mba. Aku cuman share yang aku lakuin aja. But kalau mau bikin giveaway, bisa kok yang gampang-gampang aja, kayak misal peserta suruh komen di postingan blog or sosmed. Pertanyaannya juga bisa yang gampang yg masih nyambung sama postingan yg mba Levina tulis :*

      Delete
  29. Tipsnya mantep, terutama soal branding. Siiip

    ReplyDelete
  30. thank youuuu tips-nya Grace, pas banget nih, lagi pengen naikin traffic blog...

    ReplyDelete
  31. Thanks mba sharingnya. Part tersulit adalan konsisten pada niche. Karena sampe skrg, blog aku blm ber-niche sama sekali. Masih gado2. Bingung mau pake niche apa *_*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Wian! Salam kenal. Menemukan niche yang pas kayaknya emang takes time, IMHO based on my experience. Pelan-pelan aja, Mba :) Atau coba nanya ke beberapa temen untuk masukan dan pandangan dari mereka :)

      Delete
  32. Menyerap ilmu dari post ini. Informatif sekali

    ReplyDelete
  33. Sejak ngeblog 2012 sampai sekarang, cumilebay ngak pernah bikin GA #SudahLupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeee. Situ mah udah nggak perlu ngadain GA juga udah banjir views dehhhhh >.< Huff

      Delete
  34. Saya setuju memang hrs konsisten nulisnya. Mau bikin media kit tapi kok yo belom pede krn follower blom membludak kyk mbak hehehe

    ReplyDelete
  35. Thanks banget Mami Ubi. Aku jadi mikir untuk lebih fokus. Apalagi blogku masih unyu unyu

    ReplyDelete
  36. Selalu sukaak sama tukisan kaka cantik satu ini

    ReplyDelete
  37. Makasih Tipsnya Mbak Gracee :D
    Kukira membangun branding itulah yang paling susah. Namun sejauh ini masih menikmati blog dengan senang hati dan itu yang paling penting :)

    ReplyDelete
  38. makasih tipsnya mami ubii.. berarti saya masih kurang konsisten :-)

    ReplyDelete
  39. Keceeeeee
    Belajar banyaklah aku baca postingan ini
    Akunya sih yg belun bisa konsisten nulis. Udahlah postingnya jarang, sekalinya posting suka males ngeshare ke medsos huhuhu

    ReplyDelete
  40. niche blog ini yg gak aku punya, juga konsistensi, juga media kitnya. halah banyak bener peernya. hiks. tp tq udah share mama ubi. :)

    ReplyDelete
  41. Niche ya, mbak.
    Hmmm gado- gado banget punyaku 🙈🙈🙈

    ReplyDelete
  42. Niche blog ga punya huhu masih campur sari isinya ����.

    ReplyDelete
  43. Sampai saat ini blogku masih gado-gado (abis gado-gado enak sih.....). Mudah-mudahan nanti bisa konsisten kayak blog-nya mami ubii.

    ReplyDelete
  44. Nice info mbak.. mau aq praktekin terutama soal branding.. klo giveaway malah aq lg tahap persiapan ini,lg ngunpulin sponsor utk support GAku, baru nyadar jg klo bs naikin traffic stlh baca ini. Buat tmn2 yg laen, mampir ya k blogku, ikutan GAnya yg dimulai insyAllah minggu dpn, hadiahnya mcm2.. *maaf jd promosi

    ReplyDelete
  45. Seminggu biasanya nulis berapa artikel mami ubi?

    ReplyDelete
  46. Sampe sekarang belum nemuin branding yang cocok ka Gesi. Masih nulis-nulis aja, blogwalking blogwalking aja *tapi pengen dapet duit dari ngeblog haiyaaaa hohooo

    ReplyDelete
  47. Butuh waktu ya buat tetapkan branding hehehe. Untuk bikin GA, diagendakan dulu, sambil nabung dulu lah.

    ReplyDelete
  48. aku masih bingung niche aku apa mbak, masih gado-gado soalnya. Ngebranding itu butuh waktu. Makasih ya mbak tips-tipsnya, bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  49. Blogger favorit dan inspiratif deh buat aku. Sejak hp ku hilamg dan punya anak,seringnya malah ngedraf.
    Makasih sharingmya mak^^

    ReplyDelete
  50. You're so humble, mami Grace. Ini juga yg bikin saya dan mungkin banyak orang senang untuk kongkow di blog-nya mami Grace 😀

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...