Thursday, December 21, 2017

Kenapa Aiden Belum Disapih?


Beberapa kali saya dapat pertanyaan itu, "Kenapa Aiden belum disapih? Ternyata masih nenen ya, padahal sudah dua tahun, kapan akan disapih?" Iya, Aiden memang masih nenen di usianya yang udah lebih dari dua tahun ini. 10 September kemarin pas dua tahun.


Lalu ada juga yang nanya tips and tricks menyapih. That I couldn't answer just yet, karena saya pun belum menyiapkan trik apa pun. Googling cara menyapih aja belom malah. Hehehe.

Karena pertanyaannya macem-macem, saya bikin model Q&A aja yah.

πŸ’¬ Kenapa Aiden masih dibolehin nenen? 

πŸ’ Because I don't see why not. Aiden masih menikmati nempel Mami nya saat nenen. Saya pun juga masih sangat menikmati momen seperti itu.

πŸ’¬ Aiden cuma nenen atau juga minum susu?

πŸ’ Aiden minum susu juga, nenen hanya malam mau bobok.

πŸ’¬ Jadi malam itu hanya nenen?

πŸ’ Nggak. Malam itu nenen dan susu. Jadi minum susu dulu. Abis gitu nenen hanya untuk bikin merem, halah gimana ya jelasinnya hahaha. Aiden nenen itu kayak biar ngefly ngantuk gitu, sambil manja-manjaan. Sambil saya nyanyi-nyanyi, dan sekarang dia udah bisa request lagu pengin dinyanyiin apa lol. Abis gitu, bobok. Nanti tengah malam misal kebangun, juga minta susu dulu. Abis susu, nenen lagi untuk meremnya.

Baca: Aiden's Story 1-7

πŸ’¬ Terus kalau pas Aiden ditinggal ke luar kota gimana nenen nya?

πŸ’ Biasanya Aiden hanya minta nenen saat ada saya. Kalau saya di luar kota, ya malam dia minum susu sambil dipukpuk Mbak Nur gitu mau.


πŸ’¬ Nggak pernah rewel nyari nenen blas kalau pas ditinggal ke luar kota?

πŸ’ Pernah lah pasti. Tapi riwilnya masih tolerable. Ya nangis sih iya. Tapi ditunggu dan dialihkan, terus bisa lupa. Tetep bisa bobok tanpa nenen kalau nggak ada saya.

πŸ’¬ Pernah nggak disuruh menyapih oleh orangtua/mertua, soalnya aku masih pengin menyusui tapi mertua suruh sapih melulu?

πŸ’ Nggak pernah. Soalnya dulu Adit juga masih nenen sampai umur 5 tahun, lol. Modelnya kayak Aiden gitu, nenen hanya malam. Jadi Mama dan Papa mertua saya nggak yang suruh sapih gimana-gimana. 

πŸ’¬ Pernah nggak sempet khawatir kalau Aiden bakal jadi manja banget karena masih menyusu padahal udah dua tahun lebih?

πŸ’ Khawatir Aiden manja, iya pernah. Tapi bukan karena masih nenen. Biar nggak begitu amat, ya diajarin untuk mandiri dalam beberapa hal yang dia bisa atau sesuai usia dia aja. Kayak misal Aiden wajib taroh baju kotornya sendiri ke ember cucian, wajib buang popok ke tempat sampah sendiri, wajib lap lantai kalau dia numpahin makanan, wajib bantu beresin mainan, things like that.


πŸ’¬ Jadi rencananya bakal menyapih kapan dan dengan cara apa?

πŸ’ Actually, saya sering nanya ke Aiden begini, "Aiden kan udah besar. Nggak usah nenen lagi, ya? Aiden kan udah nggak bayi lagi." Tapi dia masih selalu jawab, "Nenen!" Dia belum mau berhenti. So, paling-paling saya hanya akan terus nanya itu sampai dia jawab sendiri untuk udahan.

πŸ’ Mungkin nanti kalau udah lebih ngerti pilihan dan konsekuensi, saya kasih pilihan. Ini kayak cerita Salo nya Annisast. Jadi Salo minta ulang tahun ke-3 nya dirayain di daycare nya. Request ada kue tart dan hiasan-hiasan gitu. Terus Icha kasih pilihan mau dirayakan tapi berhenti nenen atau tetap nenen tapi tidak dirayakan. Salo sendiri yang pilih untuk dirayain. Jadi ya berhenti nenen. 

πŸ’ Palingan ntar saya gitu juga sampai Aiden udah bisa bikin pilihannya sendiri.

πŸ’¬ Aiden itu ASI terus sampai umur berapa?

πŸ’ Cuma sampai 5 bulan, dia nggak ASI ekslusif. Waktu itu saya harus ke Kediri 3 hari untuk ngisi seminar tentang kehamilan sehat. Nitip anak-anak di mertua, belum ada asisten rumah tangga. Ternyata ASIP yang saya bawain kurang. Stok ASIP lain di rumah. Rumah mertua dan saya lumayan jauh. Jadi yaudah sama Adit dibeliin susu formula abis kan kasihan kalau Aiden nangis haus kelamaan. No probs sih buat saya. Nggak bikin kesel atau perang sama Adit atau apa.


