Thursday, December 28, 2017

Aiden Kena Flu Singapura


Libur-libur malah sakit. Ngeselin banget flu singapura pada anak ya emang. Ini kali kedua Aiden kena flu singapura. Dan yang kedua ini, jauh lebih dramatic daripada yang pertama dulu di Mei 2016. 


Yang awal dulu nggak pakai sariawan. Sekarang pakai sariawan, gede-gede pula dan ada beberapa. Anaknya jadi super cranky. Dikit-dikit pegang mulut bilang tatit tatit lalu nangis. Plus emang dasarnya Aiden itu tipe anak yang rada lebayatun. Kalau sakit dirasain banget. Jadi ya, huff.

Baca: Aiden's Story 1-7


Gejala awal keliatan di Sabtu, 23 Desember kemarin, siangan pas mau mudik ke Salatiga. Anaknya susah makan. Dikit banget makannya. Tapi ngemil krupuk dan kripik gitu masih mau. Waktu itu belum ngeh kalau itu bibit-bibit flu singapura.

Sabtu sore masih susah makan nasi, tapi roti masih mau beberapa suap. Ya lumayan. Brintil-brintil udah mulai keliatan di tangan dan kaki. Dahinya teraba anget, tapi dicek pakai termometer ternyata cuma 37-an. 

Minggu, 24 Desember, susah makannya makin menjadi. Cranky nya apa lagi. Seharian gitu dia nangis berkali-kali dan minta digendong. Kalau pas lemes, keliatan lemes banget. Digendong aja jadi merem. Tapi sesekali kalau lagi aktif ya masih bisa main dan lari-lari, walau jadi emosian minta ampun.


Bobok malemnya ngetes kesabaran banget karena beneran dikit-dikit kebangun dan rewel warbiyasa. Jadi saya ikut pusing karena dikit-dikit kebangun dan gendong-gendong. Wow parenting is not easy! Tapi puji syukur, malem bisa saya tinggal bentar ikut kebaktian malam Natal.

Baca: Merayakan Natal di Tengah Perbedaan

Senin, 25 Desember, seharian nggak kemasukan makanan. Itu kami udah di Jogja lagi. Susu juga susah banget. Untung masih mau minum teh. Jadi dikit-dikit saya minumin Aiden teh pakai gelas sesering mungkin biar nggak dehidrasi. Wajahnya udah melas. Kalau pas inget sariawannya, langsung nangis heboh.

Pola tidur malemnya masih dikit-dikit kebangun. Belajar dari yang kemarin-kemarin, saya jadi pusing kalau ikut tidur lalu bentar-bentar bangun, jadi malam itu saya begadang nggak bobok aja sampai jam 4-an pagi. Main games di Facebook. Ternyata asyique banget yah, udah lama nggak nge-game. Malah jadi me time hahaha.

Baca: Ketika Ibu Butuh Me Time

Main zynga poker, songpop, logo game, dan trivia quiz kusenang.


Anyway, dari Sabtu malam, sebenernya saya udah kasih Kandistatin (obat sariawan), Imboost Junior, dan Tempra. But not really healing sih. Mungkin emang flu singapura nya pas lagi nendang-nendangnya.

Selasa, 26 Desember, akhirnya saya bawa Aiden ke dokter anak. Udah yakin sih flu singapura, tapi kali dikasih obat yang lebih tokcer aja. Bukan sotoy loh, soalnya saya buka-buka buku kesehatan Aiden, nemu riwayat flu singapura 2016 kan, dan ya sama.


Baca: Membuat Buku Kesehatan Anak

Pagi itu, saya bener-bener paksa Aiden buat makan. Saya blender nasi sama lauk jadi lembut banget. Saya masukkin paksa. Abis gimana, dari Senin loh nggak makan apa-apa. Anaknya nangis gerung-gerung tapi bomat. Dapet 5 suap.


