Monday, August 28, 2017

A Little About Life Lately


Today I feel like writing down anything on my mind. Writing it down sometimes gives me a relief. Mungkin bakal jumping topic nggak jelas sana-sini. Biarlah ya. Hahaha.


Lately life feels pretty rough for me. Well not rough deng. It's more to exhausting rather than rough. Hehehe. Note, this post is so unfaedah yah. Karena saya cuman pengin rant biar lega.

Last week I went to hospital for 2 purposes. First, to get my eyes checked. Belakangan ini rasanya tuh blawur-blawur gimana gitu. This was my very first time ke dokter mata untuk cek. Ternyata cepet ya. Hahaha. Kirain bakal lama.

Dan ternyata mata saya minus jadi dikasih surat sama dokter untuk bikin kacamata. Minus nya nggak banyak sih. Cuman 1/2 dan 3/4. Awalnya saya males-malesan bayangin pakai kacamata. Kayaknya kok ribet. Terus harus kadang dibersihin gitu nggak sih? I'm so blank. Tapi yaudah lah bikin kacamata aja biar minus nya nggak makin banyak.

I went to Seis to order the glasses. Wuih galau yah ternyata pilih-pilih kacamata itu. LOL. So thanks to some friends who helped me choose thru DM. I finally picked this pair out!


Second, ke dokter kulit. Bagian ini yang bikin lelah. Bukan lelah karena antre lama atau apa. Tapi karena capek banget saya udah sering bolak-balik ke dokter kulit tapi nggak sembuh-sembuh. Huhuhu.

I've never written about this on my blog. So here we go.

Jadi, saya gatal-gatal. Lupa tepatnya kapan pertama kali ngalamin. Tapi yang jelas setelah punya anak. Dulu pas masih gadis nggak pernah kaya gini.

Gatal-gatal nya gimana ya.. Difficult for me to explain. Kayak eksema / dermatitis atopi gitu kali ya penampakannya. Kalau saya jabarin sesuai dengan apa yang saya rasain, ini ada 2 fase.

Fase pertama, saat muncul. Rasanya gatel banget banget. Gatel level harus digaruk karena kalau nggak digaruk, saya jadi nggak bisa konsen ngelakuin hal lain. Sumpah gatel banget. Fase kedua, rasa gatalnya sudah hilang. Tinggal bekas-bekas di kulitnya doang.

Kalau ke dokter kulit, biasanya dikasih dua jenis obat. Obat minum untuk meredakan rasa gatal yang diminumnya malam karena bikin ngantuk dan salep untuk menyamarkan bekas gatal di kulit.

Yang bikin capek adalah karena gatal ini kambuhan sekali. Yang kali ini udah sembuh, nanti selang berapa lama, muncul lagi. Rasanya gatel banget lagi. Harus nyalepin biar bekasnya nggak terlalu kentara lagi. It happens on and on. And I'm tired. 


Capek nyalepin setitik demi setitik. Soalnya kalau asal dibleber salepnya nanti cepet habis, hahaha. Capek nahan rasa gatal. Capek nahan godaan untuk menggaruk, apalagi kalau di tempat umum. Kan gimana gitu lah kalau di tempat umum saya garuk-garuk melulu. Lagipula area gatal nya di perut, punggung, dan area bra dan celana dalem. Gimana juga mau nggaruknya kan.

Berkali-kali saya selalu tanya sama dokter, kenapa ini kambuhan? Sebabnya apa? Awalnya dokter kasih beberapa kemungkinan pemicu kayak misalnya alergi makanan, air yang buat mandi kurang bersih, kulit terlalu kering, stress, dan kecapekan.

Terus saya mikir, kalau alergi makanan, apa yah. Perasaan makanan yang saya makan semuanya ya makanan yang biasa aja. Nothing new. Air kurang bersih? Saya udah kuras tandon dan kuras bak mandi. Kulit terlalu kering? Oke, bisa jadi, karena emang kulit saya kering banget. Stress dan capek? Yaaaa... mengurus anak dengan special needs mana mungkin nggak capek coba?

Baca: Cerita Ubii 5 Tahun

Untuk kulit kering, saya coba ganti lotion. Biasanya saya cuman pakai Vaseline yang harganya bersahabat dan di tengah-tengah. Nggak yang murah banget, tapi juga nggak yang mahal-mahal amat. Saya coba ganti lotion Oriflame yang harganya lebih dari Vaseline. Masih tetep kering. Coba ganti lagi lotion The Body Shop yang lebih mahal dari Oriflame. Masih nggak ada perubahan juga.

