Monday, September 4, 2017

Aiden Is Turning 2, It's So Exciting Nyiapin Printilan Souvenir

Saya emang orangnya aliran merayakan ulang tahun anak. Merayakan in my definition nggak harus pesta pora tujuh hari tujuh malam ((LEBAY)), tapi kue tart hukumnya wajib. Sama lilin pastinya, karena esensi nya di tiup lilin, bukan makan kueh. Hahaha.


Kali ini yang bakal ulang tahun adalah Aiden. He is turning two on 10 September 2017. Karena udah punya temen-temen di daycare, jadi paling rencananya tiup lilin sederhana aja di sana. Dan ya kalau ada anak-anak gitu, kayaknya afdol kalau ada souvenir.

Baca: Syukuran Ulang Tahun Ubii Dan Tedak Siten Aiden Bertema LEGO

Salah satu karakter yang Aiden cukup suka sampai level sering minta pakai baju bergambar karakter itu dan minta dinyanyiin lagunya adalah ... Pokemon.

Well, sebenernya Pikachu sih to be particular. Tapi dia ngiranya Pikachu itu bernama Pokemon. Mau ngoreksi dan menjelaskan kok kayaknya ribet. Jadi yasudahlah ya, mari kita sebut Pikachu dengan Pokemon aja. LOL.

Kan ada tuh lagunya yang, "Pokemon, Pokemon, di mana kamu? Kumencarimu, ingin menangkapmu. Pokemon, Pokemon, di mana kamu? Kumau kamu jadi milikku." Nah Aiden sering minta dinyanyiin lagu itu. He'll say, "Nemon, anyi."

So, let's have Pikachu birthday cake for Aiden this year! Excited banget cari-cari model kue tart bentuk Pikachu di Pinterest. Rencananya mau bikin kaya gini.


Let's see nanti jadinya gimana. Hehehe.

Then for souvenir. Saya pengin kasih cemilan-cemilan anak buat temen-temen daycare dan balita tetangga. Standard sih. Palingan susu UHT, wafer, jelly, and sort of.

Tapi goodiebag nya mau saya bikin bentuk muka Pikachu. Again, idenya dari Pinterest.

Goodiebag Pikachu ini modalnya: paper bag polos warna kuning @5000, print template wajah Pikachu, gunting, dan lem. Nggak mahal kok, tapi uculnya dapet. Yeyeye!


Terus saya juga kepengin kasih souvenir yang bentuknya barang bukan makanan. Tadinya kepikiran mau bikin souvenir ultah gitu yang custom bisa tema Pikachu. Lalu ada nama Aiden. Kan banyak banget tuh jasa bikin souvenir ultah. Wujudnya pun macem-macem. Ada mug, pouch, tas bekal, tas sekolah, endebrew-endebrew.

Tapi, saya pikir-pikir kok sayang ya. HAHAHA. Karena harganya juga lumayan, menurut saya. Yang bagusan bisa like IDR 50K per piece. Cari yang lebih affordable sih banyak sebenernya. Tapi yang di bawah IDR 50K, kok saya nggak nemu yang rasanya bakal beneran kepake dan bermanfaat buat anak-anak.

Palingan pouch. Tapi anak balita daycare dan tetangga emang bakal pakai pouch buat apa coba. Mereka belum yang perlu wadah-wadah kayak gitu kan.

So, akhirnya, saya mau kasih souvenir activity book aja.


Ceritanya dulu Adit itu pernah kerja di sebuah TK di Jogja sebagai Marketing Communication. Tapi saat itu cuman dia yang bisa design-design bikin materi. Jadi Adit sering bantu-bantu di area itu juga. One time, Adit pernah bikin activity book untuk murid-murid di TK nya. Konsepnya dikasih sama teacher dan Adit tinggal cari gambar dan bikin. Terus dia bikin extra, dibedain gambarnya sama dia, dan diprint sendiri satu biji.

Adit bilang buat kenang-kenangan. Siapa tahu besok bisa kepake buat ngajarin anak kami sendiri.

Saya juga sering pakai ini buat main-main sama Aiden, walau masih tahap coret-coret mewarnai dan masih saya bantu Aiden banget.

Iya, jadi saya mau kasih ini aja sebagai souvenir.

Activity book ini modalnya: copy lembaran-lembaran activity book sejumlah anak yang mau dikasih. Nggak apa-apa lah copy, kan ini bikinan sendiri. Bukan copyrights punya orang lain. Untuk cover nya biar senada sama tema Pikachu, saya bikin sendiri di website design gretongan.

Kaya gini, not bad kan. Hehehe.


Terus udah deh. Tinggal print cover sejumlah anak yang akan dikasih juga. Terus dijilid.


Standard sih. Bukan activity book yang sophisticated gimana-gimana. Kalau mau cari yang jauh lebih bagus mah pasti banyak. But I guess this is good in a way that activity book ini beneran bisa dipakai buat belajar dan bermain sama anak.


