Saturday, May 21, 2016

Mothercare Peduli dan Baby Registry

Saya sudah rutin mengulas produk Mothercare Indonesia di blog Diari Mami Ubii ini. Nggak selalu mengulas produk sih.. Pernah juga sekali saya mengulas event big sale nya. Kali ini saya nggak akan mengulas produk atau event diskon Mothercare Indonesia. Saya mau bahas tentang program Mothercare Peduli dan Baby Registry

First, Mothercare Peduli. Dari nama programnya, kita bisa menebak yah, program ini akan berkaitan dengan kegiatan sosial. And, we are right. Untuk brand seperti Mothercare, saya rasa program ini oke banget.


Jadi, apa sih program Mothercare Peduli itu?


Sudahkah kalian tau bahwa angka kematian ibu (AKI) di Indonesia merupakan yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara? Isn't it so sad? Menurut data WHO dan UNICEF, diperkirakan ada 9.600 perempuan yang meninggal setiap tahun akibat komplikasi kehamilan dan persalinan. Nggak hanya angka kematian ibu saja yang tinggi di negara kita. Angka kematian bayi baru lahir (AKB) di Indonesia pun terbilang sangat tinggi. Sejak tahun 2012 sampai saat ini, belum ada penurunan yang signifikan.

Ternyata, penyebab paling banyak pada kematian bayi baru lahir adalah berat badan rendah (BBLR). Padahal, hal ini sebetulnya bisa banget dicegah dengan penanganan yang tepat saat sang ibu sedang mengandung, melahirkan, dan usai melahirkan. The more shocking thing is.. walaupun mayoritas perempuan Indonesia pergi ke tenaga kesehatan (dokter kandungan/bidan/dll) untuk cek kehamilan rutin, ternyata hanya 53% saja yang mendapatkan informasi tentang tanda-tanda komplikasi kehamilan. Ini menunjukkan bahwa tingkat edukasi yang ditujukan untuk ibu-ibu hamil masih kurang optimal. Padahal, edukasi yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi baru lahir.

Didasari kesadaran bahwa edukasi kehamilan sangat penting, Jhpiego bersama Kementrian Kesehatan mengembangkan SMS Bunda. SMS Bunda itu sendiri adalah layanan SMS yang diperuntukkan bagi ibu hamil dan keluarga supaya mereka mendapat edukasi kehamilan yang tepat sasaran sehingga mereka dapat mengenali tanda bahaya sejak dini dan dapat mencari pertolongan saat dibutuhkan.

Lantas, apa peran Mothercare Indonesia di sini?

Dengan kita melakukan pembelian sleepsuits di Mothercare, maka kita akan mendonasikan Rp. 5.000 untuk kampanye angka kematian ibu dan bayi di Indonesia yang tinggi melalui program SMS Bunda.


Saya pribadi, kalau membeli sesuatu dengan kesempatan ikut berdonasi seperti ini, bakal seneng banget. Kadang kita ingin ikut aktif menunjukkan kepedulian terhadap sebuah isu, tapi kita punya keterbatasan (waktu, tenaga, kapasitas, dan lain-lain), bukan? Jadi, dengan program seperti ini, menurut saya bisa menjembatani kepedulian kita. 

Banyak sekali program model seperti ini, sehingga tentu kita merasa perlu untuk cek-en-ricek. Untuk program Mothercare Peduli ini sih, saya rasa insyaallah kredibel, dilihat dari profil Jhpiego dan Mothercare sendiri.

Sleepsuit keluaran Mothercare juga lucu-lucu banget deh. Nggak rugi kalau kita sengaja membeli supaya bisa ikut berdonasi.


Dan.. pilihannya pun banyak banget!

Saya pernah mengulas sleepsuit Mothercare di blog Diari Mami Ubii. Ceki-ceki ke postingan saya sebelumnya ya kalau kepengin tau.. :)


Program Mothercare Peduli dengan kita mendonasikan Rp. 5.000 setiap pembelian sleepsuit ini akan berlaku sampai 22 Desember 2016. So, we've still got plenty of time to participate, moms!

...
...
...

Eh, ada info program Mothercare Indonesia satu lagi niihh! *wink*

Namanya program Baby Registry.

