Monday, October 31, 2016

Mandi Bola: Yay Or Nay?


Mandi Bola: Yay Or Nay? Di Jogja, saat jalan-jalan bersama anak-anak, tempat yang kami tuju 80% adalah mall. Why? Simply because di mall ada playground nya. Capek main di playground dan lapar, tinggal jalan cari resto. Popok dan segala rupanya abis, tinggal cuss ke supermarket. 


Kenapa kami suka playground? Karena ada mandi bola nya. Dan banyak banget tempat mandi bola di Jogja. Yeay!

Sebenernya dulu sempet agak ragu mau membiarkan Ubii mandi bola. Kan nggak higienis kesan nya. Kan dipake banyak anak yang saya nggak tau mereka lagi pada sehat atau lagi pada batuk-batuk. Jadi gimana?

Emang saya sempet ragu karena memikirkan kebersihan si mandi bola itu. Tapi, ternyata saya harus realistis. Jadi gini, Ubii kan setengah tahun belakangan ini puji syukur alhamdulillah banget sudah punya keinginan/minat untuk main-main. Udah mulai paham sekitarnya lah. Jadi, pengennya kan ngajak Ubii main-main, piknik-piknik supaya nggak jenuh dengan rutinitas terapinya. Yang paling masuk akal untuk kondisi Ubii (ke mana-mana pakai kursi roda dan baru bisa merangkak dan memanjat) ya playground itu.


Pantai sih menyenangkan juga, yah. Ubii akan bisa merangkak-rangkak main pasir dan air cethek di pinggiran. Tapi pantai yang bersih dan bagus jauh bok dari rumah saya. 2 jam perjalanan. 4 jam PP. Cuaca kan juga nggak selalu bersahabat. Atau, kadang saya or Adit nya yang lagi capek main jauh-jauh. Ada sih kebun binatang di Jogja, tapi ya gitu-gitu aja. Ubii nggak begitu excited karena belum paham. Di Jogja sebenernya ada kayak tempat edukatif gitu namanya Taman Pintar. Itu Ubii jelas belum paham banget. So, playground is the best option to entertain her.

Di playground pasti ada banyak mainan. Ada jungkat-jungkit, perosotan, panjat-panjatan, trampolin, dan macam-macam lainnya. Itu semua Ubii belum bisa. Yang udah bisa dia nikmati ya baru mandi bola aja. Ubii girang banget kalau sudah dicemplungin ke mandi bola. Lihat dan pegang bola warna-warni yang banyak, itu udah surga nya Ubii banget.


Kalau Aiden sih udah lebih bisa main yang lain. But, Cimol ini juga seneng main di mandi bola kayak kakaknya. Jadi ya sudah.


Namanya ibu pasti ada lah bakat parno nya. Saya pun. Sempet parno itu kan mandi bola dibuat nyemplung banyak anak. Dicuci rutin nggak ya? Dibersihin rutin nggak ya? Gimana kalau pas ada anak yang batuk-batuk di situ? **karena saya seringnya lihat anak batuk tanpa mereka nutupin mulut** Meanwhile kalau batuk, kan kemungkinan besar ada tuh air liur yang muncrat dalam mandi bola, apalagi kalau batuknya nggak ditutupin. Gimana kalau di dasar mandi bola ada binatangnya terus gigit Ubii dan Aiden? Gimana kalau mereka gatal-gatal? Itu aja sih yang bikin saya parno biasanya.

But, once again, akhirnya keparnoan saya harus dikalahkan oleh being realistic.

Jadi, saya TETAP mengajak anak-anak mandi bola dengan melakukan beberapa hal ini:
  1. Pakai celana panjang.
  2. Bawa Ubii dan Cimol mandi bola saat mereka emang terlihat fit dan nggak sedang masuk angin/cranky/flu.
  3. Setelah selesai mandi bola, lap-lap mulut dan tangan dengan tissue basah.
  4. Nggak lap kaki karena kan pakai kaos kaki selama mandi bola. Begitu selesai mandi bola, kaos kaki dilepas dan pakai sepatu biasa.
  5. Setelah sampai di rumah, langsung mandi.
  6. Kalau ternyata sampai di rumah masih jam nanggung untuk mandi / ternyata mereka keliatan haus pengen mimi susu, baju dan celana ganti dulu yang bersih. Wajah, tangan, dan kaki dilap pakai waslap dan air.
  7. Bismillah sehat semua. Hehehe.

