Tuesday, August 22, 2017

Cerita Ubii 5 Tahun


[Sponsored Post]

Flashback dikit yah. Sebelum Adit punya pekerjaan yang sekarang, kami lumayan pontang-panting dalam ikhtiar kesehatan Kakak Ubii. Beberapa hal memang bisa banget dicover BPJS. Tapi nggak semuanya. Obat-obatan sih bisa dicover BPJS.


Tapi kalau sifatnya 'cuman' vitamin atau suplemen dan semacamnya, biasanya susah. Kayak minyak ikan yang selalu diresepkan buat Kakak Ubii itu biasanya bayar sendiri. Kalau pasti ketelan sih nggak apa-apa. Tapi kalau hanya dilepeh kan huhuhuhu yah. Udah mahal, eh tapi mubazir. Padahal menurut dokter, minyak ikan baik untuk menunjang ikhtiar Kakak Ubii.

Btw, udah pernah makan minyak ikan belum? Bau dan rasa nya kan ada amis-amis nya gitu yah. Kakak Ubii sering nya emoh. 

Udah saya campur makanan atau air sirup gitu kadang dia masih ogah. Ya maklum sih. Soalnya pas saya cobain sendiri aja, saya juga malah eneg. Amis nya bener deh huh. Jadi yaaaaa mau maksa Kakak Ubii harus lhaplhep juga bagaimana mungkin, eta terangkanlah.


Dokter bilang, boleh kalau mau dicampur susu asalkan susu nya nggak panas. Hangat-hangat gitu lah, boleh. Saya udah coba juga trik dicampur susu. Tapi anaknya tetep nggak mau. Penasaran, saya cobain susu nya. Ternyata tetep ada sensasi rada amis gitu. Nggak tersamar total sama rasa susu.

Ingin kasih Kakak Ubii minyak ikan itu bukan sekedar kayak pengin kasih bakso. Nggak suka bakso yaudahlah, makan yang lain aja. Masih ada sayur bening, sayur asem, tempe, tahu, dan lain-lain. Kalau emang keukeuh pengin Kakak Ubii makan daging sapi tapi emoh bakso, okelah dagingnya disemur kecap aja. Banyak opsi jadi selaw.

Kalau minyak ikan? Butuh tapi bener-bener ogah padahal udah dicampur makanan dan minuman ini itu, gimana dong? Keukeuh kenapa sih? Soalnya manfaat nya banyak.  


Manfaat-manfaat nya emang diperlukan sama Kakak Ubii sih, I guess.

Kakak Ubii yang emang ada keterlambatan dalam proses pemahaman kan. Jadi manfaat meningkatkan funsgi kognisi nya cucok. Bisa nyehatin jantung juga penting buat Ubii secara dulu dia ada riwayat bocor jantung ringan. 

Makanya saya agak ngotot kasih minyak ikan buat Ubii sebenernya.

Jadi, solusinya apa?

Daripada tidak sama sekali, saya pilih solusi kasih minyak ikan dalam bentuk kandungan susu bubuk pertumbuhan vidoran Xmart 3+ Nutriplex yang memang ada minyak hati ikan kod nya.

Selain itu, vidoran Xmart 3+ Nutriplex juga punya kandungan inulin untuk kesehatan saluran cerna dan asam linoleat yang mendukung tumbuh kembang anak.

Dari segi harga, terjangkau sih menurut saya. Kemasan 750 gram harganya less than IDR 50K. 

Konsumsi kandungan minyak ikan nya dapet, minum susu nya juga dapet. Jadi pas buat saya pilih susu bubuk vidoran Xmart 3+ Nutriplex ini.

Ubii memang masih minum susu banget sampai sekarang. Dia susah minum air putih dan jus. Mau sih tapi sedikit sekali. Meanwhile, kebutuhan cairan Ubii kan harus terpenuhi. Jadi ya memang saya masih mengandalkan susu.


Banyak yang kayak mencibir saya mungkin yang kurang berusaha mengenalkan air putih dan jus. Capek loh kadang jelasin kondisi Ubii ke orang yang belum pernah lihat Ubii secara langsung. Dia itu belum bisa minum pakai gelas. Air putih dan jus dimasukkin dot juga yang disruput dikit banget. Disendokin sih bisa, tapi nggak bisa banyak. Baru kalau susu didotin, Ubii bisa minum banyak. Ya mau nggak mau, suka nggak suka, saya realistis dong kasih susu.

