Monday, October 17, 2016

Family Staycation di The Alana Hotel Yogyakarta

Family Staycation di The Alana Hotel Yogyakarta. Sabtu sampai Senin, 8-10 Oktober 2016 kemarin, saya, Adit, dan anak-anak staycation di The Alana Hotel Yogyakarta. Jujur saja, awalnya kami nggak berencana menginap di The Alana, melainkan di Harper Mangkubumi yang sudah jadi langganan kami.


Tapi ternyata Hotel Harper Mangkubumi nya fully booked. Nggak dapat kamar. Jadi kami cari hotel apa saja yang sekiranya punya available room yang cocok untuk keluarga. Tanggal 8 Oktober bertepatan dengan HUT Yogyakarta. Jadi banyak hotel yang penuh. Syukurlah, The Alana Hotel masih ada room. 


Dan, kami sama sekali nggak nyesel karena hotelnya super nice!

The Alana Hotel terletak di Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 7. Lumayan jauh dari tempat-tempat yang biasanya kami datangi bersama anak-anak. Mana lagi kalau bukan mall. Hahaha.


Soalnya di mall kan komplit. Mau makan banyak pilihan, playground dan games untuk Ubii plus Aiden juga banyak, dan mau beli apa juga ada. Mungkin itu sedikit minusnya dari selera kami yang keluarga mall. But, the rest of the hotel sangat memuaskan!

Here goes the review.

Lobby

Super duper luas!


Sofa dan kursi untuk menunggu juga banyak banget. Kayaknya nggak bakal deh kehabisan tempat duduk di sini.


Sambil menunggu proses check in, kami disuguhi welcome drink and snack. Welcome drink nya kayak ada rasa jahe nya gitu kalau nggak salah. Snack nya onde-onde isi kacang hijau.




Lift

Ada tiga lift di setiap lantai.


Karena saya dapat kamar di lantai 17, jadi nunggunya lumayan lama. But it's okay lah. Nggak yang lama-lama banget juga sebenernya. Begitu keluar dari lift, kami disuguhi pemandangan seperti ini.


Itu kayaknya pengharum ruangan deh, tapi versi mehong. Hahaha, LOL. Dan ada juga pamflet-pamflet informasi kegiatan dan event The Alana Hotel Yogyakarta.


Kamar

Kami menempati kamar tipe Executive Suite, nomor 1706. Really laff it! Luas banget. Cocok untuk bawa anak-anak.


Ada dua ruangan/area yang dibatasi dengan pintu.

Area pertama: toilet, dining table, living room, dan work desk.

Dining table nya punya 4 kursi. Kaki-kaki mejanya ada semacam cermin nya gitu. Ubii seneng banget ngaca-ngaca di situ lalu cekikikan sendiri. *____*

Saat kami tiba, sudah ada complimentary di dining table berupa cokelat, anggur, dan jeruk sunkist.


Di belakang dining table, ada rak tempat fridge bar dan tea/coffee maker. Dalam fridge bar ada tiga minuman: coke (yeay!), Mizone, dan sari jeruk. Dan ada snack SoyJoy. They're for free! Horray! I love free things. Saya pecinta gretongan. **nggak penting tapi penting**

Electric kettle nya kepake banget karena saya harus bikinin susu untuk anak-anak. Wadah-wadah susu, tupperware, sendok, dan makanan instan anak-anak saya letakkan di area tea/coffee maker.


Living room

Sofa warna orange ini kami jadikan tempat ngaso-ngaso sambil ngemil dan nonton TV. Persis di living room ini ada TV-HD flat screen dengan banyak pilihan channel. Sayang, channel anak-anaknya cuman Cartoon Network, yang nggak gitu menarik kan buat anak-anak. Lagian jokes di Cartoon Network juga kayaknya buat adults deh. Buat anak-anak nggak lucu lah pokoknya. Macam Baby-TV atau Disney Channel gitu nggak ada. Huhuhu. WHYYY.


Meja pendeknya dari kayu yang kokoh. Jadi meja nya dipanjat-panjatin sama Aiden. Ada dua laci di meja. Ubii cukup terhibur dengan buka-tutup laci nya.


Bed

Queen-sized bed ini menampung saya, Adit, dan Aiden.