Sempet pakai lotion yang disuggest sama dokter, merk QV. Harganya di bawah The Body Shop. Malah kayaknya di bawah Oriflame juga deh, CMIIW, lupa. Tapi juga nggak mempan huhuhu.

Akhirnya pasrah. Cuman minum obat saat gatalnya tak tertahankan dan salepin bekas koreng. Emang udah kayak koreng nih bentuknya huhuhuhuhuhu sedih. Bye bikini LOL.

((padahal kulit mulus pun juga mikir 1000x sih mau pake bikini secara perut kayak dugong begini)))

Baca: Dulu Princess, Kini Dugong, A Happy One!


Yang bikin saya lama-lama stress adalah, tiap kali sembuh lalu kambuh lagi, area gatalnya selalu jadi makin banyak. Kayak dulu awal-awal misalnya cuman punggung. Lama-lama meleber ke perut. Terus melebar lagi ke sana dan ke sini. Huhuhu.

Saya sempet juga ikut fototerapi rutin seminggu sekali. Setelah fototerapi selesai, the gatel-gatel was getting better. Tapi ternyata lama-lama kambuh lagi. So nothing really gets better. Sigh.

Lupa deh berapa kali sudah bolak-balik ke dokter kulit dan tebus obat demi nyembuhin ini. Tapi masih nggak sembuh-sembuh juga. Akhirnya hari Selasa kemarin saya coba ke dokter kulit baru. Sama beliau ini, saya disuruh tes IgE Atopy dan IgE Total.

IgE Atopy: untuk menentukan alergen penyebab untuk menghindari gejala.
Pemeriksaan IgE Atopy adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya IgE spesifik dalam serum terhadap 20 jenis alergen sekaligus yaitu rumput, alan-alang, tanaman gandum, pohon birch, mugwort, kucing, anjing, kuda, putih telur, susu, tungau debu, ikan kod, tepung terigu, nasi, kedelai, hazelnut, wortel, kentang, apel, Alternaria alternata, dan cladosporium herbarum.
IgE Total: untuk mendeteksi reaksi alergi dan infeksi parasit.
Pemeriksaan darah untuk mengukur kadar IgE dalam darah. Seseorang dengan kadar IgE yang berada di ambang batas tinggi akan memiliki kecenderungan mudah mengalami reaksi alergi.

Hasilnya baru kelar semingguan. Jadi nunggu dulu sambil saya minum obat dan pakai salep baru yang kemarin diresepin. Terus dikasih rujukan juga ke RS pusat di Jogja 2 untuk ngelakuin patch test european baseline 2 minggu lagi.

Apakah itu patch test? Googling aja yah. Hahaha.

So that was about my gatel-gatel. I tried so hard not to rant and complain. Kayak malu sendiri sama Ubii. Masak saya gatel-gatel doang aja ngeluh, lhah Ubii tiap hari minum obat, rutin fisioterapi, masih bisa sambil ketawa ceria. And actually saya harusnya sudah bersyukur banget karena meskipun harus berkali-kali ke dokter, mostly ditanggung sama asuransi kantor Adit. But yeah, maybe this is sedang capek-capeknya saya.

Anyway, karena kulit saya kering banget, saya kemarin diresepin sabun dan lotion sama dokter. Kasir bilang nggak bisa dicover asuransi loh, mau tetep diambil nggak? And I said yes. I thought alah sabun doang palingan 100K paling mahal. Dan lotion, palingan QV, itu juga 100Kan.

Eng ing eng. Ternyata satu botol sabun cair harganya IDR 325.400 dan satu botol lotion harganya IDR 325.400. Jadi IDR 650.800 in total. Merk Cetaphil (auk bener nggak spellingnya, bukan sponsored post ini LOL). Padahal nggak mungkin cukup juga deh buat sebulan. Huhuhu sontak saya merasa bokek. Terus pas malemnya mau pake, aduh rasanya sayang banget. Sampai stress rasanya. Saya jadi ingin belanja agar nggak stress lagi.

(((merasa bokek lalu stress, tapi ingin belanja? eta terangkanlah)))

Baca: Tips Menabung Ala Gesi

Stress nya tuh kayak gemes gitu loh. Kayak yaelah kulit doang tapi kok nggak sembuh-sembuh argh.

