Friday, May 27, 2016

Menyiapkan Pesta Bertema LEGO untuk Ubii dan Aiden

Bulan Mei ini, Baby Aiden bakal menjalani ritual tedak siten, atau yang sering disebut turun tanah. Keluarga Adit memang masih memegang tradisi Jawa yang cukup kental. Karena bulan Mei adalah bulan kelahiran Kakak Ubii, jadi mertua saya kasih ide untuk sekalian merayakan ulang tahun Kakak Ubii juga. 

Awalnya, saya kepengin acara ini bertema Hello Kitty. Unyu banget kan pasti. Tapi, setelah dipikir-pikir (walau dengan berat hati banget), Hello Kitty kan cewek banget. Kasihan Baby Aiden dong. Mendingan tema yang netral aja supaya bisa 'masuk' untuk both anak perempuan dan laki-laki.


Kepikiran Minion, Disney, dan Sponge-Bob sih awalnya. Tapi, ketiga tema itu semuanya pernah dijalani oleh teman-teman saya. Jadi batal deh. Setelah semedi, akhirnya nemu satu tema yang saya dan Adit suka: LEGO!

Pertama, kami berdua suka film nya. Kedua, kami suka lagu soundtrack nya yang "Everything is awesome! Everything is cool when you're part of the team" - bagus yah liriknya. Ketiga, LEGO kan kayaknya bisa masuk cewek cowok. Eh, iya nggak, sih? Hehehe.

Selama ini saya dan Adit nggak pernah merayakan ulang tahun Kakak Ubii. Paling makan-makan biasa dengan keluarga aja. Kami sama-sama sepakat kapan-kapan saja dirayakannya kalau Kakak Ubii sudah lebih paham atau paling nggak, sudah bisa berdiri, supaya lebih asyik aja. Tapi, berhubung mertua melempar ide sekalian rayain ulang tahun Kakak Ubii, ah yasudah lah. Saya sih seneng-seneng aja. Seneng bangeettt malah! Hehehe.

Kira-kira apa saja yang perlu disiapkan untuk acara ulang tahun (dan tedak siten) anak?

1) Tema

Sekelumit sudah saya ceritakan di atas ya tentang mengapa saya pilih tema LEGO. Saya sih lebih suka menyiapkan acara anak-anak yang punya tema begini. Jadi nanti saat mendesain undangan, memilih bentuk kue tart, souvenir, dan printilan lain pun bakal lebih gampang.


2) Lokasi

Nah ini juga perlu dipikir. Mau merayakan di rumah atau di luar seperti misalnya di restoran? Kalau mau di restoran kan berarti perlu survey-survey dulu mana yang kira-kira paling pas untuk acara dan kantong. Saya juga melakukan survey, karena acara ini nggak saya adakan di rumah. Bukannya mau boros, tapi ada beberapa alasan sih sebenernya. Satu, bulan Mei ini adalah bulan ulang tahun Adit, mama mertua, dan adik ipar saya. Jadi mereka bertiga juga akan ikut nebeng tiup lilin di acara anak-anak ini. Otomatis, mereka juga punya list undangan mereka sendiri. Mama mertua saya panggil geng ibu-ibu. Adit undang teman-teman kuliah dan kerjanya. Dan adik ipar saya panggil sahabat-sahabat kuliahnya. Rumah saya mana cukup untuk menampung mereka semua? Kedua, saya dan mama mertua kompak mikir kalau lebih enak beracara di tempat yang sekalian bisa menyediakan catering nya jadi kami nggak perlu ribet. Ketiga, kami malas beberes rumah dan cuci-cuci piring seusai acara. Kalau acaranya di rumah kan berarti kamu jadi punya PR kerja bakti. Hehehe.

Saat mencari lokasi, opsi restoran fast food juga sempat terpikirkan. Tapi kami coret karena beberapa pertimbangan. Akhirnya kami cari restoran biasa yang bukan fast food dan bisa menyediakan menu buffet. Setelah survey sana-sini, akhirnya kami sepakat mengadakan acara di Tuman Koffie & Resto.

