Tuesday, December 19, 2017

Sebagai Anak Generasi 90an, Kurindu Ini


Belakangan ini saya kangen sama masa kecil. Kayaknya itu diawali sama keletihan lihat media sosial yang banyak berita panasnya. Yang lagi hot tentang aksi ingin boikot Film Naura & Genk Juara yang menurut saya SANGAT amat berlebihan itu. Kenapa semuanya sekarang dikait-kaitin sama agama sih. Capek.


Lanjutan dari capek sama media sosial, saya jadi nostalgia zaman kecil dulu yang nggak ada medsos, nggak gampang ribut, dan nggak gampang kepancing sama isu-isu SARA. And next malah jadi ngelist di otak, apa aja sih yang saya kangenin dari masa kecil. Lahirlah postingan ini deh.


Ini teronggok sebagai draft mayan lama, makanya openingnya film Naura. LOL.

Sebagai anak generasi 90-an, saya kangen banget sama hal-hal berikut ini:

1) Wartel

Sekarang kangen gebetan tinggal stalk media sosial atau video call dengan gampang yah. Dulu ngumpulin koin dulu buat bekal ke wartel. Udah diangkat nih telpon nya, eh malah saya tutup dong karena nggak kuku denger suara gebetan. Mental belum siap alias cemen, tapi pengin denger suaranya. Wkwkwk so alay.

Perjuangannya kalau punya gebetan yang di luar kota jadi harus interlokal yang lebih boros. Bener-bener ngais-ngais cari koin receh di kantong celana, kantong tas, dll. Kalo nemu, alhamdulillah berasa nemu harta karun. Tapi tetep, di bilik wartel nggak fokus sih, soalnya sambil mantengin argo telepon. Perjuangan menjemput cinta monyet.


Yang bikin kangen dari wartel itu ... BAU NYA. Gagang telepon biasanya rada bau bau yang khas gitu kan, ya nggak? Nah itu dia yang bikin kangen. 

Sekarang semua orang punya smart phone, wartel udah tergusur banget, so bye wartel, thanks for the good memories yah.


2) Es Serut

Ngalamin nggak di depan SD ada abang-abang yang jual es serut dikasih sirup berlimpah ruah? Ada sirup yang warna merah, ijo, dan kuning. Tergantung kita mau request warna apa. 

Rasanya? Biasa banget sebenernya. Cuman adem dan manis yang berlebihan banget. Tapi kangen euy. Sekarang di depan SD-SD kalau saya perhatiin, jajanannya paling macam sosis, tempura, nugget, cilok, cireng, cimol, batagor, dan sebangsanya. 

Sekalinya liat es serut lagi di pasar malam. Harganya 15 ribu. Bentuknya udah more sophisticated. Ada astor, choco chips, oreo nya segala. Demi rindu, saya beli deh. Ternyata abis itu rada nyesel buang 15 ribu untuk adem-adem yang manisnya kebangetan lalu gigi saya rada ngilu. 


Faktor U ya sis.


3) Kaset Tape

Dulu pengin denger lagu mah artinya ngumpulin duit untuk beli kasetnya. Nggak segampang sekarang tinggal search di YouTube atau download di iTunes. Bener-bener saya nabung. Kaset-kaset yang pernah saya beli ya of course yang hits di zaman saya lah. Sebut aja Westlife (saya paling suka Mark btw), AQUA (lagu legendarisnya yang Barbie Doll), Meteor Garden, Putri Huan Zhu, Kabut Cinta, dan drama-drama Cina gitu deh.


Btw dulu yang marak itu drama Cina sama telenovela Marimar, Maria Mercedes, Maria Bellen, Dulce Maria, dan maria-maria lainnya lol. Drama Korea masih berupa sesuatu yang sangat asing.

Punya kaset baru itu berarti ada kesibukan baru, karena abis itu saya jadi sibuk ngapalin liriknya biar bisa sing along. Kalau di kemasan kaset itu pasti ada liriknya. Seru banget abis pulang sekolah, mendekam di kamar, ngapalin lirik.