Bener flu singapura. Sama dokter anak dikasih dua obat baru. Obat sariawan Kandistatin, ternyata kata dokter nggak tepat untuk Aiden karena sariawannya Aiden bukan karena jamur, melainkan karena virus flu Singapura. Diganti Aloclair oles. Ada yang model kumur juga, tapi kayaknya better oles kalau buat Aiden.

Vitamin juga diganti sama

Tempra nya tetep, katanya disuruh minumin per 4-6 jam biar badannya enakan nggak nyeri, walaupun tidak demam.

Selasa sore, sujud syukur banget, tiba-tiba Aiden minta makan sendiri!


Minta makan oatmeal gitu. Abis lumayan banyak sampai nambah. Dari sore ke malem udah jauh lebih ceria wajahnya. Malamnya juga udah nggak secranky malam-malam sebelumnya.

AKHIRNYA!

And here's some facts about flu singapura yah, saya sarikan dari Alodokter.

💁 Dikenal juga dengan nama Hand, Foot, Mouth Disease

💁 Penyebabnya adalah kelompok virus enterovirus A. Beberapa jenis virus dalam kelompok itu yang paling sering nyebabin flu singapura: coxsackie A6, A10, A16, dan enterovirus 71.

💁 Beberapa gejala penyerta: demam tinggi, sakit tenggorokan, nggak nafsu makan, sariawan di lidah/gusi/bagian dalam pipi, muntah, bayi mudah cranky, bintil-bintil di mulut/tangan/kaki dan kadang muncul juga di pantat/siku/lipatan paha.

💁 Gejala-gejala di atas nggak selalu muncul semua, tergantung kondisi juga. Di Aiden yang keluar: sariawan, emoh makan, cranky, dan bintil-bintil di kaki dan tangan.

💁 Penularannya lewat kontak langsung dengan penderita melalui ingus, ludah/liur yang terpercik ke udara saat batuk, cairan yang berasal dari bintil-bintilnya, dan pup.


Then, ini beberapa advices dari dokter anak yang kami temui kemarin, plus saya tambahin masih dari Alodokter yah:

Baca: Tips Memilih Dokter Anak

👌 Usahain banget biar anak nggak sampai dehidrasi pas lagi emoh makan dan minum begini. Kasih minum sesering mungkin. Dikit-dikit gapapa tapi sering.

👌 Perhatikan frekuensi pipisnya. Usahain pipisnya nggak berkurang drastis.

👌 Boleh dikasih paracetamol biar nggak nyeri, walaupun sebenernya nggak ada demam. Makanya Aiden masih disuruh lanjutin Tempra.

👌 Kasih makanan yang lembut-lembut dulu.

👌 Untuk anggota rumah lain, pastikan selalu cuci tangan kalau habis ngurus anak yang kena flu singapura. Abis cebokin, ganti popok, nyuapin, nyeka ingus, etc, always cuci tangan pakai air dan sabun. Pakai step-by-step cuci tangan yang bener loh, bukan asal cuci doang. Googling panduan cuci tangan yang direkomendasikan WHO.

👌 Kadang saya nyuapin Aiden bareng sama Ubii, pakai sendok yang sama. Nah ini nggak boleh dulu sampai Aiden bener-bener sembuh.

👌 Ajarin anak tutup mulut saat batuk dan bersin.

👌 Kalau bisa, diliburin dulu sekolah atau daycare nya biar nggak nularin anak lain. Ini sebenernya daycare Aiden sudah masuk. Tapi karena Aiden masih flu singapura (walau udah getting better), jadi saya rumahkan dulu.

👌 Kalau kepepet sekolah/daycare karena both parents bekerja, pesen ke miss-miss nya biar anak kita rada dijauhin dulu dari temen-temennya, sering ajak anak lain cuci tangan, etc.


Semalem Aiden udah blas nggak rewel lagi pas bobok, HORE! Makan masih belum kayak biasanya tapi yaudah tunggu aja, lol.