Kalau mau cari alasan untuk bersyukur lagi, masih bisa sih. Kayak untungnya gatel-gatel ini di area tubuh yang ketutupan baju. Jadi saya masih bisa keluar rumah dengan pede-pede aja.

Tapi sempet juga loh saya jadi nggak pede banget saat mau mesra-mesraan sama Adit karena banyak bekas gatal ini hahahaha. Padahal Adit sebenernya juga nggak masalah dan malah yang ikut ngelus-ngelus bekas gatal saya sambil bilang kalau dia nggak jijik. Huhu thank you suamikuh.


So okay semoga obat dan salep kali ini manjur. I'm waiting for the test result. Penasaran banget nih sebenernya saya ada alergi apa sih huhuh.

***

Next thing that pretty drives me crazy recently adalah .... berita-berita HOAX seputar imunisasi campak rubella.

Itu dampaknya gede banget loh. Kabupaten-kabupaten yang awalnya menyatakan dukungan sekarang jadi kayak menujukkan penolakan setelah banyak berita hoax seliweran. Saya juga ngerasain banget dari DM di Instagram dan message Facebook. Yang dulunya message cuman nanya hal-hal kayak jadwalnya tanggal berapa, kalau anak lagi batuk boleh imunisasi nggak, and such, sekarang astaga ... pada bilang sebenernya mau mendukung tapi jadi ragu setelah baca berita negatif melulu.

So, media, **** ***!


Tolong dong ah bikin berita yang bertanggungjawab.

Headline macam, "Siswi SMP Ini Lumpuh Setelah Imunisasi MR" itu tanggung jawab nggak? Padahal ketika kalian nurunin berita kayak gitu, belum ada loh penjelasan dari sisi medis dari dokter. Belum ada penjelasan dari Komda KIPI. Belum ada sama sekali!

Dan ternyata sekarang kita tahu kan bahwa siswi SMP tersebut memang SUDAH PUNYA riwayat sakit sebelumnya. Jadi dia menjadi lumpuh BUKAN karena imunisasi MR!

Kalian media meminta maaf. I say it's rubbish. Pepatah "lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali" itu nggak berlaku di masalah ini.

Dengan kalian seenak udel nerbitin berita dengan judul clickbait macam itu, kalian menyebarkan ketakutan di masyarakat. Sekarang banyak orangtua menjadi takut membawa anaknya untuk imunisasi campak rubella.

Konsekuensinya nggak main-main loh. Lalu kapan Indonesia bisa bebas campak dan rubella for good kalau begini caranya?

Baca: Pesan Dari Ibu Yang Kena Rubella Saat Hamil

So yeah, I'm tired reading all the news yang mostly negative.

Perjuangan meyakinkan orangtua untuk bawa anaknya vaksin MR jadi dimulai dari enol lagi. Yang tadinya udah bisa saya yakinkan untuk dukung vaksin MR, jadi harus ngulang edukasi lagi.

You guys don't have any idea how exhausting it is. Waktu dan tenaga yang harus dicurahkan jadi ekstra lagi.


It's so disappointing.

Dan, masyarakat, please. Yuk, kita lebih bijaksana dalam membaca dan menonton berita. Tabayyun dulu, baru share. Jangan asal share berita yang belum tentu benar. Satu klik-an share di media sosial kita itu dampaknya bisa luas.

Cocok banget ini. Media yang kurang bertanggungjawab dalam menerbitkan berita dan masyarakat yang mudah panik dan mudah share. Perfect combo!

Let's be smarter.

Indonesia bebas campak dan rubella itu bukan demi pemerintah kok, bukan demi duit atau bisnis atau politik atau apa pun. Tapi demi kita, demi anak-anak kita, demi generasi kita yang akan datang kelak, demi Indonesia secara menyeluruh.

Baca: FREEBIES! Frame Foto Dukung Imunisasi Campak Rubella

Okay I'm running out of words.

Kalau saya terusin nulis bakal sumpah serapah, jadi mari kita sudahi saja. Dan maapkeun memulai minggu yang baru dengan keluhan. Maap maap maap. Nggak tahan.

Have a nice day!




