Saturday, July 4, 2015

Switch On Implan Koklea Ubii, Perjalanan Mendengar Dimulai!


Woohoo, akhirnya implan koklea Ubii di switch on juga. Saya bingung mau cerita dari mana nih. Mungkin dari when and where nya dulu saja yah. Switch on implan koklea Ubii ini dilakukan pada Jumat, 26 Juni 2015 di Poli THT bagian Otologi RSCM. Tim yang membantu adalah dr. Mira, Sp.THT dari RSCM serta Mba Marsha dan Mba Restu dari hearing center yang menyediakan implan koklea pilihan kami.

Mungkin kali ini saya menuliskan ceritanya dengan format questions and answers saja yah. Sekali-sekali lah, biar nggak bosan. Hehehe. Lagipula, ada beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan ke saya terkait ini. Ceritanya FAQ (Frequently Asked Questions) gitu deh. Yesyuk.

Q: Switch on itu apa dan ngapain?
A: Gampangnya, alat mendengar Ubii ini dinyalakan, di-ON-kan. Baru setelah switch on ini, Ubii mulai diharapkan untuk bisa menangkap suara. Jadi, kemarin pasca operasi itu, Ubii BELUM langsung bisa mendengar karena alatnya belum di switch on. Switch on nya melalui sebuah program yang ada di dalam laptop dr. Mira. Di program itu deh disetel-setel nya. Lebih lanjut tentang teknis, googling sendiri aja yah. Hahaha.


Yang putih nyantel di kaos Ubii ini terhubung dengan laptop yang berisi program untuk switch on dan mensetting alatnya

Q: Kenapa baru tanggal 26 Juni 2015 switch on nya? Nggak langsung abis operasi selesai?
A: Karena harus menunggu luka dalam kering dulu dengan baik. 2 minggu dinilai sudah cukup untuk dilakukan switch on implan koklea Ubii.

Q: Lha kok Ubii masih pakai alat yang menempel di kepalanya gitu? Bukannya alatnya sudah ditanam?
A: Operasi penanaman implan koklea BUKAN berarti alatnya hanya yang ditanam saja lalu selesai. Yang ditanam itu 'hanya' internal device nya yang mencakup elektroda yang ditanam memutari rumah siput Ubii. Nah, yang dipakai di luar itu adalah external device nya yang mencakup headpiece yang menangkap suara, prosesor, dan baterai. Untuk lebih jelasnya, coba lihat gambar ini ya:

Kiri: external device - Kanan: internal device (yang ditanam) - Sumber


Q: Kok yang bunder-bunder itu bisa nempel di kepala Ubii?
A: Itu namanya headpiece. Iya, bisa nempel karena ada magnet nya. Internal device yang ditanam di dalam kepala Ubii itu juga mengandung magnet. Ubii jadi gadis robot. Bahahaha. Tapi, besok kalau ketemu Ubii, jangan iseng nempel magnet kulkas ke kepala nya yak >.<

Q: Jadi, kan alatnya sudah di switch on nih. Berarti Ubii sudah bisa mendengar dong? Sudah bisa dengar suara Mami Papi dan sekitarnya? Jadi Ubii bakal bisa bicara dong?
A: Wait, it's NOT that simple. Coba kita berandai-andai. Kita yang belum pernah nonton konser suatu saat diajak teman nonton konser band favorit dia. Sementara kita nggak tau band tersebut dan belum pernah sama sekali dengar lagunya. Bisa membayangkan kan konser itu hiruk pikuk hingar bingar nya kayak apa? Nah, apa kita akan langsung bisa menikmati konser itu? Nggak mungkin. First of all, kita belum pernah nonton konser sama sekali, belum pernah dengar musik sekencang musik konser. Pasti awalnya kita merasa, "Aduh, gile ini berisik banget sih?!" Sehingga kita pasti butuh waktu untuk menyesuaikan diri terhadap musik yang super loud itu. Secondly, kita nggak tau itu band apa dan belum pernah dengar lagunya. Pasti butuh waktu juga untuk sejenak mendengarkan lagunya, mencari enaknya apa sih dari lagu tersebut, dan kemudian baru bisa menikmatinya.