Btw, saat saya masih parno itu sebenernya saya pernah menyiasati dengan menyewa pagar eduplay yang saya isiin bola warna-warni sendiri. Maksudnya biar bisa mandi bola di rumah. Ternyata, Ubii dan Aiden melengos doank dong. Nggak minat BLAS. Jadi sewa cuman satu bulan aja dan nggak saya perpanjang deh, soalnya nggak kepakai banget ternyata.

Untuk moms yang di Jogja kayak saya, here's a little bit reviews tentang beberapa tempat mandi bola di Jogja yah.

1) Progo

Kayanya banyak yang belum tau kalau di Progo ini ada mandi bola nya. Saya juga taunya telat banget sih. Wajar juga kalau nggak tau. Soalnya Progo kan bukan mall. Kita ke Progo pasti tujuannya untuk cari panci, wajan, dan kawan-kawannya, bukan mau jalan-jalan. Jadi biasanya kita kelar belanja di Progo, ya udah pulang. Nggak lihat-lihat lagi ada apa. 


Ternyata di lantai 4 itu ada Kids Fun dengan aneka permainan mesin pakai koin yang cukup lengkap. Ada mandi bola nya juga di ujung dan MURAH banget. 15 ribu doank kalau nggak salah ingat dan kalau harganya belum naik.

Plus: Karena kayanya nggak banyak yang tau ada Kids Fun, jadi ini sepiiiiiiii banget. Playground nya pun sepi. Sering saya dan anak-anak berasa jadi penguasa playground karena cuman kami yang main di sana. Pernah sih kebarengan ibu-anak lain, tapi paling cuman 2-3 pasang ibu-anak aja. Jadi terasa sangat luas dan bebas.

Minus: Panas BANGET. Kayaknya saya nggak lihat ada AC atau fan di sekitar playground. Serius panas sampai bikin baju basah. Apalagi kalau kita juga ikut nyemplung dan ngejar anak-anak. Berasa sauna, bok. So, jangan lupa bawa baju ganti deh yaaa.


2) Hartono Mall

Playground nya di lantai 1. Lupa harganya berapa, tapi nggak begitu mahal menurut saya. Dan sekali bayar juga boleh main sepuasnya. Misal kita mau cabut makan dulu, lalu balik lagi juga boleh masuk kok. Asal gelangnya nggak hilang aja. 


Plus: Cukup luas untuk arena playground dan mandi bola nya. Kakak-kakak pendamping nya ramah-ramah banget. Two thumbs up! Dan saya senengnya karena kakak-kakak pendampingnya komplit, ada yang cowo dan ada yang cewe. Belakangan ini saya memang lebih ayem aja kalau Ubii digendong/disentuh oleh orang asing yang sama-sama cewek nya. 

Minus: Menurut saya, nggak ada minus nya. Oh ya, perosotannya lumayan licin deng. Saya cobain sekali dan nggak berani ngulangin lagi. Tapi, anak-anak semuanya pada mainin itu dengan ceria nya tuh. Jadi mungkin saya nya aja yang cemen yak.


3) JCM (Jogja City Mall)

Lupa playground nya di lantai berapa. Harga nya pun lupa, tapi menurut saya dan Adit agak mahal. Saya inget bagian pas kami bayar itu rada kaget habisnya segitu. Hehehe.


Plus: Luas banget nget nget dan mainannya lengkap banget nget nget. Bahkan ada kayak apa tuh ya istilahnya yang semacam bubble raksasa lalu anak-anak bisa masuk di situ dan menggerakkan dari dalam. Kayak roda yang ada di kandang hamster itu loh. Hahaha. Maaf yah nggak tau deh namanya apa.


Minus: Ini menurut saya yang punya Ubii yang suka mandi bola yah. Jadi poin minus ini sangat personal. Mandi bola nya kurang exciting untuk Ubii karena bola nya cuman warna putih aja, nggak warna-warni gonjreng kayak di mandi bola mall lain. Lihat deh ekspresi Ubii jadinya lempeng doank kan. Nggak kayak di foto-foto lain yang bola nya warna-warni. Tapi, bola nya lucu sih, ukurannya lebih gedean daripada bola-bola plastik biasanya. 


***

So, the bottom line is, untuk saya mandi bola is a YAY selama saya melakukan poin-poin yang saya jembreng di atas itu.


Gimana kalau buat kalian, gengs?

