Monday, July 13, 2015

#TAHUKAH KAMU: Air dan Berpuasa


Bulan Ramadhan tentunya sangat dinanti. Di bulan ini, kita ditantang untuk menahan diri, menahan hawa nafsu, dan berdisiplin dalam menjalankan ibadah puasa. Bicara tentang puasa, hal ini biasanya yang paling membuat excited. Puasa menjadi trending topic di kumpulan ibu-ibu, baik di dunia maya atau per-tetangga-an dengan ragam bahasan, "Nanti buka pakai apa?" , "Besok mau sahur pakai apaan" dan lain sebagainya. Para istri rajin mengungkep ayam, tahu, dan tempe untuk stok sahur. Bertukar resep dan menu sajian berbuka pun jadi agenda rutin.

Eits, kok yang dibahas makanan melulu, yah? Berbuka dan sahur memang momen yang terasa nikmat. Tapi momen ini jangan sampai ternodai dengan mitos-mitos yang merugikan diri kita sendiri, lho! Kan banyak sekali tuh mitos seputar minum air selama bulan puasa. Nah, memangnya sejauh mana signifikan nya air untuk tubuh kita? Penting banget gitu yah mencukupi kebutuhan cairan tubuh? Dan, lantas bagaimana dong mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama bulan puasa? Yuk, kita bahas sama-sama. Mulai dari bahasan air secara umum dulu, ya.

#TAHUKAH KAMU 1 - Air dalam Tubuh Manusia

Tahukah kamu bahwa air adalah komponen utama dalam tubuh manusia? Mengapa? Ini jawabannya.



Gambar 1 - Komposisi air dalam tubuh manusia

Ilustrasi di atas menjelaskan mengapa kita bisa lemas kalau kurang minum air dalam sehari. Ya iyalah! Lha wong ternyata air punya porsi besar dalam tubuh kita kok. Memang apa saja fungsi air? Lanjut ke fakta kedua ya.


#TAHUKAH KAMU 2- Fungsi Air untuk Tubuh Manusia

Tahukah kamu bahwa air memiliki banyak sekali fungsi penting untuk tubuh kita? Berikut sebuah ilustrasi untuk menggambarkannya.

Gambar 2 - Fungsi air untuk tubuh kita

Menurut Staying Healthy, yang merilis ilustrasi tersebut, berikut adalah fungsi air untuk tubuh kita:
  1. Mencegah kepikunan selagi kita bertambah usia.
  2. Mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi sesuatu yang biasanya membuat kita ketagihan seperti alkohol, kafein, dan obat-obatan tertentu.
  3. Membantu jantung memompa oksigen lebih baik.
  4. Memperbaiki sel yang rusak.
  5. Menjembatani pengeluaran racun dan sisa metabolisme.
  6. Melumasi persendian dan mengurangi nyeri akibat arthritis atau sakit punggung.
  7. Menjembatani sel darah merah untuk mengangkut oksigen lebih baik.
  8. Memperlambat penuaan.
  9. Memperhalus kulit.

Jadi, setuju kan kalau konsumsi air yang baik dapat membuat tubuh kita senantiasa sehat dan terasa segar? Saya sendiri merasakannya. Saya itu coffee addict sejati. Dulu, 3-4 cangkir kopi jadi rutinitas. Kalau saya tidak ngopi, rasanya ada yang berbeda. Kurang semangat dan rasanya semacam linglung - sampai merasa begitu lho sangking sudah kecanduan. Begitu saya hamil, jelas saya perlu mengurangi konsumsi kopi. And I did. Saya ganti kopi dengan air putih. Awalnya sulit karena belum terbiasa. Nikmatnya kopi terbayang di lidah saya. Tapi, lama-lama bisa juga tuh. Bahkan, sekarang saya sudah tidak berhasrat kepengin ngopi lagi sama sekali. Setelah mengganti kopi dengan air putih, badan saya lebih segar rasanya. Kulit wajah juga terlihat lebih segar - kata suami saya. Hehehe.


