Saturday, July 15, 2017

Tentang Memberi Kado Untuk Bayi

Urusan memberi kado untuk bayi itu gampang-gampang susah. Gampang kalau kita temenan deket sama si ibu. Jadi kita langsung bisa tembak, "Mau dikadoin apa nih? Butuh apa? Apa yang belum punya?" dan dia akan jawab. Lalu kita bisa kadoin yang memang dia butuh sehingga pasti terpakai.


Tapi kalau nggak deket-deket amat, kadang bingung loh mau ngadoin apa. Kira-kira dia butuh apa dan apa yang belum punya. Kalau sekedar jembreng barang-barang yang dibutuhkan bayi baru lahir dan mama sih sepele ya. But the real questions is, "Dia udah punya, belum?" 

Kadang kita perlu memberi kado untuk teman yang abis melahirkan, walau sebenernya nggak deket-deket amat. Alasan nya bisa macem-macem:

πŸ™† Karena dulu mereka ngadoin kita. 
πŸ™† Karena kita tahu story temen kita itu berliku sehingga rasa nya kepengin lah nyenengin dia dikit dengan kasih kado.
πŸ™† Karena pengin jaga silaturahmi.
πŸ™† Karena kita tinggal di lingkungan atau circle yang masih kental budaya kado-mengado bayi. Ini saya nggak tahu yah kalau teman-teman di Jakarta ngerasain juga atau nggak. Kalau di Jogja sih masih kerasa banget urgensi memberi kado untuk bayi begini.
πŸ™† Karena teman-teman satu group pada ngadoin masing-masing, masa kita nggak.
πŸ™† Karena tetangga dan ibu-ibu pada ngajak kita jenguk, rasanya kan agak gimana kalau jenguk tanpa bawa apa-apa.

Alasan macam menjaga silaturahmi dan rikuh kalau nggak ngado itu gimana ya.. Penting nggak penting deh kalau buat saya. Iya sih, ngapain ribet sendiri maksain ngado padahal bingung. But on the other hand, ya kita hidup berkomunitas dan bertetangga yang memang kadang perlu saling basa-basi dan silaturahmi. So why not.


Akan enak kalau si teman tersebut mau jawab saat ditanya barang apa yang belum punya. Tapi, nggak semua orang mau jawab pertanyaan kaya gitu. Banyak juga yang jawab dengan, "Nggak usah aja nggak apa-apa kok" atau "Apa aja deh. Dikasih aja aku udah hepi" lalu diakhiri emoji 😊

Sebut barang-barang perlengkapan bayi yang dibutuhkan!

Baca: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Dan Mama

Baju lengan panjang, baju lengan pendek, kaos kaki, tas, breast pump, popok, gendongan, aduh banyak! The list could go on and on.

Baca: Review Tas Bayi Lassig

Yang sudah pasti terpakai itu baju, ya. Baju bayi yang tipe satu model ada warna pink, hijau, biru, kuning lalu ada kancing nya dan celana nya juga. Tapi kalau 'sekedar' itu biasanya calon mama mah udah nyetok banyak. Ya kan.

πŸ‘ΆπŸ‘ΆπŸ‘Ά

Yang calon mama baru belum tentu sudah nyicil beli sebelum melahirkan itu biasanya breast pump, car seat, stroller, bouncer, dan play gym.

Baca: Review Micro Trike Stroller

Baca: Tips Memilih Car Seat

Tapi kalau mau kita mau ngadoin itu sendirian kok ya berat karena kan lumayan mehong yak. Jadi gimana?

Tips receh dari Gesi:

🎁 #1 - Tentukan dulu kita mau ngasih kado itu 'sekedar' karena pengin menjaga silaturahmi doang sehingga kita nggak terlalu peduli nanti kado nya kepakai dan pas beneran nggak atau kita juga kepengin kado dari kita sesuai yang si mama baru ini butuhkan biar beneran terpakai.

🎁 #2 - Kalau 'sekedar' ah yang penting ngado, yaudah bebas sih mau beli apa aja. Nggak perlu dipikirin banget banget.

🎁 #3 - Kalau pengin kado kita bisa bermanfaat, coba tanya si mama baru ini dia kepengin nya apa atau butuh nya apa. Kalau dia rikuhan mau nyebut, paksa! Hahahaha. Kalau udah lumayan sering becanda bareng, biasanya kan nggak sungkan mau maksa. LOL.