Lebih irit daripada pesen souvenir custom. Dan saya rasa malah akan beneran kepakai buat anak-anak yang dikasih daripada pouch.

So yeay I'm happy and satisfied with all these.


Tinggal beli snack-snack nya aja nanti.

Anak ulang tahun lalu kita bagi-bagi souvenir itu luchu yah. Saya aja happy kalau Aiden dapet souvenir atau snack dari temen daycare nya. Hahaha.

Dan 'buang-buang duit' untuk peristiwa setahun sekali begini mah buat saya sah-sah aja. Sah banget malah. Tapi ya tetep realistis sama budget. Nggak wise kan kalau maksain harus banget beli souvenir dan party decor yang mentereng tapi abis itu saldonya enol rupiah. Merayakan sih sah, tapi merayakan yang sesuai kemampuan of course.

Baca: Cool Parenting Nggak Harus Mahal Kok

Kalau dihitung-hitung, pengeluaran saya untuk ulang tahun Aiden ini kurang lebih:

👌 Kue tart: 200K
👌 Paper bag 20 pcs: 100K
👌 Ongkir paper bag: 18K
👌 Cetak cover activity book 20 pcs: 46K
👌 Copy isian activity book + jilid 20 pcs: 156K

👌 Total: 520K

Activity booksnya cukup banget untuk temen-temen daycare Aiden dan tetangga dekat. Malah masih sisa, jadi bisa saya mini giveaway-in nanti di Instagram. Itung-itung berbagi bahagia sama temen-temen di Instagram.

Untuk snack, karena belum beli, jadi belum tahu abis berapa sih hahaha.

But yeah, overall I'm happy and merasa sudah cukup bijak di money spending kali ini. Ehe.

Anyway, hari apa gitu saya sempet live di Instagram mamerin activity books ini. Ternyata pada semangat kalau dibikin giveaway loh, dengan request giveawaynya di IG aja dan pertanyaannya yang gampil. Oke lah siap mah Gesi. Tunggu yaaaa giveawaynya.

Have a nice day, gengs!



Love,







Pikachu cake source: i[dot]pinimg[dot]com/736x/49/a9/b2/49a9b233bba468c8c7b5bcb677d51b50--cake-pokemon-pikachu-cake[dot]jpg

16 comments:

  1. gemaass semua, huhuuu. juara deh urusan pritilan mami yang satu ini

    ReplyDelete
  2. mami gessi....

    pas banget anakku juga mau ultah yang pertama
    ribetnya dah dari 2bulan lalu

    Activity booknya baguuuus,jadi pengen :(
    tapi dah terlanjur beli tumblr tupperware buat temen2 daycarenya anakku

    Moga2 sukses acaranya ya mamii

    ReplyDelete
  3. aaak lucunyaaa, mami aiden so creative as always. Boleh nih ditiru kalau Mukhlas ultah nanti :D

    ReplyDelete
  4. ucul anet mami gesi... Jadi gak sabar ikutan GAnya. Sapa tau bisa jadi hadiah aiden buat anakku yg ultah tgl 1 oktober nanti :D

    ReplyDelete
  5. Aaak aideen udah 2 thn aja.. Semoga lancar ya mamii gesi acaranya. Mau juga lhoo activity booknya hehehehe.

    ReplyDelete
  6. Kreatif mamii gesii.. mau nyontek ah kpn2.. terinspirasi..

    ReplyDelete
  7. Lucu banget activity booknya.. ��
    Aduh jadi deg degan pengen kayak gini juga.. Tapi nanti.. Setahun setengah lagi.. Hihihi *emak kelewat hemat

    ReplyDelete
  8. Ihh gessiiiiii, aku maulah beli buku activity booknya.. Lucu2 gbrnya.. Kalo bobski pasti suka pikachunyaa hahahaha.. Samaaaa, diapun lg tergila2 ama lagu pikachu. Sampe kalo lagu itu udh diputer, otoomatis org rumah ikutan nyanyi krn bobski nyuruh begitu wkwkwkwkw..

    ReplyDelete
  9. Kreatiffff banget idenya. Aku sukak...

    ReplyDelete
  10. Unyu gesiii, kereen deeh...Aiden pasti hepiii...

    ReplyDelete
  11. senagnyaaaa...aku pun suka gitu gessi, seru sendiriii ya nyiapinnya hihihi. Anak-anak happy, ibunya lebih happy lagiii hehehe

    ReplyDelete
  12. Seruu...Mbak kalau mau beli snack di pasar tradisional aja yang jual grosiran khusus buat orang mau jualan. Itu bisa hemat banget di bandinh beli di mall atau toserba :)

    ReplyDelete
  13. tanggal lahir Aiden sama kaya aku 😂

    ReplyDelete
  14. Huwee activity book-nya ide bagus juga buat kasih hadiah anak orang 😍

    ReplyDelete
  15. SERU MBAKKK..anak yg ultah, ibuknya yg hebring! aku aja pengen anakku ulangtaun lagi.lah

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^