Baca: Koleksi Gesi dari Masa ke Masa

Apa itu masalah kehidupan?


4) Sinetron ringan

Jin dan Jun, Jinny Oh Jinny, Kanan Kiri Oke, Panji Manusia Millenium, Bidadari, Boneka Poppy, Saras 008, Anak Ajaib, Mister Hologram, Tuyul dan Mbakyul, ya gitu-gitu lah.


Kangen bok liat sinetron ringan yang kaya gitu. Soalnya sekarang sinetron kalau nggak cinta-cinta ya serius kayak tentang agama. Kurindu tertawa bodoh. Dan kurindu liat sinetron yang nggak dikit-dikit dikasih blur sensor ah.


5) Nyek-nyekan Nama Orangtua

INI NIH, INI!

Yang bikin seru masa-masa SD. Hahaha. Paling deg-deg an kalau misal ada temen yang tahu nama orangtua karena abis itu biasanya jadi bahan nyek-nyekan. 


Saya kena banget tuh, terutama nama Papa saya. Tahu nggak dulu ada lagu kaya begini:

Mamaku Putri Diana
Papaku Pangeran Charles
Nenekku Ratu Elizabet
Kakekku Bambang Gentolet

Nah, nama Papa saya itu Bambang. Jadi mereka suka ngenyek saya pakai lagu itu hhh.


Mungkin nyek-nyekan nama orangtua ini jadi pembelajaran untuk sebagian anak. Lalu akhirnya, temen-temen saya jadi kreatif saat nyebut nama Papa mereka. Aslinya Jono, mereka ngakunya John atau Jo. 

Leh uga.

Nyek-nyekan nama ortu begini masih dilakukan nggak sih sama anak-anak sekarang? Serius nih nanya.


6) Permainan tradisional

Bener nggak yah saya nyebutnya. Pokoknya yang saya maksud itu adalah mainan-mainan macam engklek, dakon, gobag sodor, betengan, slekdor (ular naga gitu lah), etc yang intinya main beneran, dan main sama-sama.

Dulu zaman saya kecil, kalau main sama temen ya mainnya ini. Asik aja. Lari-larian (kecuali dakon), keringetan (sekalian olahraga ya), jejeritan heboh bareng, sampai main kesorean yang harus dipanggil pulang buat mandi sore lol.


Zaman adik saya (saya dan adik beda 12 tahun btw), saya lihat udah mulai beda. Temen-temen adik saya tuh kalo main ke rumah kami, mainnya adalah game di komputer. Model game taktik-taktik an atau tembak-tembak an.

Baca: Diari Papi Ubii #2 - Is Video Gaming Really That Dangerous?

I'm not saying that games begitu tuh jelek, nggak juga. Cuman saya kangen aja sama permainan tradisional yang dulu sering dilakukan.

Dan dulu banyak banget permainan dengan lagu yang entah dari mana liriknya dan siapa yang nyiptain. Kayak yang satu ini permainan saya banget:

Sakura di rumah ada pesta
Pestanya Mbak/Mas ... (sebut nama anak yang di tengah)
Mbak/Mas ... minta apa?!


Misal dia minta kursi, lalu kami menekuk-nekuk tubuh kami biar jadi kursi. Terus dia ngedudukin kami. Seru banget loh.

Entah mengapa Sakura. Mungkin penciptanya orang Jepang? #halah

Ada satu lagi yang bener-bener masih saya apal liriknya:

Mi mi mi
Mi atas, mi bawah
Mi depan, mi belakang
Mi satu dua tiga
Mi tiga dua satu
Mi gulung gulung gulung (2x)

Mama pergi Papa pergi
Ambil tali, gantung diri (wtf right)
Ada tikus
Tikusnya empat
Ada bunga
Ada pocong, berbaju putih

Putih putih melati Alibaba
Merah merah delima Pinokio
Siapa yang baik hati Cinderella
Tentu disayang Mama

Ada yang tahu lagu dolanan itu nggak? Hahaha.

