Thursday, May 18, 2017

Why I Love Jogja

"Ges, kenapa sih nggak ngikut Adit aja tinggal di Jakarta?" Aaakkk. Lagi-lagi pertanyaan itu. Bocan bocan bocan, qaqaaaa! Despite of how I actually wanna be near Adit very much, kayaknya saya akan lebih pilih terus LDR-an aja ketimbang meninggalkan Jogja. LOL.


Ternyata manusia bisa berubah. Dulu saya tim militan suami-istri paling enak tinggal seatap. Sekarang buat saya, mendingan nggak ketemu tiap hari nggak apa-apa deh daripada dadah baibai sama Jogja. Ternyata LDR nggak semenyedihkan itu kok. Hehehe.

Baca: LDR dengan Suami

Kenapa saya cinta banget sama Jogja? Coba saya jembreng. Btw, this is a collab post between #GesiWindiTalk X #SassyThursday, so baca juga alasan mereka bertiga cinta banget sama tempat tinggalnya masing-masing.


Apa-apa ada. Yes! Jogja itu lengkap loh sebenernya. Coba sebut mau apa atau ingin ke mana, di Jogja mostly ada! Mall kecil yang nggak ramai-ramai amat kalau pas males ketemu sama banyak orang, ada noh Gale. Mall besar yang segala brand high-end jual, noh bisa pilih mau ke Ambarrukmo Plaza, Hartono Mall, atau Jogja City Mall. 


Untuk urusan kesehatan, nggak perlu khawatir. Banyak rumah sakit bagus yang punya dokter-dokter handal.

Baca: Hospital Review - RS JIH Yogyakarta

Bahkan, sekarang hospital group yang sudah punya nama aja pada bikin cabang tuh di Jogja. Talk about Hermina and Siloam Hospitals.

Tempat makan? Aduduh banyak cekayi, gengs! Mau tempat makan jalanan model warung tenda, pating telecek. Mau resto dengan menu yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga, banyak!

Baca: 8 Kuliner Yang Harus Kamu Cicipi di Jogja

Tinggal pilih mau masakan Indonesia, China, Jepang, Western, atau apa. Mau tempat makan high-end yang satu porsi 200 ribu bahkan lebih juga ada. Recommended: R&B Steak & Wagyu. Catet, yah.


Apa-apa yang ada itu bisa saya jangkau dengan jarak tempuh yang masuk akal. Banyak yang bilang Jogja sekarang mah sama aja macet juga. Iya, bener, saya nggak menampik bahwa Jogja sekarang juga macet. Tapi, at least macet nya belum macet yang bikin berkerak dan uzur di jalan. So I still love it!

Masih gampang banget ketemu ijo-ijo di mana-mana, bahkan di deket rumah. Walaupun saya sangat menikmati mall, tapi ada kalanya bosen lihat gedung dan penginnya main sama alam. Hahaha. Bukan sok cinta alam yah, tapi emang kadang pengen lah sekedar nyeker main di sawah lihat langit, nungguin pesawat lewat lalu dadah-dadah sambil cari binatang kecil yang nggak menyeramkan. LOL.


Alasan lain adalah karena jaraknya nggak terlalu jauh dengan Salatiga, kampung halaman saya. Jadi kalau tiba-tiba kangen rumah, bisa lah weekend-weekend meluncur tanpa harus nabung ongkos yang gimana-gimana.

Next reason and I find it pretty important is ... level small talk nya orang-orang Jogja ini kadar nya pas, buat saya. Masih gampang banget basa-basi demi membuka obrolan dan menjalin silaturahmi dengan orang lain, tapi nggak sampai yang berlebihan sehingga jatuh nya jadi terkesan kepo amat. Jogja ini pas. Orang-orangnya nggak kota-kota amat yang saling cuek satu sama lain. Tapi juga nggak desa-desa amat sampai urusan satu orang bisa jadi urusan satu komplek perumahan.


Banyak hotel asyik yang harganya bersaing saat kami sedang kepengin staycation! Hahaha ini penting, gengs!

Baca: Menginap di Hotel Santika Jogja

Jogja juga menawarkan ritme yang sesuai sama saya. Honestly, di bagian ini saya rada bingung jelasinnya. Hahaha, wait lemme think.

(satu abad pun berlalu)

Gini. Saya bandingkan Jogja dengan Salatiga dan Jakarta ya. Compare nya sama Salatiga karena saya pernah tinggal di sana lama sekali dan sama Jakarta karena saya pernah 4 bulanan tinggal di Jakarta dan sampai sekarang masih 1-2 kali sebulan ke Jakarta.

Baca: Jogja VS Jakarta

Di Salatiga, rasanya saya nggak berkembang. Di sana terlalu woles dan woles nya woles yang melenakan. Kalau di Salatiga tuh rasanya ingin menikmati hidup dengan suguhan pinna colada. Sebaliknya, di Jakarta, tuntutan untuk berkembang itu sangat terasa sampai-sampai saya jadi capek. Yang ada di pikiran tuh jadi kayak "besok bikin apa yah? next apa lagi yah?" yang semua ingin serba saya rencanakan dengan detil.