Tapi ya itu tadi sih, ngejar biar Ubii tetep bisa dapet konsumsi minyak ikan walaupun 'hanya' dari susu. Hehehe.


Kalau sama anak yang sehat-sehat aja, kita perlu adjust idealisme sama realita, apalagi sama anak yang berkebutuhan khusus. Makanya pola asuh saya ke Ubii dan Aiden rada beda. Misal yang kentara, kalau Aiden nangis, saya cenderung lebih tega membiarkan supaya dia nggak manja-manja amat. Kalau Ubii yang nangis merajuk, perlakuannya beda. Mostly perlu digendong sambil rada muter-muter biar Ubii tenang.

And here's some progress from Ubii yang sekarang sudah 5 tahun.

💜 Afeksi 💜

Makin bisa nunjukkin keinginan nya untuk nempel sama orang yang sudah sering dia lihat. Dia sudah bisa yang mendekati saya, menjulurkan tangan tanda minta digendong.


💭 Pemahaman 💭

Yang tergres dan bikin saya amazed adalah ini:

Ubii sekarang kalau malam suka beberapa kali mendekati saya yang sedang menyusui Aiden lalu ikut nempelin wajahnya ke arah payudara saya. Seolah-olah kayak dia mau ikut menyusu juga hahahaha. Padahal dia udah stop nenen sejak berapa tahun lalu kan.

Dan itu dia lakukan cuman kayak ngikut-ngikut Aiden doang. Saya sodorin beneran Ubii nya malah melengos. HUFFTTTT.


Tapi saya hepi lah. Berarti Ubii udah bisa mengamati dan menyadari sebuah habit lalu tergerak mengikuti. Yeay!


💃 Motorik Kasar 💃

Masih belajar berdiri sih. Tapi sekarang posisi nya udah makin mantap loh, Om Tante.


Kemarin progress berdiri Ubii sempat menurun pasca opname. Huhuhu.

Baca: Cerita Opname Anakku, Ubii, Karena Pneumonia

Makanya sekarang bisa kembali membaik lagi posisi berdiri nya, buat saya udah berkat banget.


👌 Motorik Halus 👌

Sekarang Ubii sudah lebih lancar mengarahkan makanan ke mulut nya dan mencoba untuk mengecap-ngecap makanan. Masih pilih-pilih makanan yang mau dia ambil sih. Tapi mengingat Ubii ini progress nya emang kecil-kecil, jadi hal sesederhana ini terasa mewah.

Ubii masih picky tertariknya ambil kripik-kripik dan ciki-ciki untuk diarahkan ke mulut dan dikecap-kecap. Kadang kalau ada temen yang lagi main ke rumah, mereka nanya, "Kok Ubii malah dikasih ciki-ciki an sik?"


Yawla... kan Ubii lagi belajar. Penginnya saya mah Ubii tertarik juga mengambil dan mengarahkan buah potong, sayur potong, atau apapun yang lebih menyehatkan ke mulut lalu diicip-icip sendiri. Tapi dia masih emoh-emoh beneran.

Masa harus jadi menghentikan proses belajarnya? Huhuhu.

Justru saya hepi sih. Ubii sudah bisa meraih dan mengambil kripik padahal kan bentuknya tipis gitu kan. Berarti motorik halusnya ada peningkatan. Yeay!


😛 Kekuatan / Keisengan / Apapun Itu, LOL 😛

Honestly saya nggak tahu ini namanya apa. Sekarang Ubii suka banget narik TV! Nggak tahu karena penasaran atau karena apa yah, kebetulan TV di rumah memang abis ganti karena yang lama udah soak. Apakah dia penasaran sama benda yang baru?

Penasaran lalu ... narik-narik TV nya sampai ... ketiban!

UBII KETIBAN TV astaga.

Amazed juga dia bisa narik secara TV yang sekarang lumayan besar. Untungnya ketiban juga nggak luka atau kenapa-kenapa. Soalnya beban TV nggak semua ditanggung Ubii. Di depan TV gitu kan ada semacam container dan kardus. Posisi Ubii saat narik itu adalah berlutut di belakang container.

Gini nih penampakan ukuran TV dan posisi kardus.