#TAHUKAH KAMU 3 - Volume Kebutuhan Air 

Tahukah kamu supaya segala kebaikan air tersebut dapat terjadi di dalam tubuh, perlu banget untuk mencukupi angka kebutuhan air? Kebutuhan air saya belum tentu sama dengan kamu, kamu, atau kamu, tergantung usia dan jenis kelamin kita. Karena saya baik hati dan tidak pelit info, nih saya kasih tahu angka kecukupan air bagi orang Indonesia menurut Proboprastowo SM dan Dwiriani CM.

Gambar 3 - Angka kecukupan air orang Indonesia

Sebagai manager rumah (baca: ibu rumah tangga) tentunya saya wajib tahu berapa liter air yang dibutuhkan oleh keluarga saya per hari nya. Keluarga kami berjumlah 3 orang. Saya, suami, dan satu anak berusia 3 tahun. Seperti kebanyakan pria pada umumnya, suami saya kurang telaten dan cenderung lupa ia sudah minum berapa gelas dalam satu hari. Dengan mengetahui kebutuhan airnya, saya bisa selalu mengingatkannya untuk memenuhi itu. Untuk anak saya yang masih balita, tentunya ia belum bisa menghitung sendiri. Dengan pedoman angka kecukupan air ini, saya selalu menakar asupan minumnya. Saya juga selalu mencatatnya di kertas yang saya tempel di kulkas agar bisa dipantau apakah sudah tercukupi atau belum per hari nya.

Gambar 4 - Angka kecukupan air keluarga saya dalam Liter/hari


#TAHUKAH KAMU 4: Dampak Dehidrasi

Tahukah kamu  bahwa sejatinya manfaat air untuk tubuh manusia dan angka kecukupan air yang perlu dipenuhi itu seperti hubungan sebab akibat? Mudah saja. 

Kebutuhan hidrasi terpenuhi ---> air memberikan bermacam kebaikan dalam tubuh

Kebutuhan hidrasi tidak terpenuhi ---> dehidrasi yang berdampak pada tubuh

Biasanya, resiko dehidrasi dapat meningkat di bulan puasa ini JIKA kita kurang memahami trik hidrasi yang benar saat berpuasa. Untuk itulah kita perlu peka dan menilik rambu-rambu tubuh masing-masing, "Kira-kira aku dehidrasi enggak, ya?" Dehidrasi ringan mungkin kurang disadari. Berikut sebuah ilustrasi yang bisa membantu kita mengenali tanda-tanda dehidrasi.

Gambar 5 - Tanda-tanda dan dampak dehidrasi

Kenali dan sadari tanda-tanda dehidrasi di bawah ini:
  1. Sakit kepala dan berkunang-kunang.
  2. Mulut dan bibir kering.
  3. Kelelahan.
  4. Rasa haus yang kuat.
  5. Kram otot.
  6. Sulit berkonsentrasi.
  7. (Tambahan) Urine berwarna kuning pekat dan jumlahnya sedikit.
Dehidrasi juga berdampak pada anatomi tubuh kita:
  1. Volume darah menurun.
  2. Tekanan darah menurun.
  3. Denyut jantung meningkat.
  4. Suhu tubuh meningkat.
Tidak mau kan mengalami itu?

***

Keempat poin di atas adalah fakta mengenai air secara umum yang penting untuk kita ketahui bersama. Semoga dengan fakta-fakta tersebut, kita bisa saling mengingatkan anggota keluarga dan kawan-kawan untuk memenuhi kebutuhan air, ya karena bulan Ramadhan adalah saat yang sangat tepat untuk berbagi. Berbagi kan tidak harus melulu dalam wujud rupiah. Berbagi informasi juga baik, lho. Indahnya berbagi.

