Thursday, May 26, 2016

Cara Biar Gak Gampang Sakit Ala Grace Melia

[Sponsored Post]

Memiliki seorang anak berkebutuhan khusus (ABK) membuat saya kerap kali ditanya, "Gimana sih, Ges, rasanya punya ABK?" Mau jawaban jujur? Capek. Tentu saja ada banyak perasaan positif juga. Tapi, tetap saja, saya nggak bisa bohong bahwa tentu ada rasa capek.

Sekarang saya sudah punya 2 anak, punya pekerjaan tetap (yang dilakukan secara remote), dan sedang LDRan sama suami juga. Jadi, sering deh ditanyain, "Gimana rasanya ngurus 2 anak dengan kondisi yang 1 berkebutuhan khusus sendirian (tanpa suami) padahal kamu juga kerja?" Mau jawaban super jujur? Capek dan jadi gampang ambruk. 


Mau tau nggak gimana caranya supaya saya tetap bisa jadi Mami yang aktif dan sehat? :)

Kakak Ubii punya jadwal terapi selama 4 hari dalam seminggu. Dalam satu hari, kadang-kadang ia mengikuti 2 terapi sekaligus. Saya yang selalu mengantarnya (kecuali saya sakit atau ke luar kota). Yang namanya fisioterapi, Kakak Ubii harus aktif mengikuti gerakan yang diajarkan atau dicontohkan oleh terapis. Tapi, ada kalanya Kakak Ubii moody atau malas-malasan. Nah, di saat seperti itulah saya harus menyemangati dengan heboh. Jadi saya bikin apa saja supaya Kakak Ubii bisa semangat, entah dengan tepuk tangan heboh, joget-joget, atau mengikuti gerakan latihan nya juga biar Kakak Ubii merasa Mami nya juga benar-benar 'ada' di sana.



Terlepas dari kegiatan mengantar dan menemani sesi-sesi terapinya, kegiatan keseharian juga cukup melelahkan. Kakak Ubii kan apa-apa masih perlu dibantu. Untuk meminumkan obat, mengajaknya mandi, atau memindahkan dia dari ruang tamu ke kamar misalnya, masih harus digendong. Berat badannya saat ini sudah 11 kg lebih. Cukup bisa bikin saya boyokan, Jendral! Apalagi saat dia rewel yang hanya bisa ditenangkan dengan digendong, boyokannya jadi dobel, Jendral!

Sekarang saya punya 2 anak. Kakak Ubii sudah punya Adik Aiden yang berumur 7 bulan. Adik Aiden ini sudah belajar rambatan sekarang. Aktifnya bukan main sampai kadang saya kepayahan. Belum lagi kalau rewel berbarengan. Hadeuh, rontok badan ini rasanya.




Saat saya sedang ada pekerjaan yang harus diselesaikan, saya cuma bisa kerjain setelah mereka tidur di malam hari. Jadi saya tidur pasti di atas jam 12 malam. Akibatnya, saya sering banget ngerasa nggak fit karena kecapekan.

Dengan rutinitas seperti ini, apalagi sekarang saya LDRan dengan Adit, saya jadi gampang ambruk. Padahal, saya #GaBolehSakit sama sekali deh kalau bisa minta begitu! Sounds too much, maybe.. Lhah, tapi, kalau saya sakit, gimana anak-anak? Siapa yang antar dan nemenin Kakak Ubii terapi dan lain-lain? Hiks...

Untuk menjaga tubuh supaya tetap fit, saya suka minum jamu gendong macam beras kencur, uyup-uyup, brotowali, dan sebangsanya. Sayang, penjual jamu gendong yang biasa lewat di komplek perumahan saya, entah mengapa, sudah nggak pernah muncul lagi beberapa bulan ini. Akhirnya saya pernah tuh ambruk sampai sakit beneran. Imbasnya, anak-anak jadi kurang terurus. Kakak Ubii harus bolos terapi. Saya juga jadi nggak sabaran saat mereka rewel.

Baca: A Rough Day In Motherhood

Akhirnya saya ke dokter saat itu dan saya dianjurkan mengonsumsi  suplemen supaya tetap fit, selain tentunya menjaga pola makan dan istirahat cukup. Tanya sana-sini, saya dikasih tau mertua untuk cobain Stimuno Forte.


