Wednesday, October 19, 2016

Pentingnya Waktu Bersama Keluarga


[Sponsored Post]

Pentingnya Waktu Bersama Keluarga. Honestly, belakangan ini saya lagi banyak kerjaan. Yang paling menguras waktu dan tenaga adalah proyek jangka panjang untuk Rumah Ramah Rubella, komunitas yang saya bentuk tahun 2013 lalu. Saya mau bikin video edukasi tentang infeksi TORCH pada ibu hamil. It has been my dream since so long.


Video edukasi ini melibatkan studio kreatif. Otomatis kami harus sering meeting bareng. Menentukan konsep video, story board, timeline, survey lokasi, dan lain-lain. Rutinitas terapi Ubii yang masih tiap hari plus agenda saya nambah, saya jadi sempat sakit sampai harus opname.

Waktu bersama Ubii dan Aiden pun jadi berkurang. Sedih.. :(

Sebenernya saya sih yang payah. Seharusnya agenda apa pun nggak bikin saya sakit atau mengurangi #WaktuBersama anak-anak. Tapi, jeleknya saya adalah saya orangnya penginnya wat-wut-wat-wut cak-cek saat saya mengerjakan sesuatu yang bikin saya excited. Apalagi, bikin video edukasi infeksi TORCH untuk ibu hamil biar jumlah bayi-bayi yang lahir dengan disabilitas kayak Ubii berkurang ini beneran udah saya impi-impikan sejak dulu.

Pengin bikin campaign biar awareness calon ibu tentang TORCH meningkat, tapi saya sudah nggak sanggup kalau harus arrange seminar atau talkshow. Jadi yah, video edukasi jadi solusi paling masuk akal. Saya pun jadi all out banget merencanakan ini-itu.

Baca: TORCH Campaign Video Production, Because Sharing Is Caring!

Maaf yah, saya malah jadi curhat... :'))

Kemarin-kemarin itu, sangking saya all out ke video project, saya jadi nggak betul-betul 'ada' untuk Ubii dan Aiden. Ya, saya ada di rumah. But I wasn't really there. Ya, saya punya Waktu Bersama anak-anak. Tapi pikiran saya melayang ke video project. Ya, saya punya Family Time bareng krucil-krucil. Tapi dalam hati saya membatin, "Ayok lah cepet bobok, Mami mau bikin konsep video lagi nihhh!"

Puncaknya saya opname tiga hari itu. Momen-momen Ibu Anak kami makin berkurang. Ya gimana enggak, wong anak-anak sama ART doank selama saya opname. Ihiks.

Baca: Ketika Ibu Jatuh Sakit

Pulang dari opname, saya dilaporin sama ART kalau Ubii dan Aiden sering rewel selama saya staycation di rumah sakit. Maybe the missed their mommy. Apalagi sebelum opname saya nggak bener-bener sepenuh hati saat berinteraksi dengan mereka. It really broke my heart.

Ya sih, emang, sebelum ini pun saya juga beberapa kali menitipkan anak-anak ke ART kalau saya ke luar kota. Tapi selama itu, selalu aman. Nggak ada laporan anak-anak rewel saya tinggal. Why? Karena sebelum saya pergi itu saya selalu menghabiskan quality time bareng mereka, yang saya bener-bener ada jiwa dan raga untuk mereka. It's a different situation, really.

Kejadian belakangan ini membuat saya sadar bahwa pentiiinnggg banget ngabisin waktu sama Ubii dan Aiden dengan totalitas. Tanpa saya megang gadget. Tanpa pikiran saya melanglangbuana ke kerjaan. Intinya gitu lah ya. Hehehe.

Kenapa penting? Karena ternyata saya sedih kalau saya cuman berperan sebagai ibu yang nenenin, bikinin susu, nyuapin, mandiin, dan ngelonin tapi nggak ada bonding sama sekali. Jadi ngerasa bersalah dan ngerasa... payah. Ubii dan Aiden pun juga bisa ngerasain kalau saya nggak emotionally available untuk mereka. Mereka jadi lebih merajuk, lebih bertingkah, dan lebih caper. Gosh, I was so lame.

Terus kayak biasa, saya curhat ke Adit. Dia nggak marah sih. Thank you, husbo! Dia cuman ngingetin biar saya bisa lebih bagi waktu. Mana waktu untuk mikirin video project, mana waktu untuk update blog Parenting saya Diari Mami Ubii ini, mana waktu untuk attached sama anak-anak, dan jangan lupa, mana waktunya istirahat.

Adit tau banget kalau saya di rumah, saya nggak akan bisa santai. Akhirnya kemarin kami staycation sekeluarga dan puas-puasin main sama anak-anak tanpa perlu mikir cucian piring, botol susu, baju, dan lain-lain. Bahahaha. **soalnya ART lagi pulang kampung kemarin**

Baca: Family Staycation di The Alana Hotel Yogyakarta

Bener-bener meluangkan 100% perhatian kami ke anak-anak. Yah, walaupun cuaca nggak bersahabat kemarin hujan deras terus di Jogja, tapi nggak masalah. Kami tetep happy dengan cuman goler-goler di kasur, nonton acara kartun di TV sambil ngemil Snack Keluarga. Lhap-lhep makan snack Nabati Wafer keju. Please, God, jangan naikkan berat badan saya setelah ini.


