Friday, September 29, 2017

Perilaku-Perilaku Ajaib, Jangan Dilakukan Ya Gengs (1)

Orang-orang Indonesia (well sorry for stereotyping this time) punya beberapa kebiasaan yang menurut saya sangat amat gengges. Gengges level ringan sampai level akut. Chain reaction level bikin mengumpat doang sampai bikin pengen getok.


Saya sih jelas bukan malaikat yang tiada noda dan dosa. But I'm sure saya masih cukup berakal dan beradab untuk tidak melakukan hal-hal di bawah ini.

πŸ’¦ Meludah sembarangan di kendaraan πŸ’¦

God. This is so disgusting. Kesel banget sama orang-orang yang seenak jidat cuah cuih buang ludah atau riak atau apapun itu yang terkandung dalam saluran pernapasan lalu dilepeh lewat mulut di jalanan. Kenapa kesel? YA KARENA JIJIK LAH.

Sering kan ngeliat orang, (biasanya bapak-bapak, sorry for calling bapak-bapak karena saya jarang sih liat cewe-cewe yang ngeludah sembarangan begini) yang di motor lalu meludah ke arah samping saat berhenti di lampu merah. Atau kadang dari mobil, jadi buka kaca mobil elegan, begitu meludah langsung minus 100.

Kalau misal saya pas naik mobil sih ya paling cuman eneg dan ewwww dasar.

Tapi kalau pas saya naik motor, dan saya berhenti di sebelah atau di belakang si bapak Mr. Ludah itu rasanya hhhhhh. Saya merasa ternistakan karena ludahnya. Saya ngerasa kecipratan dan jadi kotor, walau sebenernya ludahnya nggak nyiprat tapi tetep aja ngerasa kena percikan-percikan kecilnya and that's so EWWW please don't do thattttttt!!!


"Wah, mba Gesi empati dong. Mungkin dia lagi batuk dan riaknya jadi keluar."

HAH. Lhah dia yang buang ludah sembarangan emang berempati sama pengguna jalan lain kalo dia seenak udel ngecuah-cuih riak?

Anda bisa lakukan yang pernah saya lakukan: telan lagi riaknya.

Jijay sih but at least kita jadi nggak mengotori dan menebar penyakit di jalanan sama orang lain. Riak itu penyakit banget loh. Makanya di rumah sakit, misal abis lap mulut setelah keluarin riak kan tissue nya dibuang ke sampah dengan label Infeksius atau label Medis kan. Abis itu begitu sampai tempat tujuan, cari toilet, batuklah sepuas mungkin sampai riaknya keluar lagi.

Gitu ya! Jalanan bukan hanya milik Anda. Please beradab sedikit.


πŸ’€ Kencing di trotoar πŸ’€

(atau di pinggir jalan, di tengah jalan, di ujung jalan, di mana pun yang bukan toilet lah pokoknya yah)

Ini again bapak-bapak lagi karena cewe pasti mikir banget 1000 kali mau pipis di trotoar pinggir jalan. Pernah loh saya liat laki-laki dengan santainya buka celana lalu pipis begitu aja di trotoar. Seenteng itu.

Kenapa jangan dilakukan? Well, do I need to explain?


🚺 Buang pembalut di kloset 🚺

Nah kalau ini jelas perempuan yaaa hahahaha, lalu bapak-bapak be like, "Akhirnya nggak kita-kita terus yang kena" lol.

Toilet perempuan itu kayaknya lebih rentan jorok daripada toilet laki-laki yah karena ada dua benda ini: tissue dan pembalut.

Biasanya kita perempuan pakai tissue untuk mengeringkan area kewanitaan setelah buang hajat usai. Sayangnya nggak semua tissue-user ladies ini berkesadaran untuk buang di tempat sampah. Di dalam bilik toilet itu biasanya ada tong sampahnya loh padahal.


Ya sih, kadang janitornya belum buang sampah jadi tongnya udah penuh banget. But that doesn't justify buang tissue ke dalam kloset. Kalau saya, mendingan bawa tissuenya keluar. Biasanya di area washtafel dan cermin itu ada tong sampah lagi. Buang deh di situ lalu cuci tangan. End.

Liat tissue dibuang di kloset aja kesel, apalagi kalau yang ngambang dalam kloset adalah pembalut. DUHHHH. Berasa sirup celup.


🚽 Nggak sentor kloset 🚽

Kemungkinan toilet users nggak flush itu apa aja yah? Satu, buru-buru banget sampai kelupaan flush. Dua, nggak tahu ngeflush nya gimana karena di rumahnya pakai toilet jongkok yang disentor pakai air dari gayung. What else?