Saya yang tipe meledak-ledak ini rasanya jadi deg-deg an terus kalau di Jakarta.

Baca: Perasaan Meledak-Ledak

Deg-deg an nya bukan tipe deg-deg an kayak kalau lagi lihat brondong ganteng. Deg-deg an nya tuh yang kayak letih karena otak selalu bekerja dan waspada. And Jakarta's traffic jam is really killing me. Doh.

Ritme dan kewarasan saya ada di porsi paling merdeka yang pas dengan di Jogja. Tuntutan untuk berkembang dan bersaing, ada. Ketika pengin mengistirahatkan pikiran dan melewati detik-detik tanpa memikirkan something serious, bisa banget.

Yang terakhir ini emang sentimentil banget sih ya. Makin ke sini, saya makin menyadari apa dan bagaimana untuk membahagiakan kebutuhan dan batin saya.

Baca: Dear Ibu-Ibu Yang Kadang Lupa Bahagia 

So yeah, Jogja is still the best for me up to now.


Kalau kamu gimana? Sekarang tinggal di mana? Cinta nggak sih sama kota yang kamu tinggali sekarang? Atau, sebenernya ngarep bisa tinggal di kota lain? Why?

Share it with me!




Love,





21 comments:

  1. Gua sekarang tinggal di Medan siih..
    dan berharap Kota kesayangan gua ini bisa jadi lebih maju dan lebih baik lagi..
    :D

    ReplyDelete
  2. Sekarang tinggal di Malang, kota dr dari zaman kecil pengen tinggal di sini.
    Pernah tinggal di Yogya 6 bulan, beneran enak banget. Makanya Blitar-Malang-Yogya kayak berkaitan. Kalau liburan ya ke sana mulu hihi

    ReplyDelete
  3. Sekarang tinggal di satu kota yang mungkin mirip salatiga, melenakan. Bener-bener slow pace di sini jadi kalaupun ngajak gerak orang-orangnya juga susah (walaupun ga semua). :|

    Pengin banget tinggal di Jogja atau Bandung, dari dulu. Makanya kalo liburan paling sering ke dua kota itu. ��

    ReplyDelete
  4. Di Semarang dan belom kepikiran mau pindah kemana-mana..

    ReplyDelete
  5. 5 tahun terakhir tinggal di Bandung dan udah nyaman banget sekarang. dingin, sejuk :)

    ReplyDelete
  6. Mega D. PurbosariMay 18, 2017 at 3:33 PM

    saya dari lahir di jakarta. pengennya sih tinggal di jawa tengah sih..kaya wonogiri, solo, jogja...saya liat orang2 disana tuh adem2 gitu. santun2..beda sama orang yang tinggal disini 'suhu kepala' nya gampang naik. terlebih kalo lagi dijalan..mungkin efek macet parah dimanamana tadi kali yaa..pokoknya orang kalemnya kaya apa kalo udah di jalanan jakarta pasti bisa jd beringas..ngomong kotor sih udah biasa banget lah saya ketemu yang model begitu di jalan..

    ReplyDelete
  7. Kalo aku punya pilihan, aku jg pgn nya ga di jkt ges.. Capeek.. Tapi gmn yaa.. Kerjaan di sini dan ga bisa minta rotasi.. Jd ya tahan2in aja dan alhamdulillah survive sampe skr hihihi :D.. Tapi aku berharap bgt, kalo pensiun nanti aku bisa tinggal si solo aja :) ..

    ReplyDelete
  8. Jogja kota yang panas skrg, macet pulak, tapi semua muanya tentang jogja selalu aja adem dan bikin kangen.

    ReplyDelete
  9. Ah, udah kadung cinta ya sama Jogja? Ini yang aku rasain juga sama Bandung. Nggak kuat euy, berjibaku di Ibukota dan pinggirannya. Entah kenapa, Bandung bikin aku lebih nyaman berkreasi dan kaya banget tempat jajan plus belanjeeee.

    Sayang, suami belom tergerak untuk mindahin KTP ke Bandung. Padahal, aku pengen jadi warga Bandung lagi seperti dulu :(

    Salam seblak untuk bakpia :)

    ReplyDelete
  10. Aku dulu orng Jakarta tpi after married pindaj di tengerang kota (cuma 20 menit juga sih dari jakarta).
    Apalgi setelah Ahok kalah pilgub buru buru suruh suami urus ktp pindah jdi warga tangerang.. LOL

    Tpi back to the topic, entah knp saya suka hiruk pikuk jakarta makanya wala tinggal di tangerang tpi ttp ga jauh dri jakarta. Trakhir pulang kampung ke kampung nyokap ngerasa galau bgt. Cuma 1 mlm merasa betah sisanya malam malam berlalu dengan kegalaun karena terlalu hening. Padahal rumah nenek sya itu di pinggir jalan tpi jm 8 mlm udh sepi ga ketolong... Beda sma jakarta ga ngerasa kesepian krna memang terlalu hiruk pikuk walaupun macet tpi suka aja.. Hahaha

    Tpi punya keinginan sih pngen nikmatin masa tua di Kota Batu (deket selecta) krna mmng lebih tenang dan adem puollll atau di Bali krna mirip jakarta tpi ga macet macet amat..