πŸ’¬ Jadi ada tips nggak?

πŸ’ Kalau mau cari tips yang beneran, mending buka-buka website AIMI ASI gitu-gitu kali yah. Saya cuman bisa bilang kalau udah betul-betul mau nyapih, maybe siapin hati kita nya dulu aja. Banyak yang niatnya mau nyapih tapi sebenernya hatinya belum siap. Masih pengin 'ditempelin' anak lah, masih menikmati momen menyusui lah, endebre-endebre. Banyak juga yang ingin nyapih 'hanya' karena udah capek direcokin mertua yang keep asking kenapa anak masih nenen, jadi kita nya berasa sewot dan kemrungsung, hati belum plong.


πŸ’ Kayaknya akan susah kalau ibunya juga belum 'legowo' deh. Nah itu disiapin dulu aja. Udah cuman bisa kasih saran gitu doang hahaha.

Kalau kalian punya tips menyapih, feel free to share yah. 

Next mau nulis apa yah, ada ide nggak kalian pengin saya nulis tentang apa? Banyak yang request saya nulis tentang Alma dan Taqy, lol.





Love,




8 comments:

  1. Ga bisa ksh tips, krn bobsky dan fylly jg ga asi ges :D. Tp mungkin kalo aku nyusuin nih, kyknya jg ngikutin ke bobsky msh mau nenen ato ga.. Dia jg manjanya banget ama aku. Kalo tidur hobinya aja nyurukin mukanya ke dada emaknya :p. Prnh iseng aku tawarin nenen, dan anaknya menatap kyk bingung wkwkwkwkw.. Makanya aku pikir, sepertinya sih aku tipe yg ga bakal tega nyapihin kalo memang anaknya blm mau yaaa :D.

    ReplyDelete
  2. Kalau sya malah nunggu mukhlas cepet dua tahun untuk disapih hha. Tp kalau aaknya belum mau ya gpp kli yaa. #emak labil hihi. Request tentang tips2 ngeblog aja mb gesi.

    ReplyDelete
  3. πŸ˜…πŸ˜… anak ku Elyn dh mau 3th mash nenen . ak berfikir lebih ke nunggu anaknya siap sambil dialihkan ke yg lain. Puji Tuhan sdh mau minum susu Dan nenen cuma klo mau tdr. So no probs. Hnya papa nya dah ksh warning umur 3 th harus sapih hahaha liat sitkon saja, ga mau smpe jdi moment yg traumatik buat si anak. Karena aku liat proses toilet training anak ku yg pertama. 3,5 th Bru lepas pampers krn si anak yg mau sendiri / minta sendiri. TDK ada usaha paksaan drI ortu dan memnag akhirnya dampak nya lebih baik. Ak berfikir mungkin sama Kali ya proses nyapih anak hahah semua akan ada masa dan waktu nya hehehe

    ReplyDelete
  4. Faizah juga nenen sampai 3 tahun lewat. Trus diancam sama omnya yang emang dia takutin "kalo masih nenen nanti saya potong lidahnya!" sejak itu dia gak mau nenen lagi.. Hihiii

    ReplyDelete
  5. Alfath nenen sampai usia menjelang 3 tahun, dan sampai sekarang masih suka mentil. Aku bairin aja, sambil dibilangin pelan2 jangan mentil ditempat umum. Dan dengan sendirinya sih berkurang kadar mentilnya, kalau inget doang :)))

    Alasannya gak dipaksa buat stop? Gak kepikiran aja buat maksa, karena yakin suatu saat bakal stop sendiri, apalagi makin besar dia makin punya rasa malu. Dan, akunya masih mau dia sering2 nempel, huhu

    ReplyDelete
  6. Anak kembar saya disapih waktu umur 2th 7 bln, soalnya saya udah ngerasa ga nyaman. Sblm disapih sempet mikir, ntar gmn rewel dan ribetnya kl disapih. Beruntunglah saya ada bapak2 langganan tukang pijet anak2 yg bisa bantuin. Pas pijet cuma ngomong "Pak, anak2 mau disapih nih. Saya udah siap." (syaratnya begitu kata si bapak, ibunya hrs siap). Daaann....malam itu juga anak2 ga minta nen sama sekali. Tidur aja gitu. Pheeww.... Pak Didik is da best! Malam2 berikutnya sempat minta nen, tp ga maksa juga kl ga dikasih. Pokoknya drama menyapihnya sangat minimal lah.

    ReplyDelete
  7. Kalo nick kayak salo. Dikasi pilihan. Tp bukan ulang tahun ke 3 dirayain. Cm minta dibeliin tayo set dan paw patrol set. Akirnya beliin serba tayo dan paw patrol. Masih sesekali minta nenen, tp diingetin kan udah dibeliin tayo n paw patrol. Trus ga jadi minta nenen. Mungkin tipsnya gitu. Kalau minta mainan atau apa gitu dipending dulu. Sampe dia kepengen banget dan momennya pas buat sapih.

    ReplyDelete
  8. 검증카 λ¨ΉνŠ€κ²€μ¦ μ•ˆμ „λ†€μ΄ν„°

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^