Berikut beberapa hal yang jadi pertimbangan kami sebelum menentukan lokasi:

  • Jarak. Kalau pun nggak dapat yang di tengah kota Jogja, tapi at least jangan yang Jogja coret juga. Kemarin kami sempat nemu satu venue asyique, tapi sudah masuk Kalasan, hampir Candi Prambanan. Itu kejauhan kan. Akhirnya coret opsi itu.
  • Owner / marketing komunikatif, ramah, dan enak diajak berdiskusi. Buat saya ini penting banget. Dengan owner yang terbuka untuk diskusi, saya jadi leluasa menyampaikan apa yang saya mau dan saya juga jadi nggak sungkan untuk nanya-nanya. Owner Tuman Koffie & Resto ini, namanya Mas Fandi, alhamdulillah sangat humble dan komunikatif.
  • Menu makanan. Awalnya kami ragu apakah Tuman Koffie & Resto bisa menyediakan menu yang sesuai karena konsep venue nya adalah kafe anak muda. Tapi, ternyata bisa banget! Banyak pilihan pula. Dan puji syukur, Mas Fandi justru menawari saya untuk test-food sebelum memilih menu. Jadi saya lebih enak saat akhirnya milih-milih menu nya. Kalau bisa, cari restoran yang memperbolehkan test-food.
  • Tempat parkir. Lokasi okay, jarak terjangkau, menu sesuai selera, tapi jangan lupakan faktor ada nggak tempat parkir yang memadai? Kalau tempat parkir di area restoran hanya menampung sekian X kendaraan padahal undangan kita lebih dari X, ada area di dekat restoran yang bisa dijadikan lahan parkir nggak? Kalau ada, apakah nanti dari pihak resto akan menyediakan tenaga untuk memandu parkir? Puji syukur faktor ini nggak jadi masalah di Tuman Resto & Koffie.
  • Kebebasan mendekor. Yang namanya pesta ultah anak, tentu kita kepengin ada dekor-dekor yang sesuai dengan tema. Kita harus cari tahu dulu apakah venue pilihan kita memperbolehkan kalau kita pasang dekor. Tanya juga lebih lanjut area-area mana saja di dalam resto yang boleh dipasangi dekor dan mana yang off-limit.
  • Kebebasan waktu. Beberapa resto menerapkan aturan hanya boleh beracara sekian jam saja, lalu selebihnya akan dikenai extra charge. Nah, ini harus diperhitungkan baik-baik. Kira-kira acara kita berapa lama? Melebihi aturan resto nggak? Kalau misal sekiranya melebihi sehingga harus bayar extra charge, budget mencukupi nggak? Kalau misal budget mencukupi, cek juga apakah di jam-jam yang berdekatan dengan acara kita bakal ada acara lain atau enggak. Kalau ada, mending cari venue lain daripada jadi harus kemrungsung/buru-buru. Untuk di Tuman Koffie & Resto, mereka baru buka jam 5 sore sedangkan acara kami jam 10 pagi. Jadi saya bebas pakai venue sepuas-puasnya asal nggak sampai sore. Ini juga yang jadi poin penting kenapa saya akhirnya decided pakai Tuman Koffie & Resto.
  • Kelengkapan acara. Yang saya maksud di sini adalah mic dan sound system. Harus cek dulu apakah resto menyediakan atau enggak. Kalau iya, modelnya nanti ada extra charge untuk biaya peminjaman atau free karena kita sudah beracara di sana.
  • Open menu / close menu: Kalau kita beracara di restoran yang ada buku menu nya, kadang ada ajaaa undangan yang iseng order dari buku menu untuk dibebankan pada si empunya acara padahal sudah disediakan prasmanan. Ini berdasar sharing dari beberapa teman. Jadi, kita perlu perhatikan itu. Kita akan memperbolehkan (baca: membayari) orderan tamu-tamu kita atau enggak? Kalau enggak, minta pada resto untuk close menu.


3) Undangan

Untuk undangan, sebenarnya pesan di mana-mana tuh banyak banget. Tapi, saya kepengin bikin sendiri ah, buat kenang-kenangan. Hehehe. Lagian, nggak susah kok. Dan, supaya lebih irit juga. Saya nggak bikin undangan fisik karena saya hanya mengirimkan undangan lewat WhatsApp supaya efisien. Bikin undangannya pakai aplikasi Phonto. Gampil kok, paling jempol jadi rada pegel saja. Hehehe. Ini penampakan undangan yang saya bikin:


Karena nggak dicetak, jadi saya juga nggak keluar dana sama sekali untuk undangan.