Yawla segitu bisa ditarik sampai jatuh. Tapi nggak ada fotonya yah. Mana kepikiran mau motoin. Hahaha.

Ubii nggak nangis sama sekali. Cuman wajahnya saat itu shocked berat. Ya iyalah, kami juga shocked kok dia bisa narik TV sampai ketiban. Lalu sekarang TV nya kami ikat ke teralis jendela. LOL.

Doakan semoga lekas ada progress lain menyusul yaaaaaa. Aminn.

***

Jadi sehari-hari yang bisa kami lakukan untuk ikhtiar kesehatan Ubii adalah: terapi, latihan di rumah, minum obat, makan yang bergizi, minum susu, dan tentunya ... doa minta dilancarin.

Sekarang Ubii sudah nggak minum susu vidoran Xmart 3+ Nutriplex lagi karena susu itu untuk anak dengan rentang usia 3 sampai 5 tahun aja. So sekarang Ubii naik pangkat ke susu vidoran Xmart 5+ hehehehe.


(((Minum susu ada naik pangkatnya))). LOL.


🎁 Mini Giveaway! 🎁

Anyway saya masih punya susu vidoran Xmart 3+ Nutriplex kemasan 750 gram rasa vanila yang baru dan belum dibuka nih. Dulu nyetok kebanyakan, masih ada sisa satu. Baru kok. Expired nya masih November 2018.

Ada yang kepengin cobain? Saya mau bagiin buat satu orang (karena cuman punya satu hahahaha).


Caranya gampil kok.

🎀 Tinggalin komentar, apa aja boleh komentarnya, dan cantumkan nama akun Instagram kamu yah.

🎀 Soalnya nanti bakal saya umumin lucky person nya di Instagram ajah biar bisa mention langsung.

Good luck!

Have a nice day, gengs!




Love,





58 comments:

  1. Ubii sama Aiden kembaran gitu bajunya. Lucuk!
    (ig: zaitunhakimiah)

    ReplyDelete
  2. tiap liat alis nya ubii bikin keki dehh..ughhh!! Hehehe
    (ig : purbosarimega)

    ReplyDelete
  3. Semangat ya Ubi,semoga setelah mantep berdirinya bisa segara jalan n lari,biar bisa gandengan sama udin,mami dan papi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn, thank you so much for the prayer, Mba

      Delete
  4. Lihat ini pengen minum susu juga.. campur sereal. 😆 nyumm..

    ReplyDelete
  5. Keep dulu infonya mami ubii sampai nanti Mukhlas udah tiga tahunan, dulu saya waktu SD minum minyak ikan juga tapi bentuknya syrup. Memang bagus untuk otak. Kakak Ubii dan Aiden kembaran bajunya, gemes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, minyak ikan banyak banget manfaatnya :)

      Delete
  6. Mami Ubii, mau donk Vidoran Xmartnya. Hari ini ini Faizah ultah yang ke-3 tahun dan mulai saya mau betul-betul hentikan ASInya,artinya udah pas banget tuh waktunya untuk cobain Vidoran Xmart itu ☺
    Instagramku @e_maronie.

    Btw, semoga Ubii sehat selalu yaa 😘
    Aiden juga, semoga makin lucuuu 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ulang tahun yang ke-3 ya, Faizah. Super late birthday greeting.

      Delete
  7. Wah tnyt manfaatnya minyak ikan banyak ya mb buat anak. Saya belum pernah coba, next kalau si kecil sudah 3 tahun :)

    Kak ubi, tetap semangat yaa..semoga sll sehat dan tumbuh kembangnya optimal, Aamiin

    IG: @RelitaAprisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess, minyak ikan banyak hal baiknya buat pertumbuhan dan perkembangan anak. Mancay yaahh.

      Delete
  8. Wah tnyt manfaatnya minyak ikan banyak ya mb buat anak. Saya belum pernah coba, next kalau si kecil sudah 3 tahun :)

    Kak ubi, tetap semangat yaa..semoga sll sehat dan tumbuh kembangnya optimal, Aamiin

    IG: @RelitaAprisa

    ReplyDelete
  9. Ternyata perkara minyak ikan ini sama ya, bikin keki. Karena butuh banget tapi anaknya ogah, huhuu. Pernah lho Ges pas minumin minyak ikan yang betuk kapsul transparan gitu, pecah soalnya digigit sama anakku. Amisnyaaaa, beneran pengen muntah *___*
    Kayaknya dikasih dalam bentuk susu gini bisa jadi solusi. Baru tau euy tentang Vidoran Xmart ini. Yaampun kemana aja xD.