Share dong ^___^




Love,






16 comments:

  1. Juna juga sih mandi bola, tapi enggak sering soalnya di rumah udah ada
    jadi boxnya Juna sewaktu bayi enggak kepakai dan lumayan besar, jadi bisa buat mandi bolaaa

    ReplyDelete
  2. rada seram dengan mandi bola gara-gara cerita urban legend soal ada ular atau suntikan bekas di dalam kolam bola. Kalau diingat-ingat lagi, pas saya kecil gak terlalu excited mandi bola sih...

    ReplyDelete
  3. Ini wawasan baru banget buat aku mba. Harus diperhatiin seperti itu

    ReplyDelete
  4. aku pribadi, nay. Soalnya aku dah tua, mba ges hahaha :D

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya mami uby, aku juga suka lepas anak mandi bola, sneng soalnya, heppi banget liat bola sebanyak ituh..

    ReplyDelete
  6. Aduh emang seru sih mandi bola, tapi malu udah gede... nanti aja kalo udah punya anak, alasanya mau nemenin anak kan bisa jadi kita ikutan mandi bola deh....

    ReplyDelete
  7. Aku sih yay, tapi benar-benar harus pilih tempatnya sih ya Mami. Karena zamanku kecil dulu, ada anak yg main di mandi bola, taunya di bagian dasar kolamnya ada banyak serangga2 entahlah apa itu. Paling benar pakai kaos kaki ^^

    ReplyDelete
  8. Di JCM ada mandi bola yg warna warni. Di Amazone. Yg masuknya ada patung2 monster itu.. Aku sih selalu kesana, krn arena lainnya cukup menantang buat Luna yg suka manjat2. ��

    ReplyDelete
  9. Anakku juga sangat suka bermain bola. Soal kotor dll itu urusan belakangan

    ReplyDelete
  10. belum pernah ngajak Aisyah mandi bola di luar. Aku bikin mandi bola di rumah, pake kolam renang. Jadi ya gak masalah kalau mau mandi bola. Dan eh, aku gak kepikiran sejauh itu loh Mak Gessi, hihi. Mungkin karena gak pernah bawa anak keluar main mandi bola kali ya.

    ReplyDelete
  11. Sayangnya kalau orang dewasa gak bisa mandi bola ya mbak jadi gak seru ah kalau saya mah, waktu saya ngantar mandi bola saya hanya melihat dan gak boleh mandi padahal saya juga pengen mandi, ahi hi ih.

    ReplyDelete
  12. Anakku ga doyan mandi bola mba doyannya mandi kembang hahahaha..tapi emang bener dy lebih suka main yang lain malah bikin emaknya mupeng pengen nyemplung :p

    ReplyDelete
  13. saya juga kalau ke mall sukanya "nitipin" anak-anak di playground Mba, hehe.. Nitipinnya sama suami sih, jd saya jalan sendiri belanjanya. :D
    Amay Aga suka mandi bola. Amay lagi, dia kan udah 5 tahun ya, suka panjat-panjatan juga. Memang harus waspada. Tapi playground yang sering kami kunjungi kelihatan bersih sih.. Kurs-kursian dan meja-meja di dalamnya pun sudut-sudutnya empuk. Tangga-tangganya juga. Insya Allah aman. :)

    ReplyDelete
  14. kayaknyaaaa bahagia bangeeet itu yang mandi bola. Dulu Bo et Obi kecil juga sukaaa...dan lumayan banyak juga tempat di Jakarta :)

    ReplyDelete
  15. Aku sih YAY banget! Secara Raya doyan mandi bola *asal jangan mandi madu* #eh
    Cuman ya kadang liat2 kebersihan dulu, kalau emang menurut aku kurang bersih, mending nyari yg lbh bersih aja daripada daripada kan ya :D tipsnya bagus mamaubi, emang elap2 dan bersihin anak abis main2 penting anet!

    ReplyDelete
  16. Awalnya aku jg cerewet banget ges soal mandi bola ini.. takut ama binatang2 yg mungkin menggigit td. Tp papinya yg malah ngomel2 aku terlalu parnoan dan lebay.. jdnya aku ngalah apalagi memang anak2 juga seneng bgt mandi bola ini.. aku jg prnh bikin sendiri kolam bolanya. Pake tenda anak2 ,di dalamnya aku isi bola yg banyak sampe dasarnya ketutupan.. untungnya fylly suka juga.. tp ttp ya rumput tetangga lbh hijaukan :p.. Jd main bola di playground ttp selalu jd fav mereka :D..mungkin krn lbh gede kali yaa.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...