4) Dekorasi

Untuk printilan dekorasi ini kita harus pikirkan dari awal, mau bikin sendiri atau gimana? Kalau mau bikin sendiri, butuh apa saja dan kira-kira kita sanggup nggak bikin sendiri sebelum hari-H? Dari dulu sebenarnya saya suka DIY-DIY gitu. Saya suka bikin-bikin crafts. Makanya saya googling banyak banget hiasan dekorasi ulang tahun bertema LEGO. Mulai dari banner, bunting, undangan, label-label snack, goodie bag, games, dan masih banyak lagi. Tapi, ternyata saya nggak sempat bikin semua itu sendirian ala-ala mama-mama DIY. Rencana ini mendadak sih. Dan sekarang Kakak Ubii tuh terapinya setiap hari. Otomatis sekarang saya nggak nganggur-nganggur manja lagi siang-siang. Malamnya, Baby Aiden suka nempel nenen kalau bobok. Kalau pas bisa dilepas pun, saya harus lebih memilih menyelesaikan pekerjaan deh kayaknya. Jadi, yaaa, sadar diri saja saya kali ini. Nggak usah ngotot bikin semuanya sendiri.

Akhirnya saya pakai jasa EO untuk urusan dekorasi. Saya percayakan dekorasi ini pada Blue Diamond Jogja. Biasanya pihak EO punya beberapa paket dekorasi, begitu pula dengan Blue Diamond. Mereka punya 4 paket:

  • Photobooth Only: Banner photobooth, dekorasi standard balon dan pita di stand photobooth, cetak foto di tempat dan frame kertas untuk sekian pcs.
  • Paket Happy (Indoor dan Outdoor): Dekorasi standard balon dan pita untuk seluruh ruangan (non panggung) dan paket Photobooth.
  • Paket Special: Dekorasi special (styrofoam sesuai tema untuk panggung, balon dan pita untuk ruangan) dan Photobooth.
  • Paket Istimewa: Dekorasi spesial, Photobooth, dan sweet table.

Dalam memakai jasa EO, berikut yang perlu diperhatikan:
  • Mintalah ditunjukkan beberapa gambar hasil karya mereka supaya kita ada bayangan dan nggak salah tangkap.
  • Jangan sungkan untuk menceritakan apa yang kita inginkan sedetil-detilnya.
  • Kalau sekiranya mereka kurang bisa membayangkan request kita, googling contoh gambar dari internet dan tunjukkan pada EO.
  • Ajak EO untuk bertemu dan brainstorming di lokasi acara supaya mereka juga sekalian bisa mengukur stage, dll dan kita bisa diskusi bareng baiknya area ini dihias apa, area itu dikasih dekor apa, blablabla.
  • Sesekali tanyakan progress pesanan dekorasi kita lewat chat supaya hasilnya sesuai dengan keinginan dan tepat waktu.
  • Jangan sungkan untuk memberi koreksi kalau ada yang kurang sesuai dengan request kita.
  • Perhatikan kapan kita harus memberi DP dan melakukan pelunasan.

Saya sangat terbantu oleh Blue Diamond. Puji syukur banget, owner EO ini (Mbak Monika dan Mbak Ruth - mereka kakak adik) mewujudkan request saya. Mereka juga sering ngechat saya duluan untuk mengabarkan progress pesanan saya sudah sampai di mana tanpa saya tanya duluan. Thank you so much ya.. ^_^


5) Goodie Bag

Biasanya di acara anak-anak tuh ada goodie bag yang berisi snack dan souvenir kan yah. Itu juga saya siapkan. Berhubung tema pestanya adalah LEGO, jadi saya juga kepengin goodie bag nya berbentuk LEGO piece.

Untuk goodie bag, sebenernya nggak bisa dibilang saya murni bikin sendiri sih. Hehehe. Soalnya paper bag nya saya beli jadi. Tugas saya cuman tinggal menghias biar pas dengan tema LEGO. Ide nya dapet dari googling dong. Banyak bangeeett. Intinya paper bag warna polos lalu ditempelin dengan kertas yang sudah digunting bundar-bundar. Jadi deh kayak LEGO piece.

Paper bag nya saya dapat dari Papel Paperbag (IG @papel_paperbag). Banyak banget deh pilihan warnanya. Ada 13 warna. Paper bag nya rapih banget. Sukaaa! Untuk harga, cek saja langsung ke IG Papel Paperbag yah.