Tadinya saya mau pesan extra bed. Ternyata, nggak perlu karena Ubii bisa tidur di sofa yang saya pepetkan ke kasur begini.


Sofa nya nyaman kok. Jadi nggak masalah Ubii atau Adit tidur di sofa. Malam pertama sebenernya Ubii tidur di kasur bareng saya dan Aiden. Tapi, Aiden ini kalau bobok suka pencilakan. Sering kaki nya nendang kepala Ubii dan bikin Ubii jadi kebangun-bangun. Alhasil, malam kedua, Ubii yang bobok di sofa deh.


Bathroom

I love the bathroom! Ada bathtub dan area shower nya.

Sebenernya kami sudah bawa bak mandi anak-anak yang lumayan gede. Ternyata nggak kepakai karena anak-anak bisa mandi nyemplung di bathtub bareng Adit.

Selama staycation, memang Adit yang selalu memandikan anak-anak. Sekalian bonding father-and-son/daughter katanya. Saya kebagian tugas menghanduki dan memakaikan baju di kasur.

Our fave moment!


Saya seneng banget berendam di bathtub. Tapi, namanya staycation bareng anak-anak, kan mandi nggak bisa lama-lama. Jadi saya dan Adit mandi di shower aja.

One more thing that I love about the bathroom: Di area shower ada kaca sehingga kami bisa mandi sambil tetap mengawasi anak-anak.


Soalnya Aiden tuh kemarin lagi merajuk banget. Saya tinggal bentaran aja udah nangis jejeritan kayak mau ditinggal ke manaaaa aja. Jadi, saya mandi dengan kaca yang nggak saya tutupi curtain biar Aiden tetap bisa lihat saya. Enak sih, saya bisa mandi sambil nonton TV akhirnya karena di area kamar juga ada TVnya. Hahaha.


Breakfast buffet

Nah ini saya mau nyeritain 2 breakfast buffet yah. Pagi pertama (Minggu), kami sarapan di executive lounge lantai 18. Karena executive, tentu saja nggak banyak hotel guests yang umbyukan di sini.


Plus nya: Tenang dan sepi. Jadi mau berlama-lama sarapan juga nggak rikuh. Aiden jejeritan juga nggak terlalu mengganggu kenyamanan dunia.

Minus nya: Menu nya sedikit. Ya tetep kenyang sih tetep. Tapi saya kan orangnya hobi nyomotin makanan macem-macem. Jadi kurang puas. Hehehe.

Senin pagi, kami breakfast di resto yang terletak satu lantai dengan lobby. Nah, ini baru puwasss! Karena menu nya banyak banget, bro.


Tapi saya nggak bisa fotoin semuanya. Maklum rempong bawa bocah-bocah. Heuheuheu.


Untuk citarasa, hampir semua makanan yang saya cicipi excellent. Enak dan rasanya pas. Minusnya satu aja, yaitu omelet nya. Saya pesan omelet lengkap dan matang. Ternyata, hasilnya setengah matang doank. Saat omeletnya saya iris, masih ada bagian yang cair-cair mengalir gitu. Actually it's not really a big deal, ya. BUT, untuk hotel sekelas The Alana yang berbintang 4, harusnya nggak begini lah ya. We surely expect excellence from four-starred hotel, don't we?

But the rest was worth it!


Pool

Pool The Alana Hotel Yogyakarta terletak di lantai 1. Begitu keluar dari lift, langsung ada sign nya, jadi kami nggak bingung mencari.


Sebelum masuk area pool, kita bisa lihat peraturan nya. Penempatan rule ini keren deh. Nggak mungkin terlewatkan sama pengunjung hotel.


Ada dua kolam renang: dewasa dan anak.

Kolam renang dewasa nya outdoor dan luas sih menurut saya.


Meanwhile, kolam renang anaknya indoor. Biar anak-anak nggak kepanasan kali, ya?


Nggak cuman bisa renang dan main air aja di area ini. Kita juga bisa leyeh-leyeh cantik dan pepotoan sok anggun karena banyak kursi duduk.


We can also play some games karena ada meja billiard dan meja foosball. Oke banget!