Program ini ditujukan untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa daftar Baby Registry melalui staff yang ada di store Mothercare dan memberikan wish list barang kebutuhan bayi apa saja yang dia perlukan. Lalu, si ibu ini tinggal kabarin teman-temannya untuk mendatangi store Mothercare sehingga bisa cek barang apa saja yang dibutuhkan dan belum terbeli dari list. Jadi, teman-teman si bumil ini nantinya bisa tau apa yang memang dibutuhkan sehingga kasih kadonya nggak dobel-dobel atau mubazir.

Kan ibu-ibu kalau habis melahirkan pasti dapet kado kaaannn.. Hehehehe. XD

Manfaat program Baby Registry ini akan dirasakan oleh si ibu yang mendaftar dan teman-temannya juga. 

Untuk si ibu, jelas yah. Dia akan mendapat kado barang perlengkapan dan kebutuhan bayi yang memang dibutuhkan atau diinginkan.

Untuk gengnya, mereka juga akan bisa memilih dan membeli kado dengan lebih enak. Nggak pakai bingung lagi. Coba deh ingat-ingat, saat ada teman kita yang melahirkan dan kita mau beli kado, pasti kadang kita bingung kan mau beliin apa. Mau beli ini, takut teman kita sudah punya. Mau beli itu, khawatir teman kita kurang suka. Mau beli anu, jangan-jangan nanti sudah ada yang ngadoin duluan dan barangnya sama sehingga kado kita jadi mubazir. Malah puyeng sendiri ujung-ujungnya. Nah, dengan tau teman kita butuh apa, kita bisa pilih yang sesuai. Nantinya, kita juga pasti senang kan kalau kado pemberian kita bener-bener dipakai.

Ada kah yang sedang hamil saat ini? Tertarik daftar untuk Baby Registry, nggak? ^__^

Atau, nyicil-nyicil beli sleepsuit mungkin? Sambil berdonasi Rp. 5.000 sebagai tanda kepedulian kita untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi Indonesia?

What do you think? ^___^



Love,







Baca juga postingan review produk-produk Mothercare di blog Diari Mami Ubii di sini yah :)

18 comments:

  1. Programnya bagus banget yaaa, tertarik tapi saya belum menikah.

    ReplyDelete
  2. Senangnya kalau sambil beli bisa donasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pastiii. Bayi makin kece sambil amal. Hehehe

      Delete
  3. Sleepsuit mothercare memang bagus, setuju

    ReplyDelete
  4. Waw keren keren tapi masih dalam tahap perencanaan mbak belum berlangsung prosesnya. Ahi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi at least belanja kebutuhan bayi kan juga perlu direncanain :D

      Delete
  5. Waah dua jempol buat program2 mothercare. Selain peduli pada perempuan indonesia, program baby registry itu juga asli unik bgt ya. Kalau dilist gitu kan orang ga bakal bingung kalau mau ngasih kado yahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, dan pasti kepake kalo beli kado mengacu pada baby registry. Yg ngasih kado dan yg dikado hepi deh hehehehe

      Delete
  6. perlu di kampanyakan nih mbak, mengingat ini sangat penting bagi pendidikan anak usia dini. untuk membangun karakter yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya perlu kampanye luas se luas-luasnya yah

      Delete
  7. wah... keren banget mothercare

    ReplyDelete
  8. waaah baby registry ini mirip bgt dgn yg biasa dilakuin ama org2 di amerika . tapi yg aku tau di sana kalo mau nikah sih, kitanya mendaftar di toko2 yg memang punya nama, jd temen2 tinggal liat aja apa yg kita butuhin di sana :).. ini baru mother care aja yg punya sistem gini yaa.. bgus juga.. tp kalo utk yg nikah kyk sistem di amrik, kyknya kurang pas memang di indo, secara kebanyakan org kita ngasihnya duit kalo ada yg nikah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setauku baru di Mothercare. Mungkin yg udah ada emang store yg udah punya nama ya, Mba. Kalo 'hanya' toko perlengkapan bayi lokal sih kayaknya pada belum mikir ke sini.

      Delete
  9. aiden masih bayi banget ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaaa, 9 bulan, kecil euy badannya >.<

      Delete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...