Maaf kalau analogi saya kurang tepat yah. Nggak nemu analogi lain. Bahahaha. Saya harap itu cukup menjelaskan apa yang dihadapi Ubii dan menjadi PR untuk kami. First of all, Ubii sudah 3 tahun. 3 tahun itu nggak sebentar. 3 tahun Ubii nggak mendengar. Pernah sih pakai hearing aids, tapi toh nyatanya Ubii nggak terlalu merespons. Lalu tiba-tiba Ubii mendengar, kaget kan pasti. Secondly, Ubii usia biologisnya memang 3 tahun, tapi usia mendengar dengan implan koklea nya? Baru 1 minggu. Jadi, don't expect her to have listening and speaking skill kayak anak 3 tahun lainnya. Bisa bayangin newborn baby yang baru 1 minggu usianya? Nah, itu lebih pas untuk dibuat perbandingan. Next, sesuatu selalu butuh proses. Begitu pun dengan berkomunikasi. Ubii perlu melewati beberapa tahapan dulu. Ia perlu menyadari adanya suara. Ia perlu menyadari bahwa suara yang ia dengar itu perlu diberi respons. Ketika Ubii sudah menyadari itu, baru mungkiiiinnnn saya bisa meningkatkan level ekspektasi saya padanya. Tapi, itu nantiiiii, butuh waktu, latihan, dan terapi. Dan tentu saja butuh doa. Mohon doakan Ubii ya... :))

Q: Jadi, singkatnya, Ubii itu pasti bakal bisa bicara nggak sih setelah pakai implan koklea?
A: Nggak pernah ada yang bisa menjamin. Saya, dokter, dan tim dari hearing center bukan Tuhan. Kami cuma bisa berusaha semaksimal mungkin. Dan, saya juga nggak boleh lupa bahwa Ubii punya disabilitas intelektual yang disebabkan oleh pengapuran yang ada di otaknya, dan itu nggak sedikit area yang terkena pengapuran. Banyak (kata dokter). Jadi, Ubii akan butuh waktu ekstra untuk mempelajari sesuatu, termasuk belajar mendengar. Ketika suara diubah menjadi stimulasi elektrik yang dihantarkan ke otaknya oleh implan koklea, otak Ubii juga perlu bekerja sama untuk mengidentifikasi suara tersebut, men-decode, dan memprosesnya. Saat otaknya pun bermasalah, tentu saya perlu tau diri untuk meletakkan ekspektasi kan..? :'))

Q: Kalau belum tentu bisa berhasil, kenapa mau mengusahakan implan koklea? 
A: Untuk biaya yang nggak sedikit ini, Ubii dibantu sekali oleh eyang-eyang nya. So, maybe let's just simply call it grandpa and grandma's love.. Untuk 'pengorbanan' yang lain memang nggak gampang. Adit harus resign dari kantornya di Jogja -yang padahal saya tau Adit nyaman banget kerja di sana. Pindahan ke kota besar padahal saya nggak suka kemacetan kayak gini. Ribet cari dokter dan terapis baru di kota baru (yang harganya 2x lipat). Dan yang paling bikin saya merasa campur aduk -antara capek, guilty, emosian- karena saya capek-capek begini saat hamil Aditson (nggak dipanggil Utun lagi berhubung udah pasti cowok -  sekilas info). Rasanya kayak nggak adil buat Aditson. Nggak jarang telat makan karena masih di RS. Nggak jarang perut kenceng banget karena capek gendongin Ubii. Tapi, kalau ditanya 'kenapa' mungkin ini jawabannya, mengutip sedikit penggalan lagu The Spirit Carries On - Dream Theater:

If I die tomorrow,
I'd be alright
Because I believe
We've done everything we possibly could
For Ubii
For letting her experience
Her own journey to sounds

Ini video Ubii saat alatnya yang kiri di switch on (switch on nya satu-satu biar nggak kaget-kaget amat). Versi lebih lengkap dari yang pernah saya upload di Instagram karena di Instagram kan cuman 15 detik. By the way, follow Instagram saya yah: @grace.melia - HUAHAHAHA promosi diri sekelibat.



Lalu satu lagi saat Ubii sudah mulai bisa ketawa-ketiwi dan alatnya sudah switch on dua-dua nya.



Tuh kan sudah ketawa. Yah, walau masih selang-seling ketawa-nangis-ketawa-nangis sih. Bueheheh. Semangat untuk kita semua yah ^___^
***







56 comments:

  1. Alhamdulillah, sudah ada respon ya Ubii... sehat-sehat terus yaa biar nanti bisa main bareng sama Aditson... wah senengnya dengan panggilan baru ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Papinya yang kasih nickname ituh, Mak >.<

      Delete
  2. Alhamdulillah, semua proses awal berjalan lancar. Mudah2an seterusnya dunia Ubii semakin indah dgn alat ini. Apapun itu, just do the best and God will do the rest.
    Semangat Mami Ubii ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIN AMIN AMIN. True! Let God do the rest :')) Semangaaatt!