Mau berbagi lebih jauh lagi? Mari mengerucut ke pemenuhan kebutuhan air selama berpuasa.


#TAHUKAH KAMU 5 - Trik Hidrasi Saat Berpuasa

Tahukah kamu bahwa dehidrasi selama berpuasa sangat mungkin untuk dicegah dengan trik hidrasi yang baik? Jelas saja perlu dicegah dong, ya. Akan sayang sekali jika kesempatan berpuasa di bulan suci ini menjadi tidak nyaman gara-gara dehidrasi, bukan? 

Trik hidrasi saat berpuasa ini sangat mudah dipahami dan dilakukan. Bisa dilakukan oleh siapa saja. Nama trik nya adalah 2+4+2. Tolong, ingat baik-baik ya. 2-4-2. BUKAN 2-1-2 - itu Wiro Sableng. Jangan salah angka tengah nya. Apa itu 2-4-2? Simak video ini. Boleh juga kalau ingin bernyanyi bersama. Saya yakin kita semua familiar dengan nada nya. 

video


Sudah mengerti apa itu 2-4-2, bukan? Ya, betul. Trik 2-4-2 menganjurkan kita memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa dengan cara:

2 gelas air saat berbuka
+
4 gelas air di malam hari
+
2 gelas saat sahur


Mudah, bukan? Lalu, sebenarnya mengapa sih air begitu penting selama berpuasa? Dan, apakah betul bahwa air adalah pilihan minuman yang paling baik dan menyehatkan? Saya masih punya fakta-fakta yang lain. Yuk, ke poin selanjutnya.


#TAHUKAH KAMU 6 - Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Berpuasa TIDAK Berkurang

Tahukah kamu bahwa sebagian besar orang mengira bahwa puasa = tidak terlalu butuh minum = kebutuhan cairan tubuh berkurang daripada hari biasa saat tidak puasa. SALAH besar. Itu mitos abadi yah sepertinya. Lantas, apa faktanya? Yuk, simak penjelasan ahli di bawah ini.



#TAHUKAH KAMU 7 - Air Putih = Pilihan Terbaik Saat Berbuka Puasa

Untuk para coffee addict (seperti saya di masa lalu), mungkin lidah sudah tak sabar rasanya untuk mengecap kopi di saat azan yang menandai waktu berbuka sudah dikumandangkan. Minum kopi bukannya dilarang sama sekali. Namun, untuk berbuka? Apakah itu pilihan yang sehat dan bijaksana? Tidak. Jika memang ingin sekali minum kopi di bulan puasa, pilihan waktu yang baik adalah 2 jam setelah waktu berbuka.



#TAHUKAH KAMU 8 - Lebih Baik Tidak Berbuka dengan Yang Manis

Ucapan 'yuk berbuka dengan yang manis' ini -menurut saya- juga salah satu mitos sepanjang masa yang diamini oleh banyak orang. Maka dari itu, kita melihat banyak sekali penjual takjil berupa minuman-minuman manis di mana pun selama bulan puasa. Kadang-kadang, manisnya keterlaluan sampai-sampai rasanya kita bisa mengecap gulanya. Kalau kamu adalah salah satu penikmat menu manis-manis untuk berbuka, jangan lupa tanyakan ini pada diri sendiri, "Siap gemuk?"



#TAHUKAH KAMU 9 - Air Putih Lebih Baik Daripada Minuman Bervitamin

Kita pasti sudah kerap mendengar bahwa air kemasan bervitamin itu baik karena mengandung banyak vitamin tambahan yang diperlukan tubuh, seperti misalnya vitamin C. Apakah itu keliru? Hmm, tidak juga. Namun, untuk berbuka, apakah minuman bervitamin merupakan pilihan yang tokcer? Hmm, ternyata tidak. Mengapa? Ini jawabannya.