Gosh, it was precious!

Dalem banget family time ini buat saya. Semoga anak-anak saya juga merasakan hal yang sama.

By the way, video ini mungkin bisa jadi simple reminder untuk kita tentang pentingnya menghabiskan waktu kita dan benar-benar ada untuk anak-anak kita.



Bagaimana menurut kalian, Maks? Seberapa penting sih quality time antara ibu dan anak itu? Biasanya kalian ngapain aja saat bersama the krucils? Gimana kalian menghabiskan quality time bareng ibu/bunda/mama/umi saat kalian kecil dulu? Ceritain dong biar rame ^__^

Yuk ikut photo competition #WaktuBersama. Info nya di sini yah.


Love,





54 comments:

  1. Kalau aku emang di rumah terus Mak. Emang krasa sih kalau pikiran ke mana mana Saday juga males nempel ibunya. Jadi memang seluruh jiwa raga harus fokus. Biasanya kami jalan jalan di kampung liat ayam, baca buku, joget ajep-ajep, sama laatihan jalan. Pengen juga liburan lama moga ayahnya segera ada waktu. Aamiin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kenapa ya kok mereka bisa ngerasain loh ternyata. Hiks hiks. Aminnn, ini masih LDR-an ya, Mak Liya? Semangaaattt. Saling kasih pukpuk. Hehehehe.

      Delete
  2. Wah idem nih. Aku biasanya kalo udh banyak kerjaan dan belum kelar,duh anak2 tmbh rewel. Jadilah hrs ngerjain dluar rumah, beberapa jam hrs kelar,biar pe rumah sudah waras dan ngebonding lagi. Nah liburan itu wajib tiap weekend,dasar emak doyan jalan=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, Mak, sama bangeeettt. Kalo kasusnya begitu, aku juga milih kelarin di luar rumah dulu dan harus rampung. Jadi sampe rumah udah ga kepikiran lagi dan bisa all out ama anak-anak. TOOSSSSS.

      Delete
  3. aku dari sudut pandang anak aja ya mam hehe. quality time itu penting banget apalagi ibuku working mom yg cuma punya waktu weekend. dan saat yg sama aku kuliah dan ikut banyak kegiatan. sering dilema pilih kegiatan kampus atau dirumah aja waktu weekend. hasilnya ya beberapa kali pilih dirumah biar bisa quality time :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Mba sharingnya dari sudut pandang anak. Means a lot! :*

      Delete
  4. ahhh bener mamie, saya masih nakal nih soalnya masih pegang gadget waktu main sama Alfi, baiklah tinggalkan gadget ayo main sama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga masih PR banget untuk stop kaya begitu, Mba Ev :((

      Delete
  5. Hiks ini brasa banget, kemarin2 waktu aku kurang sama Raya karena weekday sibuk ngantor & weekend ikutan acara blogger. Raya yg biasanya mepet aku terus sekarang malah milih sama Abahnya, disisi lain senang karena ngga ditempelin kayak perangko, disisi lain sedih juga *galau bin labil* Tapi akhirnya memutuskan mulai minggu ini sampai awal bulan kedepan ngga mau ikutan acara apa2 di weekend biar bisa quality time sama Raya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow! Hebaaatt. That's what we call a commitment. Salut, Mba Sandra! :))

      Delete
  6. waktu bersama keluargaku, bener2 fulltime bersama anak bojo, cuma pas weekend dan hari libur doanggggg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Wit soalnya kamu working mom banget. Semangat yaaaa. Juna pasti sadar banget papa mama nya sayang Juna bangeettt.

      Delete
  7. Ini persis banget sama akuuu.. 24 jam di rumah tapi pikiran mah kemana :')

    Biasanya aku naik motor bertiga, ke warung mendoan di area kaki gunung, trus nyemplung air terjun. tanpa gadget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo nyemplung air terjun with gadget, kebat-kebit juga kuatir rusak, bahahha. LOL. Kok kemaren kamu ga bawain aku mendoan siihhhhhh.

      Delete
  8. #waktubersama tuh emang bener-bener berasa kalo no gadget! percuma kalo sama-sama tapi pada sibuk sendiri semuanyaaaa. Kalo aku sih biasanya ndusel-ndusel time menjelang tengah malam, cocok banget tuh dijadiin #waktubersama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, agree! Ndusel-ndusel itu endes syekaliiiiiiii :')))

      Delete
  9. Kruntelan bareng is #waktubersama favorit Mak Ges, kalau enggak piknik bareng.

    ReplyDelete
  10. seng penting ngumpul...keluarga nomer siji yo ges

    ReplyDelete
  11. penting bangeet...mangan ora mangan ngumpul hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bi Ophi orang Sunda kok tau mangan ora mangan kumpul sih, hehehehe.