Ini cuman nyanyian dengan gerakan gitu. Tapi seru aja. Dan saya masih inget sampai sekarang gerakannya. Bakal saya ajarin ke Aiden deh kayaknya. Tapi lirik ambil tali gantung diri mungkin bakal saya revisi wtf.

Wow baru sampai 6 aja udah panjang, jadi saya sudahi aja deh hahaha. Kamu dong tambahin yaahh di komentar, kalau kamu kangen apa aja dari zaman dulu as generasi 90an?

Ayo ayo ceritain kamu kangen apa, mwah!

Have a nice Tuesday!




Love,







Images sources:
www[dot]inovasee.com/wp-content/uploads/2017/09/meme-wartel.jpg
www[dot]hipwee.com/wp-content/uploads/2015/03/il_fullxfull.350978996-750x614.jpg
cdn[dot]yukepo.com/content-images/listicle-images/2016/09/01/6669.jpg

27 comments:

  1. Aku kangen gobag sodor, dulu setiap pagi dan jam istirahat selalu mainin itu di halaman sekolah pas SD. Seruuu banget, melatih strategi dan sekalian olah raga.
    Wartel tuh kenangan juga, bela-belain ngantri demi nelpon gebetan wakakaka.

    ReplyDelete
  2. Hahahah gesiii, bau telp, bau telp emgnya bau apaaa :p. Eh kalo nama ortu aku bangettt. Jd korban trs kwkwkwkw.. Nama papaku kan pake marga pasaribu. Nahhh abiiis deh aku diejekin trs. Anak pasarlah, papa punya pasar seribu.. Pdhl hrsnya bangga ya kalo papaku punya pasar seribu. Kaya dooong hahahaha.. Skr mah aku bangga ama margaku. Tp kalo dulu sebisa mungkin diumpetin.

    Tra kalo kaset, aku jg kangeeen.. Dulu koleksi. Sampe ratusan jumlahnya.. Trutama lagu2 rock sebangsa nirvana, motley crue, bon jovi, aerosmith, boomerang, dll lah. Pokoknya pasti uang jajan abis utk beli kaset, ama buku wkt itu :D.

    Selain itu yg aku kangenin, kirim lagu di radio wkwkwkwk.. Omigoood aku malu kalo inget itu :p. Skr msh bisa sih kirim lagu di radio, tp rasanya beda :p. Ntahlah mungkin krn dulukan masih temen2 sebaya yaa yg saling kirim :D.

    Ada lagi, aku kgn Pager, yg sebelum ada hp tuh. Hihihi inget perjuangannya kalo mau kirim message utk temen ato cowo :p. Hahahaha.. Aku sampe diem2 belinya pake uang jajan. Nsh inget punya ku dulu yg motorola. Trs kalo mau kirim pesen, ke wartel dulu. Kdg si mas operatornya gidain kalo isi message rada mesra wkwkwkwk.. Repot ya bok mau kirim message aja :p. Lumayan lama tuh pager bertahan. Sampe aku kuliah 3 semester. Trs krn aku pindah k malaysia, di sana pager ga musim lg. Baru deh ganti hp

    ReplyDelete
  3. dakon itu congklak kan ya??

    aku tau tuh lagu mie mie mie atas mie bawah..anakku suka sama permainan ini. kita suka main bareng..sama satu lagi. permainan do mikado mikado eska eskado...kami suka mainin permainan itu juga..dan anakku happy, dia akan ketawa crispy kalo saya nyanyiin lagu itu..

    kadang suka heran, dulu siapa yang nyiptain lagu itu. dan hebatnya lagi sodara sodara diluar tempatku tinggal (luar kota) juga bisa pada hapal liriknya. siapa yang promoin coba? pdhl kan jaman blm secanggih skrg yang bisa share2an lirik lagu permainan..

    ReplyDelete
  4. Kalo aku kangen maen dolanan cublak2 suweng karo tong tong bolong.

