Monday, March 28, 2016

Stimulasi Bayi 5 Bulan

Halo mama-mama dengan bayi 5 bulan atau yang akan menginjak 5 bulan! Kali ini saya kepengin berbagi tentang fakta dan stimulasi yang bisa kita berikan untuk bayi 5 bulan, yah. Tentunya sambil menyelipkan cerita pribadi kegiatan-kegiatan saya bersama Baby Aiden.


Jadii, bayi 5 bulan yah, apa saja fakta tentang bayi di usia ini?

Fakta Bayi 5 Bulan:

Total durasi tidurnya dalam satu hari adalah 15 jam, dengan tidur siang 2-3 kali dalam sehari.


Masih suka banget main ci-luk-ba. All time favorite nih kayaknya. :)

Bayi 5 bulan sudah mulai berusaha untuk meraih sesuatu menggunakan 2 tangan dan mereka pun sudah lebih memainkan jari-jari mereka.

Makin aktif! Kaki sudah ke mana-mana, termasuk menuju ke mulut dan diemut. Baby Aiden suka banget mengemut kakinya sendiri di usia ini. It's my favorite thing to see saat ia berusia 5 bulan. 

Di usia ini, emosi nya semakin tampak. Bayi 5 bulan sudah mulai konsisten menunjukkan emosi-emosi tertentu seperti jengkel, gembira, kaget, haus, dan bosan. Masih dengan cara yang sama, menangis, sih. Tapi, perhatikan deh, model tangisannya akan beda-beda. Facial expression nya pun berbeda.

Mereka sudah mulai bisa merentangkan tangan sebagai sign minta digendong/diajak jalan-jalan. Kadang, ada juga bayi yang sudah mulai bisa menangis saat ditinggal ibunya pergi. Tapi, Baby Aiden kayaknya belum begitu ngeh saat akan saya tinggal pergi saat ia masih 5 bulan. Jadi, ia cool-cool aja. See? Every baby is unique!



Sight:
  • Karena rasa ingin tahu nya semakin berkembang, plus leher serta kepala nya sudah makin kuat untuk tegak, bayi 5 bulan jadi semakin ingin melihat dunia. Di usia ini, saya semakin sering mengajak jalan-jalan Baby Aiden mengitari kompleks. Posisi menggendong nya pun saya bikin tegak sehingga ia bisa melihat hal-hal sejelas mungkin. 
  • Mereka juga mulai gemar memperhatikan benda-benda yang bergerak ke-sana ke-mari, seperti misalnya, kendaraan di jalanan. If possible, ajak bayi mengamati lalu lintas jalan. Tapi, kalau bisa, jalan yang nggak usah terlalu ramai yah. Kasihan, polusi asapnya. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh Baby Aiden dan ART kami. Hehehe. Sore-sore gitu, kadang-kadang ART kami mengajak Baby Aiden nongkrong di depan kompleks bersama satpam sambil memperhatikan motor dan mobil yang lewat. Kata ART sih, Baby Aiden biasanya anteng kalau diajak lihat kendaraan lalu lalang.
  • Try this: Bayi 5 bulan sudah mulai lebih mengenali orang-orang yang sering ada dalam hidup mereka. Coba print foto beberapa orang penghuni rumah. Kalau misal penghuni rumah ada banyak: kakek, nenek, om, tante, bibi, paman, ART, dan lain-lain, nggak perlu langsung print semua. Bertahap saja, misalnya orangtua dan kakak/adik dulu. Tunjukkan foto-foto anggota keluarga pada bayi sambil menyebutkan/menceritakan siapa yang ada di dalam masing-masing foto.
  • Try this: Sembunyikan Barang Favorit! Bayi kita pasti sudah mulai punya benda atau mainan yang kelihatannya paling mereka sukai. Kalau Baby Aiden, saat berusia 5 bulan, benda favoritnya adalah banana teether. Jadi saya pakai itu yah. Saya tunjukkan banana teether pada Baby Aiden, ia pasti ingin meraih. Tapi, nggak langsung saya kasih. Saya sembunyikan dulu. Misal, saya tutupin dengan selimut. Lalu, saya bilang, "Di mana yan pisang emut Aiden?" (kita bilang banana teether itu pisang emut, hehehe), sambil pasang wajah sok bingung. Lebaykan saja ekpresi bingung kita supaya capture attention mereka. Lalu, saya pura-pura mencarinya. "Di mana yaaaaaaa? Di tangan Mami? Ooh, nggak ada. Di bawah bantal (sambil angkat bantal)? Nggak ada jugaaaaa. Di tangan Aiden (sambil angkat tangan Aiden)? Yah, nggak ada jugaaa. Di mana doonggg? (Angkat selimut) Nah, ini dia pisang emut nya! (Sambil sumringah girang yang berlebihan supaya mereka ngeh dengan perubahan ekspresi dan suara kita. Amati deh reaksi mereka. Pasti ikut girang, kecuali kalau bayi memang lagi nggak mood, haus, atau mengantuk yah. Seru banget main ini. Gampang dan bisa dilakukan di mana aja. Bayi juga jadi ikut 'mencari-cari' di mana benda favoritnya sembunyi. Walau tentu saja mereka belum ikut mencari secara aktif, tapi mata nya menunjukkan mereka juga ingin menemukan favorite item mereka.


