Tuesday, September 19, 2017

My Tattoos And The Story Behind


Di Diari Papi Ubii #22 bulan Agustus kemarin (btw kok absennya lama banget ya ini hhh), Adit cerita tentang arti dari tiap tato yang terukir di tubuhnya. Di akhir post, saya bilang saya mau nulis arti tato buat saya juga. Dan, baru sekarang terealisasi. Hah procrastinator sejati! 


Kalau Adit, dia banyak baca dan banyak tahu. Itu ngaruh banget ke pemilihan tato. Saya nggak se-knowledgeable itu sih hahaha. Jadi tato-tato saya semuanya adalah something yang dekat dengan diri saya.

Anyway baca dulu aja punya Adit yah.


Kalau saya describe makna dari tato-tato Adit, mungkin saya akan pakai kata filosofis. Punya saya nggak. Saya memaknai tato saya dari pengalaman yang memorable atau dari orang yang buat saya berarti sekali.

💜1st tat: heart 💜

Tato pertama ini lupa euy saya bikin tahun berapa. Yang jelas pas udah kuliah kok. 

Ini kecil banget. Kalau saya pakai gelang atau jam tangan, biasanya udah ketutupan dan nggak bikin ngeh. Saya males foto lagi, jadi nanti bakal pakai stok foto jadul aja yah semuanya.


Kecil aja karena ... kok sakit ya tato di nadi hahahaha. Nggak deng. Bikin kecil biar nggak ketahuan Mama karena hampir pasti bakal dimarahin. Kalau emang nggak kepengin kegap Mama, kok nggak bikin di area lain yang lebih tertutup baju?

Soalnya ada reasonnya saya bikin di wrist. I've never written about this on my blog, I guess.

Jadi dulu saya kuliah di Jogja karena ngintilin mantan pacar semasa SMA. Dia mau kuliah di ISI Jogja. Saya juga harus kuliah di Jogja pokoknya, that's what I thought. ISI sama Sanata Dharma kampus saya jauh sih. Tapi mending lah, daripada Jogja-Salatiga ya kan.

Ternyata hubungan kami nggak mulus, sering banget putus nyambung. Back then, I was really needy and dependant to my boyfie. Rasanya pacar adalah segalanya, poros hidup saya. Saya jarang nongkrong sama teman semasa kuliah karena mostly sama pacar. Jadi tiap putus, saya stress banget.


Stress yang beneran stress sampai nangis gerung-gerung, banting-banting barang di kamar kos (ini temen kos sebelah kamar tahu sih hahaha), dan sampai nyilet-nyilet nadi. Eh bukan nadi deng. Lebih tepatnya, nyilet kulit di atas nadi. Karena saya nyilet tangan bukan karena ingin bunuh diri.

Saya nggak ingin mati dengan cara seperti itu. Nyilet-nyilet lebih karena apa yah... Frustrasi kali yah. Butuh melampiaskan kekecewaan dan kesedihan. Stress pokoknya. Saat itu memang anger management saya busuk banget.

Baca: Depression Is Not A F*cking Joke

Akhirnya kami putus yang beneran putus dan nggak balikan lagi. Saya makin stress. Jadi nggak doyan makan juga. Bobot saya turun sampai jadi 37 kg dari aslinya 43 kg. Nyilet-nyilet kulit di atas nadi masih tetep saya lakukan. Sampai sekarang masih ada bekas-bekasnya. Bikin jelek tangan huh.


Time went by until one point I said to myself, "This is so wrong. Stop it!"

So that's why I made a heart tattoo on my left wrist. Tato ini reminder supaya saya jangan lagi-lagi nyiletin tangan atau menyakiti diri sendiri karena putus cinta. So cheesy yah? Hehehe. But it worked well. Sejak punya tato hati di pergelangan tangan kiri, saya jadi nggak pernah sekalipun lagi nyilet-nyilet tangan walau setelahnya putus-nyambung sama beberapa mantan pacar sesudah si mantan yang kuliah di ISI itu.

Baca: Depresi Di Masa Itu - It's OK, But Let's Handle It


🌟 2nd tat: star 🌟

Tato kedua di pundak kiri ini juga saya bikin saat kuliah. Yang ini nggak terlalu deep sih maknanya. Saya suka aja sama bintang. Jumlahnya ada 19. Itu tanggal lahir sahabat saya semasa SMA yang paling deket sama saya. Frisma namanya.


Dulu, kami sering menyebut persahabatan kami bagaikan tutup dan botol. Entah kenapa pakai analogi itu. Hahaha. Soalnya kami ngerasa cocok aja sih. Dia kalau ngomong belibet, tapi saya bisa ngerti maksudnya di saat temen-temen lain belum nangkep maksud dia tuh apa.


She was really there when I needed her. Dari zaman SMA, dulu saya belum bisa naik motor dan belum punya motor, Frisma jemput saya tiap pagi. Waktu saya berantem berat sama mantan pacar yang anak ISI itu, dia yang bela-belain nganter saya dari Salatiga ke Jogja. Dulu ceritanya berantem saat saya mudik ke Salatiga, meanwhile mantan di Jogja. Saya muring-muring banget. Sahabat saya ini langsung nganterin deh ke Jogja biar saya bisa ketemu mantan. Dulu ketemu saat berantem itu rasanya urgent berat bok hahaha.

