Tuesday, March 15, 2016

Daftar Perlengkapan MPASI Bayi dan Harganya

Hola! Saya sedang excited banget nih karena Baby Aiden sudah mulai makan solid foods. Excited karena this is a whole new experience for me. Yes, you read it right! Walaupun dulu sudah mengalami MPASI saat zaman Kakak Ubii,  menyuapi Baby Aiden jadi kayak pengalaman baru karena beda banget rasanya menyuapi bayi yang sehat dan bayi yang punya special needs.. :'))

Euphoria ini saya ekspresikan dengan mempersiapkan perlengkapan MPASI yang (menurut saya) lucu-lucu buat Baby Aiden.


And let me share the list of our stuff for MPASI here.

Sebenernya, perlengkapan MPASI itu nggak harus beli baru kalau memang ada peninggalan anak sebelumnya. Cuman sendok makan dan perlengkapan MPASI Kakak Ubii sudah banyak yang raib. Dan, memang, saya nggak kepengin share perlengkapan anak-anak saya. Just in case aja kalau ternyata virus Cytomegalo (CMV) Kakak Ubii aktif lagi lalu ada yang menempel di peralatan makannya, karena salah satu media penularan CMV adalah lewat air liur. Better prepared than sorry, kan.

So, langsung aja yah list beserta info harga nya. Urutkan nomor dengan gambar yah.



1. Travel Cutlery Set - Tommee Tippee


Sebenernya ini sendok garpu makan anak biasa aja. Tapi dia ada wadah nya. Makanya ideal untuk travelling saat kita harus menyuapi Baby Aiden di luar rumah. Kalau saya pribadi, merasa ini dibutuhkan daripada harus membungkus sendok dengan tissue atau plastik saat dimasukkan ke tas bayi. Ada 2 pilihan warna wadah: hijau-ungu dan ungu-hijau. Tapi sendok garpu nya sih sama semua: orange.


Beli di Mothercare. Harga 43,900.


2. Soft-Tip Infant Spoons - Munchkin


Ini sendok biasa tapi ada satu set. Isinya 5 biji dengan warna-warna yang gonjreng-gonjreng-centil. Saya suka banget sendok Munchkin tipe ini sejak zaman Kakak Ubii. Mulut sendoknya nggak terlalu besar. Pas untuk mulut anak-anak yang mungil. Karena mulut sendok nya imut, jadi sendok ini cukup masuk semua ke mulut Baby Aiden. Mulut sendok Munchkin ini juga lunak dan bendable. Nggak kayak sendok Tommee Tippee di nomor 1 yang keras. Sayang si Munckin ini nggak ada travel set nya (atau mungkin ada tapi saya yang nggak nemu). Beli di toko perlengkapan bayi di Jogja namanya KinKin yang konon katanya paling mursida se-Jogja tercinta. Harga 95,000.


3. Fresh Food Feeder - Munchkin


Saya sakit ati banget pas beli ini. Soalnya saya inget banget dulu Kakak Ubii punya kayak gini yang masih baru dan belum dibuka sama sekali, tapi saya cari-cari nggak ketemu T_____T Fungsinya untuk membantu bayi makan sayur dan buah gitu. Jadi sayur atau buah nya dimasukkan ke dalam lalu si bayi semacam menghisap air atau serat yang keluar dari mesh bag nya.


Mungkin ini hanya akan terpakai di awal-awal MPASI saat bayi belum lihai memegang sayur atau buah yang licin yah. Supaya nggak tersedak juga karena takut kelolohan kalau pegang sayur atau buah utuh saat oromotor (kemampuan oral motor) belum terlatih.

Saat dipakai makan pepaya

Beli di Kinkin. Harga 90,000. Ada juga model lain, masih merk Munchkin, yang lebih friendly harganya. Sekitar 45-50,000. Beda nya cuman yang saya pilih ini ada hiasan Sesame Street nya. Hahaha, nggak penting yah :'))


4. Cetakan Es Batu 


Sebenernya niat awal saya adalah beli freezer pods untuk simpan kaldu beku (dan mungkin nanti makanan lain) di freezer. Rekomendasi freezer pods dari teman-teman saya sih yang merk Wean Meister kayak gini.

Gambar dari www.pregnancy.com.au

Cuman saya nggak nemu-nemu (belum coba online sih). Waktu cari di Mothercare, katanya ada tapi pas abis. Jadi akhirnya saya beli seadanya dulu berupa cetakan es batu ini. Beli di mana-mana pasti ada. Harga 25,900.


