Saturday, May 20, 2017

Ubii Is Turning 5! - GIVEAWAY!

Time flies! Ternyata sudah 5 tahun saya menjadi Mami nya Ubii. 5 tahun lalu saya menyematkan nama Aubrey Naiym Kayacinta untuknya dengan sejuta harapan. Ternyata kini justru Ubii lah yang mengajarkan pada saya arti pengharapan.


5 tahun lalu saya resmi memulai babak baru dan punya gelar baru: ibu. 5 tahun lalu telapak kaki saya mulai ada surga nya, padahal sebelumnya cuman ada kapal kaki saja. 5 tahun lalu saya bangga pada diri saya atas keputusan mempertahankan Ubii, yang sampai detik ini nggak pernah saya sesali.

Kalau mau bicara dengan realistis se realistis-realistis nya, saya punya banyak sekali alasan untuk mengeluhkan kondisi Ubii. Ubii yang nggak juga bisa berjalan padahal sudah fisioterapi rutin sejak umur 6 bulan lah. Ubii yang nggak juga bisa konsisten menangkap suara padahal saya dan Adit sudah mengemisnya kayak apa ke keluarga besar untuk mendapat telinga bionik untuk nya lah. Badan nya yang makin berat sampai boyok saya sakit tiap kali gendong lah.

Baca: Tentang Anakku, Ubii

Baca: Progress Ubii di Usia 4,5 Tahun

Itu yang kentara banget di mata kalian. Hal-hal kecil yang mungkin kalian nggak tahu karena nggak melihat Ubii sehari-hari? Banyak. Saya punya berjuta alasan untuk mengeluh. Percaya lah.

Tapi semua itu dihadang oleh satu pertanyaan.

Emang kalau mengeluh terus, bakal merubah keadaan jadi lebih baik?

Saya dan kamu tahu jawaban nya. Mengeluhkan kondisi Ubii tidak akan membuat keadaan lebih baik. Sama sekali. Sesekali mengeluh bisa dapat lega, iya. Tapi mengeluh terus-menerus dan sengaja cari-cari bahan untuk dikeluhkan, saya bakal dapat apa selain cuman capek?

Pernah ada satu titik di mana saya punya dua pilihan saat mengandung Ubii. Mempertahankan dan tidak mempertahankan. Saya pilih yang pertama, tanpa tahu Ubii akan lahir dengan Congenital Rubella Syndrome yang menyebabkan berbagai kecacatan bawaan. Saya pilih yang pertama, dengan membayangkan, "Nanti aku pengin nyalon bareng anak perempuanku, centil-centilan bareng, pakai baju kembaran" sambil nyicil beli-beli barang lucu yang nggak penting.


Jadi, ketika tahu Ubii memiliki kondisi yang spesial, perasaan saya kayak gini 👇


Pertambahan usia Ubii setiap tahun nya selalu membuat saya dihinggapi perasaan campur aduk. Bersyukur Ubii masih boleh bertambah umur, tentu iya. However, undoubtedly, ada juga perasaan melankolis, "Ubii sudah tambah satu tahun, berarti PR ketinggalan yang harus diupayakan berarti makin banyak."

Mungkin kamu bisa ngerasain saya sekarang lagi mellow banget sambil nulis ini. Gaya bahasa saya jadi rada beda gitu nggak sih? Hahaha...

For the first time after so long, saya nulis sambil nangis. 

Ubii, Mami mau bilang apa sama kamu, ya?

Mami mau ajak Ubii nostalgia dulu ya sebentar. Tapi kualitas gambar nya jelek banget nih. File asli nya udah almarhum, kayaknya.


The day she's born
1st birthday pakai kue yang harganya nggak sampai 20K, masih bertiga, tanpa ada ART, bebas!
2nd birthday, no celebration whatsoever malah EEG mau persiapan opname huh
3rd birthday dirayakan dengan Aiden di peyut
4th birthday dirayain berempat plus nanny


5th birthday!!!

It's just a very simple celebration dengan balon huruf dan kue tart seadanya bersama Aiden dan nanny. Adit sedang tugas ke luar jadi dia absen. It doesn't matter though.


Bonus buat Ubii, saya beli balon bentuk kue tart yang size nya lumayan gede. Ubii happy banget sama balon beginian hahahaha dasar anak receh. Ternyata buah jatuh memang nggak jauh-jauh dari pohon eaaaaaa.

Sebenernya, dulu saya bukan tipe orang yang mementingkan ulang tahun yang gimana-gimana. Saat masih di Salatiga, misalkan saya atau adik atau Papa Mama saya ada yang ulang tahun, yaudah sekedar ngucapin, "Happy birthday, ya" ke yang berulang tahun. Nggak ada kue-kue an, nggak ada kado-kado an, makan-makan juga nggak.