      Delete
  12. iya, quality time bareng keluarga itu penting banget. terutama anak2, yg suka bikin kangen tingkahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbaaaa. Kangen kalo pas mereka manja-manja ama kita yaahh :'))

      Delete
  13. Bener, quality time wajib bgt. Sekedar staycation leyeh2 gt udah bikin waras utk hadapi hari2 haha jadi ada rekomendasi booking hotel banyak diskon yg oke ndak nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada lah. Serius. Kalo yei ke Jogja, aku bisa bantuin. Serius nih brooo.

      Delete
  14. Aku wiken ga mau diganggu, kalo ga urgent lebih pilih ga dateng. Wiken itu for family only <3 Lagi pengen banget staycation or mini getaway ke Bandung tapi berarti kudu cuti, soalnya aku males trafficnya kalo wiken huhuhu #persoalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persoalan bangeettt. Kan malas juga weekend habis di jalan ya huhuhu. Udah, cuss bikin surat cuti, Mba! Hahaha! #kompor 😆

      Delete
  15. Videonya sukses bikin mbrebes mili mba.. :') Setuju bgt klo saat bersama lbh berkualitas tanpa gadget.. Aku msh suka khilaf gitu.. :D Saat nemenin anak main buat aku priceless bgt.. Biasanya kita sekeluarga main rumah2an di kamar pakai selimut (trus aku pura2 jd zombie atau dino), anak2 pd ketawa.. :) Bacain buku sama nyusun lego n robot2an bareng jg jd aktivitas favorit di rmh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asiikk! Sama, Mba. Krukupan selimut terus ciluba ala monster itu priceless banget. Padahal cuma begitu aja tapi anak-anak bisa girang kebangetan. :')))

      Delete
  16. Kalau ada waktu libur, pasti dusahakan kumpul bersama keluarga,

    ReplyDelete
  17. Aku juga selalu menyempatkan family time bertiga. Supaya balance antara kehidupan pribadi dan keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes setujuuuu, Mba Oline! Salam buat Narend yaaa 💋

      Delete
  18. Karena masih berdua, saya dan suami seringnya quality time di rumah pas weekend. Jajan cemilan atau Go-Food dan nonton TV. Sehari-harinya waktu sudah tersita buat kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu surga banget: leyeh-leyeh, nonton tv, order gofood. Terus kalap. Terus gendut. Aku banget huhuhu

      Delete
  19. Aku dah lama banget ngak jalan bareng ama keluarga lengkap, kayak nya perlu sekali2 jalan rame2 quality time

    ReplyDelete
    Replies
    1. Situ jalan-jalan ama groupies terus siihh! Ajak kitorang dong mangkanyaaa 😆 **lalu apa korelasinya yak?!**

      Delete
  20. Aku sama anak sering kelilinh komplek sore, ngobrolin apa aja, kadang nanya hal yg sederhana kaya kenapa harus mandi, harus makan, dan jawaban anak2 tuh lucu...weekend klo ada suami, ya kita paling nyanyi2 bareng sambil bercanda dan nonton tv :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget itu keliling komplek sore. I love it too! Sayang sekarang Jogja lagi sering ujan jadi jarang bisa jalan-jalan ngider komplek lagi :(

      Delete
  21. Kalo quality time aku sama ibu sederhana banget deh, cuma ngajak dia ke pasar aja dia udah seneng hehe
    Sehat2 terus yoo mba grace :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn! Makasih doanya, Rani. Kamu juga yaaaa :*

      Delete
  22. aku mulai play-work-date nih sama bocah bungsu, kadang berhasil kadang nggak... yang terakhir kemaren malah tekor, mainannya gak sebanding sama honor :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahaha! Iya banget, tau rasanya bangeeett :'))) Tapi tetep seru sih ya walaupun capeekk hahaha

      Delete
  23. Kami sekeluarga juga doyan staycation, mami ubii..ngadem ngadem gitu aja di kamar hotel. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngadem-ngadem sambil nonton TV plus ngemil. Duh, surga dunia banget <3

      Delete
  24. Quality time kami adalah....nyabutin rumput di halaman samping dan belakang yang gak ada habis-hGbismya. Anak-anak sih banyakan malah nyari cacing, ulat maupun belalang ketimbang membersihkan rumput. Gpp sih, dengar teriakan-teriakan mereka aja udah senang kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah... aku jadi spontan ngelirik kebunku yang udah acak adut banget nggak terawat bahahahaha.

      Delete
  25. Biasanya kita swim bareng dan jalan - jalan di taman, main skateboard dan olahraga lainnya bareng2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik sekaliiiii, Mba. Ih aku suka deh lihat orang main skateboard :D

      Delete
  26. kalo saya sih memang jarang di rumah karna sibuknya bkerja tetapi saya selalau menyempatkan diri untuk brsama keluarga, entah di hari libur atau hari lainnya..

    ReplyDelete
  27. Aku selalu berupaya untuk menjaga benar kualitas family time, mba

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^