5. Baby Food Movers - Ace Hardware


Ini fungsinya cuman sebagai wadah simpan makanan aja sih sebenernya. So far, I find this quite useful. Saya jadikan tempat simpan biskuit saat mengajak Baby Aiden bepergian. Diameter nya nggak besar kok. Pas sekali dimasukkan ke dalam kantong botol di samping tas bayi. Satu set isi 3 dan ini detachable. Jadi bisa dilepas-pasang. Harga 70,000an. Item ini nggak harus beli yang baru kalau sudah punya wadah-wadah lain. Kalau butuh rekomendasi wadah yang safe lainnya, bisa pilih wadah ASI perah Philips AVENT yang pernah saya ulas sebelumnya. Biarpun judulnya wadah ASI perah, tapi breastmilk container AVENT model begini juga bisa dipakai untuk menyimpan makanan kok.


Baca: [REVIEW] Wadah ASI Perah AVENT


6. Soft-Spout Cup - Dr. Browns


Nama lain cangkir ini adalah sippy cup atau training cup. Fungsinya untuk pelan-pelan melatih bayi minum dari gelas. Saya lihat-lihat merk lain juga sebelum akhirnya memutuskan beli merk ini. Alasan saya akhirnya pilih Dr. Browns adalah pegangan cangkir nya enak di-grab. Air nggak menetes keluar kalau nggak dihisap. Dan spout pipih ini lembut banget. Nggak keras dan firm kayak merk lain.


Kayaknya ini spout yang paling lembut yang saya temukan dibanding sippy cups lain. Parts dari sippy cup ini juga gampang dibersihkan. Nggak yang ribet dan banyak parts nya sehingga bikin repot saat mencuci. Kalau nggak salah yah, ada warna ungu, biru, dan pink juga. Beli di Mothercare. Harga 120,000.


7. Straw Cup - Dr. Browns


Ini level di atas sippy cup yah. Untuk mengajarkan anak minum dengan sedotan. Beli merk ini atas rekomendasi teman yang sudah pakai. Katanya merk ini yang paling nyaman. Kalau nggak salah, cuman ada 2 pilihan warna: biru dan pink. Beli di Mothercare. Harga 120,000.


8. Mash 'n' Feed - Nuby


Ini semacam alat untuk ngebejek makanan sekaligus jadi mangkuk nya. Jadi ada alat bejekan simple di dalam mangkuk. Setelah tekstur makanan dirasa sudah pas untuk dikasih ke anak, angkat aja bejekan nya dan langsung suapkan ke anak dengan mangkuk tempat kita ngebejek. Ada tutup nya juga.


Makanya di label bagian depan ada keterangan: prepare and store. Mash 'n' feed Nuby ini juga dishwasher and freezer safe, anyway. Beli di Mothercare. Harga 129,000.


9. My First Plates - Mothercare


Ini sih piring plastik biasa sebenernya. Hehehe. Satu set isi nya 5. Warnanya gonjreng-gonjreng centil semua: kuning, merah, ungu, hijau, dan biru. Sebenernya ini nggak begitu penting sih. Bisa juga diganti dengan piring plastik yang ada di rumah aja. Kelebihan My First Plates ini jelas aman nggak ada sudut tajam atau plastik ngelopek yang bisa melukai bayi. Dishwasher and microwave safe. Beli di Mothercare. Harga 99,000.


10. Saringan Kawat


Di awal-awal MPASI, apalagi anak pertama, dan belum punya amunisi perlengkapan MPASI, saringan kawat jadi andalan banget. Saya sampai sekarang pun masih cinta banget pakai saringan kawat. Apalagi kalau bahan makanan yang perlu disiapkan cuman seupil-upil, biar cucian nggak banyak-banyak amat. Hehehe. Beli di mana-mana ada.


11. Natural Toothpaste - Jack n' Jill


Berhubung Baby Aiden sudah mulai makan, jadi saya merasa perlu rutin membersihkan mulut dan lidahnya supaya nggak tumbuh jamur dan nggak bau mulut. Apalagi kalau nanti sudah mulai makan ikan, telur, dan bahan makanan lain yang biasanya bikin mulut nggak sedap. Saya beli merk ini karena rasanya ini yang paling safe untuk bayi dibandingkan merk-merk lain. Bahan nya organic. SLS free dan nggak mengandung flouride. Plus, yang terpenting, aman kalau tertelan. Ya kan Baby Aiden belum bisa kumur. Hehehe.