#TAHUKAH KAMU 10 - Trik Disayang Suami Saat Berpuasa (Sstttt)

Sebenarnya ini rahasia. Tapi, saya ingin teman-teman juga ikut disayang suami juga. Inilah trik saya: Selalu (JANGAN PERNAH LUPA) siapkan air putih yang menyehatkan sebagai bekal suami bekerja. Betul deh, jangan pernah lupa, terutama di bulan puasa begini sehingga suami pun tetap bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya walaupun ia tidak sedang di rumah.

Mengapa ini penting? Berikut alasan saya:
  1. Air putih memang bisa dibeli di mana saja. Tapi, kalau tiap hari harus beli 1-2 botol secara eceran, ya sama saja pemborosan. Beda kalau punya stok kardusan di rumah. Lebih irit.
  2. Air putih memang bisa didapat di mana saja. Di kantor suami pun sebetulnya menyediakan air minum. Tapi, sebagai manager rumah tangga, tentu saya ingin suami meminum air yang terjamin kebersihan dan kesehatannya serta mengandung mineral. Pilihan air minum di kantor suami belum tentu sama dengan pilihan keluarga saya, bukan?
  3. Suami saya masih sering mengabaikan rasa haus. Padahal suami saya berpuasa dan di bulan puasa ini kita dianjurkan minum 4 gelas di malam hari, bukan? Dengan dibekali air minum, suami lebih tergerak untuk memenuhi kebutuhan cairan hariannya.
  4. Jam kerja suami saya sampai malam. Biasanya ia baru sampai di rumah pukul 21.00-an. Kami baru saja pindah ke ibu kota di mana jarak satu tempat ke tempat lain bisa cukup jauh. Alhasil, waktu perjalanan makin lama. Itu pun kalau belum dihitung jam tertahan di jalan karena terjebak macet. Dengan dibawai bekal air minum, kapan pun suami haus saat di jalan, ia bisa berhenti sejenak sekedar untuk meluruskan kaki dan melepas dahaga.
Ini foto yang dikirim oleh suami saya suatu malam saat saya SMS mengapa ia tak kunjung sampai di rumah. Balasan SMSnya, "Bentar Mi, lagi berhenti minum."



***

Semoga hal-hal yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk infokan pada orang-orang terkasih yang menjalankan puasa tentang cara mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa dengan trik 2-4-2, ya. Sharing is caring, right?

Semoga puasa kita semua di tahun ini penuh berkah dan terhindar dari pengganggu bernama dehidrasi, ya. Dengan badan yang sehat dan segar, hati dan pikiran pun akan mendapat dorongan lebih untuk melakukan kebaikan. Selamat menunaikan ibadah puasa.



Love,











Referensi:
  1. Lembar Fakta - Asupan Gizi Tepat Saat Berpuasa Bersama AQUA 2+4+2 2015 dan Fakta Minuman di Bulan Puasa - AQUA 2+4+2 2015 (materi)
  2. Pentingnya Minum Air Mineral - SehatAQUA - www.youtu.be/DJykZEKrYjA (Gambar 1)
  3. www.yournaturalhair.com/water-the-key-to-faster-hair-growth-and-better-health/ (Gambar 2)
  4. www.positivemed.com/2012/07/20/quench-your-thirst/ (Gambar 5)

47 comments:

  1. Mantaaaap, semoga menang ya say, berkah untuk Ubii dan dedek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin doanya, say. Makasih ya. Aku mau belajar AccessTrade doongg sama kamuu :D

      Delete
  2. kumplit bgt ulasanny.. good luck ya..

    ReplyDelete
  3. Istri idaman nih mak grace...selalu bawain bekal aqua buat suami. Sukses ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya dongssss, Mak Ari *kibas poni* Sakseis juga untukmu yaaa, bumil :*

      Delete
  4. Replies
    1. Bi Oph, ini cuma menyadur dari bahan aja kok. Hehehe. Seadanya >.<

      Delete
  5. Siiih... keren banget posting mami Ubii !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish, Mak Neng gombal nih. Hihihi. Maacih, yaaaa ^^

      Delete
  6. kopi memang menggoda di kala hamil ya mak, tapi memang lebih sehat air putih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeeettt! Apalagi kalau udah kebiasaan. Hiks. Tapi seneng deh bisa mengalahkan hasrat ngopi. Hehehee.