Begini penampakannya setelah jadi:


Tempelan bunder-bunder nya saya pakai kertas asturo biasa. Nempelnya, saya pakai lem yang model stick. Gampil banget pokoknya.


6) Snack

Tentukan snack seperti apa yang akan kita bagikan. Supaya lebih hemat, beli di toko yang jualnya grosiran. Saya belanja snack di Lotte Mart (di Jogja letaknya di Jl. Ring Road Utara, kiri jalan arah ke bandara). Kalau mau menerapkan parenting style yang idealis, sebaiknya snack berupa kue atau wafer yang nggak bikin batuk. Jangan yang ciki-cikian. Tapi, di goodie bag Kakak Ubii dan Adik Aiden besok bakal ada ciki nya nih. Hahaha. Maaf ya. Kalau ada yang nggak berkenan, saya minta maaf dari sekarang. Besok diumpetin aja dan jangan dikasih ke anak kalau memang selama ini anak nggak dibolehkan makan ciki-cikian.

Selain snack, ada juga susu UHT anak. Supaya cocok dengan tema LEGO, saya hias juga nih susu UHT nya dengan kertas marmer dan asturo supaya menyerupai LEGO piece.


Awalnya memang saya pakai asturo untuk bulet-buletnya, tapi terus saya kehabisan. Jadi alternatifnya saya pakai kertas origami. Ternyata malah lebih enak pakai kertas origami *___*


7) Souvenir

Saya akan mengisikan 2 jenis souvenir dalam goodie bag. Yang pertama adalah gambar kartun Kakak Ubii yang menjelaskan kondisi cerebral palsy dan tuna rungunya. BUKAN untuk minta dikasihani ya. Melainkan sekalian untuk memperkenalkan pada teman-teman yang besok hadir ke acara bahwa kelak mungkin saja anak-anak mereka akan memiliki teman yang berkebutuhan khusus. Jadi saya berharap gambar kartun ini bisa dipakai oleh teman-teman yang hadir untuk bercerita pada anaknya masing-masing supaya kelak anak-anak mereka nggak kaget saat punya teman yang difabel dan tentu saja nggak melakukan bullying terhadap temannya yang berkebutuhan khusus.

Gambar kartun Ubii was designed by Tanti Amelia. Gini nih penampakannya:

Ini halaman depan-belakang. Modelnya nanti dilipet kayak brosur

Souvenir yang ke-dua, saya pesan di Blue Diamond juga. YES, mereka juga menyediakan souvenir selain dekorasi. Sebenernya awalnya saya mau cari souvenir di Pasar Asemka aja. Tapi ternyata susah banget cari souvenir yang gambarnya LEGO. Kebanyakan souvenir di sana karkaternya Frozen, Sponge Bob, Disney, Angry Birds, dan lain-lain. Jadi saya batal borong souvenir di Asemka.

Awalnya bingung mau pesan apa karena pilihan souvenir di Blue Diamond banyak bangeeeettt. Ada handuk, mug, tumbler, gantungan kunci, kotak cantik, celengan, lunch box, dan lain-lain. Tapi akhirnya saya pilih puzzle anak. Semoga bisa digunakan untuk bermain di rumah. Gambarnya tentu saja yang berhubungan dengan LEGO The Movie. Kayak gini jadinya:


Harga souvenir model puzzle begini adalah Rp. 22.500/pc.


8) MC

MC sebenarnya bisa dari anggota keluarga saja kalau memang ada yang berkenan/berani tampil. Sayangnya saya dan Adit nggak pede. Saudara-saudara juga sama malu-malu kucingnya. Mau nggak mau harus minta bantuan orang lain untuk jadi MC. Sebetulnya Tuman Koffie & Resto juga punya tenaga untuk MC. Tapi, saya nggak memakai jasa mereka karena saya kepengin nya MC yang sudah mengenal keluarga saya, dalam arti tahu kondisi Kakak Ubii. Kan nggak lucu kalau nanti MC nya nyeletuk, "Ayo yang ulang tahun jalan ke depan dong tiup lilinnya." Nanti bisa-bisa keluarga malah jadi sedih deh. Hahahaha. Jadi saya minta tolong pada Mbak Weka, teman saya dari Stiletto Book, untuk jadi MC. Mbak Weka kan memang sudah sering ngemsi acara. Beliau juga pernah memandu 2 acara book launching saya di Jogja. Beliau jelas sudah tahu banget kondisi Kakak Ubii. Begitulah.