Kalau yang terjadi adalah kemungkinan kedua yaitu karena nggak tahu cara flush, ya .... ... .... yaudah bisa dimaklumin deh sedikit.

But still mau pakai toilet dan harus flush hajat orang lain dulu itu huhuhu banget. Mau pindah ke bilik lain aja kok ya yang lain penuh mana antrean mengular pula. Jadi ya cuman bisa bilang, "Kenapa aku yang kejatahan masuk pas ada tinja ngambang gini huh."


Serius saya pernah loh tiga kali mau pakai toilet yang ada pup nya. Tiga kali.

πŸ’©πŸ’©πŸ’© (tiga pcs poop melambangkan tiga kali saya ketiban jatah sentor punya orang lain)

Pup yang beneran pup, bukan sekedar pipis doang. Ada yang pernah ngalamin ini juga nggak?

Aromanya sungguh membuat melek. Maaf kopi, ternyata ada yang mengalahkanmu.


🏒 Gerudugan masuk lift sebelum orang-orang yang di dalam udah selesai keluar 🏒

This one is also annoying af. Tunggu lah orang-orang di dalam yang mau keluar itu keluar dulu baru masuk. It's a very common courtesy of using public elevator. Kecuali liftnya adalah lift milik keluarga Anda.

Dengan masuk gerudugan padahal yang mau keluar masih ketahan itu bakal bikin ribet lalu lalang pintu lift. Paling kesel kayak gini saat saya bawa Ubii dengan kursi roda atau stroller. Itu bukan barang kecil yang bisa nyelip-nyelip. Jadi susah mau keluar. 

Kalau udah gitu dan saya kesel, saya dengan sengaja akan lindesin tuh kaki orang-orang yang nggak sabaran mau masuk bodo amat. Namun perilaku saya ini sebaiknya tidak ditiru ya. Hehehe.


πŸ™… Ngobrol haha hihi pas di depan eskalator πŸ™…

GANGGU! Orang mau lewat jadi susah. Kitanya bilang permisi eh kok situ malah noleh dengan tatapan kesel karena ngerasa obrolannya terganggu. Aturan kitanya yang harusnya natap bengis ke situ.


Jump in to eskalator dulu, Mas, Mbak. Baru ngobrol. Astaga hal kayak gini kok banyak banget yang nggak ngerti heraaannnnnnnn saya herannnn.

***

Mungkin buku-buku mata pelajaran PPKn, Kewarganegaraan, atau apapun namanya di era sekarang perlu dielaborate untuk kasih edukasi tentang itu. Jangan cuman ngajarin agar anak membantu nenek-nenek nyebrang di jalan, tapi edukasi tentang memakai lift dan eskalator. Nggak cuman ngajarin anak biar nggak buang sampah sembarangan, tapi ada hal lain juga yang pantang dibuang sembarangan seperti ludah, riak, umbel, pipis, dan tinja (walau saya belum pernah liat sih orang pup sembarangan).

Ajarkan anak sebelum bepergian itu pipis dulu walo air seni kayaknya masih dikit. Kalau di jalan kebelet, kasih tahu ada loh yang namanya pom bensin dan biasanya ada toiletnya jadi bisa pipis di situ aaakkkkk gemes.

Baca: That Kinda Challenge Called Toilet Training

Apa lagi yah contoh perilaku tidak terpuji lainnya? Buang sampah sembarangan juga tidak terpuji sih ya. Tapi udah hopeless sih sama yang satu itu. Huuu. Sebenernya masih ada yang lain. Tapi ternyata kalau saya tumplek blek-in semuanya di sini jadi panjang banget. Jadi saya bikin part-part aja yah. Feel free to share your thoughts loh, barangkali bisa jadi tambahan next part nya ehehehe.

Baca: Perilaku Ajaib PART 2



Love,





23 comments:

  1. SETUJU! apa lagi aku anaknya jijikan banget kan, aduh tau deh. sebel.

    ReplyDelete
  2. Naik motor ga pake helm. Masa mampu beli motor ga mampu beli helm sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan beli motor aja dapat helm gratis kan :v

      Delete
  3. deuh mami ubi kalo aq suka bete yg di closet gak di flush sama airnya flush yg berceceran di dudukan closet,, kalo closet umum kan setelah itu dipakai orang, plis lap deh itu bekas airnya,, masa orang yg kemudian pake harus lap bekas dia pakeee... sm yg buang ludah sembarang aq juga gak suka, kencing di trotoar mungkin orang gila kali yah,, pesingnya itu lohhh.. org buang pembalut di kloset juga nyebelin,, kl yg di depan lift gerubukan masuknya sm ngobrol depan eskalator masih bisa toleransi lah,,, nggak tau knp gak terlalu ganggu bgt

