Tuesday, October 6, 2015

Stimulasi Bayi Baru Lahir


Saat Kakak Ubii masih newborn, hal-hal yang saya lakukan untuknya standard banget. Nenenin, mandiin, ganti popok, dan semacamnya. Sisanya ya paling mendongeng, membacakan cerita, atau bernyanyi untuknya. Dulu saya kira "Yah namanya masih bayi newborn, emang mau diapain lagi? Emangnya udah ngerti?" *___*

Ternyata bayi baru lahir pun butuh stimulasi!

Baca: Mainan Bayi Recommended di Lazada


Dari baca-baca di Babycentre.co.uk, saya jadi mengerti kalau ternyata sejak lahir bayi perlu mendapatkan stimulasi yang sesuai tahapan usianya. Stimulasi-stimulasi tersebut mencakup sight (penglihatan), hearing (pendengaran), dan touch (taktil). Sebetulnya ada 2 lagi sih yaitu taste (perasa) dan smell (penciuman). Tapi saya mau bahas 3 saja dulu karena itu yang prominent pada newborn baby.


Sight

Kemampuan melihat pada bayi baru lahir memang belum benar-benar berkembang. Tapi, bukan berarti mereka nggak bisa melihat sama sekali. Bayi baru lahir sudah bisa membedakan terang dan gelap. Mereka juga mulai bisa melihat bentuk dan pergerakan. Makanya kalau sebelumnya kita mengkondisikan ruangan gelap lalu menyalakan lampu, mereka akan bereaksi, kan? Yes, it's called eyeblink reflex. Bayi baru lahir bisa melihat objek sejauh 20-30 cm. Jadi kalau kita menggendong mereka, mereka bisa melihat wajah kita. Yang baru saya tau adalah bahwa ternyata mereka suka melihat objek hitam-putih dan high contrast.

Jadi, kemampuan dan kegemaran mereka itu bisa kita stimulasi dengan menunjukkan gambar-gambar hitam-putih untuk mereka pandangi. Beberapa hari lalu, saya mencetak gambar-gambar hitam-putih untuk Baby Aiden. Mudah dan murah banget tapi bermanfaat. Saya sering meletakkan gambar-gambar ini di dekat Baby Aiden, pokoknya di jarak 20-30 cm. 

Kadang saya taroh gitu aja seperti ini:


Di samping rocker nya:


 Sampai ketiduran *___* :


Kadang di kasur: 

(Saat mereka excited dengan apa yang mereka lihat, mereka jadi semangat menggerakkan kaki dan tangannya juga. Jadi, motorik kasarnya pun ikut terstimulasi)


Sambil tummy time:

(Look! He's really staring at the pics).


Anyway, tummy time alias tengkurap ini nggak papa untuk bayi seusia Baby Aiden. Saya sudah mulai menengkurapkan Baby Aiden sejak dia puput pusar. Sehari paling enggak satu kali. Hal ini dianjurkan oleh terapisnya Kakak Ubii. Tapi, jangan lupa sambil diawasin yah. Kalau bayi sudah kelihatan nggak nyaman, nangis, atau rewel, segera ditelentangkan lagi.

Sambil digangguin Kakak Ubii -________-


I put them everywhere! Literally everywhere. Hehehe.

So far, Baby Aiden seems to love it. Dia pasti anteng dan malah suka jadi ketiduran sendiri kalau saya sodorin gambar-gambar ini. But, of course, setelah dia sudah kenyang dan memang lagi nggak rewel yah.

Gambar-gambar seperti ini bisa banget ditempel atau digantung di baby crib/box juga, tapi baby crib Baby Aiden berantakan euy. Nggal layak jadi objek foto-foto. HAHAHAHA -___-

Mommies yang ingin menstimulasi bayi baru lahirnya dengan kayak gini, nggak perlu repot-repot googling. Silakan download dan print langsung dari SINI. Sebetulnya ada 20 macam gambar yang bisa kita cetak. Tapi, saya lagi ngirit tinta, jadi ya..... 3 aja ya, nak. LOL!


