Wednesday, July 1, 2015

Lepas Perban Bekas Jahitan Implan Koklea


Yap, ini masih rangkaian implan koklea nya Ubii yah. Saya ceritakan dan dokumentasikan semua nya dengan harapan bisa bermanfaat untuk orangtua yang kelak membutuhkan informasi ini sebelum memutuskan ikhtiar implan koklea pada anak-anaknya.

Setelah ngobrolin persiapan seri satu dan dua, sehari sebelum operasi, Hari-H operasi implan koklea, dan hari-hari setelah operasi implan koklea seri satu dan dua - sekarang saya mau cerita tentang perban Ubii yang dilepas. Apakah saya deg-deg an? Sedikit. Deg-deg an nya karena sambil menebak-nebak apakah bekas jahitan Ubii bagus atau enggak, ada rembes atau enggak, ada infeksi atau enggak. Deg-deg an sedikit karena sudah membayangkan Ubii akan rewel saat perbannya dibuka.

Kira-kira pukul 09.21, kami sudah sampai di Poli THT bagian Otologi. Di sana, kami disambut oleh dr. Sevi yang akan membantu melepas perban. Eng ing eng, bener kan! Ubii rewel berat dan nangis bombay saat perbannya dibuka. Cekit-cekit kali yah rasanya.

Ubii dan dr. Sevi
Udah berhasil dibuka, rewelnya masih >.<

Setelah perban besar berhasil dibuka, saatnya membuka satu perban lagi, yaitu perban kecilnya. Agak susah karena agak lengket. Tapi, nggak lama kemudian berhasil juga dibuka. Dan, syukurlaaaah, jahitan Ubii baik-baik saja. Rapi dan bagus. Nggak ada rembesan, nggak ada infeksi. Oleh dr Sevi, saya diajarkan cara mengolesi salepnya juga.

Dari bawah ke atas

Mau lihat penampakan bekas jahitan setelah dibuka? Tadaaa... ini dia:

Dengan dan tanpa flash, lebih jelas yang mana?

Ternyata segitu aja. Hehehe. Saya kira bakal sekentara apa, segede gaban apa. Bahkan sekarang bekas jahitannya sudah lebih tersamar. Ini bekas jahitan nya yang sekarang:

Dengan dan tanpa flash

Sekalian lanjut cerita ringan lainnya. Gara-gara rambut Ubii model punk begitu, Ubii di mana-mana dikira anak cowok. Ihiks. Masak pada bilang, "Aduh, siapa nama anaknya, Bu? Ganteng bangeeeett." AAAKKK. Kecantikan Ubii luntur yak gara-gara rambut dan nggak pakai anting. Bahahaha. Yasudah, akhirnya saya dan Adit memutuskan marilah kita botakin aja rambutnya Ubii. Eh, tapi alasan utamanya bukan cuman itu sih. Tapi, supaya besok numbuh rambutnya rata. Rambut Ubii kan tipis, takutnya jadi blonteng-blonteng gitu nanti. 

Jadi, cuss kami bertiga ke salon dewasa karena nggak tau di mana lagi mau cukur rambut nya Ubii. Seperti kebiasaan pendatang pada umumnya, cuman tau mall. Jadi salon nya pun cari yang di dalem mall. -____-

Dan untung, mas yang nyukur rambut Ubii itu sabaaaarrrr dan telateeennn banget. Ubii nangis dan meronta terus, tapi mas nya tetep stay cool dan senyum santai. Nggak panik atau apa. Sesekali mas nya ngambilin sikat yang ditaburi bedak supaya rambut-rambut yang punggung Ubii nggak bikin gatal.

Nangisnya udah kayak diapain aja -___-
Nggak rela banget kayaknya rambutnya dibabat, atau itu hanya imajinasi saya ajah. LOL

Setelah selesai dicukur habis, ohmaigad, Ubii persis T*Y*L, apalagi kalau pas lagi telenji karena mau mandi atau ganti baju. Kalau pas pakai baju, eh malah makin mirip cowok. -____-

Foto terbaru, bukan diambil pas abis cukur sih. Hehe.

Saya dan Adit ngakak nggak habis-habis demi melihat bentuk baru Ubii. Lalu kami pun memanggilnya UCIL -_____-

Dan, di Ucil pun nggak lama sudah ceria lagi. Bahkan saya selfie, dia nggak mau ketinggalan. Oke.


Setelah sampai rumah dan keramas bersih, kami memperhatikan Ubii. Ternyata internal device dari implan koklea yang tertanam di kepalanya jadi terlihat jelas banget dengan rambut botak begini. Ngeplek mecungul jelas banget. Kayak gini:


So, yah, ternyata this whole process nggak semenakutkan dan semenegangkan yang saya bayangkan sebelumnya. Pasca operasi juga ternyata bisa cepet pulang dan recoverynya mudah. Malah kita sudah bisa jalan-jalan ke mall segala di H+4. Ceritanya di blog Ubii di sini. Yang agak bikin capek ya paling-paling saat Ubii rewel karena luka jahitnya nyeri itu. Kalau soal capeknya, malah lebih capek di sebelum operasi implan karena banyak persiapannya

Besok bakal cerita tentang switch on alatnya Ubii. Switch on adalah saat alatnya dinyalakan dengan program dari laptop. Kan setelah operasi, alatnya nggak langsung dinyalakan. Perlu menunggu luka dalam kering dulu. Biasanya saat switch on, reaksi anak macam-macam. Kalau anak teman-teman saya ada yang nangis kejer bahkan sampai muntah. Sebaliknya, ada juga yang ketawa-ketiwi kegirangan. Respons yang lebay tersebut wajar lah ya, berapa lama coba si anak nggak mendengar suara? Tiba-tiba denger, tentu saja kaget. Ubii? Nangis kejer dong. Saya juga. Bahahaha. 

