Thursday, May 6, 2021

Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak besama Immunity Playbook, Ebook Parenting Gratis

Jadi orangtua tuh belajarnya banyak yaaaa. Mulai dari pas hamil, anak bayi, batita, balita, dan seterusnya. Topiknya pun waw banyak dan memang penting. Kayak misalnya gimana read aloud buat anak, gimana ngajarin skill, gimana ngajak anak untuk regulasi emosi, gimana supaya anak daua tahan tubuhnya mantap jiwa, plus plus plus yang lainnya.

Daya tahan tubuh mungkin kadang overlooked karena nggak langsung keliatan ya. Beda kayak kemampuan bicara atau berjalan dan skill baca atau tulis yang akan lebih mudah ketangkep. Baru akan kerasa daya tahan tubuh sepenting itu kalau anak udah sering kena batpil biasanya. Kayak Aiden jaman dulu sih super langganan batpil.

Kalau mau ngomong yang gampang, daya tahan tubuh manfaatnya buat melindungi diri dari serangan bakteri, virus, jamur, alias biar nggak mudah ambruk. Tapi sebenernya nggak hanya itu loh. Daya tahan tubuh itu juga akan berkorelasi sama kinerja otak dalam menerima dan menyerap informasi dari lingkungan. Artinya, semakin sehat, kemampuan memproses input saat eksplorasi dan belajar juga bakal lebih optimal.

Sebagai Mama, memang kita punya tanggung jawab untuk memastikan anak aman dan sehat. Tapi, perlu banget loh untuk melibatkan anak juga. Diawali dengan bercerita dengan bahasa sederhana sesuai pemahaman anak tentang kesehatan. Gimana sih supaya badan, gigi, pencernaan sehat? Makanan/minuman apa yang baik dan perlu dibatasi? Kebiasaan sehari-hari apa aja yang bikin sehat? Sikat gigi itu gimana langkah yang bener? Gimana cara cuci tangan yang baik? Endebre-endebre. 

Anak itu butuh dikasih penjelasan, tidak hanya sekedar disuruh-suruh.

Coba deh cerita pakai gambar, buku, video, atau kegiatan bermain, misalnya tentang cuci tangan yang benar. Ada juga science experiment yang fun dan gampang banyak di internet untuk kasih visualisasi germs. Itu akan lebih bikin anak paham the WHY sehingga lebih ngerti bahwa cuci tangan itu diperlukan di masa sekarang, bukan hanya karena "Katanya Mama", and later  lebih paham the HOW cuci tangan.

Dr. Karyn Purvis pernah bilang bahwa butuh sekitar 400 kali repetisi untuk bisa bikin sambungan sinapsis baru di otak. Tapi, kalau dilakukan dengan bermain atau dengan suasana atmosfer yang menyenangkan, ternyata hanya butuh 10-20 kali repetisi aja.

That explains sebenernya kenapa anak-anak cepet nangkep sesuatu saat mereka moodnya baik dan kegiatannya fun. Juga menjelaskan kenapa sekarang populer banget kan play-based learning, play-based education. Because that's our kids' nature!

Nah, ini juga berlaku buat kasih stimulasi tumbuh kembang dan daya tahan tubuh lebih optimal.

Now is the part where I need to introduce

Immunity Playbook

Di dalamnya kaya akan edukasi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Dijamin, baca ini nggak bikin lelah karena konten knowledge nya sangat understandable. Tetep kredibel juga tentunya (ini penting!) karena disusun sama tim dokter dan psikolog anak. Mulai dari edukasi daya tahan, masa 1000 hari pertama si kecil, kesehatan saluran cerna, dan aneka tips dan ide kegiatan anak supaya mereka sehat.

I love tips yang applicable dan terasa dekat untuk dilakukan. Saya seneng kalau nemu ide kegiatan yang semua Mama bisa coba tanpa harus ribet atau mahal. You're gonna find those here too. Dibagi dalam 4 kategori usia mulai dari usia 0 bulan sampai 4 tahun.

Ada tips generalnya dulu termasuk durasi tidur yang dibutuhin, imunisasi, rekomendasi durasi screen time, endebre-endebre.

Terus abis itu, juga ada kegiatan stimulasi per rentang usia. Ini penting menurut saya, karena kayaknya belum banyak yang tau kalau sebenernya dari bayi 0 bulan itu sudah bisa dikasih stimulasi tumbuh kembang.

Kalau yang ini buat usia 7 sampai 12 bulan nih.

Terus contoh buat usia 1 sampai 3 tahun. Di ebook nya masih ada yang lain ya btw, ini saya cuman screenshoot beberapa aja untuk gambaran.

Tentang nutrisi juga adaaa, komplit ga tuh.

Daann, ada beberapa lembar kegiatan yang bisa diprint juga.

Cara dapatnya gimana? Super gampang kok. Bisa didownload secara gratis dan bebas di sini yaahh. Ebook persembahan Nutriclub yang lengkap dan terpercaya ini nggak cuman satu biji loh. Kita juga bisa nemuin ebook lain seperti kreasi menu kaya nutrisi, membantu si kecil mengelola emosi, dan lain-lain. Cus yahhh!

Jangan lupa kabarin temen atau sodara biar sama-sama belajar because, "It takes a village to raise a kid" kalau kata African proverb tuh.

Semangat belajar yaaa, Mama Papa. And let's enjoy this journey!



Love,



No comments:

Post a Comment

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^