Jujur, saya belum pernah dengar tentang Stimuno Forte sebelumnya. Walau yang kasih info adalah keluarga sendiri, tetap lah ya perlu cari tau dulu tentang ABCnya. Apalagi sekarang saya adalah penggiat isu kesehatan, jadi bener-bener nggak mau asal comot untuk stuff yang berhubungan dengan kesehatan.

Setelah baca-baca keterangan di bungkusnya, saya jadi paham bahwa ternyata Stimuno Forte ini adalah fitofarmaka, which is two levels higher than jamu.


Gampangnya, jamu adalah obat tradisional yang bahan baku nya adalah bahan alam. Jamu, bisa naik 'kelas' menjadi OHT (Obat Herbal Terstandar) jika sudah terbukti aman dan berkhasiat lewat uji praklinik dan bahan bakunya sudah standardized. Sedangkan, fitofarmaka adalah level tertinggi untuk obat tradisional berbahan alami. Untuk disetujui menjadi fitofarmaka, harus melewati uji praklinik dan uji klinik. Bahan baku serta produk jadinya pun harus sudah standardized. Informasi ini saya dapat dari Peraturan BPOM Republik Indonesia Nomor HK.00.05.41.1384 tentang Kriteria dan Tata Laksana Pendaftaran Obat Tradisional, Obat Herbal Terstandar, dan Fitofarmaka (*). See? Saya tuh suka cari-cari tau dulu sebelum cobain. And, you guys should do it too yah, karena ini hubungannya dengan kesehatan loh.

Kalau menilik dari pengertian dan syarat fitofarmaka sendiri, mustinya Stimuno Forte ini aman dikonsumsi, begitu pikir saya.

Kriteria saya dalam mengonsumsi sesuatu yang bebas dijual di pasaran dan bukan diresepkan oleh dokter adalah produk tersebut terdaftar dengan izin POM dan terbukti aman serta berkhasiat saat diuji pada manusia. Jadi, I guess, nggak ada salahnya saya coba Stimuno Forte yang terbuat dengan bahan baku meniran Indonesia ini.


Karena saat itu saya memang sudah jatuh sakit duluan, jadi saya konsumsi 3x sehari (masing-masing 1 kapsul saja) untuk mempercepat proses penyembuhan. Stimuno Forte ini aman diminum bersama obat dokter. Sebetulnya, hal ini sudah tercantum jelas di bungkus Stimuno Forte. Tapi, untuk lebih yakin, saya tanyakan dulu pada dokter pribadi saya dan beliau juga menjawab aman. Biasanya saat saya flu dan diobati dengan obat resep dokter saja, saya perlu 4-5 hari sampai badan terasa benar-benar segar dan fit. Saat kemarin saya minum Stimuno Forte bersama obat dokter, ternyata saya cuma butuh 2-3 hari saja sampai badan beneran bugar lagi. Meski nggak jauh bedanya, tapi 1-2 hari untuk ibu aktif kayak saya tuh bener-bener kayak bonus kesehatan banget rasanya.


No wonder sih karena tertera bahwa Stimuno Forte adalah imunomodulator yang berperan banget dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Sekarang, puji syukur alhamdulillah, saya sudah fit lagi. Sudah balik beraktivitas seperti biasa. Malah kemarin-kemarin ini sedang sibuk-sibuknya karena ada kerjaan di Jakarta. Tepatnya, menjadi moderator sebuah sesi di gelaran Women's Health Expo yang merupakan event tahunan RSCM. Lalu, beberapa hari setelahnya mengisi cara Dies Natalis di universitas almamater saya.


Kalo lagi kayak gini, beneran deh, saya gak boleh sakit. Bayangkan aja kalau kamu ikut talkshow atau seminar dan moderator atau narasumbernya nggak fit atau batuk-batuk melulu. Pastinya bakal bikin sesi jadi kurang asyique, kan? Jadi saya minum Stimuno Forte 1x sehari saja untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di Jakarta saya ngider ke mana-mana dan ketemu banyak orang, jadi bawa bekal Stimuno Forte dan air putih di tas deh selama di Jakarta. Nggak perlu khawatir kok karena Stimuno Forte ini terbukti aman dikonsumsi setiap hari dan jangka panjang.

Daaannn... sesi yang saya bawakan, puji syukur, sukseeeessss. Selain bisa membawakan acara dengan lancar, saya juga keliling-keliling mengunjungi booth kesehatan lain dan mendapat beberapa link baru.