Love,







Tentang pengertian tes IgE dikutip dari website Prodia

13 comments:

  1. Aku nih Mbak Ges yang jadi kena getahnya. Gara2 berita hoax macem itu, ortuku yg tadinya no worry soal vaksin MR, sekarang jadi khawatir banget. Nyuruh supaya anakku gausah divaksin aja krn di berita banyak yg bla bla. bla hiks. Tapi insya Allah aku mau tetep vaksin kok 💪

    ReplyDelete
  2. Ibuku sempet khawatir juga, tapi aku udah jelasin dan Alhamdulillah percaya :')

    ReplyDelete
  3. mami ubi, aq tetep kekeuh mao vaksin anakku MR dan sudah dilakukan tgl 18 agustus kemarin di sekolahnya, semua anak di vaksin, alhamdullilah tdk ada ortu murid yang menolak, krn sebelumnya sudah di bantu edukasi dr dokter puskesmas yang akan dtg untuk lakukan vaksin mr. ttp semangat mami ubi

    ReplyDelete
  4. Semangat Ges! Jgn stress, ntar gatel2nya tambah parah.. btw kalau cetaphil minta pake resep dokter, bisa kali di rembes ke kantor Adit #eeaa hihihihi. Kacamata balu baguuusss, rembes kantor adit kaaan hahahahh #semuaharusdirembeskalobisa #prinsip :D

    ReplyDelete
  5. mami ubii ada mampir ke blog ku waktu aku posting pengalaman gatal-gatal tapi mungkin nggak kebaca balasan komennya jadi aku tulis lagi ya.
    kata dokter yang aku kunjungi

    1. Daya tahan tubuh turun pasti muncul alerginya apalagi punya anak cowo nggak tahu deh hubungannya apa hormon gitu katanya, nah saya jaga-jaga selalu kalau sudah badan nggak enak, gatal-gatal muncul hajar pakai vitamin, lemon-madu, susu. sayur buah, gatal-gatal hilang, kembali ke gorengan dan cemilan *eeh

    2. mandi pakai sabun lactacyd baby, dulu mau pakai cetaphil juga tapi mahal bangeeet, lactacyd alhamdulillah masih terjangkau.

    3. bak mandi kasih detol,

    4. airnya pakai PAM atau sumur sendiri? biasanya bisa juga alergi kalau air PAM.

    samaan kita, sempat minder ke suami tapi dia malah bilang nggak apa-apa, nggak jijik.

    semoga nanti ketemu apa pemicu alerginya ya mami ubii jadi nggak kambuh lagi. saya ngerasain banget "perih-gatal-nggak konsen" karena gatal-gatal ini.

    ReplyDelete
  6. sebelumnya saya juga semangat mau kasi vaksin ke anak nih. Gara2 byk pemberitaan di media trus dapat kirim link ini https://go2.thetruthaboutvaccines.com/docuseries/order/?utm_campaign=ttav&utm_medium=email&utm_source=maropost&utm_content=2017-08-23-2045
    jadi ragu2...duh gimana dongg *~*

    ReplyDelete
  7. Fahri bulan ini udah imunisasi MR, faiz mo kuikutin jg katanya bulan depan. Eh g ngerti jadwalnya. Butuh update ke mbak2 bidan terdekat keknya

    ReplyDelete
  8. Kakges, mau coba kasih saran nih. Coba pake Noroid Lotion, kak. Buat kulit kering gitu. Biasa dokter kulit tempatku kerja ngeresepin itu. Yang pasti harganya lebih murah dibanding Cetaphil. Kalo gak salah beberapa asuransi masih ada yg ngecover noroid, ada juga yg gak ngecover.

    Btw, mau cerita juga. Beberapa hari yf lalu keponakanku di Semarang habis vaksin MR. Udahannya demam sampe 39 derajat. Temennya ada yg demam tp cuma sehari, keponakanku demam sampe 3 hari lebih. Mbak aku yg bingung. Tp aku udah jelasin juga sih itu bukan krn vaksinnya. Semoga gak kenapa2 yah keponakanku ☺

    ReplyDelete
  9. Hi Mba Ges, saya ngga tau apakah gatel-gatelnya Mba Ges sama dengan saya yang memang punya psoriasis.

    Tapi berdasarkan pengalaman berkelana dengan berbagai macam toiletries, saya cocoknya dengan produk bodytalk untuk badan (sabun, body balm, body scrub) dan shampoo yang paraben free. Produk bodytalk harganya memang lebih mahal dibanding produk biasa, tapi ngga semahal cetaphil, sebamed atau TBS.
    Aku juga sempet review soal sabun bodytalk di blog (lah kok jadi promo). Mungkin cocok juga di Kak Ges, karena ga bikin kering dan perih.