      Delete
  3. semoga selalu di beri kelancanran untuk semua usaha mami grace dan keluarga untuk mbri yang terbaik bagi ubii....sepakat dengan lagunya ...do the best ya mak untuk anak dan keluarga kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn. Makasih doanya ya, Mak Rina. Yap yap, setuju :'))

      Delete
  4. Aaaaaah seneng banget liatnya ubii skr dunianya ga sunyi lagi. Keren emang kalian berdua grace dan suami. Semoga ubii sehat selalu yaaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn, makasih doanya, Mama Marwah :))

      Delete
  5. Ikut seneng dan terharu liatnya. Sehat terus dan tambah pinter ya , nak...

    ReplyDelete
  6. Jadi tauuuu aku implan koklea itu seperti apa. semangat ya Ubi, semangat jg buat maminya, buat dd aditson yang kuat yaaaaa.

    Insya Allah semuanya berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adit gak disemangatin, teh Melly? LOL

      Delete
  7. Alhamdulillah.. ikut senang, Ubii memang kayacinta ya... banyak do'a juga buat kesehatan Ubii... semangat mami Gesiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn Kayacinta nyaaaaaaa. Makasih Mak Orin :))

      Delete
  8. semangaaat Ubiii kembali ceria ya mami Gess :)sun gemez buat Ubii :)

    ReplyDelete
  9. Tuhan memberkati org yg menciptakan alat implan ini :) .. Dan terharuuu bgt nonton videonya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bangeett, aku juga mikir gitu. Hebat banget yaa :'))

      Delete
  10. setuju sama komen mb fanny. orang yg bikin alat-alat berguna seperti ini sungguh berjasa. semoga Ubii menikmati prosesnya ya dan bisa mencapai tahap-tahap selanjutnya dengan baik. aaamiiin.

    ReplyDelete
  11. Selamat buat Ubii ya, pasti sueneng banget mamanya, papanya, ubii-nya :)
    Aku bacanya juga ikut seneng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeett, ci Paulaaaaa. Makasih yaaa :)

      Delete
  12. Alhamdulillah... Ubii...semoga semua lancar... Terus semangat ya Nak... :)

    ReplyDelete
  13. Ubii hebat. semoga lancar ya proses-prosesnya

    ReplyDelete
  14. semangaaat cantiiik...explore the world, conquer it...and enjoy the process, no matter how hard and challenging things are...peluuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Explore the world - yes, she will! Hopefully, sooonnnnnn. I really wanna see her do thaaaattt. Makasih supportnya, Maaakk Iiinn :))

      Delete
  15. Alhamdulillah, ubii sayang keliatan hepi banget, semoga dimudahkan semuanya ya gesi..kalian berdua ortu hebat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin doanya, maacih yaaa, Mak Dedew :*

      Delete
  16. Terharu banget ngikuti ceritanya. Unlimited & unconditional love dr mamah papah eyang2 ubii. Semoga Ubii enjoy dg suara2 yg akan makin banyak didengar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn doanya. PR banget deh itu. Makasih ya, Mak Lusiiii :***

      Delete
  17. Semoga Ubiisemakin membaik ya, Grace. Tuhan memberikan kita ujian, namun Tuhan juga selalu menawarkan harapan dan impian bagi mereka yang mau berusaha. Jaga kondisimu dan Adit. Doaku untuk kalian sekeluarga. Big hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih supportnya, Mak Popon. Big hug too. Semoga bisa kupdar-kupdar yaa :))

      Delete
  18. terharu & bahagia rasanya Ubi alatnya sudah switc on, sabar ya untuk semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu itu. SABAR. Jadi PR banget. Makasih dah diingetin, Mak Lid :))

      Delete
  19. ubiiii gesiiii adiitttt...aku nangissssssssss....
    sungguh aku tahu rasanya berjuang untuk sehat. sungguh aku tahu rasanya mengeluarkan uang yang tidak sedikit, perjalanan yang tidak sebentar, kelelahan, kejenuhan, penantian panjang untuk bisa sehat.

    tapi tahu anak kita bisa mendengar, usaha yang kamu lakukan ini membuat aku mewek semewek meweknya. kalian bertiga HEBAAAATTTTT!!!! I adore you three so much, saya belajar dari kalian untuk tetap semangat dan pantang menyerah dalam menjalani kehidupan.

