Monday, April 17, 2017

Things I Wanna Do With Ubii

Beberapa teman saya kadang bilang, "Anak yang spesial hanya diberikan untuk ibu yang spesial. Kamu itu ibu pilihan, Ges" untuk menguatkan saya dalam mengasuh Ubii. Sebenernya saya merasa semua manusia itu spesial sih. Pasti punya uniknya masing-masing. Dan kalau manusia bisa memilih takdirnya, mungkin saya akan pilih takdir yang sama kayak banyak ibu lain aja: punya anak yang normal dan sehat.


Kalau diminta menggambarkan rasanya punya anak difabel, saat ini saya akan pilih diksi menantang. Because it really is. Belakangan ini saya sedang sering overwhelmed dalam mengasuh Ubii. Overwhelmed lalu jadi galau, kemudian jadi bayang-bayangin hal-hal yang kepengin saya lakukan bareng Ubii kelak.

Overwhelmed nya kenapa? Karena Ubii makin berat, literally. Badan nya makin berat. Ya iya lah kan dikasih makan. LOL.

Imbasnya, sekarang mandiin aja rasanya capek banget. By mandiin itu artinya gendong ke dan keluar dari kamar mandi dan bener-benerin posisi nya saat duduk di ember mandinya. Ubii, yang postur dan posisi nya saat duduk masih kurang baik, suka banget duduknya melorot. Melorot sampai air bisa masuk ke telinga nya. Harus sering ditegak-tegakkan dan kadang dia defensif sehingga badan nya jadi dikakukan. So heavy.

Mandinya sambil berdiri juga belum bisa soalnya, FYI.

Ubii yang cerebral palsy tipe spastik/kaku ini emang lancarnya duduk dengan posisi W (W-sitting). Jadi, kalau duduk biasa, Ubii duduk nya nggak betumpu pada pantat. Susah saya jelasin. Lihat langsung baru akan ngeh.

Puji syukur, nanny saya yang sekarang ini badannya tinggi besar. Dia setrong banget. Jadi untuk urusan mandiin Ubii, sekarang banyak dilakukan sama dia yang jauh lebih kuat.

(Masa Ubii mandi nya lebih sering sama nanny sih? ... Silakan kalau mau judge).

Ubii yang makin besar ini juga pasti makin banyak keinginan. Sayangnya, Ubii belum bisa mengutarakan. Jatuhnya jadi rewel. Ujung-ujungnya harus digendong. Again, ini akhirnya terbantu banget dengan adanya nanny yang gede dan strong.

Mei tahun ini, Ubii akan berusia 5 tahun. Mendekati pertambahan umurnya dan karena belakangan ini saya sering ngerasa capek ngurusin Ubii, saya jadi berandai-andai kalau saja Ubii sudah bisa jalan dan mengejar ketinggalan-ketinggalan tumbuh kembangnya.

Ini 6 hal yang kepengin saya lakukan bareng Ubii kelak:

💝 Saling dandanin

Lebih tepatnya saling ngotorin wajah kali yah. Hahaha. Bayangin kami berdua mainin alat make up, pakai-pakai gincu nggak rapih mencong sana-sini selalu bikin saya kepengin.


Iya, Gesi remeh banget. BHAY! 


💝 Jalan kaki gandengan tangan

Saya memang melankolis. Buat saya, sweet banget lihat anak jalan gandengan sama orangtua nya. Dulu ketika masih kecil, saya sering jalan kaki digandeng Mama. Cuman ke warung beli telur atau ke salon deket rumah, jalannya gandengan tangan. It's so memorable.

Puji Tuhan, akhirnya saya punya pengalaman jalan gandengan tangan sama anak, yaitu sama Aiden. Tapi kepengin banget juga ya bisa kayak gitu sama Ubii.

Kepengin. Banget. BANGET. B-A-N-G-E-T.


💝 Ajak Ubii ke Sentosa Island

Dulu saat hamil Aiden, saya pernah main ke Sentosa Island sama Adit. Wah seneng banget. Di sana ada banyak spot yang asyik dikunjungi dan dijadikan tempat foto-foto ucul.