Hearing:
  • Ketika mengajak bayi mengitari kompleks, misalnya, untuk melihat hal-hal di sekelilingnya, berikan mereka kesempatan untuk mengenali dan mengamati apa yang mereka lihat. Misal, kita melewati mobil tetangga berwarna merah. Berhentilah sejenak. Biarkan bayi mengamati si mobil merah tersebut, mulai dari bentuknya, warnanya, dan lain-lain. Sekalian ceritakan tentang si mobil itu, seperti "Eh lihat! Ada mobil! Warnanya apa ya? Meraaahh. Mobilnya diparkir di garasi yah. Punya siapa mobil ini? Punya Om Harry Potter. Ada rodanya, tuh lihat. Blablabla." Jadi, sambil stimulasi pendengaran juga di kegiatan mengenalkan benda-benda ini.
  • Try this: Biarkan bayi mendengar suara mereka sendiri. Caranya, bisa dengan kita merekam suara mereka saat sedang mengoceh. Lalu, putar rekamannya. Amati reaksi bayi saat mendengar suaranya sendiri. Alternatif lain, tau nggak aplikasi game Talking Tom? Itu loh, yang kucing bisa niruin suara kita. Saya suka banget game (can it be called as a game?) Talking Tom ini. Kalau Baby Aiden sedang nggak mood ngoceh, ya sudah saya yang ngoceh. Lalu, saat si Tom menirukan ocehan saya, saya dekatkan ke Baby Aiden supaya ia bisa mendengarnya. Tapi, biasanya saya dekatkan dari arah belakang supaya Baby Aiden nggak malah fokus memperhatikan gambar Tom si kucing bersuara cempreng itu. 


Gross Motor:
  • Aktivitas motorik kasar saat Baby Aiden 5 bulan yang jadi favorit kami adalah saya mendudukkannya di pangkuan saya, sambil saya bernyanyi lagu "Pada hari Minggu, kuturut ayah ke kota." Sori, saya nggak tau judulnya. Judulnya apa sih? Hahahahahahaha. Bukan mantan anak-anak Indonesia yang budiman nih Mami Aiden *___* Di situ kan ada lirik, "Tuk-tik-tak-tik-tuk-tik-tak-tik-tuk." Di lirik bagian itu, saya  menggoyang-goyangkan pangkuan saya sehingga Baby Aiden pun ikut tergoyang-goyang *halah, jelek amat sih bahasa saya!* - Seru. We love it!
  • Aktivitas motorik kasar lain, sesuaikan saja dengan kemampuan bayi kita saat mereka berusia 5 bulan ya. Misalnya, mereka sedang memperdalam skill duduk, ya terus saja distimulasi. Misalnya, mereka sedang belajar berguling, bisa dengan kita kasih mainan favoritnya agak jauh dari jangkauan supaya mereka berusaha mengambil dengan berguling dulu.
  • Cobain berenang juga pasti jadi aktivitas gross motor yang asyik untuk bayi. Biasanya Baby Aiden senang main air di rumah. Tapi, begitu nyemplung kolam, eh malah girap-girap. ERRR. 
  • Try this: Kalau bayi sudah mulai ingin duduk, coba susun bantal-bantal di kanan dan kiri nya. Mereka akan berusaha bangun dari posisi tidur telentang ke posisi duduk dengan berpegangan pada tumpukan bantal.


Sensory:
  • Permainan sensory Baby Aiden di usia ini belum banyak yang berbeda dari sebelumnya. Biasanya ikut nebeng Kakak Ubii saat Kakak Ubii sedang main sensory activities, seperti saat main beras berwarna ini. 
  • Saya juga suka mengajak Baby Aiden menadahkan tangan di bawah keran air dengan posisi duduk. Gemericik air di tangan dan paha nya akan membuat bayi girang.
  • Try this: Karena bayi 5 bulan sudah mulai besar curiosity nya, yuk mengenal alam. Dudukkan bayi di taman, atau di dekat tanaman. Biarkan mereka bereksplorasi dengan cara sederhana. Mengenal dan meraba dedaunan dan bunga. Tapi, tentu saja pastikan aman dari semut dan binatang-binatang lain dan setelah itu cuci tangan dengan air dan sabun yaaa. 