    Tong tong bolong
    Ndoletak ndoleti
    Geni marang geni sapi
    Pecaho ndokke siji
    Pyaaarrrr

    Bener ga lirike? Hahahaha

    ReplyDelete
  5. Kalau saya kangen beli permen seratus rupiah dapat 5 biji :D sama kalau main saya suka berperan jadi saran dengan pose kucing mengaum hahahak. Kangenyaa, tapi sayang jaman now udah nggak ada yang kayak gitu, nanti Mukhlas sukanya tayo atau upin ipin :D

    ReplyDelete
  6. Gobag sodor, main lompat karet, main adu karet gelang (ga tau apa namanya), main bekel, main wayang (kartu kevil2 gambar karakter), main kasti.. Banyak dehhh hahahaha

    ReplyDelete
  7. Krip-krip, mami, anak mas rasa keju. Kirim salam lewat radio. Naik angkot bayar cepek. Naik dokar kalo gak ada angkot. Lompat tali, tapi kalah terus. Juprit singit, kebagian nyari terus. Hihihi... Tq mbak, jadi nostalgia.

    ReplyDelete
  8. aku kangen beli minuman trus ditaruh di plastik! kaya es jeruk, es teh, atau coca cola fanta gitu hahaha. trus jajanan yang sekarang bener bener udah ga pernah nemu lagi tuh rambut nenek. sekarang adanya versi modern nya namanya dragon beard, itu juga masi jarang di indonesiaa

    kalo mainan, aku kangen gobak sodor, cublak cublak suweng, terus sama tak benteng

    yaampun, kangen!!

    ReplyDelete
  9. Punya wartel sendiri di rumah wkwk jadi asyik aja mau telpon kemana-mana wkwk

    ReplyDelete
  10. Hahaha... Jadi keingat jaman kecil dulu.. Mainan yg ga membosankan.. Sekarang kalah sm tv internet n hangpong

    ReplyDelete
  11. Rumah saya sebelahan sama wartel malah
    kalo ada yang membahas hal hal yang berbau tahun 90an memang ada rasa rindu, zaman itu anak anak bener bener sepenuhnya menjadi diri mereka
    tidak seperti sekarang.
    bermain dan besosialisasi itu yang sekarang sdh hilang.

    Dan benar adanya tidak pernah saya mendengar isu SARA dan sebagainya
    ada namun tidak seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  12. Generasi 90-an is the best!

    Masa digital baru banyak nongol, tapi yang serba manual masih banyak dipakai. Jadilah anak 90s itu perpaduan yang tech savvy dan kreatif pula hehehe.

    Apa yang aku kangenin? BUANYAK!
    Mulai dari ritual kartun Minggu pagi, mainan di abang-abang (gambaran, gimbot ditaliin, kartu tepokan, pokoknya nguras duit jajan hahaha), serial TV yang seru-seru, fashionnya yang nista tapi ngangenin (hidup alien workshop dan kemeja flanel!), many more!

    Masa kicik dan abegeh di era 90-an tak terlupakan pokoknya. Somehow, aku seperti stuck di masa ini. Sampai playlistku kebanyakan berkutat di lagu-lagu 90-an. Entah yang nongol di MTV Most Wanted atau Alternative Nation hahahaha #gagalmoveon

    BTW, Ges, di Jogja masih gampang ya nemuin jajanan n mainan era 90-an? Kaya pernah liat di IG (lupa tapi nama akunnya apa). Aaaak, harta karun banget rasanya kalo dapet :D

    ReplyDelete
  13. Hahhaha pengen ketawa pas bagian Bambang Gentolet mbaaa, emang masa-masa ngangenin sihhh

    ReplyDelete
  14. Aku kangen telpon umum dan majalah Bobo. Juga F4 dan drakor "full house"hahahahha

    ReplyDelete
  15. Kangen wartel,,,
    Dlu wkt SMP,pas pulang blum d jemput. Antri deh di wartel. Antri lama banget, tlp cuma hitungan detik
    "ma, jemput!"
    Bayar deh 200 rupiah.

    Kangen juga sama acara musik, tralala trilili yg d bawain Agnes Mo. Trio kwek2, Joshua, Cikita Megsi, Meisy, dll.