Service

Walaupun saya harusnya nyadar bahwa hotel bintang 4 pasti hotel staff nya sudah well-trained banget, tetap saja kami amazed sama service yang kami dapatkan. Semua staff nya bener-bener ramah, cekatan, helpful, dan sopan banget nget nget.

Ramah, karena mereka selalu menyambut kami dengan senyum, baik reception staff, bell-boy, concierge, satpam, petugas pool, dan resto staff. Cekatan dan helpful nya juga kami alami sendiri. Jadi, Sabtu malam saya ketiduran sambil ngelonin Aiden. Saya lagi haid saat itu. Karena ketiduran, jadi saya nggak sempat ganti softex ukuran jumbo. Hehehe LOL. Pagi nya, ternyata saya tembus dong. Huhuhu, panik banget. Apalagi sprei hotel kan putih bersih gitu kan. Sempet bingung ini gimana dong. Adit udah jijik, muka nya udah jelek banget nahan empet dan jijay. Akhirnya saya called housekeeping dan mereka langsung datang untuk gantiin sprei dan selimut kami. Ya sih, itu emang sudah tugas mereka. Attitude mereka yang bikin kesengsem. Kalau pun mereka jijay, mereka sangat bisa menyembunyikan itu dan tetap senyum manis ke saya yang ribuan kali minta maaf. Terima kasih ya, Mas.. :'))))

Hampir semua staff juga atentif dengan kepuasan kami selama stay di sana. Room service saat mengantar makanan sambil nanya gimana seneng nggak sama kamarnya. Restaurant staff sambil ngambilin piring kotor nanyain gimana enak nggak menu-menu nya. Concierge saat bantu bawa barang-barang kami sebelum check out nanya gimana enjoyable nggak nginep di sana. Reception staff saat ngurusin check out kami nanya ada masukan, kritik, saran nggak untuk The Alana Hotel Yogyakarta. Two thumbs up for the staff! I do mean it!


Others...

Full carpet


Salah satu pertimbangan kami memilih The Alana Hotel Yogyakarta untuk family staycation adalah karena ruangan nya full carpet. We need that karena Ubii banyak menghabiskan waktu main-main di lantai. Entah merangkak atau berdiri. Kalau lantai doank kan kayaknya adem banget gitu.


Sepeda


Bisa juga loh kalau mau pinjem sepeda dari hotel.

Sweets and snacks


Barangkali mau jajan-jajan cake, donat, atau snack khas Jogja juga ada di sini.


***

To sum up, we really enjoy our experience staying in The Alana Hotel Yogyakarta. Pengalaman omelet yang kurang matang bener-bener terlupakan. Ketutup sama banyak hal menyenangkan di hotel ini. Untuk saya dan Adit, kami kompak kepengin nginep lagi di sini kapan-kapan. But, next time, pengin berdua aja. Buat pacaran kayaknya asik banget. Hahahaha.


So I guess that's pretty much all about the review. Maapkeun foto-fotonya yang seadanya. Mau fotoin living room yang bagus udah keburu berantakan sama barangnya anak-anak. Hahaha. Next mau dibikinin review hotel apa nih? Boleh loh kalau mau request.

Ini review hotel ke-dua saya. Bagi masukan, kritik, saran dong dalam ngereview hotel. Thank youuuuuuuuu!!


Love,




26 comments:

  1. What a lovely family, Mbaaaak! Jadi pengen buru buru nikah terus punya anak deh. Huahahah. Sirik! :p

    Etapi kok omeletnya bisa setengah mateng gitu ya. Soalnya kan ada yg langsung ilfil liat telor setengah mateng gitu. ._.

    ReplyDelete
  2. mom mau tny harganya jg dong,, hehe soalnya rncna mau staycation jg., makasi

    ReplyDelete
  3. Senengnya bisa nginep di hotel bareng sama keluarga ya...

    ReplyDelete
  4. Wah asik ya, liburan bersama adalah moment terindah yah.

    ReplyDelete
  5. Nyaman bangetttt tempatnya, terutama aku jadi punya ide bobo di sofa kalo di hotel. Selama ini selalu pilih hotel dengan bed tambahan kalo ngajak abhi. Hihihi. Soalnya suamiku sama kaya aiden kalo bobo. Suka beruncah

    ReplyDelete
  6. asyik ya staycationnya hehehe, meskipun saya hampir tiap hari lewat the alana ini, tapi malah belom pernah nyobain. next time mau coba ah!