Isinya 50 gram. Suitable from 6 months. Jadi sudah boleh saya pakai. Beli di Mothercare. Harga 129,000.


12. Soft Bib - Baby Bjorn


Fungsinya sih sama kayak celemek bayi yang lain, supaya baju bayi nggak kotor saat bayi makan atau minum. Baby Aiden juga sudah punya bib lain yang biasa dari kado-kado. Tapi, saya penasaran cobain pakai soft bib Baby Bjorn yang konon gampang banget dibersihkan ini. Jadi ini optional aja, I guess. Beli di Mothercare. Harga 99,900.


13. Monster Toddler Bowl - Nuby


Ini mangkuk biasa aja. Saya beli karena impulsif... Abis lucuuuu banget sih. Hehehe. Ada bentuk mata, gerigi, dan kaki ala monster gitu. Warna nya juga cerah ceria. Beli di Mothercare. Harga 99,000.


14. Toddler Training Snack Keeper - Nuby


Fungsinya untuk tempat menyimpan snack seperti biskuit atau potongan buah. Kelebihan snack keeper dari Nuby ini adalah ada gerigi monster lunak sehingga snack nggak tumpah.


Anak nantinya juga bisa belajar memasukkan tangan dan mengeluarkan snack. Kelebihan lain, lucuuuu. Hahaha. Beli di Mothercare. Harga 89,000.


15. Bendy Bird High Chair Toy - ELC


Ini mainan untuk kursi makan bayi, bisa ditempel gitu ke meja nya. Kalau saya pribadi merasa ini beneran kepake banget, terutama saat Baby Aiden sudah mulai bete padahal makan nya belum selesai.


Saya cuma pasang mainan ini ke high chair kalau Baby Aiden keliatan bete. Dan biasanya saya bawa juga kalau mengajak anak-anak makan di luar. Kalau selama sesi makan ia happy-happy aja, saya nggak pasang. Jadi kayak senjata yah. Hahaha. Sebenernya bisa didistract dengan mainan apa saja sih, nggak harus mainan khusus high chair. Tapi, kalau mainan biasa kan pasti gampang jatuh ke lantai. Saya jadi harus bungkak-bungkuk berulang kali untuk memungut. Capek sendiri akika. Boyok tua, nih. Kalau ada yang kepengin beli high chair toy, saya rekomendasikan merk ELC ini. Saya pernah punya merk lain. Ternyata nggak awet. Tempelannya juga nggak lekat saat ditempel ke high chair jadi gampang jatuh. Sami mawon deh. Beli di ELC. Harga 209,000.


16. High Chair - Informa

Ini di resto sih, tapi model high chair Aiden persis kayak gini cuma beda warna

Buat saya dan keluarga, makan dengan duduk di kursi adalah salah satu hal yang ingin kami biasakan pada anak-anak. Bukan mau sok atau gimana, tapi kan sampai kita dewasa, etika makan di Indonesia ya adalah dengan duduk, toh. Kecuali makan di hajatan orang yang prasmanan dan nggak kebagian kursi yah! Jadi ini semacam menanamkan habit aja. Alasan lain, karena berdasarkan cerita teman-teman yang kebiasaan menyuapi anaknya makan sambil si anak berlarian, katanya capek banget. Sayang aja energi nya kalau dihabiskan untuk ngejar-ngejar anak di sesi makan mereka. High chair Baby Aiden ini, alhamdulillah, lungsuran dari teman. Thank you Mbak Mirna Emak Chloe. Saya pernah liat high chair model begini di Informa. Ini model high chair yang simple banget. Nggak ada hiasan atau gambarnya. Kalau nggak salah harganya 200-300,000an (kalau belum naik harga).


17. Toy & High Chair Cleaner - BabyGanics


Ini buat bersihin mainan dan high chair. Kadang kita butuh pembersih yang kilat kan yah. Apalagi kalau bersihin high chair. Kalau tiap bersihin harus disentor air, disabun, dan dibilas - wah PR banget. Hahaha, saya emang suka malas. Meanwhile, kalau hanya pakai air tanpa sabun, kadang masih disemutin. Jadi this pretty much helps us to do the cleaning. Produk ini isinya 502 ml. Nggak berbau (fragrance free). Berbahan dasar tanaman dan nggak mengandung amonia, pemutih, dan bahan toxic lainnya. Aman digunakan pada barang-barang bayi, tapi tetap ampuh untuk membersihkan. Non-allergenic dan non-irritating. Dan, yang terpenting, paediatrician and dermatologist tested. Beli di Mothercare. Harga 109,000.


