Thursday, April 21, 2016

8 Kuliner Yang Harus Kamu Cicipi di Jogja

Kata orang, Jogja adalah Kota Pelajar. Kata saya, Jogja juga adalah tempat wisata dan kuliner. Tempat wisata khas Jogja macam-macam banget. Mau yang bernuansa alam sampai yang bikinan manusia, semua ada. Untuk wisata alam, kita bisa menyambangi aneka candi, banyak pantai, dan yang belakangan ini sedang hits, Wisata Kalibiru.

Untuk wisata bikinan manusia, sebut saja Kids Fun untuk arena bermain keluarga. Ada juga Taman Pintar di mana anak-anak bisa belajar banyak hal. Museum De Matta yang memanjakan kegemaran foto-foto kita seperti di Trick Eye Museum Singapore. Dan yang baru, ada Jogja Bay, wahana main air yang seru untuk keluarga.


Bagaimana dengan kulinernya? 

Namanya Primastuti Satrianto. Emak Blogger yang enerjik dan ceria ini akrab disapa dengan nickname Ima atau Manda. Saya lebih suka memanggilnya Manda. Manda ini adalah blogger yang aktif bercerita tentang pengalamannya mengunjungi tempat wisata dan kuliner. Dari Manda lah, saya dapat bocoran tentang 8 kuliner yang harus kamu cicipi selama di Jogja.


1) Mang Engking

Resto ini menyajikan aneka sajian udang. Udang nya tentu bukan udang yang kecil-kecil sekali lhep langsung habis, melainkan udang galah yang banyak dagingnya. Suasana resto yang asri juga semakin menambah selera. Dilengkapi dengan kolam-kolam produksi udang, bangunan resto yang terbuat dari bambu, resto ini Manda rekomendasikan untuk acara santap keluarga. Lokasinya di Jamur, Sendang Rejo, Minggir, Sleman, Jogja. Ancer-ancernya: Jalan ke arah daerah Godean. Kemudian, di traffic light pertama dari Pasar Godean, belok kanan. Resto ini terletak di kiri jalan, kurang lebih 1,5 km dari perempatan.


2) Banyu Mili

Dalam Bahasa Jawa, banyu mili artinya adalah air yang mengalir. Dari pemilihan namanya saja, kita sudah bisa membayangkan yah bahwa resto ini pasti punya lokasi outdoor di mana pengunjung resto juga bisa menikmati pemandangan. Dan, memang benar karena resto Banyu Mili juga memiliki fasilitas kolam renang dengan aneka permainan anak. Nggak ketinggalan, di bagian belakang kolam renang terdapat sebuah danau buatan yang cukup besar. Untuk menu yang disediakan, wah macam-macam! Sebut saja beragam seafood, mie goreng, aneka masakan sayur, serta ayam dan ikan goreng. Untuk menu seperti itu, paling enak sih makan dengan tangan dan ditutup dengan es kelapa muda utuh. Yummy! Banyu Mili berlokasi di Komplek Perumahan Griya Mahkota, Jl. Godean KM 4,5, Kwarasan, Jogja. Manda merekomendasikan resto yang satu ini untuk santap bersama keluarga dan sahabat.


3) Serayu Chinese Restaurant

Selain santapan nusantara, ternyata Manda juga menggemari masakan Cina. Salah satu restoran Cina yang menurut Manda jempolan adalah Serayu Chinese Resto ini. Menu yang bisa kita nikmati di resto ini ada banyak banget. Bebek goreng yang renyah, burung dara goreng Ngohiang, capcay, siokee, puding, dan aneka pao. Tapi, yang menjadi andalan dari resto ini dalah dimsum nya. Ada lebih dari 20 pilihan rasa dimsum yang kreasinya diawasi langsung oleh Chinese Super Chef Hauw Seng Tjian yang sudah 10 kali memenangi lomba masak tingkat nasional. Jadi, masalah cita rasa sudah nggak perlu diragukan lagi yah! Serayu Chinese Resto ini terletak di dalam area Hotel Grand Quality Jogja di Jl. Adi Sucipto 48. Lokasinya di pinggir jalan, rasa-rasanya nggak bakal deh nyasar. Hehehe. Oleh Manda, resto ini direkomendasikan sebagai tempat santap acara istimewa.


4) Sup Kaki Kambing Bang Doel

Menurut Manda, sup kaki kambing ala Bang Doel ini recommended banget. Aroma nya menggoda dan kuah nya gurih. Warung makan ini nggak besar. Tapi, jangan salah. Pengunjungnya hampir selalu membludak. Satu-dua pengunjung selesai makan, pengunjung lain sudah antre untuk menduduki kursi. Kalau kamu penggila makanan olahan kambing, warung makan ini layak dicoba. Harganya bersahabat sehingga Manda sering makan di sini. Lokasinya di Jl. Ring Road Utara, Catur Tunggal, Sleman, Jogja.


5) Sate Samirono

Saat saya tanya kenapa suka sate Samirono, Manda menjawab mantap, "Manis nya pas. Tongseng nya rasa khas Jogja. Daging nya pun empuk, nggak bau kambing." Saya jadi penasaran deh kepengin cobain. Menu favorit Manda di resto ini adalah sate kambing campur daging dan hati, serta tongseng campur. Resto ini nggak hanya menjual sate kambing, melainkan juga sate ayam, sate klathak, sate buntel, dan gulai. Lokasinya di Jl. Samirono 105, Jogja.