      Delete
  7. Wuiiiiih mak, tulisannya keren abis ini mah. Komplit dan lengkap.
    Good luck ya mbak lombanya, semoga kita yang menjadi pemenangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, doa yang terakhirnya ituuuhh.... AMIN bangeett. Hihihihi :D

      Delete
  8. iya mak. berbuka jangan dengan yang manis tapi dengan yang sayang sama kita. eh maksudnya berbuka dengan air putih kl ga ada kurma.

    good luck ya mak. komiknya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya dong. Ama yang sayang sama kita *sok romantis abis* Makasih, Maaakk.

      Delete
  9. Air minum penting buat kesehatan ya, Mak. Moga sukses lombanya, mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Mak. Ternyata banyak manfaatnya yah ^^

      Delete
  10. wow, lengkap banget mami Ubii..sukses lombanya yaa

    ReplyDelete
  11. Mami Ubiiiii... Makasiiih pencerahannya...!
    Luar biasa emang si AQUA ini ya.
    Kita kudu banget rajin minum air mineral.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. PR banget nih buat seluruh anggota keluarga :D

      Delete
  12. lucu kartunnya, pas banget sang ahli kaya nasihatin aku :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga berasa kayak lagi dinasihatin nih, Mak. Hihihi.

      Delete
  13. Replies
    1. Aih, ini seadanya banget Mama Marwaah >.<

      Delete
  14. Replies
    1. Dia mah sebenernya narsis, Mak Susan. Hihihi.

      Delete
  15. mantap neh mami ubii postingannya, apalangi tips disayang suami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, sama-sama disayang suami, Mak. Hehehehe.

      Delete
  16. kereen banget bunda gez
    menarik nih artikelnya
    ini artikel buat lomba ya?
    semoga menang ya bunda ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kok tau sih, Emma? Hehehe. Amiinn, makasih doanya yaa ^^

      Delete
  17. Lengkap banget ulasannya... sukses ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih doanya, Mak. Dirimu juga yaaa ^^

      Delete
  18. Wah wah.... lengkap banget. Gesi aku salut ma kamu di sela-sela waktu mengurus ubii kamu bisa buat tulisan selengkap dan sekeren ini

    Aku selama puasa kurang minum air sih memang, untung aja ga sampai dehidrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Reni, ini aku cuma membahasakan ulang materi yang kudapat di email aja dengan gaya tulisanku loh. Jadi, yang keren itu materinya. Soalnya komplit. Bahahaha. Tahun depan harus minum lebih banyak ya, Mak :))

      Delete
  19. harus bekal minum ya dalam perjalanan supaya gak dehidrasi

    ReplyDelete
  20. Waah komplit banget ya...semoga kita semua menang ya mak heheheh

    ReplyDelete
  21. ini yang katanya nyambi nulisnya mak? kalo enggak nyambi kaya mana ya hehe, sukses mak ges

    ReplyDelete
  22. air mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh ya mba apalagi saat puasa

    ReplyDelete
  23. Air putih memang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.
    Good luck Gesi :)

    ReplyDelete
  24. KanGen water is the best mba grace..

    ReplyDelete
  25. Bener banget ini Ges... tanda2 dehidrasi yg kausebutkan di atas sepertinya kualami sepanjang puasa kemarin. Pola 242 nya nggak kuterapkan sih :( Minum asal saja nggak pake trik sama sekali.

    ReplyDelete
  26. Air memang sangat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi pada saat berpuasa tuh. Ada baiknya mengonsumsi air yang cukup saat berbuka. Btw infografisnya keren mbak. :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...