Thursday, November 5, 2015

[REVIEW] Wadah ASI Perah Avent



Di postingan sebelumnya saya pernah menyinggung bahwa ternyata wadah penyimpanan ASI perah itu nggak boleh sembarangan karena ada syarat-syarat umum yang harus dipenuhi. Nah, kali ini saya kepengin share tentang wadah ASI perah sekaligus mereview breast milk container Philips Avent.


Puji syukur, kali ini saya berkesempatan mencoba produk breast milk container Avent. Saat pertama kali melihat produknya, jujur saya kaget karena saya belum pernah melihat wadah penyimpanan ASI perah yang modelnya seperti ini. Iya, saya katrok. Huft.

Apa saja isinya?


Jadi, breast milk container Philips Avent yang saya dapat ini ternyata berbahan plastik. Otomatis, saya harus meneliti (ceileh) dulu dong apakah produk ini memenuhi syarat-syarat umum wadah ASI perah. Ya, walaupun tentu saja produk yang sudah dipasarkan brand sekelas Philips sudah memenuhi standard, tetap saja saya kepengin cek-en-ricek. Namanya juga emak-emak rempong kan ya. 

Ada 4 syarat umum yang harus dipenuhi oleh wadah ASI perah. Dan 4 hal inilah yang saya jadikan acuan saat mencoba produk breast milk container Philips Avent ini:
  1. Wadah ASI perah mempunyai tutup dan bisa menutup rapat.
  2. Wadah ASI perah aman dicuci menggunakan air panas dan aman terkena suhu dalam freezer.
  3. Ukuran wadah nggak terlalu besar.
  4. Wadah ASI perah nggak mengandung bahan berbahaya seperti Bisfenol A (BPA). Nah, makanya kita perlu jeli melihat simbol/kode yang tertera pada bagian luar wadah.
Nah, sekarang yuk kita gunakan check list syarat umum wadah ASI perah ini untuk breast milk container Avent.

1. Tertutup Rapat

Wadah ASI perah Avent ini punya tutup dengan sistem ulir. Jadi, isinya pun aman dan nggak mungkin tumpah.



2. Fridge, Freezer, and Warmer Safe

Terbuat dari bahan yang teruji aman saat disimpan dalam lemari es atau freezer yang suhunya rendah. Selain itu, wadah ASI perah ini juga aman saat dihangatkan dengan warmer atau mangkuk air hangat.



3. Kapasitas Pas

Kapasitas nya nggak terlalu besar. Semua breast milk container Avent ini punya kapasitas sebanyak 180 ml.


4. Bahan Plastik Polypropylene/PP

Polypropylene/PP adalah bahan plastik yang paling baik untuk menyimpan makanan atau minuman karena punya ketahanan terhadap panas, minyak, lemak, dan bahan kimia. Bahan plastik PP ini juga nggak mengandung Bisfenol-A (BPA). BPA-free ini penting sekali karena menurut penelitian FDA, BPA dikhawatirkan bisa mempengaruhi brain dan behavior bayi/anak dan bisa mengganggu hormon tubuh. That's why, untuk wadah ASI perah WAJIB bebas BPA.


Perhatikan simbol reclycle bahan plastik berikut ini. Setiap membeli tempat makan atau minum anak-anak, kita harus melihat simbol yang tertera di produknya (biasanya di bagian bawah). Polypropylene/PP yang paling aman ini memiliki nomor 5. Hati-hati pada nomor 3 dan 7 karena itu mengandung BPA.


Soooo, lolos syarat-syarat umum wadah ASI perah yah. Sekarang lanjut reviewing beberapa poin lainnya dari produk ini.


5. Mudah Ditandai

Di bagian luar wadah, ada space untuk menuliskan waktu pumping. Space ini bisa langsung ditulisi dengan pensil sehingga kita nggak perlu stiker label lagi. Honestly, saat pertama kali saya melihat tanda ini, saya sangsi. Masa iya sih bisa ditulisin langsung? Terus nanti susah nggak menghapusnya? Setelah saya coba sendiri, ternyata terbukti. Bisa banget ditulisin langsung pakai pensil dan super mudah menghapusnya. Saya coba bersihkan dengan tissue basah juga bisa.



6. Compatible dengan Produk Laktasi Philips Avent Lainnya

Selain untuk menyimpan ASI perah, wadah ini juga bisa dipasangkan langsung ke pompa ASI Philips Avent dan bisa dipasangi nipple/dot Avent. Jadi, misalkan setelah memerah mau langsung diminumkan, bisa banget, karena ada adaptor konversi nya. Supaya lebih jelas, lihat video singkat ini yah. Baru pertama bikin video beginian jadi agak-agak salting gimanaaa gitchuuu. Maksa yak. Mana poni udah masuk mata. ZZZ.




7. Gampang Dibersihkan

Ini benar-benar pengalaman pribadi yang saya rasakan. As I've written above, dulu saat zaman nya Kakak Ubii, saya menyimpan ASI perah dengan botol kaca. Jadi saya bisa membandingkan mana yang lebih mudah dibersihkan antara botol kaca dan breast milk container Avent ini. Sekarang saya mencuci wadah ASI perah jauh lebih cepat karena bentuknya kan gelas yah. Tinggal digosok pakai spons juga beres walau ada ASI bandel yang menempel di dinding wadah. Kalau dulu dengan botol beling, agak ribet saat mencuci karena pakainya sikat gigi. Kan mulut botolnya kecil tuh. Apalagi kalau ada ASI yang nempel-nempel di dasar botol, jadi makin lama sesi mencucinya.