Ada Aquamarine, versi lebih keren nya SeaWorld yang saya yakin Ubii bakal hepi banget kalau diajak ke sana. Saya aja yang orang dewasa happy banget, gimana anak-anak, gimana Ubii. Pasti girang bukan kepalang.


Saat saya dan Adit menikmati Aquamarine, kami sama-sama nyeletuk, "Ubii kalau ke sini pasti hepi banget ya..." lalu sempet baper dulu beberapa menit. 


💝 Ke luar kota yang agak jauh naik mobil

Ini sebenernya Adit sih yang kepengin. Dari lama, Adit tuh pengin banget jalan-jalan yang rada jauh tapi naik mobil. Kayak misal September besok kami ada rencana ke kampung halaman Oma di Nganjuk untuk silaturahmi dalam rangka Idul Adha, Adit ngajak naik mobil.

Tapi Jogja - Nganjuk naik mobil bisa 7 jam. Ubii suka rewel dan badannya kaku kalau kelamaan duduk di mobil gitu. Cuman Jogja - Salatiga yang 2 jam aja Ubii bisa kaku. Apa kabar kalau 7 jam?


Jadi ya selalu masih mengandalkan pesawat atau kereta api untuk bepergian luar kota yang rada jauh.



💝 Kejar-kejaran

Saya sering main kejar-kejaran sama Aiden. Kejar-kejarannya cuman di dalam rumah sih dan nggak lama. Biasanya karena saya isengin Aiden, ambil benda yang dia pegang gitu misalnya, lalu dia kejar saya demi ambil benda nya. 


Kepengin banget juga bisa kaya gini sama Ubii.


💝 Coret-coret 

Terserah mau coret apa. Kayaknya kalau Ubii besok bakal coret-coret tembok sampai temboknya hancur juga saya nggak akan marah deh. Aiden core-coret TV aja saya nggak marahin. Hahaha. Jadi kalau nonton TV di rumah saya tuh kayak ada garis-garis sisa spidolnya. Hasil karya Aiden.

Kebayang kalau kelak Ubii main coret-coret, it's gonna be fun. 

***

Mungkin benar kalau ada yang bilang, "Berandai-andai dan berharap itu bisa bikin manusia sedih." Untuk Ubii, kayaknya saya udah jarang deh bayang-bayangin yang jauh begini. Tapi, entah, belakangan ini mungkin emang lagi di bawah aja rasanya.

Mungkin saya perlu banyak-banyak bersyukur. Mungkin saya perlu main-main ke tempat-tempat di mana banyak anak yang kurang beruntung dibanding Ubii. Mungkin saya perlu rajin doa lagi biar tenang. Mungkin saya perlu stop berandai-andai.

Mungkin ini adalah saat di mana saya berharap ada keajaiban untuk Ubii. Andai bisa ya ada barter. Saya mau barter umur saya dengan progress untuk Ubii. 


Ubii bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan, kurangin usia saya x tahun. Ubii bisa jalan, kurangin lagi. Ubii bisa lari, kurangin lagi. Dan seterusnya.

#KHAYALANTINGKATTINGGI #HALU

Semoga kalian sehat dan bahagia selalu!



Love,





Pics credits:
http://www.stylelemon.com/wp-content/uploads/2013/05/grey_SS13.jpg
http://www.budgethotels.sg/wp-content/uploads/2014/10/Marine_Life_Park_in_Sentosa_SEA_Aquarium.jpg

22 comments:

  1. Semoga suatu hari bisa jadi kenyataan ya Mbaaaaaak. Amiiiin 😘

    ReplyDelete
  2. I feel you mami, terutama soal mandiin. Badanku yang mungil ini, sementara Aisha tentu bertambah besar.
    Aaahhh...berandai andai itu boleh kok mami. Kan kita punya keyakinan bahwa semua itu mungkin atas kehendak Tuhan. Aku puuun di usia Aisha yang 18 bulan dan masih tidur tiduran sama miring miring aja punya banyak harapan kaya mami. Ah...mari kita mellow bersama hahaha

    ReplyDelete
  3. ges, baper bgt bacany :(((. semangat ya, insyaallah semua impianmu nanti terwujudd, aamiin!!!

    ReplyDelete
  4. Nannynya yg kemarin ikut ultah Ubii itu jg bkn? Gak gede2 amat badannya, tp keliatan strong sih...