Dulu.

Sekarang, setelah ada Ubii, hal ini berubah. Rasanya kepengin ada ritual sederhana bersama keluarga kecil. Cuman kayak pelengkap momen aja.

Setelah ada Ubii, setiap ulang tahun seperti jadi reminder buat saya:
Hey! We've got so far! Be grateful!
Sesederhana itu alasan nya.

And so, we spent her birthday by playing around in a mall. Happy banget!

Kembaran pakai kaos pink polos
Main ayunan
Pose!
Ubii suka berdiri pegangan tali
Ubii di castle ala-ala
Monster bola
Naik badak berdua

Dikasih boneka lumba-lumba sama mbak Elisa dari persewaan badak di atas
Ditutup dengan lunch


***

Dan saya mau berbagi rasa syukur pertambahan usia Ubii bersama kalian. Mau ya?

💝🎂🎁 #GiveawayUbii5Tahun 🎁🎂💝


 READ THIS CAREFULLY

💖 Giveaway saya adakan di Instagram saya @grace.melia

💖 Follow akun saya + all sponsors

💖 Repost flyer beserta caption dan tag 5 teman ajak mereka ikutan (nggak perlu tag saya dan sponsors)

💖 Then, jawab pertanyaan di komentar postingan flyer Giveaway nya.

💖 Pertanyaan nya: Bagaimana / dengan cara apa kamu akan mengajarkan anakmu untuk berempati / menyayangi / tidak membully teman nya yang special needs?

💖 Selain menjawab pertanyaan di komentar, sertakan juga DOMISILI, NAMA & USIA ANAK dan mention 5 teman.

Kalau kamu bertanya-tanya, kenapa kok pertanyaan nya kaya gitu, jawaban nya karena saya sekalian kepengin kampanye disability awareness. Saya kepengin mengajak kalian menciptakan support system yang lebih ramah dan itu perlu dimulai dari anak-anak kalian.

Baca: 10 Gambar Kampanye Disabilitas

Saya concern sama isu ini karena saya berharap kelak Ubii dan teman-teman nya yang punya special needs bisa diterima dengan lebih baik. And I think, I have to do something about it. Nggak hanya sekedar berharap aja. As for you, I really hope you also start giving attention to this matter tanpa harus punya anak special needs juga lalu baru mulai peduli.

Kalau kamu belum punya anak, tetap boleh kok ikutan. Berarti pertanyaan nya cukup ditambahkan dengan "Seandainya kelak kamu sudah punya anak ..." oke oce.


PRIZES

🎁 10 Junior Artist ELC dari Mami Ubii - Paket bahan-bahan craft yang bisa dibikin bareng anak.


🎁 10 plushies including pewarna berbentuk Ubii lengkap dengan kursi roda dan alat bantu dengar yang menempel di kepala. Desain dari @haloterong dan plushies karya @lightlysky - Saya berharap hadiah ini bisa kamu pakai sebagai media untuk memperkenalkan bahwa ada loh anak yang berkebutuhan khusus pada anak-anak kamu. Plus, kamu jadi bisa seolah peluk Ubii. Hehehe.


🎁 10 Octaland Color Me 4D dan 10 Flash Card Animal 4D dari @octagonstudio - Ini augmented reality gitu, seru banget! Acara bermain gadget bersama anak bakal lebih asyik deh.


🎁 10 buku cerita anak tentang profesi dari @bukumurahanak - Di bagian belakang buku ada bonus nya ucul anet.


🎁 10 DIY toy project dari @menthilis - Suka bikin mainan sendiri bersama anak tapi nggak punya cukup waktu untuk cari bahan nya? Then this DIY toy project would suit you karena di dalamnya udah lengkap bahan, alat, dan tutorial nya.


🎁 10 buku cerita anak dari @ibuiwi - Buku ceritanya macam-macam, gengs.


🎁 10 pouch batik dari @batikjumanis - Bisa kamu jadiin tempat simpen handphone, uang, make up, charger, etc.


🎁 10 tas bekal dari @indanurfarida - Tas bekal ini di dalem nya ada lapisan berbahan insulated jadi bisa menjaga suhu makanan. Cocok dibawa piknik atau buat sekolah anak.


To all sponsors di #GiveawayUbii5Tahun ini, thank you very much, yah! It means a lot to me, really! Kalian nggak 'hanya' mensponsori hadiah giveaway ulang tahun Ubii, tapi juga ikut mendukung kampanye disability awareness saya. So, once again, thank you!!!


WINNERS

Bakal ada 10 pemenang. Yes, sepuluh! Dengan pembagian 5 pemenang yang berdomisili di Jogja dan 5 pemenang yang berdomisili di luar Jogja.