    Ubii sayang.. sehat terus ya nak!
    cium dan peluk sayang dari keluarga kami di Bandung!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini komennya sukses bikin aku mewek loh, Kak Ayu T___T

      Delete
  20. mpe nangis ntn videony karena terharu liat ubi.. semangat ya sayang, sehat sll buat ubi, mami grace, papi adit n aditson.. you're the best..gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih doanya, Mba. AMIN. God bless you, too :))

      Delete
  21. mpe nangis ntn videony karena terharu liat ubi.. semangat ya sayang, sehat sll buat ubi, mami grace, papi adit n aditson.. you're the best..gbu

    ReplyDelete
  22. Senengnya, moga cepet sehat ya

    ReplyDelete
  23. Terharu campur aduk. Ubii kuatttt, bersyukur punya keluarga terutama mami papi yang luar biasa. Kita selalu doakan yang terbaik untuk Ubii. We love you sweet little princess :*

    ReplyDelete
  24. jenong, jujur ya aku salut banget sama perjuangan kalia demi ubi. aku terharu dan tertohok kenapa aku nggak bisa bersyukur dikasih kesempurnaan bahkan aku selalu minta sama Tuhan kalau anakku ini bisa lahir sempurna tanpa cacat satu apapun. andai aku ada di posisi kamu dengan ubi yang seperti itu aku nggak yakin bisa sekuat kamu. aku percaya nggak ada pengorbanan yang sia-sia, dan aku percaya klau nantinya ubi bisa bicara sekalipun maaf sedikit kurang jelas pengucapannya, ya mungkin gagu (sory to say that jenong). ubi akan bangga memiliki orang tua seperti kamu dan adit. doaku terbaik buat kamu dan ubi dan keluargamu ya jenong. lihat videonya aja aku nangis.hiks jdi pengen ketemu ubi nih..ubi,,,salam dari dedeknya tante nih.....:) semangat ya

    ReplyDelete
  25. Terharu.. Bahagia.. Pelan-pelan ya Ubii.. Nanti waktu adik lahir Ubii bisa belajar mendengar dan bicara bersama adik.

    ReplyDelete
  26. Masya Allah...
    saya salut sama kalian sekeluarga.. Ubi.. Grace juga suami (papa ubii)

    luar biasa sekali... saya sampe spechless liat reaksi yang muncul dari ubii..

    semoga proses ini berbuah manis. sehingga catatan2 ubii selalu menginspirasi semangat para ibu2 lainnya..

    semangat yaaaaa ....

    ReplyDelete
  27. Semangat terus ya mba dan ubii.. :)
    Mudah mudahan kelak bisa ketemu lgs sama mba dan ubi

    ReplyDelete
  28. Terharu bacanya...sehat trs ya ubi...gd yang gak mungkin...bismillah ubi bisa!!!

    ReplyDelete
  29. Mbak Gesi, kayaknya sampean sendiri deh yang punya ide buat nempelin magnet kulkas. :p Aku aja gak kepikiran. XD
    Selamat ya Ubii.. Semoga Ubii bisa makin berkembang baik. Doa aunty yang terbaik untukmu :*

    ReplyDelete
  30. Hiii mama ubii... Proud bgt buat semangat ubii.. Kemarin juga anak kami gzifa abis implan di rscm.. Mdh2n bisa ketemu ubii.. Dari jogja with love

    ReplyDelete
  31. Ikut seneng dengernya, semoga :)

    ReplyDelete
  32. Semangat ya Ubii..!!
    Moga besok Zaka juga bisa pasang Koklea Implan kaya Ubii.

    ReplyDelete
  33. Ke RSCM bgmn porsedurnya bu, apa kita melalui PT. ABDI lalu disarankan ke RSCM, atau sebaliknya dari RSCM menyarankan ke PT. ABDI? Makasih

    ReplyDelete
  34. Salam mami ubi, salut utk perjuangan nya bagi kehidupan senormal mungkin buat ubi...menginspirasi sekali buat saya yg anak ke 3 saya baru terdeteksi juga hearing loss gangguan sampai 105db, serangkaian tes dan upaya akan mulai dilakukan mulai kmrn per tgl 14 nov 2016, doakan kami bisa se ikhlas dan sabar kalian mamp-papi ubi menjalaninya yaa...hugs utk ubi n aditson...

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...