    Instagram: @rotundf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaann. Makanya aku jadiin vidoran Xmart ini solusiku juga hahaha

      Delete
  10. Hai Ubii sayang, sehat selalu yaa. Semoga progress nya semakin banyak, semakin pintar.
    Kiss kiss dari tante ��

    IG: @asgardian0407

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn thank you tanteee, kiss kiss balik

      Delete
  11. Aku dulu pernah nyobain ke anak2, minyak ikan sirup, yg original mereka nggak mau, yg rasa jeruk baru mereka mau. Btw Ubii udah banyak kemajuan ya, ikut senang. Semangat! Sehat terus ya Ubii.

    ReplyDelete
  12. Semoga progress ubii lancar semua yak mami gesi, amiiinnn

    ReplyDelete
  13. Dulu sewaktu kecil aku sering dicekokin sirup minyak ikan emulsion itu tuh (yg rasa original) rasanya memang wuuaahh...
    Sekarang aku kok nggak kepikiran buat ngasih ke anakku ya, secara makannya anakku krg lap lep ... Jd pgn kasih minyak ikan jg ke anakku

    Ig: lik_nana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bagus loh minyak ikan, doc pun recommend

      Delete
  14. anakku juga ga doyan minyak ikan huhuhuuuu
    IG deby_anita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss, kita akalin pakai susu aja yuuukk

      Delete
  15. Baru tauu kalau kandungan minyak ikan kod ada dalam bentuk susu.. Rasa susunya gimana yaa mbak Ges, apa amis2 juga? Hehe.
    Brgkali rejekii, sptnya susu ini cocok utk ponakanku. Dia usia 4 tahun tp badannya keciil banget krn gak doyan makan. Semoga dgn konsumsi minyak ikan atau susu Vidoran, nafsu makannya bisa bertambah :) :)

    (ig: @ns_dessy)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nooope. Susu nya nggak amis sama sekali kok ^^

      Delete
  16. Semoga kakak ubii makin banyak kemajuan yaaa, semangat kakak Ubi!
    Bdw, minyak ikan emang super ga enak ya kak Ubi, pas hamil dulu tante disuruh minum minyak ikan juga, minumnya ditetesin di sendok trs dikasih susu, itu juga masih mau hoek. hahaa
    @diazputria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dicampur emang masih kerasa amisnya yah. Tapi kalo emang udah contained dalam susu gini, nggak kerasa amis loh

      Delete
  17. Cod Liver Oil emang penting bangt biasanya anakku minumnnya yang berbentuk vitamin sirup. Sekarang malah ada susu yg mengandung cod liver oil ya..asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, asik kan, jadi solusi gampang anak konsumsi minyak ikan yeayy

      Delete
  18. seneng baca blogny momy grace ngarep menang give away tp gak pernah masuk hehehe semoga momy grace selalu memberikan inspirasi stiap hari :D
    (ig: @nondlhalak)

    ReplyDelete
  19. bii ubii...kok makin hari selain makin pinter, jadi makin cantik juga ya? nggak faham difoto candid kok selalu ayu..kok aku nggak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya semua anak kalau difoto pasti kece, beda sama kita hahahahahaha #sigh

      Delete
  20. sebentar lagi saya udah punya anak mbak ... wah ini info yang sangat bermanfaat mbak :-)

    ReplyDelete
  21. aku dulu juga seneng makan minyak ikan
    eh tapi tetep gak mau makan
    efeknya baru kerasa pas udah renaja, ngabis-ngabisin makanan
    itu vidoran smart eksis banget dari jaman aku kecil juga dicekoki ibu minum itu
    putrinya lucu, semoga makin pinter mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih doanya dan makasih sudah mampir yaaa

      Delete
  22. Pengen dech dptin vidoran xmart ini. Bukan buat anakku sih karna anak msh 6 bln tp buat ponakan yg tiap hari sukanya mam nasi sm kerupuk disiram kecap. Barangkali vidoran xmart bisa nambah nafsu nafsu mkan dan tumbuh kembangnya nnti.... ig; vell_novell

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang keponakan, laff. Semoga makin pinter makannya si keponakan yaaa.

