Friday, March 18, 2016

Fitur Multiple Profiles di Aplikasi MedicTrust

Hai hai. Masih ingat kan tentang aplikasi jurnal kesehatan yang pernah saya ulas di blog ini? Yes, it's MedicTrust. Kali ini saya kepengin bahas salah satu fitur di dalamnya yang bermanfaat banget untuk saya. Fitur itu adalah multiple profiles.


Kayaknya banyak yang belum tau gimana caranya bikin multiple profiles dalam satu akun. Gampang banget kok. I'll show you how, yah.

First, kenapa sih saya (dan mungkin ibu-ibu lain) bisa terbantu dengan fitur multiple profiles ini?

Karena kita perlu mencatat dan menyimpan catatan kesehatan anak-anak kita. Riwayat vaksinasi, resep obat, hasil-hasil tes, you name it. Mungkin kalian merasa, "Ah, wong anakku sehat-sehat aja kok, kayaknya nggak punya deh catatan kesehatan yang gimana-gimana." Hooo, wait. Catatan kesehatan di sini jangan diartikan hanya untuk anak-anak dengan riwayat chronic disease tertentu seperti Ubii yah... Riwayat vaksinasi itu kan bagian dari kesehatan juga, toh? Apalagi, kini, sekolah-sekolah sudah mulai mensyaratkan riwayat vaksinasi wajib lengkap jika kita ingin anak masuk sekolah tersebut, which means, vaksinasi memang perlu untuk dicatat. Lalu, siapa sih anak yang nggak pernah mengalami kondisi langganan anak seperti demam, batuk, dan pilek? Sebagian besar anak pasti pernah mengalaminya. Dan mungkin saja kita diberi resep pereda demam, pengencer dahak, atau pelega tenggorokan untuk anak, which means... ada resep yang bisa kita dokumentasikan.

Mengapa menyimpan resep itu penting? Karena di situ ada dosis pemakaian obat, ada frekuensi, ada rule bagaimana kita harus memberikan obat untuk anak. Ya kalau kita bisa hapal di luar kepala. Kalau enggak? Makanya, lebih baik dicatat.

Anak-anak juga biasanya punya beberapa hasil tes, walaupun mereka nggak punya penyakit kronis. Hasil tes itu bisa berupa hasil tes golongan darah, screening pendengaran bayi baru lahir, rontgen paru-paru atau tes Mantoux untuk menegakkan diagnosa flek alias TB Paru, yang memang banyak dialami anak-anak. Hasil-hasil tes seperti itu, bukan kah akan lebih baik jika kita dokumentasikan dengan baik? We never know kan if someday they or we might need it.

Itu tentang mengapa menyimpan riwayat kesehatan anak (dan tentunya kita sendiri plus anggota keluarga lain) penting yah. Lalu kenapa harus kita yang simpenin? Ya tentu karena kita ibu nya. Siapa lagi kalau bukan kita? Apalagi kalau anak masih kecil dan belum bisa simpan sendiri. Otomatis kita yang bertanggung jawab penuh atas urusan kesehatan mereka, kan?

Nah, lalu lalu, gimana supaya kita mudah menyimpan dan memantau riwayat kesehatan anak-anak? Salah satu cara ya dengan aplikasi MedicTrust ini. Tentang gimana cara download dan memakai sudah saya jelasin di blogpost sebelumnya yah.


Sekarang saya lebih ulas tentang multiple profiles nya aja. Multiple profiles ini adalah salah satu fitur dalam aplikasi yang jadi favorit saya karena jadi nggak ribet. No rempong. Nggak perlu bikin banyak akun atau daftar dengan beberapa alamat email. Cukup dengan bikin 1 akun saja, kita bisa juga memasukkan profile anggota keluarga kita yang lain. 

Dalam 1 akun, kita bisa bikin sampai 5 profiles. Jadi saya bisa banget tuh bikin profile saya, Kakak Ubii, dan Adik Aiden. Nggak perlu bikin profile Adit juga karena dia sudah punya akun dan bisa memonitor catatan kesehatannya sendiri.