9) Games

Karena ini acara anak-anak, tentu sebaiknya ada games supaya meriah. Milih-milih games tuh sempat bikin saya harus googling berhari-hari demi menemukan games yang cocok dan kids-friendly. Saya ogah kalau games nya model anak suruh goyang itik atau nyanyi dangdut. Saya juga ogah kalau games nya nggak pas untuk anak-anak. Jadi semedi dulu deh. Terus saya pilih games apa? Tunggu di postingan setelah acara selesai ya. Biar nggak bocor ke teman-teman yang besok bakal hadir. Hehehe.


10) Hadiah / Doorprize

Karena ada games, berarti ada hadiah juga kan ya. Untuk hadiah-hadiahnya, supported by these people:


  • IG @bebeklibby - FB Page Stik Sukun KULO - IG @oshino_kids 
  • IG @arunaomahbuku - IG @ikarista_wallstickerjogja - www.tamasyaku.com
  • IG @houseoflidya - IG @hilmi_edutoys - IG @lovely_yun_craft

Bungkus hadiahnya pakai kertas marmer yang dihias dengan asturo, biar keliatan kayak LEGO piece juga.


Enak banget deh bungkus kado pakai kertas marmer. Lebih enak dan lebih smooth daripada pakai kertas kado. Hehehe.


11) Topi Pesta

Ini sebenernya optional yah. Nggak pakai topi-topi an pun nggak masalah. Untuk topi pesta, puji syukur, all supported by Papao Hampers (IG: @papaohampers). Price Rp. 6.000-7.000/pc.


Thank you so much Papao Hampers ^_^


12) Photobooth Props

Karena nanti bakal ada photobooth nya, jadi saya siapin juga beberapa photobooth props. Blue Diamond juga sudah menyiapkan sih. Tapi, saya sudah terlanjur googling dan ternyata nemu gambar-gambar lucu, jadi tinggal saya cetak saja. Cetaknya saya pakai kertas Ivory 300g jadi tebal dan nggak gampang mleot-mleot.

Setelah dicetak, tinggal digunting dan saya pasangin gagang. Sebetulnya ini modelnya untuk dipakai jadi topeng. Bagian mata bisa dibolongin. Tapi, saya pikir kalau ini dijadikan topeng, nanti wajah yang foto nggak keliatan dong ya. Makanya saya tempelin gagang aja deh akhirnya. Gagang nya pakai stik es krim ukuran besar, beli di Gramedia. Setelah jadi, penampakannya kayak gini:


Stik es krim ukuran besarnya, saya lupa harganya berapa. Yang jelas di bawah Rp. 20.000 isi 10 pcs.


13) Outfit

Untuk seragam, saya dan Adit sepakat pakai kaos saja yang casual supaya nggak gerah dan nggak ribet. Tapi ternyata kami (saya, Adit, Kakak Ubii, Baby Aiden) nggak punya kaos yang warnanya mirip. Kaos Adit hitam semua sih. ZZZ.

Akhirnya saya pesan deh kaos seragam ke Klik Kaos (IG @klikkaos) dengan request tema LEGO dan diberi nama. Cepet banget pesan kaos di sana. Kurang lebih seminggu setelah transfer, sudah dikirim barangnya. Kalau desain mereka kurang sesuai sama request, kita juga boleh sampaikan revisi.

Jadinya kayak gini:


Untuk teman-teman yang hadir, saya kasih dress code LEGO colors. Maksudnya boleh biru, merah, kuning, atau hijau. Khas warna LEGO. Semoga nggak menyusahkan.


14) Kue Tart

Ya dong, masak ulang tahun nggak pakai kue tart kan kurang afdol. Hehehe. Sesuai tema, saya pilih kue ulang tahun bentuk LEGO juga. Berhubung Adit, mama mertua, dan adik ipar juga mau tiup lilin, jadi mereka ada kue nya masing-masing juga. Untuk Adit, requestnya tema gundam. Err. Untuk adik ipar, request bentuk mini cooper. Mama mertua nggak merequest bentuk tertentu. Kue tart sekalian pesan juga di Blue Diamond biar ringkas.