🎁 #4 - Kalau teman kita ini tetap aja bilang, "Terserah deh, apa aja" mungkin kita bisa mengincar barang kayak baby carrier atau stroller atau apa pun yang lumayan mahal tapi bagus dan dibutuhkan untuk kado. Tapi, ajak temen-temen lain aja buat ikut patungan. Jadi kado nya atas nama bersama. Ehe ehe.

🎁 #5 - Kalau nggak ada yang diajak patungan, yaudah beli aja kado yang semampu kita. Tebak-tebak buah manggis bakal beneran kepakai nggak nya. Hindari baper kalau misal suatu saat nanti kita lihat dia mem-preloved-kan atau memberikan kado kita ke orang lain. Ya kan udah jadi punya dia, terserah kan mau diapain.

🎁 #6 - Masih blank banget? Mungkin kita bisa cari kado buat si mama ajah. Ini pernah saya alami setelah melahirkan Aiden. Ada temen-temen yang kasih kado nya buat saya berupa produk-produk Oriflame. Wah seneng banget ternyata. Hahaha. Saya jadi merasa saya juga diperhatiin, nggak cuman pada merhatiin bayi saya doang. Eh perasaan bahagia karena diperhatikan seperti itu tuh penting loh. Banyak cerita baby blues lantaran si ibu merasa njeglek. Yang saat hamil dia diperhatiin banget. Lalu saat bayi nya udah lahir, semua perhatian ditujukan pada bayi.



To be honest, saya sendiri pun nggak selalu menggunakan barang-barang kado bayi nya Ubii dan Aiden. Ada yang saya jual, saya kasih orang, atau saya sumbangin. Biasanya alasan nya begini:

πŸŽ€ Udah kadung beli duluan barang yang persis sama dengan kado.

πŸŽ€ Udah punya barang yang fungsi nya sama dengan kado dan satu saja sudah cukup. Contoh case ini di saya adalah pompa ASI, bottle heater, dan play gym.

Baca: Review Pompa ASI Philips Avent Single Electric

πŸŽ€ Udah punya barang yang mirip sama kado lumayan banyak and they're already enough. Contoh nya adalah selimut bayi, handuk, kain alas/kain bedong, perlak, dan mangkok - gelas - piring peralatan MPASI.

Baca: Daftar Perlengkapan MPASI Bayi Dan Harganya

πŸŽ€ Size nya nggak pas. Kekecilan sehingga nggak bakal dipakai atau kegedean yang lumayan jauh sehingga malah menuh-menuhin lemari kalau mau nunggu itu cukup. Contoh nya baju dan sepatu bayi.

πŸŽ€ Saya memang nggak memakaikan jenis barang yang dikadoin ke anak-anak saya. Ini contoh nya adalah gurita tali temali dan bedak.


Jadi, kesimpulan nya, postingan kali ini random dan nggak ada faedah sama sekali.


Kangen aja nulis remeh dan santai tanpa mikir, dari kemarin bahas Rubella dan imunisasi MR melulu di media sosial. Anyway, jangan lupa loh sukseskan program imunisasi MR Agustus September nanti. Okayy!

Kenapa harus ikut sukseskan?

Baca ini plis plis plis:

Surat Dari Ibu Yang Kena Rubella Saat Hamil




Love,





16 comments:

  1. keep healthy and inspiring!

    kalau aku kasih kado buat teman yang abis melahirkan gak jauh dari baju atau boneka :D

    ReplyDelete
  2. baju atay celana..singlet..bayi pasti kepakai lah...., cari ukuran untuk anak 2- 6 bulan... atau lebih..

    ReplyDelete
  3. Kalo saya akhir akhir ini sering kasih kado botol asi komplit sama tas buat simpen asi dan pompa nya..mungkin karena yang dikasih kebanyakan ibu pekerja. Jadi mikirnya paling nggak botol asi nya pasti akan kepakai dan tas nya kalo sudah punya kan bisa untuk gantian dr senin sampai jumat..