    ReplyDelete
  5. Ssmoga Tuhan mewujudkan segala impian mami Gesi ya?

    ReplyDelete
  6. One day, mami dan Ubii bisa kejar - kejaran, atau nyalon bersama. Ubii sehat terus ya nak, dan mami Ubii juga semangat selalu, muaach buat kalian berdua

    ReplyDelete
  7. semesta pasti mendukung semua perjuangan mba grace, saya salah satu ibu yang selalu ketularan semangatnya mami dan Ubii

    tapi mbrebes mili waktu baca "Saya mau barter umur saya dengan progress untuk Ubii" :(

    ReplyDelete
  8. Didoakan semoga terwujud semuanya makk <3
    Aih aku ikutan kepikiran juga apa yang mau dilakuin sama Kei heheheh

    Semoga sehat selalu ya mak... sehat..sehat

    ReplyDelete
  9. wajar ngehayal kayak gitu, manusia itu dikasih imajinasi tinggi hingga bisa berkhayal setinggi langit, asalkan jangan lupa napak bumi... Berkhayal Ubi bisa ini itu bukan berarti Gesi ngga bersyukur, siapa tau khayalannya bisa terlaksana? Walahuallam #peluk

    ReplyDelete
  10. Sehat terus ya bun biar slalu bisa nemenin ubi. Semangatttt 😘

    ReplyDelete
  11. No, Mamiii plis noo... Jangan berdoa tukar umur. Mungkin terlihat bagus tapi gimana sama ubi? Ubi pasti ga mau ngelewatin masa senengnya tanpa Mami, Papi, dan Aiden. Be strong, Mbak. Capek pasti tapi harus kuat. Berdoa yg indah, Mom

    ReplyDelete
  12. one day ya insyaallah... anak ku speech delay dan susah konsentrasi, umur 4 tahun belum bisa ngobrol dan belum bisa diajak cerita. Kadang pengen juga kayak sepupu2nya yg lain, tapi balik lg gw selalu bersyukur udah dikasih kesempatan jadi ibu dan punya anak sehat ceria. Semangat yah maaams

    ReplyDelete
  13. Semoga suatu hari akan jadi kenyataan yang indah ya mami, you DO the right things until now, so proud of you both!

    ReplyDelete
  14. Ah gesiii, kok aku ikutan baper bacanya :( .

    Ubii sehat ya nak.. Didoain progress ubii ttp ada.. :)

    Baca wishlist mu, aku malah kepikiran jg pgn main makeup2an ama Fylly :). Selama ini malah ga prnh, krn jujurnya Fylly memang lbh deket k papinya drpd aku..

    Semangat ya gesiii.. Ga ada salahnya ttp berandai2.. Ga ada yg ga mungkin bagi Tuhan.. Tetep berdoa ke Dia :)

    ReplyDelete
  15. Gesi.... aku ikutan baper bacanya
    Eh tapi ide tuker umur sama progress Ubii itu jangan dong. Khan pengennya nanti bisa aktivitas bareng Ubii, jadi semuanya harus sehat, mami, ubii dan aiden

    ReplyDelete
  16. Semoga ubii cepet sehat dan impian maminya tercapai yaa.. hugs

    ReplyDelete
  17. seang ya mbak jika lihat anak happy dan berbahagia dengan kita, salam kenal ya

    ReplyDelete
  18. Baper abis... Ubiiiiiiiiiii semoga satu persatu keinginan mami bisa terwujud. Miracle itu ada. 😘😘😘

    ReplyDelete
  19. Moment saat bisa jalan bareng anak dengan boncengan tangan emang berkesan ia,
    bukti keeratan hubungan antara orangtua dan anak ...

    ReplyDelete
  20. Semangat mami Ubiii semua akan indah pada waktunya

    ReplyDelete
  21. Pasti satu saat akan bisa berlarian, kejar-kejaran sama Ubil. aku ingat kawanku yang anaknya juga tuna rungu berdoa, pengin anaknya bisa ucap satu kata saja, ibu.
    Ternyata oleh Tuhan dikasih banyak, anaknya bisa ngomong lebih dari itu.
    Semangat say

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^