    ReplyDelete
  11. aku lahir, besar, menikah dan punya anak di Jogja. So, cinta banget sama kota ini . Belum pernah kepikiran pindah ke kota lain karena kebanyakan keluarga tinggal di Jogja.

    Walau sekarang di jam-jam tertentu Jogja mulai macet di titik-titik tertentu tapi Jogja tetap di hati. Karena di wilayah di luar kota Jogja masih adem ayem. Maklum jarang kena macet karena rumahku ada di tengah desa di pucuk jalan kaliurang..

    ReplyDelete
  12. Iyes Jogja enak buat tempat tinggal ya mba Ges.. Macet pun gak parah bgt gitu.. Aku selalu suka kalo lagi di Jogja dan di Solo tapiii hatiku slalu ada di Depok ahahaha.. :D Udahlah mau macet banget, walikotanya narsis parah tapi udah 30 taun tinggal di Depok, udah terlalu nyaman mungkin.. :) Deket keluarga, ada jalur kereta, banyak mol (haha), tapi sama mba aku jg masih bisa liat empang, kebon gitu.. Anak2 masih suka main di kebon dan aku senaaaang.. :D

    ReplyDelete
  13. Jogja memang kota yang sudah seperti rumah buatku, meskipun temen-temenku kebanyakan tinggal di Jakarta, keluargaku di Lombok dan Jakarta. Di sini masih bisa dapat kerjaan standard Jakarta tapi mudah mengakses galeri seni dan event musik. Berharapnya seterusnya aku bisa menetap di sini. Ke Jakarta dan Lomboknya bolak-balik aja kayak sekarang udah paling bener.

    ReplyDelete
  14. Aku lahir dan besar di Purwokerto jawa tengah, kemudian lanjut kuliah dan belajar cari uang kurang lebih 6taunan di jogja. Skrg nikah ikut suami di tangsel. 3 tempat itu bener2 beda banget ritme kehidupannya. Sepakat dg mba gesi. Kalo purwokerto mgkin hampir sama kali ya sm salatiga. Ritmenya melenakan. Nyaman, bahagia, sederhana. Mgkin karena dr lahir udh di kota tsb jd ngrasanya hometown bgt. Kalo jogja, ritmenya keliatan selow tapi engga selow2 bgt. Msh bs narik nafas, lari ke hutan kemudian ke pantai.
    Sementara tggal d tangsel dan smpet comute ke jakarta buat kerja rasanya hidup keburu2 bgt. Palagi jam2 pulang kerja semua kendaraan memacu kecepatan kayanya cm mereka doang yg pengen sampe d rumah mereka. Ak gatau apakah dlam buru2 nya mereka nikmatin hidup.

    Setaun disini rasanya blm bs dpt feel live in a rush. Mana kemana2 rasanya jauhh banget. Mau ke mall deket rumah aja kalo ga niat2 bgt mending gausah, cape di jalan. Pas di jogja ke gale tinggal ndlosor ajahhh ibaratnya sampe.

    Kalo boleh milih, pen milih Purwokerto atau Jogja aja buat tinggal hehehe *kangen jogja bangettt

    ReplyDelete
  15. Salatiga woles abis...so true!! Hehehehe...

    Aku juga cintak Jogja...banyak kenangan di sana :)

    ReplyDelete
  16. Kalo sy asal solo & tinggal di solo. Tpi pngen pindah jogja ngrintis usaha (bk cabang) disono.. udh smpet research jg bakal skolahin anak dmn, dsa nya siapa (bhkn udh cb bbrp x priksa dsna jg), bhkn smpe milih rs brgkali bkl pny ank lg pas di jgj hahahahaa... tp apa daya smpe skg ms jg blm nemu tmpt usaha yg sreg di hati 😞
    One day kalo sy jd pindah, meet up yaah mom 😁😁😁

    ReplyDelete
  17. Cita-cita saya mau tinggal di Bali. Living in peace and harmony :D

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. So true Mba Gesi. Jogja is so memorable. Aaaakh, pengen bgt beneran bisa hijrah ke jogja.

    ReplyDelete
  21. meski bukan asli jogja tapi daku juga jatuh cinta sama jogjaa... romantis hawa2nya hahaa apalagi kalo malem2 ngemper di malioboro :p

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^