    ReplyDelete
  4. setuju banget, apalagi poin nomor 1.
    pernah pas naik motor (bukan pas berhenti lampu merah), pengendara motor didepanku meludah sembarang. ludahnya jadi beterbangan gitu. iyuh.
    aku yang motoran tepat dibelakangnya, jadi jijik sendiri, itu ludah kena kaki/tanganku nggak yaa.. hihihi..
    lebih kesel lagi, itu orang yang meludah sembarangan masih bocah sekolahan.. grrr

    ReplyDelete
  5. saya juga pernah kena super trap kalau ke toilet umum, yang awalnya kebelet jadi hilang kalau ngelihat gituan. >,<

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kalau aku sering mengalami insiden di toilet:
    - Pup tapi flushnya rusak dan gak bisa disiram. Terpaksa ditinggal karena gak ada ember atau apapun untuk nampung air dan nyiram manual. Mau nyari janitornya juga gak ada (toilet sepi).
    - Pup lagi di toilet lain tapi flushnya juga rusak. Bukannya kesiram, malah airnya tambah naik tambah naik. Terpaksa tutup klosetnya, nyari janitor dan sekali lagi gak ada janitornya :(

    Bukannya mau sengaja meninggalkan "fosil" gitu tapi keadaannya tidak memungkinkan untuk nyiram :(

    ReplyDelete
  8. Masalah toilet itu memang tak ada habisnya ya mbak ges..
    Tak habis pikir dengan manusia jaman now... Toilet umum tapi kadang disamakan seperti toilet pribadi.
    Kaya misalkan :
    - Banyak jejak sandal atau sepatu di dudukan kloset (padahal itu kloset jongkok) πŸ˜‘
    - dudukan kloset basah gegara kena cipratan aer dan gak dilap
    - dudukan kloset banyak darah (gak tau dia abis ngapain) πŸ˜‘
    - dudukan kloset ada bekas pipis warna kuning2.. Yeeek..πŸ˜‘
    Duuh kusuka kesel ..mau pipis malah gak jadi gegara nemu hal hal tak menyenangkan gitu.. Hufffhh

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Iya bener banget. Apalagi part meludah dan urusan toilet. Padahal urusan toilet kan urusan pribadi. Ya dituntaskan dong sebersih2nya. Masa sama bekas tisu atau pembalut sendiri jijik dan malas membuang ke tempat sampah. Duuh.. Gimana kalo kita diposisi yang mendapati toilet yg kotor saat mau makai toilet? Bisa hilang selera mau pakai toilet..
    .
    Aah jadi pengen curhat..
    Paling sebel lagi itu kalo ada orang yang seenaknya nyerobot antrian. Mau dia belanja cuma dikit, ngga sengaja nyerobot dan dengan alasan apapun main serobot itu BIG NO deh. Niat untuk beli sesuatu ya antrilah.
    Yang kedua itu agak ngerasa gimanaa gitu di SPBU ada pembeli yang naik mobil ngga turun dari mobil. Dia cuma buka jendela kasih uang lewat jendela, selesai. Kurasa lebih baik dia keluar sebentar untuk minta tlg diisin segini dengan ngasih uang ke bapak petugas SPBU, menunggu sebentar dan mengucap terimakasih. Paling ngga memanusiakan orang lah. Siapatau dengan begitu bapak petugas bensin yang harinya lg ngga asyique jadi better apalagi dikasih senyuman..

    ReplyDelete
  11. Hai mba gesi. Pernahkah mba gesi lihat di kali atau selokan ada pembalut dan diapers bekas yg hanyut krn dibuang begitu saja?

    Itu bukan hanya cerminan kesadaran sebagian masyarakat yg kurang akan kebersihan. Tapi juga adanya pemahaman budaya yg salah di masyarakat

    Lha kok bisa?? Perlu diketahui bahwa sebagian masyarakat Jawa (ga tau ya kl luar jawa) beranggapan bahwa barang milik bayi dan bekas haid perempuan ga boleh dibakar. Mereka beranggapan bahwa kl popok bayi dibakar, bikin pantat bayi ruam2, atau jadi sakit.