5 pemenang yang berdomisili di Jogja, selain dapat hadiah-hadiah di atas, juga akan saya ajak lunch dengan saya dan Ubii. Kita bakal meet up, cerita-cerita, foto-foto, dan cobain hadiah-hadiahnya bareng-bareng.

NOTE: Perhatikan deadline giveaway nya, ya. Deadline untuk peserta Jogja dan luar Jogja berbeda. Untuk teman-teman yang di Jogja, deadline nya sampai 24 MEI 2017 saja karena lunch nya bakal saya adain di 25 MEI 2017 biar keburu sebelum puasa. Untuk yang di luar Jogja, deadline sampai 31 MEI 2017.


KRITERIA PEMENANG

Karena tidak akan ada jawaban yang benar atau salah, maka 10 pemenang murni saya undi. Dengan ketentuan peserta memenuhi semua persyaratan: follow saya + semua sponsor, repost flyer giveaway + tag 5 teman, dan menjawab pertanyaan di postingan flyer giveaway dengan lengkap (jawab pertanyaan + sebutkan domisili, nama, dan usia anak + mention 5 teman).

***

Nggak susah kan? Hehehe.

With all my respect, saya berharap banget banyak yang ikutan #GiveawayUbii5Tahun ini. Supaya makin nyebar kampanye disability awareness yang pengin saya serukan.

So, yuk yuk yuk, ikutan yah.



Love,





14 comments:

  1. Siap ikutan:). Happy bday ya Ubii...semoga makin banyak progresnya, ceria selalu, dan always strong!:)

    ReplyDelete
  2. Happy birthday, ubiii... sehat2 ya nak.. kalahkan duniaa lewat senyum mu.. selalu semangat sayangg!

    ReplyDelete
  3. semoga sehat selalu buat ubii ya...

    ReplyDelete
  4. happy birthday anak cantik! semoga sehat selalu, jadi kebanggaan mami papi dan aiden yaa :**

    ReplyDelete
  5. Happy birthday, Ubii! Kamu dan ibumu menginspirasi banyak sekali orang lho, termasuk aku. ^^
    Sukses giveawaynya yaaa, follow2 dulu ah...

    ReplyDelete
  6. Hai Anak Cantik met Ultah yah. Muachhhhh 😘😘😘

    ReplyDelete
  7. Ubi selamat ultah, semoga sehat selalu aamiin
    Aku nonton video ultahmu dengan 3 kue tart yg bikin aku ngiler dan ada mamamu nyanyi2, ternyata mamamu medok ya hihihi #piiiiissss
    Aku tandain dulu GA-nya ya mbaakk
    Lg BW pagi2 soale blm punya ide jawab kuisnya :D

    ReplyDelete
  8. Happy birthday ubii, semoga sehat terus, jadi anak cerdas dan bisa membanggakan orang tua. amiiin

    ReplyDelete
  9. Selamat ulang tahun kakak ubii...semoga restu alam pelukan langit selalu buat kak ubii..

    Terimakasih utk semua inspirasi dr kakak dan mami..😙😙

    ReplyDelete
  10. Selamat ulang tahun kakak ubii...semoga restu alam pelukan langit selalu buat kak ubii..

    Terimakasih utk semua inspirasi dr kakak dan mami..😙😙

    ReplyDelete
  11. Pengen nangis liat foto Ubii yg di EEG. Jadi ingat anak pertamaku dulu, smpt juga di EEG. Miss him sooo much 😭. Selamat ulang tahun Ubii sayang. Sehat2 terus ya.. Kamu dan Mami jd inspirasi buat byk orang 😘

    ReplyDelete
  12. Happy 5th birthday dear Ubii... You know what, this is your last year as toddler. So enjoy playing in the playground before you are becoming pre-schooler :D just kidding!
    Kalo di posyandu, ini udah final year karena umur 5 tahun udah lulus ga perlu ikut posyandu lagi.

    ReplyDelete
  13. Selamat Ulang Tahun yang ke-5 Ubii sayang :* Semoga senantiasa diberi keberkahan oleh Tuhan Yang Maha Esa ^_^

    Bahagia selalu Ubii~

    ReplyDelete
  14. selamat ulang tahun ubii .. semoga selalu sehat & semakin sehat .. selalu tercapai segala cita-cita menjadi harapan mama & papa ubii .. mama & papa ubii juga harus tetap semangat seperti ubii .. selalu ceria berjuang meraih harapan & impian bersama ubii ~ salam dari teteh nasya & keluarga di jakarta yang sudah menjalani 11 tahun & tetap terus berjalan #smile

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^