6) Tengkleng Gajah

Wait, jangan mengira daging yang disediakan di resto ini adalah daging gajah yah karena nama resto nya adalah Tengkleng Gajah. Gajah kan binatang imut yang harus dilindungi *halah* Lalu, apa maksudnya dong? Sajian yang dihidangkan di resto ini adalah tengkleng kambing, namun disajikan dalam porsi gajah alias porsi jumbo. That's how the term 'Gajah' comes up. Nah, karena porsi gajah nya itu lah, resto yang awalnya bernama Warung Sari Roso Mulyo ini akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Warung Tengkleng Gajah. Sudah pernah mencoba tengkleng, belum? Tengkleng adalah masakan sejenis sup yang berbahan dasar daging kambing, jeroan, dan juga tulangnya. Kalau dilihat sepintas sih mirip dengan gulai. Tapi, beda loh rasanya. Kuah tengkleng juga lebih encer daripada kuah gulai yang cenderung kental. That's how they are different. Tertarik untuk mencoba? Kamu bisa menemukan Tengkleng Gajah di Dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Jogja.


7) Pempek Ny. Kamto

Ada yang sudah pernah mendengar Pempek Ny. Kamto? Hmm, kayaknya warung makan ini sudah nggak asing lagi ya di telinga kita karena citarasa pempek nya yang endes. Pempek selam, lenjer, anything you name it, dan juga siomay, semua tersedia. Ada beberapa gerai Pempek Ny. Kamto di Jogja. Di antaranya di Mall Ambarrukmo dan Jl. Gejayan. Tapi, saat ngiler kepengin makan pempek ini nggak tertahankan, lebih baik kunjungi gerai di Jl. Gejayan saja. Di Mall Ambarrukmo pasti ramai banget dan susah dapat kursi.


8) Soto Kadipiro

Kamu penggemar soto? Kalau yes, menurut Manda, kamu perlu icip-icip Soto Kadipiro. Soto ini sudah ada sejak tahun 1921 (wow!). Kata orang, soto ini adalah salah satu soto kebanggaan di kota Jogja. Selain soto nya yang spesial, ada juga minuman spesial dan khas yang recommended, yaitu limun sarsaparilla yang disebut-sebut sebagai minuman soda khas Jogja. Kalau kepengin cobain, silakan cus ke Jl. Wates 33, Jogja yah.

***

Kepengin dapat rekomendasi atau cerita tentang hotel dan tempat wisata? Mampir ke blog Manda di www.tamasyaku.com yah. Ada banyak cerita tentang pengalaman Manda main-main, makan-makan, nginep-nginep di aneka tempat. 


Kalau kalian punya hobi jalan-jalan dan kulineran, cocok banget deh ngobrol sama Manda. Apalagi, Manda adalah tipe orang yang berapi-api dan semangat saat bercerita. Jadi, seru dan heboh deh. Nggak percaya? Yuk coba sapa Manda!

Kamu bisa sapa Manda di Fan Page nya.


Instagram nya.


Atau, Twitter nya.


Nah, dari ke-8 kuliner di atas yang menjadi favorit Manda, kalian sudah pernah coba yang mana? Gimana? Endes, nggak? Punya rekomendasi resto yang lain? Let's share here with me!

^___^



Love,







16 comments:

  1. noted mak gesi.. kapan yuk nguliner sama-sama yaaa...

    ReplyDelete
  2. Kalau pengen nyicipi kuliner Jogja lihat review nya Manda dulu dijamin enak

    ReplyDelete
  3. Bikin ngiler ih. Pengin tengkleng gajah nih jadinya.

    ReplyDelete
  4. Wih asik ya bisa kulineran di Jogya, jadi pengen ke jogya

    ReplyDelete
  5. 2 bulan tinggal di jogja aku kok belum pernah makan itu semua yaaa hiksss sedih

    ReplyDelete
  6. Waktu ke jogja gak sempat makan semuanya. Yang mang engking, cuma lewat doang. Semoga pas ke jogjga lagi kesampean kulineran. Ayeeee. Pengen main ah ke blog mbak manda.

    ReplyDelete
  7. kadipiro doang mbak. laennya kuliner versi terbaru, eh minus sate samirono ya.

    ReplyDelete
  8. mangut lele jalan imogiri katanya enak juga mbak

    yang 8 disebut diatas belom pernah nyoba :(

    ReplyDelete
  9. Jadi kalau liburan di Yogya, mari lupakan diet :))

    ReplyDelete
  10. Huhuhu...jadi bikin tambah kangen Jogja baca ini. Kalau aku tetiba jadi pengen Ayam Cha Dojo yang tempatnya di daerah belakang Amplaz itu. Bukanya biasanya habis Magrib dan ngantri banget. Kebanyakan yg antri mahasiswa karena harganya pas di kantong dan porsinya buanyak.Hehehe...

    ReplyDelete
  11. Ada juga makanan yang namanya Geplak, d bikin dr parutan kelapa, manis bgt. Pengin bgt beli

    ReplyDelete
  12. Wah tks infonya mbak... lebih sip lagi kalo disertakan info harganya hehe.....

    ReplyDelete
  13. terima kasih rekomendasinya mbak. :)

    ReplyDelete
  14. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " 8 Kuliner Yang Harus Kamu Cicipi di Jogja ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...