18. Blender - Philips

Gambar dari www.tokopedia.com

Ya gitu deh fungsi blender. Buat bikin jus dan lain-lain. Ada juga yang pilih pakai food processor. Tapi, saya nggak familiar dengan itu. Dari dulu lebih suka pakai blender biasa aja. Kalau nanti Baby Aiden sudah nggak MPASI pun, blender pasti tetap terpakai. Ini udah lama beli, jadi lupa harganya. Tapi barusan googling, harganya 500-600,000an.


19. Sikat Gigi Silikon - Natur

Gambar dari www.bocahbayi.com

Ini buat melengkapi poin no 11 yah. Jadi bersihin mulut Baby Aiden nya pakai ini. Opsi lain, kalau belum punya, bisa pakai kain kasa atau telunjuk kita. Beli di Kinkin. Harga lupa, kalau nggak salah 20-30,000an.


20. Cupfeeder - Medela

Gambar dari www.asibayi.com

Ini saya pakai untuk meminumkan air putih ke Baby Aiden. Saya belum coba sippy cup nya sih, belum dicuci euy. Hehehe. Beli di Vinolia, toko bayi di Jogja. Harga 15-17,000.


Others

Selain 20 items itu, ada beberapa item peralatan MPASI lain yang banyak dipakai ibu-ibu.

21. Food Grinder - Munchkin

Gambar dari www.munchkin.com

Ini banyak dipakai sama teman-teman saya. Fungsinya untuk menghaluskan makanan. Kalau dihaluskan pakai food grinder ini, tekstur makanan nya kurang lebih bakal sama seperti kalau dibejek pakai saringan kawat. Banyak yang suka karena praktis, handy, dan lucu. Tapi, saya personally kurang cocok. Dulu saat zaman Kakak Ubii MPASI, saya sering nggak kuat saat memutar grinder nya. Maybe saya aja yang payah nih atau food grinder saya yang rusak makanya jadi berat. Banyak teman yang cocok dan suka kok. Bahkan, food grinder ini direkomendasikan oleh milis MPASI rumahan. Harga around 200-250,000.


22. Slow Cooker - Takahi

Gambar dari www.bundasikecil.com

Slow cooker Takahi ini juga banyak banget dipakai sama teman-teman saya. Testimoni mereka sih ini praktis banget. Saya belum pernah punya slow cooker Takahi ini, jadi nggak bisa kasih testimoni. Selama ini masak makanan anak-anak pakai panci dan kompor biasa soalnya sudah cukup. Hehehe. Harga around 300-600,000.


23. Easy Squeezy Spoon - Munchkin


Gambar dari www.asibayi.com

Banyak juga yang suka pakai easy squeezy spoon alias botol sendok ini. Biasanya untuk bubur encer atau jus. Ada tutupnya sehingga bisa dibawa travelling juga. Dulu saya beli satu yang warna biru untuk Kakak Ubii, tapi ternyata cuman kepake hitungan jari aja. So, the decision is yours. Harga sekitar 120,000.


25. Food Maker Set - Pigeon

Gambar dari www.semuada.com

Ada juga yang suka dengan food maker set keluaran Pigeon ini. Memang lengkap sih. Di dalamnya ada macam-macam: saringan, pemeras jeruk, parutan, tumbukan, sendok, dan mangkuk tempat menyimpan (ada tutupnya). Menurut saya set ini nggak urgent-urgent amat semisal kita sudah punya grinder, parutan, dan blender. Tapi, kalau memang belum punya perlengkapan MPASI apa pun, well, this set might be what you need. Harga 200-260,000an.


***

I think that's pretty much what you need. Peralatan semacam pisau, telenan, panci, dandang kukusan, dan endebrew-endebrew mah sudah pasti yah. Nggak perlu di-list itu mah. Hehehe.