Hearing

Bayi baru lahir sudah bisa mendengar dengan jelas (kecuali ada gangguan pendengaran seperti Kakak Ubii *sad*). Bahkan, mereka sudah mulai bisa mendengar sejak masih berada dalam kandungan. Tapi, mereka baru akan mulai merespons dan memahami apa yang mereka dengar di usia 6 bulan-an.

Berikut cara-cara sederhana untuk memberikan stimulasi pada kemampuan mendengar bayi baru lahir:
  1. Membacakan cerita, mendongeng, melantunkan ayat suci, menyanyikan lagu rohani, menyanyikan lagu pengantar bobok.
  2. Mereka akan lebih merespons suara-suara yang bernada tinggi. So, let's just do it.
  3. Memperdengarkan suara-suara yang punya efek menenangkan. Contohnya: suara hair dryer, vacuum cleaner, atau mesin cuci. The point is they all have suara yang konstan dan repetitif, seperti suara detak jantung kita yang mereka dengarkan tiap saat ketika mereka masih berada di dalam kandungan.
Ini kayaknya sepele banget, tapi praktiknya nggak se-simple itu buat saya. Soalnya saya suka nyambi saat nenenin Baby Aiden. Nyambi suapin Kakak Ubii lah, ajak Kakak Ubii ngobrol untuk melatih pendengarannya pasca Kakak Ubii memakai implan koklea lah, ketiduran lah, atau (nah ini nih) main gadget... ZONK! Yah, saya mah jujur aja. Susah banget emang melepas gadget karena itu satu-satunya hiburan sekarang. Maapppppin Mami yaaa, Aiden *___*

And, don't forget to involve the dads too! Babies need to recognize their dads' sounds as well, right?



Touch

Konon, taktil adalah salah satu indra utama pada bayi baru lahir karena itu membantu proses bonding-nya dengan kita. Taktil juga mereka gunakan untuk menunjukkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan, berinteraksi dengan orang lain, dan exploring sekitarnya. Taktil mulai berkembang sejak mereka berada di usia 8 minggu kehamilan kita. Bayi baru lahir kulitnya sensitif binggo, apalagi di mulut, pipi, tangan, telapak kaki, dan abdomen. 

Berikut cara-cara sederhana untuk menstimulasi taktil bayi baru lahir:
  1. Menggendong, mengusap, membelai, mengelus mereka. 
  2. Sentuh jari dan telapak tangan newborn baby untuk menstimulasi grasping reflex (refleks menggenggam) mereka.
  3. Bisa juga dengan menyentuhkan objek seperti permukaan selimut lembut, handuk, kain, rambut kita, dan lain-lain untuk mereka sentuh-sentuh.
  4. Menyentuh pipinya. Pipi bayi baru lahir masih sangat sensitif. Mereka masih punya refleks untuk merespons sentuhan di pipi dengan memalingkan kepalanya mencari sumber sentuhan. Refleks ini bernama rooting reflex (refleks mencari)
  5. Do the massage routine. Massage selain bermanfaat untuk stimulasi taktil juga sangat bermanfaat untuk menenangkan. Biasanya saya massage Baby Aiden sebelum mandi dan (kadang-kadang, kalau nggak lupa) sebelum bed time nya.
Again, always involve the daddies! Anyway, katanya sih skin-to-skin gini bagusnya nggak pakai kaos. Nanti deh kalau perut Adit sudah six-packs, difotoin yang nggak pakai kaos. HAHAHA.


***

Hal-hal apa saja yang sudah mommies lakukan untuk memberi stimulasi pada bayi baru lahir kalian? Ada hal-hal lain yang belum saya tuliskan? Yuk, tambahin kalau ada, biar saya bisa belajar dan mempraktikkan juga. Semoga tulisan ini bermanfaat yah. Kalau ada teman yang habis punya bayi, silakan dishare because sharing is caring ;)


Mau lanjut ke stimulasi bayi satu bulan? Cus! Sudah ada loh postingannya! :))





Love,







24 comments:

  1. Mamiiiiiihhhh Ubiiiiii selamat yaaa buat dedek Aiden. Belum sempet jenguk eeuuyy :)

    Makasih sharingnya, Mbak Cantik. Buat bekel nih ^^

    ReplyDelete
  2. *dicatat* buat calon bayiku nantinya

    ReplyDelete
  3. Dede aiden lucu bangettt,,
    punya mama kreatif lagi.. ehheeh
    thanks for share ya mbak,.