There are so many memories I spent with her. Nemenin Frisma biliard, jajan ayam kola sehabis les Matematika, hujan-hujanan berdua naik motor, main ke Pulutan (kalau orang Salatiga dulu menyebut Pulutan dengan bintang-bintang karena kalau malam bisa menikmati bintang banget), les Bahasa Inggris bareng, dan masih banyak lagi. Nakal-nakalan ala anak SMA juga, tapi nggak usah saya ceritain di sini hehe.

I guess somehow I'm proud of her. Dulu tuh Frisma sering dibilang lemot dalam pelajaran dan dia emang males belajar sih. Tapi sekarang dia sudah menyandang gelar Magister di bidang Ekonomi (akun apa mene yah, lupa saya). Not only that. Saya bangga sama dia karena dia ulet cari duit. Sebenernya dia mau leha-leha pun kayaknya bisa deh, karena keluarganya sangat berkecukupan.

But, no, she's working off her ass to earn her own money. Sekarang Frisma buka jasa eye-lash extension loh. Jadi, teman-teman pembaca blog saya area Salatiga, PLEASE kalau kalian mau eye-lash extension sama temen saya ini yaaaa. Liat-liat aja dulu Instagramnya.


Sekarang dia di Salatiga, masih single, tapi sedang menjalani hubungan serius dengan ... temen SMA Adit! Huahahahaha! Saya loh yang ngenalin. Taunya mereka pacaran beneran. Hepi lah, lucu aja rasanya.

Mas Rian, pacarnya Frisma ini stay di Jogja dan punya restoran ayam panggang yang endes surendes. You guys should try! Mas Rian masak sendiri loh dan enaaak. Bisa diorder via Gofood kok. Cobain deh.




👨 3rd tat: daddy's girl 👨

Yang ini di punggung. Daddy's girl in Greek. Saya bikin juga saat masih kuliah.


People say that daddy is the first hero to his daughter. I guess it's what happened to me. Papa adalah orang pertama yang saya rasakan bisa menerima saya apa adanya. And that meant a lot.

Baca: Cinta Seorang Ayah


💪 4th tat: i will fight her fight 💪

Yang ini saya bikin setelah punya anak-anak. This one is dedicated to Ubii. Ini cuman nambah tulisan di bawah hati si tato pertama sih. Jadi hatinya dibikin kayak balon, terus tulisannya jadi tali balonnya.


I will fight her fight, she'll never be alone in this journey. Lengkapnya udah pernah saya ceritain. Satu post khusus hanya untuk bahas ini. Jadi baca di postingan terdahulu aja yah.

Baca: New Tattoo


***

Ah udah panjang yaaaa. Hahaha. Saya mau cus dulu nih. Thank you for reading! Have a nice day, y'all!




Love,






11 comments:

  1. mami ubi itu cerita tato pertamanya serem banget, nyilet2,, jadi inget temen smp sama persis seperti mami ubi kalo putus sm pacarnya nyilet2,, aq suka tato yg untuk ubi,,

    ReplyDelete
  2. Aku sebenarnya suka tattoo, sayangnya nggak dibolehin. Suka bayangin, punya Tattoo gambar anbu di lengan kiri. :'D

    ReplyDelete
  3. Memang kalau tattoo, pasti ada makna sendiri ya? :D

    ReplyDelete
  4. Aku suka yang "I will fight her fight".
    Terlepas dari artinya, kelihatan keren aja huruf-hurufnya + nyambung dengan hati. Ternyata itu sambungan dari tatto pertama toh.

    ReplyDelete
  5. AKu mau tattoo ah mi, "Jangan lupa bawa handuk" di jidat hahahhaa

    ReplyDelete
  6. Woww berani bgt tattoo smpe berkali2 gt dear :O
    Aku plg suka tattoo trakir :') Tetap semangat yaaa

    www.xiaovee.com

    ReplyDelete
  7. Saya gak berani pakai tato.. hihihi :D takut.

    ReplyDelete
  8. Ah, sentimentil sekali baca ini (':

    Seperti yang udah aku bilang di postingan Kak Adit sebelumnya, aku orangnya skeptis sama orang yang bikin tattoo, tapi kalo baca yang kayak gini-gini rasanya adem aja. Memang orang punya banyak cara untuk menyalurkan emosi mereka, ya. Paling suka makna tattoo pertama, Ci. Self love, yah!

    ReplyDelete
  9. apa gak sakit nyilet2 di tangan, mami?
    apa nggak sakit di tatoo? mami?
    uhmmm

    ReplyDelete
  10. akupun ingin punya tato. tapi si mas gendut suamiku galak. dia bilang GAK BOLEH hhuhuuh

    ReplyDelete
  11. aku baru tau mami Ubii asli Salatiga :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^