8. Berguna Selamanya

Oke, judul poin ini lebay banget. HAHAHA. Tapi memang benar kan, setelah nanti saya nggak menyetok ASI perah lagi, breast milk Avent ini akan tetap bisa terpakai. Bisa untuk simpan MPASI atau snack Aiden. Dulu Kakak Ubii suka banget snack Graduates Puff yang bentuknya bintang-bintang kecil di langit yang tinggi. Tau nggak? Ukurannya se-sereal gitu lah kira-kira. Saya bayangin nanti wadah Avent ini bisa untuk menyimpan snack semacam itu.



9. Ringan

Dibawa bepergian, jelas jauh lebih ringan daripada wadah kaca sehingga lumayan mengurangi bobot tas saya. Berhubung baju kancing depan saya minim banget dan kalau kaosan kan nggak enak mau menyusui langsung, ya bawa ASI perah deh. Hehehe.


10. Harga Masuk Akal

Kalau bicara harga sebetulnya relatif ya. Tapi, kalau menurut saya pribadi, breast milk container Avent ini harganya masuk akal. Saya intip di beberapa toko online, harganya berkisar antara 160 - 200 ribu rupiah. Pintar-pintar cari yang termurah saja.

So, what do you think, mommies? Pengen cobain wadah ASI perah Avent ini nggak kira-kira? ^__^




Love,








***
Breast milk containers are sponsored by Philips AVENT.

Be sure to check out their latest updates on Facebook - Website - Twitter.


31 comments:

  1. Mauu bangeeet cobaa mak, ntar mau ceki harga di toko baby di sini deh. Ringan, gak rempong cuci, aman, pas lah. Harga pun boljug untuk ukuran merk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga segitu dapat 10 wadah, lumayan banget ya Mak Ranny :)

      Delete
    2. Boleh nanya ini beli dmn ya? Saya cari susah banget. Thanks

      Delete
  2. Iihhhh lucuu banget ya tempatnya, harga segitu kalau kita dapet produk yang bagus, aman dan awet menurut saya jatuhnya jadi ekonomis ya mami ibu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, Mba Ir. Ekonomis karena awet nya itu loh :))

      Delete
  3. Kebesaran ukurannya untuk anak aku. Biasanya dia sampe 6 bulan cuma minum 100ml aja sekali nyusu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, kapasitas minum anak sendiri-sendiri ya, Mba :)

      Delete
  4. 160rb dapet 10 mami? Liat ASIP Aiden kyk puding. Looks yummy \^_^/

    ReplyDelete
  5. Harus teliti , ya , sebelum membeli. Ternyata itu kode-kode ada artinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul banget, Mak. Kode yang ada di plastik semua ada artinya :)

      Delete
  6. Wiii..kayanya cocok nih buat travelling
    Jadi pengeeeennn
    Makasih ya reviewnya mami ubii aiden :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, gampang nge-pack nya, Mama Aisha :)

      Delete
  7. produknya bervariasai ya mak,iya juga ya..kl nggak ngasi lagi wadahnya bisa dibuat wadah snack hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat wadah snack mamaknya juga bisa wakakaka

      Delete
  8. bahannya high grade for food ya Mbak, lha bisa untuk Fridge, Freezer, dan Warmer sekaligus

    ReplyDelete
  9. Sekarang gak ada alasan lagi untuk ibu bekerja tidak memberikan ASI ya, semoga nanti anak kedua saya bisa full kasi ASI, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Bahkan sekarang digalakkan kantor-kantor/tempat kerja punya bilik/ruangan untuk ibu memerah ASI nya. Keren yah :)

      Delete
  10. Pumping setelah ini wadah ASI Avent >.< *wishlist banget*

    ReplyDelete
  11. dan enggak takut pecah ya ges, apalagi bisa langsung dipasang dipompanya avent juga. Bagus nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ituu, nggak khawatir pecah kalo kesenggol. Hehehe

      Delete
  12. Baru tahu niiih kalo Avent punya container asip juga, dan plastik pula! Mau deh aku cari di sini nanti. Mamacih review-nya, Mami Ubii n Aiden! ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sana lebih lengkap mungkin ya, Mak Pol?

      Delete
  13. Waaah.. Jadi inget jaman anak-anak ASI. Aku dulu pake merk yang sama di GE, tapi sempet ganti dengan Merk lain.. Yang penting adalah kebersihannya..

    ReplyDelete
  14. Aku jg mw beli ntr mba... kalo mba iparku udh lama pake ini, dr hamil pertama.. aku dulu jg pake yg botol kaca itu.. dan memang repot nyucinya -_-... jd mau beli yg avent ini aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Repotnya soalnya harus pakai sikat kecil ya, Mak. Jadi rada lama hehehe. Aku juga ngalamin banget tuh.

      Delete
  15. Semangat terus asix utk Aiden ya Geeesss... aq dah ga pake ini kayaknya hihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho Budhe barangkali mau nambah hihihi

      Delete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...