    ReplyDelete
  4. Baru tahu warna objek yang bayi suka hitam dan putih. Selama ini kupikir warna-warna primer yang terang. Soalnya kebanyakan mainan bayi juga warnanya terang. Thanks sharingnyaa.. Besok dipraktekin buat adeknya Luna. ��

    ReplyDelete
  5. Asikkk daku sebagai pengantin baru punya bekel nih ilmu untuk nanti ketika aku di berikan bayi kecil di keluarga baru kami hihi...makasih ilmunyaa ^_^

    Xoxo,
    http://www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  6. Hihihi kakak ubii ngacak-ngacak obyek pemandangan adik!

    ReplyDelete
  7. Mbak Gesss..ih lengkap bingit ilmunya. Sejauh ini yg masih kurang adalah massage mbak. Soalnya baby ghifa kalau mandi sama simbahnya. Saya belum beraniiii. Paling kalau pas habis mandi saya pijat2 dikit keningnya mbak.

    Oya yg utk penglihatan saya mau langsung print ah.

    ReplyDelete
  8. Bacaannya samaa, babycenter, hehe. toss dulu ah. anyway, thanks printable-nya. nanti dipake aaah buat adiknya Naia :D

    ReplyDelete
  9. Saya belum nikah (apalagi punya anak), tapi seneng bnaget sama artikel-artikel seperti ini, so far sih cuma bantu baby sitting anak teman-teman yang sudah diatas 3 bulan saja, jarang nge-baby sitting-in yang baru lahir, baiklah..buat bekal nanti saja ilmunya..

    TFS Mami ubii ^^

    ReplyDelete
  10. assik,dapet ilmu lagi....prakteknya nanti hehe
    makasih sharingnya mami ubi ^^

    ReplyDelete
  11. Tiap lihat baby Aiden aku jd inget anakku

    ReplyDelete
  12. print ah buat baby umar...makash ya mba sharingnyaaa

    ReplyDelete
  13. Baby nya lucu Ges.
    Aku dulu paling2 cuma nyetelinn lagu aja buat anak-anak, mereka jadi lebih anteng kalo denger lagu.

    ReplyDelete
  14. Langsung down,oad dan print gambar item putihnya
    Makasih mami Ubii n Aiden
    Btw Aiden lucuuk banget deh klo tengkurep hihihi

    ReplyDelete
  15. Langsung down,oad dan print gambar item putihnya
    Makasih mami Ubii n Aiden
    Btw Aiden lucuuk banget deh klo tengkurep hihihi

    ReplyDelete
  16. Buat bekal kalau nanti punya anak lg :)

    Kalau dikampung kayaknya bakal kena omelan ortu kalau tengkurepin bayi baru lahir gini. Maklum masih banyak yang belum melek informasi :)

    ReplyDelete
  17. Suara keras, kadang ada bayi yang kagetan gituu ya, Mbak. :D *kerasnya ngga keras banget keleeus*
    Sering2 saja nulis ginian, materi buatku, nih.

    ReplyDelete
  18. yang rajin yaaa stimulasinya :* sehat2 aiden ubii

    ReplyDelete
  19. dulu Fira juga diminta latihan tengkurap saja...kalau sudah lelah, paling beberapa menit gitu baru diangkat...sejak puput tentunya ya

    ReplyDelete
  20. Waah baru tahu kakak Ubii, dedeknya ternyata sudah lahir. Selamat yaa ... kakak Ubii jadi kakak yang baik yaa :)

    ReplyDelete
  21. aiih miubi, makasih yak ilmunya, sm link downloadnya, bookmark ah, buat adek si ken nanti *krikkrikkrik

    ReplyDelete
  22. ga sabar pgn cepet lahiran... kyknya udh lupa semua cara2 menstimulasi bayi ini :D.. aku jg print gbr2nya deh mba...

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...