    Cheers

    ReplyDelete
  10. Semoga kalo memang alergi, cepet ketahuan pemicunya apa ya ges. Ngerti banget alergi yg bikin kulit gatel2 gt, krn dulu pas kecil akupun begitu. sD ding.. Itu menderita banget krn kulit jd ampun jeleknya, gatel ga tertahankan, tp ntah kenapa mnjelang smp ilang sih ges.

    Kalo ttg MR, aku ttp dukung kok, gt jg ortukum nereka mah ga terpengaruh ama berita2 ga bener begitu.. :)

    ReplyDelete
  11. Coba sabun ... Aduh aku luoa merk nya. Ini baunya bau lengkuas. Sabun oadat yang suka dipake anak-anak pesantren yg punyà penyakit gatel. So far murah Dan ampuh si di kulit keponakanku. Mama

    ReplyDelete
  12. Waaaaa subuh2 me time bacain blognya mba Gesi trus nemu post ini.

    Sumpe. Aku yg ga campaign abis2 an buat imunisasi MR aja gemets bgd pas baca2in di gesamun kok makin nyakbanyak buibu ragu2 MR gegara berita di media geblek. Udah nongol press release kemenkes eh masi aja banyak yg galau. Ih. Media sompret pancen. Makanya jd ikutan nylepetin org2 yg ngomyang ga jls di gesamun krn tkt imunisasi MR nanti lumpuh lah, sakit lah, malah jd campak lah. Hih.

    Semangat mba Gesi! We are on ur side 😘

    Tyus tyus.. yg ttg alergi.

    Hasilnya udah keluar yak? Aku nongton d instastory hahahaha.

    Tungau debu sama kerang?

    Hindarin aja mba tu pencetusnya.

    Anakku yg kecil, alerginya sungguh dahsyat. Dan kzl nya, alergennya dairy products utamanya. Bzzz bgd lah. Blm lg ayam. Seafood. Kacang2 an. Buanyak lah..

    Nah kl alergi gituh, bener bgd cetaphil manjur maakkk.. hrgnya ya manjur bikin bolong. Hahaha. Anakku malah diresepinnya yg lbh mehong lg. Mustela. Huhuhu.

    Dan aku pun alergian jg kek dirimu mba. Gatel2 gt smp ngebekas buluk..

    Tp trus aku jd belajar..
    1. Kuncinya org alergian tu daya tahan tubuh. Madu ngebantu bgt d aku n anakku. Kl daya tahan tubuh baik, lbh "kebal" sm alergen. Andai nongol gatel, ga bikin gila 😂

    2. Fish oil. Itu jg helpfull bgd mbaaa.. noah sm aku kan mostly manifestasinya d kulit ya. Nah fish oil tuh bgs bgd tyt bt org2 dermatitis atopi, psoriasis dsb

    3. Keep ur skin moisturized. Dg kulit ckp lembap n moist, jd nya lbh pny barrier ketika kena alergen. Nah kl ini, i can only say, merk apa aja ngaruh kl aku, ya tp kudu rutin pake. Tiap abis mandi lsg pake. Kl cuci tgn jg bistu pake hand cream.

    4. Lavender essential oil. Nah. Ini p3k ku bgt bt anakku n aku ketika gatel melanda. Merah ruam menyerang. Bruntus merambah *halah*. Aku pake young living lavender bt oles. 1 tetes lavender + 1 sdt evoo/vco murni, oles dah tu k bagian gatel2, dijamin lsg reda , ga lanjut lg, dan good news nya, jd ga korengan. Hahahaha. Agak mahal sih hrgnya. Tp ga sembangkrutin si set cetaphil ituh 😂


    Yailah panjang amat komenku 🙈

    Sehat2 selaluuuu mba Gesiiiii *titikduabintang*

    ReplyDelete
  13. wogh jadinya tungau, debu sama kerang toh?ini sama kayak sara, udah ke dokter berkali-kali, dikasih salep, dll sembuh terus gatel2 lagi. tiap keringetan dan makan seafood pasti begitu. tapi ga makan seafood juga gatal2. ngintip deh coment di postingan ini. jadi pingin nyobain yang lavender. so far, air mandi dikasih lactacyd baby/dettol/pk ngaruh sih di sara. plus lotion biar lembab jugak

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^