      Delete
  23. Anakku juga minum nih tapi yg susu uht cair nya. Suka banget dia yg rasa coklat. Btw mam, skrg anakku juga lg makin suka ngantuk gengsi lho kayak aiden.. ig anakku: @kaanasakho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha toss duluuuu mbaaa. Iya UHT nya juga laziz dah

      Delete
  24. Ubiiiii seneng liat ubi udah bisa berdiri mba. Dirimu yang kerja keras tapi kok aku yang merasa harus biru yaaaaa hihihi...

    Btw itu vidoran nya boleh di minum bumil gak mba?? Aku pun di paksa suami minum minyak ikan katanya biar dedeknya pinter. Aku kan tauuuu baunyaaaa ituuuuu aneeeeeh ����

    @curhatdecom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat anak nih susunya hihihi. Sehat-sehat selalu ya bumil :*

      Delete
  25. Selalu seneng tiap lihat ubii berproses,dan lebih seneng lagi lihat mami ubii tetap semangat dan ceria. Semangatmu itu awal dari semangatku dulu saat tau anakku gangguan dengar sangat berat �� tapi sekarang aku udah sekuat kamu kok mami, maturnuwun ya ��

    IG: BUTIK IZZAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih juga udah mau baca baca blogku mbaaa

      Delete
  26. Nice informasii bu Adit..yeaay..aku kebetulan lagi cari vitamin buat anak aku 14bulan tapi usianya..kira kira vidoran vitamin nya ada yang bisa untuk 14bulan gak yah bu? 😌😌
    (@nindya_dy)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada loh vidoran gummy bear, ucul pun bentuknyaaa

      Delete
  27. Hai Kakak Ubii, anak hebat dengan semangatnya yang luar biasa. Tium tium siniiiiiih.

    Seneng deh baca perkembangan Ubii yang makin banyak. Yeayy!!

    Ngomongin vitamin, suplemen atau apapun itu, anakku Alfath bahkan belum pernah dikasih vitamin apapun, huhu. Gak ada alasan khusus, lebih ke masih bingung harus kasih suplemen apa, dan so far dia makannya gak ribet (selama mood-nya terjaga) jadi aku milih main2 di menu makannya dia.

    PR-nya karena Alfath alergi dairy food dari bayi jadi skr dia blm terbiasa dg keju, cenderung gak suka malah, sukanya apa aja yg rasanya cokelat,kesehatan gigi jadi concern utama jg nih. Sering ada yg bilang Alfath kurus, intonasinya banyak yg gak ngenakin juga, haha. Tapi biarin deh kan mrk gak ngerti kondisi Alfath gimana, BB gak minus aja udah Alhamdulillah. Dokter bilang, anak dg alergi memang biasanya langsing2 tapi gak nutup kemungkinan bisa ngebut BB-nya saat udah remaja nanti, makanya dari skr asupan gizinya harus terpenuhi.

    Kayaknya harus coba Vidoran kayak Kakak Ubii nih, semogaaa ada efek positif, Amiiin.
    TFS Momi keren!

    @kacamata_hani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba vidoran nya, Alfath. Semoga cocok seperti Ubii yaaaa

      Delete
  28. Aku ngerti gmn amisnya minyak ikan itu. Kebayang dulu pas sd aku pun dicekokin itu ama papa ges. Dan jaman duluuuu msh si minyak ikan scott emuksion warna putih yg amisnya mantap jiwa -_-.. Kalo aku minum itu, hrs sedia jeruk ato mangga ato buah2nya yg rasanya bisa ngalahin si minyak ikan. Trs teh manis banget.. Kmudian muncul varian jeruknya, yg ttp aja amis wkwkwkwkwk.... Baru deh jaman skr ada yg wrnanya agak transparan, rasa jeruk dan amisnya ga ada :D. Kenapa ga dari dulu dia muncul :p. Sebel...

    ReplyDelete
  29. Liat kak ubii sekarang progressnya bagus banget ya mams...
    Aku dulu sempet ngikutin pas masih terapi pake alat yg di iket biar badan dan kakinya mau lurus itu...(sekarang udah riweh sama bocil sendiri,haha)
    Hebat kak ubii ih...semangat terus cantik...

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^