Tunggu cerita selanjutnya yak, ada video Ubii kejer juga. LOL.





Love,





44 comments:

  1. mami grace,,, klo ci alatnya itu ditanem y? ga kliatan dari luar y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada internal dan external device. Yang internal, betul, ditanam. Yang external, nanti keliatan. Di postingan terbaruku ada penampakannya :))

      Delete
  2. Dan aku sudah liat videonya Ubi ^^

    Aku merinding liat bekas jahitan Ubi :)

    ReplyDelete
  3. ga sabar buat nunggu cerita selanjutnyaaa...

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, resepi dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  5. Ami ubii saya pengen nulis di blog, saya juga punya blog tp kurang sempurna

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ternyata lancar yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. It turned out so! Yeaaayyy. God's so great :))

      Delete
  7. Alhamdulillah.. senangnya semua lancar... sehat terus ya Ubii....

    ReplyDelete
  8. Merinding ngelihat jahitannya, tapi Ubii pinter yah walaupun rewel tapi kemudian tetap ceria. Semoga segera tumbuh rambutnya yang panjang ya Ubii biar makin cantikkk :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, amiinn, rambutnya sudah mulai numbuh sekarang, walau masih tipiiiisss >.<

      Delete
  9. saya udah lihat videonya. Dan, saya ikutan nangis hihihi. Nangis bahagia pastinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti liat yang di IG ya, Mak Chi. Hehehe. Yang di blogpost baru versi panjangnya :D

      Delete
  10. Baru sempat mampir nengok ceritanya operasi Ubii.
    Yaa Allahh...
    Ubii dan maminya jagoan semua

    Lope...lope buat kalian berdua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lope lope juga buat dirimu, Maakk ^^

      Delete
  11. awal baca cerita ubii, aku jg ngirain ubii itu co mba :D.. maapkeeunn.. wuaahhh, jd alatnya diaktifkan dr program gitu ya.. eh videonya blm diupload kan mba? kok bbrp komen di atas udh ngeliat soalnya..aku jg pgn ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. BUAHAHAHA. Dimmapkeuuuunnnnn. Yang dilihat beberapa temen di komen-komen atas itu yang aku upload di IG, mba. Jadi 15 detik doank, dan cuman scene nangis. Yang di blogpost baru itu upload versi panjangnya, scene ketawa juga selain tentunya... nangis xD

      Delete
  12. Ubi superr, aduh mami gesi masih dengan segala ketenangannya..HEBAT untuk papi adit, mami gesi dan marubik (ucil) love this family.. kecup dari jogja ubi.. dan selamat mendengar suara mami gesi ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecup dari Jakarta. Sedih deh baca kata 'Jogja' hiks. Kangeeennn Jogjaaa :((

      Delete
  13. Terharu banget bacanya meskipun si mamih ini ngocol nulisnya. Sebentar lagi ubiii bisa dengar suara-suara indah didunia ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, she has heard some sounds now. Mak Lusii gak kangen akoohhh??? *wink*

      Delete
  14. di tunggu video ubi tertawa juga ya setelah di switch on

    ReplyDelete
  15. Kalau buat tidur ganjel nggak ya mbak atau sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok :) Ubii tenang-tenang adem-adem aja tuh :))

      Delete
  16. tooss duluuu ama Ubii ah...hidup botak hehehe...botak keren kok sayang..dan rambutnya juga akan segera tumbuh. Hebat Ubii..to go through all these procedures in such a young age..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee, kembaran sama Tante kereennn :)))

      Delete
  17. Kalau saja saat ini saya punya uang 300juta.
    Saya juga ingin membeli 'koklea implan' untuk Ghaisan Zaka (2th) jagoan kecil saya yang divonis menderita tuna rungu sejak lahir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Bapak. Rezeki tak akan pernah salah alamat :)

      Delete
  18. Buat umi ubii.. trims untuk ceritanya,
    Saat ini saya baru bisa bermimpi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua berawal dari mimpi, Pak. Kami pun juga mengawalinya dengan mimpi :)

      Delete
  19. Ya ampun device nya bisa mecungul gitu hihi. Moga rambutnya Ubii (Ucil?) cepet tumbuh yah.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah tumbuh dikit-dikit nih, Onty :))

      Delete
  20. Hai saya mamanya nauval dan berencana utk melakykan operasi implan koklea juga blh minta kontaknya sist biar bs nanya2 please pin atw no hp nya saya dari dumai riau

    ReplyDelete
  21. Hai saya mamanya nauval dan berencana utk melakykan operasi implan koklea juga blh minta kontaknya sist biar bs nanya2 please pin atw no hp nya saya dari dumai riau

    ReplyDelete
  22. Sedih bgt bunda, kponakan saya jg kena dampak dari virus rubella. Saya aja sedih ga abis2 apalagi ibunya sndiri. Saya liat penampakan dr pemasangan implan. Ga tega liatnya. Ah andai rubella bs di cek sedini mgkn. Sabar ya bunda2.

    ReplyDelete
  23. Sedih bgt bunda, kponakan saya jg kena dampak dari virus rubella. Saya aja sedih ga abis2 apalagi ibunya sndiri. Saya liat penampakan dr pemasangan implan. Ga tega liatnya. Ah andai rubella bs di cek sedini mgkn. Sabar ya bunda2.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...