    ReplyDelete
  16. Efek laper, wartel kebaca warteg cobakkk. Huft.

    Aku rindu main galaksin..kasti. Tak benteng. Tak jongkok. Petak umpet. Pernah main pulang pulang kaki berdarah darah beneran berlumuran gitu krn nginjek batu tajem tp ga sadar. Langsung stop main pulang buat bersiin kaki. Main apalagi yakkk. Lokoknya main yg bkkin pulang kerumah baunya super kecut bin ashem.

    ReplyDelete
  17. Nomor 5 paling fenomenal. Temenku malah lebih ngetop dipanggil nama bapaknya dibanding namanya sendiri, kebawa sampe sekarang. Padahal dia sekarang udah high rank di militer hahahaha

    ReplyDelete
  18. Kalau saya kangen main entik, bangga banget gt kalau bisa mukul kenceng atau giliran jaga bisa nangkep umpan yang dipukul. : D

    ReplyDelete
  19. So nostalgic. Pernah ngalamin semuanya, kecuali wartel. Bukan buat nelpom gebetan tp buat nelpon mnt dijemput. Haha

    ReplyDelete
  20. Jd inget nelpon di wartel cuma buat dgr suaranya doang ���� terus tutup lagiii

    ReplyDelete
  21. wartel ini banget dan persis mb gesi aku pun kudu kumpulin recehan demi nelepon sang kekasih dulu yang kuliah di Malang wkwkwk bulak balik cuman nelepon nanyain makan apa?udah aja sungguh bilik wartel saksi kecupuan dalam berinteraksi :D

    ReplyDelete
  22. Aku malah kangen telepon umum koin. Di sekolah ada itu. Kalau istirahat, suka nelpon-nelpon gaje entah siapa. >.<

    ReplyDelete
  23. Telpon umum sama kartun di minggu pagi Mba :D

    ReplyDelete
  24. Ooooh di sana namanya 'nyek-nyekan' juga ya �� kirain beda ����

    Aku masih inget tuh, jaman MOS SMP Aaku telpon ibuku yg lagi di toko, untuk beliin barang2 MOS. jadi pas pulanh ke rumah, barang2nya udah ada

    Duh jadi kangen deh. Kangen ibu juga. Padahal ya Ibu ada di rumah sih ����

    Btw, selamat hari Ibu ya Kak Gesi

    ReplyDelete
  25. TELEPON UMUM... Paling kesel kalo antrian di belakang banyak tapi yg nelp nggak tau diri. Sukak nakal ngakalin uang koinnya dikasih tali trus disolasi, pas ngejeglek nyambung talinya ditahan. Perlu latihan supaya duit koinnya nggak nyemplung, tp melorot lagi kebawah buat dipake ulang hahaha...
    Belom lagi kalo pas kena lubang koinnya macet dan suka ada lidi nyangkut dibuat nyodok tp malah bikin nyangkut. Alamat deh duitnya kesangkut tp nggak bisa telp

    Tp sering juga dpt harta karun telp umum, pas digebrak keluar banyak koinnya. Jackpot deh hahaha... Paling jackpot waktu telp du daerah cilandak, keluar banyak banget sampe mesti ditadangin pake rok sekolah

    Kangen masa ituuuu.... Tengkiyu sudah membawa kembali memori jaman young

    ReplyDelete
  26. Dulu aku suka sama cemilan, mainan dan alat tulis yang murah-murah yang suka dijual di dalam sekolahku, Gesi-san. Waktu itu aku suka sama mi remes, es mambo, sate-satean, boneka kertas, stiker, pensil dan pulpen gel. Mainan termewah yang aku dapat itu ular tangga yang kubeli di nenek-nenek di sekolahku. Aku mengalami masa itu di awal sampai pertengahan dekade 2000-an. Sebenarnya di era itu masih ada 90's stuff yang beredar, tetapi ada yang sudah berkurang, bahkan sudah nggak ada lagi:( Dari jajanan sekolah, aku jadi suka alat tulis dan alat seni (dasar).

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^