Liburan pada ngapain? Ada yang sakit juga nggak? Semoga sehat semuaaaaa.




Love,





14 comments:

  1. beberapa minggu lalu anakku juga kena flu singapur juga mba alhamdulilah 3 hari langsung reda

    kasian juga pada sariawan dalam mulutnya kalau kata orang sunda mah barusuh :p

    semoga sehat2 ya Aiden

    ReplyDelete
  2. Kak Ghifa ini semalem semoat dwmam tipis2, Mbak. Habis mandi bola sama adik sepupu. Hahahaha. Sudah kukasih Tempra, alhamdulillah aman. Hahahaa

    ReplyDelete
  3. Agak kuatir ama penyKit ini. Fylly ama vrstan blm prnh kena sih. Semoga jgn juga.. Kebayang rewelnya kalo sampe sariawan banyak gitu :( .. Skr ini palingan mereka aku ksh vitamin trs supaya naikin imunitas nya..

    ReplyDelete
  4. Anakku demam dari Minggu - Selasa nba Ges, gak membaik malah naik turun, sambil saya amati ada bintik-bintik merah / sariawan gak gitu. Parno kalau DB / HFMD juga soalnya udah ada kasusnya di daerah saya, dan akhirnya karena Selasa hari ketiga saya bawa ke RS buat cek darah, tanggal merah jadi gak ada spesialis anak alhasil ke IGD. Alhamdulillah gak ada infeksi, tapi sedihnya dia anemia. Iya, Asupan makannya kurang, maemnya susah bingiiiit jadinya dikasih zat besi sama penambah nafsu makan, malam-malam sebelumnya walaupun demam tapi alhamdulillah boboknya anteng tapi kalau siang malah gendongan. Nah abis periksa baru drama. Tengah malam kebangun muntah terus gendong sejam eh tidur sampe pagi. Dan keesokan harinya turun demamnya mulai ceria lagi walau masih sempoyongan. Semoga kita semua sehat selalu. Aamiin..

    ReplyDelete
  5. wah syukur ya Aiden udah mulai sembuh :) sehat terus ya nak, kalau aku malah aku yang sakit mbak, sampe ga bisa ke gereja di hari minggu dan ga ikut misa natal di hari senin :( tapi puji Tuhan udah membaik jadi hari ini bisa ngantor huhuhuu

    ReplyDelete
  6. Semoga sehat selalu yaa Aiden ��
    Semoga aja Faizahku gak.pernah kena penyakit ini. Aamiiin...

    ReplyDelete
  7. Anakku juga sakit mba gesu, mubtahber huhuhuhu tp alhamdulilah better skg.

    ReplyDelete
  8. Ghaza pun sakit pas liburan nih, ISPA aja sih. Tapi diopname empat hari soalnya sudah lemes banget karena gak mau makan dari Senin gitu, untungnya masih mau minum. Sekarang sih sudah keluar tapi masih batuk. Dan PR banget naikin BB-nya lagi... hiksss

    ReplyDelete
  9. Sehat terus ya Aiden biar bisa main sama kakak Ubii :)

    ReplyDelete
  10. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-paket-super-brightening-series/

    ReplyDelete
  11. huhu pasti panik ya mba.. sehat terus buat aiden dan ubi...

    ReplyDelete
  12. Aku malah baru tahu loh mbk kalo ada yang namanya flu singapura, hihi
    mungkin karena efek belum punya anak kali ya.

    Nice infonya mbk

    ReplyDelete
  13. Fokus ke buku kesehatan anak nich, Ges. Mau bikin kok lupa mulu. Waktu aku sama fira gatel-gatel gara-gara apa gitu, dokternya n yari bintik-bintik di seluruh permukaan kulit. Alhamdulillah enggak nemu, beliau cerita, sedang musim flu singapura. Sehat semua ya

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^