Sebelumnya, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh member VIP. But, good news! Kini multiple profiles sudah bisa dinikmati oleh semua user!

Now, let's begin with the how-to part.

Ini dashboard utama saat saya membuka profil saya. 

Bisa dilihat bahwa saya sudah menambahkan profil Kakak Ubii di akun saya. Lihat keterangan di bawah nama saya: 2 members, which means ada 2 profiles dalam akun saya.


Saya belum menambahkan profile Adik Aiden. Let's do it. Klik tanda (+) di samping foto Kakak Ubii.

Akan muncul Create New Profile seperti ini. Isikan dengan data anggota keluarga yang ingin kita bikin profile nya. In my case, Adik Aiden. Setelah selesai, klik Done.


Setelah berhasil, akan muncul keterangan seperti ini.


Tadaaaaa. Udah deh. Kelar. Gampang banget kan? Nggak sampai 5 menit sudah beres bikin profile baru. Sekarang profile Adik Aiden sudah masuk.


Setelah itu, jangan lupa isikan dengan catatan kesehatan new member nya. Masak udah bikin profile tapi kosong nggak ada records nya. Hehehe.

Untuk Adik Aiden, saya isikan vaksinasi nya dulu yah coba. 

Klik (+) di kanan atas.


Pilih Vaccination.


Isi Vaccine Type dan tanggal kapan vaksin itu udah dilakukan.

Done! Setelah berhasil akan keluar kayak gini:


Untuk jenis vaksin yang dilakukan lebih dari 1x, misalkan DTP, nggak usah bingung. Caranya masih tetap sama. Klik (+) di kanan atas lalu isikan.

Kalau sudah berhasil, akan ada tanda (V) di samping nama vaksin, seperti ini:


Nah ini halaman riwayat vaksinasi Adik Aiden seperti ini, tinggal dilengkapi aja.


Adik Aiden juga punya catatan kesehatan lain yang bisa saya masukkan ke dalam aplikasi, yaitu hasil tes darah hematologi lengkap, golongan darah, dan tiroid nya. Begini langkah-langkah untuk memasukkan hasil tes darah.

Menu utama, klik tanda (+) di kanan atas.

Pilih Laboratory Test.


Pilih Blood Test.


Isikan tanggal kapan blood test diambil dan isikan notes nya. Notes saya, saya isi dengan keterangan tes darah apa yang diambil oleh Adik Aiden.


Klik Add Attachment.

Silakan pilih dari 2 opsi ini: Use Camera (untuk foto langsung) atau Album Photo (untuk pilih foto dari gallery).


Done!

Begini penampakannya setelah berhasil.


Kalau kembali ke Medbooks milik Adik Aiden, maka akan terlihat bahwa saya sudah mengisi 2 kategori yaitu Laboratory Test dan Vaccination.


See? Nggak susah kan yah sebetulnya. Pakai app nya sih nggak sulit. Yang jadi PR adalah kemauan dan konsistenti kita sebagai ibu dalam mengisikan dan menyimpan catatan kesehatan anak-anak kita.. :)

Saya merasa terbantu dengan fitur multiple profiles dalam MedicTrust ini. Kapan pun saya butuh melongok riwayat kesehatan anak-anak saya, tinggal buka aplikasi saja. Kan smartphone selalu dibawa ke mana-mana tuh.

Yuk, moms, kita sama-sama mulai menyadari pentingnya menyimpan catatan kesehatan anak-anak kita dan tentu saja... mulai melakukannya!


^___^



Love,





5 comments:

  1. Sip, aplikasinya keren dan wajib didonlod :D, makasih ya mami Ubii

    ReplyDelete
  2. Aku belum download aplikasinya.. hehehe

    ReplyDelete
  3. coba ikutan download ah hehehe

    ReplyDelete
  4. Wiiih sampai 5 profil? Keren banget nih. Cobain juga ah

    ReplyDelete
  5. wah asyek udah makin berkembang, besok kalau udah punya anak pake ini ah buat nyimpen smua data

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...