    Jadi sebagian masyarakat memilih membuang diapers bekas atau dikubur di tanah

    Tentu itu hal yg salah krn merusak lingkungan ya. Harusnya ada edukasi juga kpd masyarakat tsb

    ReplyDelete
  12. Yang menyebalkan adalah dudukan toilet yg bekas sandal or sepatu, please deh orang kita ni suka ga sopan. toilet duduk malah dinaikin hadeehhh

    ReplyDelete
  13. Hahaha mba ges..itu yang dudukan kloset banyak jejak sepatu atau sandal itu maksudnya di toilet bukan jongkokk yahh.. A.k.a toilet duduk.. Maapkeun typo hihii πŸ˜…

    ReplyDelete
  14. 1. Kesel bingits kalau udah cakep2 antri, tetiba ada yg nyelak antrian dengan santainya tanpa merasa bersalah.
    2. Kesel bingits kalau lagi naik escalator atau travellator, pada berdiri2 di sisi kanan dan kiri. Akhirnya kita yang mau buru2 kudu mlpir ke kanan sambil minta ijin dari ujung ke ujung.
    3. Kesel bingits kalau janjian jam 5 dan artinya ketemuan baru berlangsung jam 6.
    Atau mungkin memang daripada diajarin mata pelajaran dengan judul2 canggih, anak2 kita perlu kita ajarkan 'mind of other people's (possible) needs and rights'.

    ReplyDelete
  15. Baca ini sambil bayangin... dan aku juga pernah yang nyiram pup orang lain. Tapi itu sisa-sisa sih. Mungkin dia kancrit nggak keflush atau nggak kesiram. Dan aku membayangkan yang tidak-tidak. Jijiq..

    ReplyDelete
  16. Kebiasaan nyelak antrian jg ges. Aku benciiii banget ama org yg begitu.. Trs ama orang yg marahin bahkan sampe maki pasangannya di depan umum. Kmrn nemu 1 makhluk yg begini. Dan dia maki istrinya, hanya krn istrinya nasehatin jgn nyelak antrian. Kalo aku udh kutinggal suami begitu! Hihhhh emossii banget dengernya.

    Trs baru2 ini ada nasabah dtg k kantor, mau narik duit, tp sambil marah2 krn ada charge untuk penarikan mata uang asing di atas limit harian. Ngerasa ga trima. Tp kemudian si bapak kurang ajar ini noleh kesamping, lalu buang riak nya di tong sampah yg kita sediain utk buang sampah kering seperti kertas, tisu dll. Omg, tellerku sampe jijik banget.. Begitu bpknya pergi, kita lgs minta ob, cuci bersih pake disinfektan, hihhhh!! Masih sebel inget dia..

    ReplyDelete
  17. Ahahah bener banget semuaaa aku juga pengen getok orang yg buang ludah sama pipis sembarangan. Toilet ya ampun kenapa mba mba ini jorok betul yaa.. aku yg jorok aja gak gitu2 amaat T-T. Satu lagi, Ges, yang gengges kalo lg di jalan. Buang sampah atau puntung rokok dari kaca mobil. GOD. Mampu beli mobil tp gak mampu beli tempat sampah even asbak. Gak mau mobilnya kotor? So selfish. Benciiii... hmmm apa lagi yaaaa

    ReplyDelete
  18. iya mba bener banget, kadang suka jiji ngeliat orang ketika lagi nunggu lampu merah terus ngeludah sembarangan gitu, kadang sih kalo nemu orang begitu langsung aja ku salip ke depan, biar ga ngeliat iiwwww ... Dan iya, apakah benar itu bapak bapak kencing sembarangan di trotoar ? saya belum pernah nemu orang seperti itu kecuali anak anak

    ReplyDelete
  19. Setujuuu Mba Gesi... semua poinnya pernah aku alamin kecuali ketemu orang haha hihi depan eskalator. Annoying banget heuu..

    Perilaku ajaib lainnya yg pernah aku alamin ya:
    - Pas nonton di bioskop ada orang yang angkat kaki ke kursi. Jadi kita duduk trus kaki itu orang ada di deket kepala kita zzzz... beneran ya itu ga sopan
    - Trus mirip-mirip sama meludah tadi, aku pernah ketemu sama orang yang buang ingus sembarangan.. kan udah ada teknologi yang merubah serat kayu menjadi tissue, jadi kalo udah tau pilek bisa beli kan buat jaga-jaga in case itu ingus mau keluar ga permisi

    ReplyDelete
  20. Iya mba, bener banget kadang suka geli sendiri kalau liat orang yang sembarangan gitu .. suka serba salah

    ReplyDelete
  21. hai mba..semua perilaku ajaib pernah aku jumpai, salah satu yang paling diingat karena langsung kena efek nya, yaitu bapak bapak naik motor, buang ludah sembarangan dan langsung kena pengendara motor di belakangnya yaitu saya, hal yang sangat menjijikan sampai skrg, dan bapak bapak itu santai aja gak tau kalau ludah nya habis kena telapak tangan saya..heuh! dan juga merokok sambil mengemudi, ya ampun, abunya itu looh bahaya bisa kena mata pengendara lain..sebel yakan

    ReplyDelete
  22. μ—λ³Όλ£¨μ…˜μ ‘μ† λ¨ΉνŠ€κ²€μ¦ μ•ˆμ „λ…Έλ¦¬ν„° go

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^