15) Makanan Anak-Anak

Memang Tuman Koffie & Resto sudah menyediakan paket buffet. Tapi, saya pikir kok ribet kalau anak-anak juga ikut ambil menu buffet. Belum tentu juga mereka sudah lihai makan dengan piring beling. Takut petjah nanti saya nombok. Hehehe. Khawatir juga kalau anak-anak kurang cocok dengan menu dewasa. Jadi, akhirnya untuk anak-anak saya pesan nasi bento dengan menu anak. Well, for this one, the choice is yours yah.


***

Sebenarnya saya kepengin ceritain juga tentang printilan tedak siten nya. Tapi, pasti bakal panjang banget nanti (ini aja udah panjang, cyint). Jadi nanti tentang tedak siten saya ceritakan di postingan terpisah saja oke oke.

Semoga postingan ini bisa memberikan gambaran tentang apa-apa saja yang perlu disiapkan/dipikirkan saat menyiapkan pesta ulang tahun anak yah. Ada yang belum saya list nggak ya? Yuk, bantu tambahin. Mumpung masih 2 hari lagi, jadi kalau ada yang kurang bisa saya kejar. Hehehe.

Nanti acaranya gimana saya bakal ceritakan lagi di blog Diari Mami Ubii ini. So, stay tuned! *halah*




Love,







Thank you everyone for supporting our LEGO themed party:


Tuman Koffie & Resto - Blue Diamond - @papaohampers - @papel_paperbag - @arunaomahbuku - @hilmi_edutoys - @houseoflidya - @oshino_kids - @bebeklibby - @ikarista_wallstickerjogja - @lovely_yun_craft - Stik Sukun KULO - www.tamasyaku.com - @klikkaos - @rumahdhira - @tantinamelia - @christa_mcrose - @wekaswasti

Untuk hal-hal yang nggak saya tulis informasi harganya, silakan contact ke yang bersangkutan dan nanya-nanya langsung ^__^

Tuman Koffie & Resto
IG @tumankoffie
Jl. Perumnas Catur Tunggal (Belakang Ambarrukmo Plaza)
(0274) 2801113 / 087848177000

Blue Diamond Souvenir & Decor
www.bluediamondsouv.com
Jl. Mangkuyudan 1 Yogyakarta
08122983734 / 573A789D


13 comments:

  1. Ubiii, tante diundang ngga nih..? Hihihihiii. Keren banget nih mami Gesi persiapannya, aku nggak sabar nunggu postingan tentang acaranya.. Semoga lancar acaranya ya maaaaamm

    ReplyDelete
  2. Lancar lancar acaranya yaaa mami Ubii
    Buat Ubii Happy Birthday, buat Aiden selamat untuk tidak sitennya.
    Pasti seruuuu deeehhhhh, jadi mupeng ikutan :)

    ReplyDelete
  3. Wow persiapannya total banget,moga acaranya sukses dan lancar

    ReplyDelete
  4. tara diundang dong ubiiii xixixix

    ReplyDelete
  5. telaten bgt maaak. Klo aku udh gk telaten deh

    ReplyDelete
  6. wah manteb banget persiapannya, salut mak...

    ReplyDelete
  7. Huaaa kamu kreatif dan detail banget sih Mami Gesi.. Itu aku ngesir sama puzzlenya :)) Keren!

    ReplyDelete
  8. Ituu... puzzle-nya lumayan juga. Lumayan bikin pusing nyusunnya. Hahahaha... Ohya, hampers dari Oma buat para ibu2, yg pashmina, belum diceritain. But, thanks so much ya Gesii... Keren acaranya. Sampe rumah Luna berkali2 cerita, "Luna tadi ke Happy Birthday Kakak Ubii" :))))

    ReplyDelete
  9. Mamanya detail banget nyiapin pestanya :D

    ReplyDelete
  10. Waaa saya baru baca blogpostnya, ketinggalan euy. Detail banget persiapannya. Jadi gak sabar pengen baca gimana pas hari H nya.

    ReplyDelete
  11. Tertarik dengan buletan2 di goodie bag, di susu uht, di bungkus kado. Banyak banget buletannya, dan aku tau gunting buletan itu ga gampang kalo mau rapi. So...layak dinobatkan sebagai mama diy 😊 jereng dah matanya gunting2 buletan mulu kalo aku

    ReplyDelete
  12. 2 acara sekaligus. Keren Mak. Kakak Ubii sehat terus ya, dedek Aiden semoga juga sehat selalu.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...