Afeksi/Sosial

  • Bayi punya kakak atau adik? Yuk mulai persering libatkan mereka dalam kegiatan bersama kakak atau adik mereka. 

Note: Sesuaikan stimulasi dan aktivitas dengan perkembangan bayi masing-masing yah, moms. Every child is unique in his/her own ways, so no need to rush. Just enjoy the process. Oh ya, berhubung bayi 5 bulan sudah mulai suka ngemut-ngemut kaki, jangan lupa mulai perhatikan kebersihan kaki-kaki kecil mereka juga ya. Pastikan bersih sebelum diemut-emut. Kalau bayi sedang suka emut-emut kaki, nggak perlu dilarang karena ini memang sedang fase nya. Biarkan mereka explore anggota tubuhnya sendiri dan berkembang. Nanti fase emut-emut kaki ini pelan-pelan akan hilang kok. Saat ini Baby Aiden sudah 6 bulan lebih dan sudah hilang fase emut-emut kaki nya.. :)


Selamat menstimulasi dan bermain bersama bayi 5 bulan kalian! Punya alternatif kegiatan lain? Share yuukkk! ^___^

Baca juga: (Klik di judul)









Love,







13 comments:

  1. Ya ampuuun, bayi umur segini emg lagi lucu2nya ;D.. pose emut kaki itu anakku yg prtama dulu jg suka bgtt... akunya sih biasa ngebiarin aja mbak, tapi papinya kdg suka lebay ngelarang2 -__-. alasannya takut kebawa sampe gede! hahaahaha ya kaliiii ankku emutin kaki ampe gede ;D.. kalo jari mah wajar -__-

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Aideeen lucu sekali, sehat - sehat terus ya sayang. Salam juga untuk kaka Ubii.

    Ah jadi inget waktu Marwah dulu usia 5 bulan yang lagi doyan ngemutin jempol kaki

    ReplyDelete
  4. wah baby Aiden suka main sama Tom ya hehehe. ganteng banget ih

    ReplyDelete
  5. Meskipun senang main air, tapi gak gini juga caranya, Mami *suara hati baby Aiden* gemeesy liat ekpresi renangnya, Mbak :D

    ReplyDelete
  6. *towel baby Aiden* duh menggemaskan ya mak lihat perkembangan mereka. Sehat selalu ya nak :*

    ReplyDelete
  7. Waktu ta tinggal nonton Batman vs Superman, Ghaza ngamuk >.< filmnya memang panjang si hahaha~
    Si pisang itu jadi item favorit Ghaza juga! Nanti ta cobain sembunyiin deh. 5 bulan bayi sudah bisa tidur tanpa nenen ataupun digendong gak si?

    ReplyDelete
  8. ya ampun diari ini penting banget.. makasih ya mami ubi...

    ReplyDelete
  9. Wah. Aiden suka sama Tom. Kayak Mas Ais aja. Lengkap banget ulasanmu Mak. Bisa jadi buku ini.

    ReplyDelete
  10. Aiden lucu, pipinya lho kayak mau tumpah oengen unyel2

    ReplyDelete
  11. Ya ampuuun bobonya nyenyaak bener de.
    Pipinya tembem ih, bikin gemes tahu.
    Semoga sehat terus ya Aiden.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih mamiiiii... Kizain sekarang 5 bulaann

    ReplyDelete
  13. Hai mami ubi, sukak sama postingan2 stimulasinya. Shezaku cantik sekarang pas 5 bulan.. perkembangannya memang bikin greget greget lucu..
    Baru semalam aku dan bebiku di kamar berdua hadap-hadapan, dan aku pura mewek sambil nangis.. ajaib looohh dia udah ngerti dan ikutan mewek juga (ini nda baik kata suamiku ngajarin dia nangis).
    tapi beneran deh lucu banget, aku mewek dia mewek.. ternyata dia ngerti yaahhh.. Lucu syekali! Karena biasanya kalo liat-liatan kita pasti ketawa, menye2, nyengir2, senyum2 ra jelas gitu.. baru kali ini ngetes jebe' gitu bibirnya (halah bosoku rajelas ya). Bayi itu hobinya niru, banyak ekspresi dan gerakan-gerakan yang dengan mudahnya langsung ditiru sama dia.
    Eniwei makasihh artikelnya mami ubi, salam cium dr sheza untuk kk ubi dan kk aiden :*

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...