Saya juga bisa menemui kawan-kawan dari komunitas kesehatan yang saya bentuk, yang sudah jauh-jauh sengaja datang supaya bisa ketemu saya di acara. Duh, kan, seneng banget kan kalo kayak gini. Lega juga tentunya karena saya nggak mengecewakan orang yang sudah menerobos macetnya Jakarta untuk ketemuin saya. Makasih, teman-temaaannn!


Saya jadi sadar dan belajar banget tentang satu hal. Bahwa segimana pun prepared, antusias, dan bersemangatnya kita terhadap kegiatan apa pun, kesehatan tetap jadi kunci utamanya. Mau hapal materi di luar kepala dan dandan kece habis-habisan, tapi kalau nggak fit, performa pun pastinya juga nggak maksimal. Jadi, siapa pun yang bilang bahwa kesehatan adalah investasi, I can't agree more! SE-TU-JUH!

Menjadi ibu, entah ibu dengan ABK atau bukan; ibu bekerja kantoran, ibu kerja di rumah, atau ibu rumah tangga; dan keadaan-keadaan lain, pasti menuntut kita melakukan banyak hal dengan aktif. 'Sekedar' nemenin anak nyanyi Balonku Ada Lima, pasti anak juga akan lebih excited kalau kita nyanyi dengan semangat sambil tepuk tangan atau bergaya, daripada nyanyi lempeng-lempeng aja. Intinya, jadi ibu pasti capek, tapi super duper menyenangkan. Ada amin? :)



Let us not break the excitement and fun by getting sick. Let us stay healthy and maintain a healthy life style to be a happily active mom. Mulai perhatikan kesehatan dan perkuat daya tahan tubuh yah, moms. Kalau misal sedang ada tanda-tanda bakal ambruk, mungkin bisa coba Stimuno Forte juga seperti pengalaman saya.

Ada kah yang punya tips lain untuk senantiasa sehat dan aktif? Yuk, share di komentar sama-sama yah!

^___^


Love,







(*): www.sireka.pom.go.id


40 comments:

  1. mami ubii semangat yaaaa nemenin ubii terapi, sehat-sehat biar bisa jaga 2 baby yang lucu-lucu ituhh...
    btw stimuno ini lagi aku cari, soalnya takut minum vitamin buat badan kalau capek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn, makasih ya doanya. Kamu juga ya sehat-sehat. Apalagi belakangan ini hawanya lagi gak enak banget nih.

      Delete
  2. Iyaaahhh....
    I feel you
    Kalau aku emang kudu mantang sama Air. Mulai bersin kudu jauh jauh sama Air wkwkwkw. No cuci piring pokoknya :D
    Aku juga suka jamu, tapi belum pernah coba yang ini, tar dicoba deh mamiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sekarang rutinitas bertambah dengan nganter Aisha terapi ya, Mba Aya. Jadi harus jaga kesehatan banget biar fit dan semangat terus ^^

      Delete
  3. Kalau buat ibu menyusui, aman ngga mi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultasikan dulu sama dokter aja sebaiknya ya Mba :)

      Delete
  4. Mami, amankah buat ibu menyusui?? Aku IRT sekaligus mahasiswi ini :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultasiin dokter dulu aja ya Mba Ayi. Wah keren btw jadi IRT merangkap mahasiswi. Harus fit terus tuh. Semoga sehat-sehat selalu ya :*

      Delete
  5. WAH....mau juga nih nyobain stimuno..biar semangat terus kaya mami ubii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeekkk, semoga cocok yaaaaa, Mba Nova :*

      Delete
  6. Aku juga gampang sakit, Mi... dikit dikit amburkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, kenapa :(( Kecapean kah, Mak Juna? Sehat selalu yaaa.

      Delete
  7. boleh nih dicoba, dalam dua minggu ini aku sakit berkali2. Gak enak bgt, pdhl bntr lg puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sebentar lagi puasa ya, Mak Juvmom. Harus ditambahin fit nya biar puasa lancar dan barokah. Selamat mencoba ^^

      Delete
  8. Aku dan yose dulu jg sering pilek dan batuk sekarang klu terasa badan udh mau flu atau batuk lsg minum air kelapa hijau yang muda banget mak Grace...Puji Tuhan sekarang udh jarang banget sakit,padahal dulu hampir tiap bln pasti flu atau batuk dan hrs k dktr yose jg punya alergi dingin dulu nggak boleh minum es dikit sakit,sekarang udh boleh sering2 minum yg dingin2 asal gak kebanyakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji syukur. Seneng baca cerita Yose dan Mama yg sekarang makin sehat. Salam untuk Yose ya, Mba. Kapan gitu kayaknya aku pernah liat mama Yose dan suami di Amplas, tapi mau nyapa takut salah orang >.<