    ReplyDelete
  4. Aku juga orangnya kadang bingungan mau kadoin apa hahaha
    Kalau udah deket sih ya tanya biar dijawab maunya apa gitu, sama seperti yg kamu lakukan ges hehehe
    Tapi dulu pas aku lahiran banyak yg ngado sabun dan deterjen, alhamdulillah bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Kalau di daerah saya, ada tradisi ibu-ibunya suka bawain detergen dan pewangi pakaian saat menjenguk bayi baru lahir. Meski merknya macem-macem dan belum tentu sesuai dengan yang kita biasa pakai, ternyata berguna banget. Setelah dipakai terus, seingat saya, sampai lewat dari usia 6 bulan anak saya, masih lumayan banyak stok di rumah.

    ReplyDelete
  6. Kalau aku amannya ngasih kado sabun cuci baju kusus buat bayi, sabun cuci untuk bersihin botol. Pengalaman setahun waktu lahiran anak saya pertama setahun lebih gak beli sabun cuci padahal udah di bagi-bagi juga.

    ReplyDelete
  7. minyak telon itu berguna banget lho! Lebih cepat habis karena sering dipake. Mending kadoin aja minyak telon satu lusin heheh

    ReplyDelete
  8. Bener banget mbak, pas mau ngado bayi baru lahir suka bingung. Pengennya baju, tapi kalau sesuai ukurna baru lahir dipakainya bakalan cuma sebentar, kalau kegedeaan, ntar kelamaan dipakainya, repotnya ahahaha. Biasanya mentok2nya ya tas bayi atau alat mpasi deh sesuaikan budget :D

    ReplyDelete
  9. Aku beberapa kali ngado nursing apron, soalnya mikir barangnya pasti kepake dan jangka waktu pemakaiannya lumayan lama. Breastfeeding kan rata2 sampe bayi umur 2 tahun, ya buibu? Blm married dan punya bayi sendiri sih, jadi ga terlalu punya banyak pengalaman perkadoan bayi hihi

    ReplyDelete
  10. ((((((nggak ada faedahnya)))))

    Ahahahaha mba Gessiiii ahhhh..
    Kitik2 nih.
    Berpaedah ah. Wong emang kenyataannya walo aku udah berbuntut 2 jg msh tetep suka nge blank kok mo ngado apa ke temen. Apalagi kl yg mo dikadoin udah berbuntut ato lbh "punya" ..

    Yowislah kadoin aja deterjen bayik sm buat cuci botol huahahahaha. Sok gih mayan pan buat nyetok hihihi

    ReplyDelete
  11. Kadang suka dicurhati isteri. Ditanyai juga soal begini.
    Dan pas banget, temen deket isterinya baru saja lahiran. Tips ini beguna banget mba Gesi

    Thank you

    ReplyDelete
  12. Mega D. PurbosariJuly 17, 2017 at 9:04 AM

    bener banget..aku tinggal di tangsel juga hidup dalam circle yang masih kental budaya kado-mengado bayi..waktu kemarin abis lahiran membludak kado2, dan di bulan2 berikutnya tmn2 juga banyak yang lahiran..walhasil kadonya cuma diputer2 aja..mubazir juga kalo gak dipake..jd paling kadonya buat ngadoin tmn yang lain lagi..hehe. kangen sama postingan receh lainnya nihmom ges..kapan bikin silly convo lagi??

    ReplyDelete
  13. Kalo aku sih daripada kado perlengkapan bayi, lebih milih kado detergen atau bahan-bahan masak (misal minyak atau gula). itu kayaknya bisa dipake deh buat kebutuhan sehari-hari emaknya. Kan emak juga butuh kado. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Kalo aku buku wakakkakkaka secara lapak buku. Tp kl akunya yg dikado so far yg berguna itu botol susu, baju2 an , mainan2. Yg banyak double bouncer sampe ada 4. Lalu playgym jg.

    ReplyDelete
  15. Eh tapi kayaknya jaman sekarang bumil nggak sungkan minta kado lahiran, deh. Aku sendiri waktu hamil sengaja bikin postingan di blog "baby essentials wish list", buat ngode orang-orang yang kali mau ngadoin bahaha. And thanks to that, semua yang dijembrengin di postingan aku dapetin semua hahaha.

    Kalo emang ditanya mau kado apa menurutku sih jawab aja sejujurnya, tapi ya jangan matre. Yang kira-kira emang dibutuhin dan liat bekgron orang yang mau ngadoin :D

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^