    ReplyDelete
  7. reviewnya baguus bangett..seruu staycationnya mbaa...:)

    ReplyDelete
  8. Waah, komplit bgt mba, swimming pool dewasanya bisa liat pemandangan bebas itu ya mba,,

    ReplyDelete
  9. Desainnya mirip banget dengan hotel di Rancamaya. Kebayang asiknya ini Mbak Gesi minep di sini. Kalau sampe punya 3 ruang kebayang luasnya. Eh saya bilang mirip apa karena sofa uang mepet kasur itu plek ketiplek sama pas saya nginep kemaren ya? Hahahahha.

    ReplyDelete
  10. Oh may...... hotelnya asyik banget! Kamarnya luaaaaas.... bisa bikin anak2 bebas merdeka ekspressikan diri, yak! Tak hanya itu, semua bagian dari hotel ini kayaknya emang menyenangkan banget, ya, Ges? Asyiknya kalian! Cium sayang untuk Ubi dan Aiden, yaaa!

    ReplyDelete
  11. Request the 101 ya mami gesi, aku penasaran nii. Happy family ya adit and gesi, sukaakk banget sama tulisan kalian berdua.

    ReplyDelete
  12. mak gesi (sok akrab) hahaha... kok selera hotelmu samaan dengankyuu... setelah harper, ini hotel kedua kami nginep di jogja as family, dan bener bangeet... sangat nyaman.. plus point : nama hotelnya sama kayak nama anakku, jadi dia seneng banget, sayang ajah gak dapat diskon yaaak... udah gitu ratenya tergolong murah ya mak utk bintang 4... sering2 staycation yaa, biar aku bisa nyonteek :D

    ReplyDelete
  13. Lumayan bnget sih ini kamarnya alana hotel, udah kyak hotel berbintang 5 aja..
    full carpet lagi..
    Cocok buat pnginapan klo lagi liburan di jogja..
    Mkasih info nya mba grace :D

    Bdw, ini dpet job dari alana atau iseng2 aja gk sih mba' grace? :D

    ReplyDelete
  14. lengkap reviewnya ges...baru denger nih hotel yg satu ini. boleh juga tuuh jd alternatif klo ke YK sm krucils.
    btw gambarnya di gedein aja biar tambah kece..klo kecil2 kecenya kurang tercapture..*usul

    ReplyDelete
  15. Lengkap. Seru. Jelas. Btw aku dah lama mba ga pake kata 'umbyukan' hihihi

    ReplyDelete
  16. mimpiku,, pengen staycation gitoh (tapi ya belum kesampean juga) ,, Harga mak ,,harga ^_^

    ReplyDelete
  17. Wuih.. nyaman banget, ya. Udah lama aki bareng keluarga gak staycation. Di Jogja apalagi. Uuuh.. kapan ya bisa ke sana? :D

    ReplyDelete
  18. kapan ya main ke jogjaaa..aku pgn cobain hotelnya jugaa ^o^.. tapi kalo nginep di kamar2 yg tempat makannya dipisahin sendiri, kyk executive ke atas gini, aku jg kurang suka ges.. pilihan ga sebanyak yg biasa, dan ga enak ya bok kita bolak balik makan , apalagi krn tamunya dikit hahahaha ;p.. hrs jaim gitu.. makanya aku ttp milih yg resto biasanya, biar bisa puas icip2 ;p.

    ihh itu poolnya kalo aku lbh milih berenang di tempat yg anak2 aja ;p..biar ga item kebakar ;p

    ReplyDelete
  19. wah patut dicoba nih nyaman dan asri

    ReplyDelete
  20. Wooooo salut sama servicenya
    Keceeeeee

    ReplyDelete
  21. Huwaaaa aku juga butuh piknik! Stay di hotel seru juga ya >.<

    Btw lama gak mampir di sini, sudah banyak yang berubah ^^ keren!

    ReplyDelete
  22. hai mba salam kenal, mau tanya ini lokasinya jauh ga ya dari pusatkota?
    thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mbaa. Untuk hitungan orang jogja, cukup jauh :)

      Delete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^