      Delete
  9. Woooh mba gesi! Didoain sama saya semoga sehat terus yaaaa, fit terus. Kalo kata orang sunda mah: jagjag waringkas, sehat kuat. Kalo saya makan buah & minum air putih aja euy. Belum pake multivitamin :D baru masuk umur 30 sih, kayaknya harus gelar tiker kepada rupa-rupa sakit pinggang �� kata suami saya umur 30an ketahanan tubuh beda kayak umur 20an heuheuhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin, maturnuwun doanya ya, Mba Ulu! Aku juga nih welcoming sakit pinggang padahal belum kepala 3. Edan nih, hiks hiks. Mba Ulu sering jalan-jalan harus sehat-sehat yaaaaaa ^^

      Delete
  10. punya anak batita harus tetap fit ya mak, baby Aiden dan kakak Ubii butuh perhatian ekstra. semangat! saya punya stok vitamin seperti ini tp suka lupa minum ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Mba Kania! Kudu fit terus sebisa mungkin. Kalau sampai sakit kasihan anak-anak soalnya kan. AKu juga kadang masih lupa nih, Mba hehehehe. AKu bikin reminder di hape biar inget :)

      Delete
  11. Aih recomended ya mak ini. Dari kemarin nyari juga vitamin yang pas tapi belum sempat hiks
    Jadi emak emang kalau bisa nggak boleh sakit >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mak Ranny. Semoga kita selalu sehat ya. Apalagi sebentar lagi kan Mak Ranny bakal puasa ^^

      Delete
  12. Waaah stimuno forte? kayanya aku mesti nyoba juga nih, makasi infonya ya mami Ubiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbaa. Senang deh kalau bisa bermanfaat ^^

      Delete
  13. Kayanya cocok banget nih buat keluargaku yang sering sakit satu bulan terakhir ini. Gantian mulu sakitnya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang hawanya juga lagi nggak enak sih ya, Mba Anisa. Apalagi aktivitas kita juga banyak. Semoga lekas sehat ya, bentar lagi puasa nih :)

      Delete
  14. Thanks infonya. Bermanfaat banget soalnya aku sering sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya :) Syukurlah kalau bermanfaat

      Delete
  15. Berasa senasib bgt kita mba. Sy jg lagi LDR dan mengurus anak 3 sendirian. 2 toddler dan 1 newborn baby.. Capek nya luar biasa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu kalo gitu yah! Toss! Semangat ya mbaaaakkk! Dan terutama jaga stamina. Semoga semuanya dimudahkan dan dilancarkan yaaa :)

      Delete
  16. Nah betul itu bu jangan sampai acara-acara penting talkshow seperti itu batal gara-gara sakit. Harus benar-benar fit. Sakit biaya mahal rejeki berkurang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo batal kan pasti nggak enak juga sama penyelenggara dan panitia yaaa. Dan emang kalo udah keburu sakit tuh malah jadi lebih boros :(

      Delete
  17. Sehat terus dan jaga kesehatan Mami Ubiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap laksanakeun, Bi Oph! Makasih yaaa. Bi Oph juga sehat-sehat yaaa ^^

      Delete
  18. selama ini stimuno aku minumin ke Fylly mbak.. yg cair ya.. itu bnr2 ampuh spaya anak g gampang sakit.. pernah tuh kita 3 minggu road trip keliling jawa, waktu itu fylly msh kecil 8 bulan, dan rutin aku minumin itu.. selama road trip ga sekalipun dia sakit :).. ampe skr juga msh aku minumin sesekali.. tp kalo kita ada planning traveling, nah pemakaiannya aku tingkatin deh jd tiap hari, seminggu sebelum berangkat, selama traveling dan seminggu sesudah traveling :)

    ntr deh aku jg mw coba utk yg dewasanya

    ReplyDelete
  19. Selain stimuno bisa juga imboost mom kl pas d apotek habis..hii..emang manjur banget duo vitamin itu...nggreges2 jadi bye..bye...

    ReplyDelete
  20. saya setuju banget dengan artikel diatas, memang bener kalo kita terapin itu semua, insya Allah kita jadi gk gampang sakit

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...