Sunday, November 29, 2015

[REVIEW] Kimi dan Mimi: Indahnya Persahabatan

Rupanya saya ketagihan mereview buku anak nih. Hehehe. Kali ini saya kepengin mereview buku cerita anak dalam seri Kimi dan Mimi, seperti pada review buku sebelumnya.

Baca: [REVIEW] Kimi dan Mimi: Roti untuk Pak Tua

Sama seperti judul Roti untuk Pak Tua, judul yang akan saya ulas kali ini pun moral message nya keren banget. Cocok banget dibacakan untuk anak di tengah kurang nya tenggang rasa dan empati antar sesama manusia belakangan ini.  Harapannya, anak akan tumbuh dengan menghargai pluralisme.


Kimi dan Mimi: Indahnya Persahabatan

Penulis: Watiek Ideo
Ilustrator: Ismedy P
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Bahasa: Indonesia
Tahun: 2012
Jumlah halaman: 10


Sinopsis di bagian belakang:
Kerukunan hidup antarumat berbeda agama atau keyakinan penting untuk ditanamkan kepada anak supaya kehidupan yang harmonis selalu terjaga. Buku ini bercerita tentang Kimi dan teman-temannya yang merayakan hari besar keagamaan secara berbeda. Anak akan memahami bahwa meskipun berbeda agama, mereka tetap bisa saling bersahabat.

Buku ini berukuran kecil dan kertas nya tebal. Kalimat-kalimat dalam buku ini pun sangat sederhana sehingga pastinya mudah dipahami oleh anak. 

Tokoh utama dalam buku ini, Kimi, adalah anak yang hidup dalam keluarga Kristiani. Makanya, Kimi dan keluarga nya merayakan Natal. Kimi punya tugas menghias pohon Natal setiap bulan Desember tiba.


Mimi pun ikut menemani Kimi menghias pohon Natal. In case you're wondering, Mimi itu kucing peliharaan Kimi. Hehehe. Tapi, kucing nya gaul. Ikutan pakai topi Santa. LOL.


 Kimi punya teman-teman yang beragam. Ada Alif yang merayakan Lebaran.


Ada Ketut yang merayakan Nyepi dengan melakukan upacara doa di pura.


Ada pula Darta yang menganut agama Budha sehingga merayakan Waisak.


Semua perbedaan itu sama sekali nggak menghalangi mereka untuk bersahabat dengan rukun.



***

Selain menanamkan pesan agar anak bersahabat dengan siapa saja, buku ini juga bisa kita gunakan untuk mengenalkan agama-agama yang ada di Indonesia berikut hari besar keagamaan masing-masing.

Gimana, keren nggak buku nya? Saya baru kali pertama ini sih menemukan buku cerita anak yang ringan dengan tema dan pesan moral seperti ini. Makanya saya sayang-sayang banget buku nya. Saya berharap banget Kakak Ubii dan Adik Aiden, dan anak-anak kita semuanya bisa tumbuh bersama dan bersahabat, di tengah beragam perbedaan mulai dari agama, gaya hidup, kegemaran, opini, prinsip, dan apa pun itu. Semoga ya... :'))

Sampai jumpa di review buku anak selanjutnya! ^___^




Love,









5 comments:

  1. "Saya berharap banget Kakak Ubii dan Adik Aiden, dan anak-anak kita semuanya bisa tumbuh bersama dan bersahabat, di tengah beragam perbedaan mulai dari agama, gaya hidup, kegemaran, opini, prinsip, dan apa pun itu. Semoga ya... :')) "
    Amin.. :)

    ReplyDelete
  2. buku ceritanya bagus..pesan moral sederhana namun penting yang bisa jadi modal buat anak-anak kita nanti :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...