Tips kalau kalian mau beli perlengkapan MPASI si kecil: Ajak suami. Supaya ada yang ngerem nafsu beli-beli kita. Hahaha. Abis barang bayi itu kan lucu-lucu bangeeettt. Jadi biasanya pada lapar mata, kecuali ibu-ibu yang niatnya teguh untuk hanya belanja barang yang dibutuhkan aja. Salut sama ibu-ibu kayak gitu. *respect!*

Oh ya, sebetulnya beli perlengkapan MPASI (atau perlengkapan bayi lainnya) itu nggak harus yang mahal atau ber-merk.. Tapi, pastikan yang penting harus BPA Free dan bahannya memang aman untuk si kecil yah. Peralatan berbahan plastik pun, juga pilihlan yang berbahan plastik Polypropylene (PP) yang biasanya ditandai dengan kode nomor 5. Kalau mau pilih yang jauh lebih murah, pasti banyak banget. Tapi, sorry to say, biasanya belum tentu BPA Free dan berbahan plastik Polyproylene.. :)

Lebih lanjut tentang bahan plastik PP ini pernah saya ulas di postingan lalu, baca: Breastmilk Storage Avent poin nomor 4.

Jadiii, perlengkapan MPASI mana yang jadi favorit kalian? Ada yang mau nambahin list nya? Yuk mariii ^___^




Love,






17 comments:

  1. wah lengkap banget ya...jadi pengen cepetan mpasi juga anakku :)

    ReplyDelete
  2. Wah... sdh lengkap nih, tinggal atur strategi perang. He he he.

    ReplyDelete
  3. Hooo aq peralatan seadanya aja firumah nih ges.hahaha.....keren2 makasih loh ya infony.bermanfaat bingittt

    ReplyDelete
  4. Lucu2 ya perlengkapan mp asi nya. Btw aku juga suka belanja di kin kin. Trus yg food maker set itu aku udah punya..dapat dr kado..hahaha

    ReplyDelete
  5. Aku dulu sampai sekarang pakai tissue basah untuk lap2 mainan dan high chair.
    Beli di hypermart Rp 9900 kadang didiskon jadi 7900, merk? apapun yang lagi diskon dan diperuntukan ke baby.

    ReplyDelete
  6. Andalanku food maker pigeon, blender philips sama slow cooker takahi, yang lain hasil dari kado haha

    ReplyDelete
  7. Dear sista2. Aku numpang tny ya.. pertanyaannya gaa bgt sih tp beneran aku ga paham. Maklum bnr2 urus anak sndiri ga pake nenek/suster... u/ persiapan MPASI, Kalau buah gt kan d blender ya (d saring lagi kah?). Trus sayur kyk wortel d kukus? Nah jd yg kyk takahi itu buat apa,? Bkin bubur gt ya? Stau aku ada tepung gasol ya? Nah d masak pake takahi itu ya? Thanks a lot ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya... buah ga usah blender.. bejek2 aja, tapi ada buah tertentu kayak pir yang sebagian ibu milih untuk dikukus dulu.. wortel mending dikukus karena kalo digares kan keras :) takahi buat masak bubur atau aneka makanan lainnya, googling aja resep2nya.. gasol mah dimasak biasa aja, ga usah pake takahi..

      Delete
  8. andalan saya dulu food maker pigeon ama slow cooker takahi.. kepake banget :) trus pen nangis pas ART naro kuali takahi-nya pas masih panas trus langsung diguyur ama air dingin.. retak dooooong... dimana coba bisa beli kualinya doang :((((

    ReplyDelete
  9. Wow perlengkapan mpasi nya lengkap bener dan lucu-lucu Ges.
    Andai anakku masih baby, pengin deh beli juga perlengkapan mpasi yg imut2 ini :D

    ReplyDelete
  10. Thankyu mamiii. Siap-siap bebelanja buat Kizain, h-5 MPASI :D

    ReplyDelete
  11. nah, aku nyari yang mangkok orange itu loh Mi, tapi ya beli mangkuk ajah mosok ke Ambarukmo... duh kudu niat banget nih

    ReplyDelete
  12. Ada kok dijual.kalo disurabaya ada di hs atom atas perlengkapan rumah tangga atau coba di hartono elektronik.tdk perlu beli baru semua cukup pot nya aja bu @witriprasetyoaji

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Hai salam kenal mom.. bib baby bjorn beli di mothercare mana mom? Sy lihat d web site nya nyaris 200rb dan d online Store lain paling murah 150an..hiks. thanks

    ReplyDelete
  15. ngeliat perlengkapan bayi diatas .. saya jadi kepingin nambah anak lagi ni, kebetulan anak saya masih satu ....:)

    ReplyDelete
  16. Wow perlengkapan mpasi nya lengkap bener dan lucu-lucu Ges.
    Andai anakku masih baby, pengin deh beli juga perlengkapan mpasi yg imut2 ini :D

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...