Tuesday, August 29, 2017

[FREEBIES] Sikat Gigi Yuk!


Ada nggak buibu yang anaknya rada susah diajak sikat gigi? Berarti saya nggak sendirian. Berarti saya ada temennya. Si Aiden nih, belakangan ini malah mulai susah diajak gosok gigi huh. Dulu sih nggak susah, karena dia masih yang nurut-nurut aja. Tinggal mangap lalu hap, masuk tangan saya untuk nyikatin giginya.


Sekarang, hampir 2 tahun, sudah punya mau sendiri. Sudah lancar banget bilang 'moh' atau 'mamau' yang artinya nggak mau. Sudah bisa nolak diajak sikat gigi. Pening pala Wulan Guritno. Jadi coba kasih kegiatan ini, siapa tahu membantu proses bujuk-rayu agar mau gosok gigi.

First of all. Saya sebenernya dulu juga malas sikat gigi. Alhasil gigi Gesi kecil jelek. Gupis-gupis sungguh suram. Setelah gigi susu Gesi kecil berganti jadi gigi tetap, saya masih aja malas sikat gigi rutin. Gigi saya jadi banyak bolongnya. Saya jadi langganan ke dentist untuk nambal gigi.

Puncaknya, saat kuliah. Ada gigi geraham atas yang bolongnya sudah bukan bolong lagi. Ini sudah level kroak gede dan kalau kumat sakitnya, ya ampun huhuhu sakit banget. Akhirnya dicabut karena udah wasalam.


Harusnya saya kapok. Harusnya. Tapi belum kapok. Belum tergerak untuk sikat gigi malam hari sebelum bobok. Saya baru mulai kebiasaan budiman sikat gigi sebelum tidur itu karena ... Adit.

Adit itu rajin banget sikat gigi. Tertib dan disiplin. Sebelum tidur, wajib sikat gigi. Awal-awal nikah sama dia, saya yang, "Ah rempong ah, males ah." Tapi lama-lama, ih malu masa suami sikat gigi sementara saya goler-goler krukupan selimut. Masa Adit aja bisa tertib tapi saya nggak bisa?

*anaknya nggak mau kalah*

Baca: Mengimbangi Suami

Akhirnya saya jadi rajin sikat gigi. Karena nggak mau kalah sama Adit aja. Sungguh aneh but it's real. Tapi ya nggak apa-apa lah ya. Yang penting hasilnya saya jadi rajin. Oke.

Saya ingin Aiden rajin sikat gigi itu lebih karena biar mulutnya nggak bau. Selain juga biar bersih tentunya. Apalagi kalau Aiden lagi batuk pilek kayak sekarang. Mulutnya bau banget. Nggak sikat gigi, makin bau lah.


Dan mulutnya penuh virus bakteri apalah itu karena kan batuk sering keluar riak. Jadi plis sikat gigilah, anakku.

Aiden itu sudah punya keinginan sendiri. Tapi, dia belum terlalu mengerti kalau dikasih tahu dengan omongan. Anaknya juga belum mengerti kalau diancam. Pernah saya ancam like, "Kalau nggak sikat gigi, nanti nggak nenen" atau "Kalau nggak gosok gigi, nggak boleh main mobil nemon (tomica motif Pikachu)" tapi dia cuman diam nggak bereaksi. Belum paham digertak. Huhu.

Baca: Berkata Tidak Pada Anak

Jadi saya coba jelasin mengapa sikat gigi itu penting dengan kegiatan ini: menyikat gambar gigi.

🎨 What we need: 🎨


🎨 Print out gambar gigi
🎨 Plastik file (aduh maaf saya nggak tahu ini namanya apa yang bener)
🎨 Spidol
🎨 Sikat gigi


💖 How to play: 💖

💖 Print gambar gigi.

💖 Masukkan ke plastik file.

💖 Gambari gigi dengan spidol, bisa gambar bentuk kuman atau kotoran atau apapun itu. Atau simply diurek-urek hahaha. Jadi ngegambarinnya di atas plastik file yah. Saya ajak Aiden coret-coret gambar gigi. Dia hepi di bagian ini. Sekalian main dengan spidol.


💖 Bersihkan 'kotoran' di gigi dengan sikat gigi. Karena 'kotoran' nya di atas plastik file, jadi bisa hilang dengan digosok.


Ini sekalian saya ngajarin Aiden untuk memegang sikat gigi dengan benar, karena emang dia belum terbiasa pegang sikat gigi.


Selama ini kami masih pakai sikat silikon yang dimasukkin ke jari itu loh. Kadang saya full yang megangin, kadang Aiden yang pegang dan saya ngarahin aja biar bisa sampai geraham dalem-dalem.

In case buibu mau ajak bocilnya berkegiatan ini tapi nggak sempat cari-cari gambar gigi, silakan download punya saya aja biar cepet.


Main sikat gigi gini untuk Aiden bertahan kurang lebih 5 menit doang. HAHAHAHAHA. Lalu anaknya kabur bersama hot wheels yang emang nangkring di meja juga. Yasudahlah. Bisa diulang terus cukup dengan print each gambar satu kali aja karena kan gambarnya di atas platik. Tetep irit. LOL.

Baca: Cool Parenting Nggak Harus Mahal Kok

Selamat mencoba yah. Semoga freebies printablenya bermanfaat. Colek-colek saya yah kalau cobain main sikat gigi ini. I will be sooooo happy! Mwah!


Have a nice Tuesday, gengs!




Love,







10 comments:

  1. makasih maa ubi, kebenerqn bgt butuh ini krn anaknya lg susah jg d ajak sikat gigi

    ReplyDelete
  2. Makasih yaa mamiubii..mau dicobain ke Kimika nih. Dia juga susah susah gampang disikat giginya. Tapi mesti mangap walo sebentar.

    ReplyDelete
  3. Wah, keren mami Ubii idenya. Izin pakai ya. Makasih.. Ditunggu freebies lainnya, tertanda.. Ibu pecinta gratisan nan tidak kreatif hehehe.

    ReplyDelete
  4. mami aiden so creative!! ^_^ saya juga niat nih ngajarin mukhlas untuk rajin sikat gigi nanti. Jangan kayak maknya ngeluh sakit gigi karena bolong-bolong giginya >,<

    ReplyDelete
  5. makasiiihh mami ubii dan aiden, pas bgt bgt waktunya, aq jg lg pusing mikirin sii anak ga mau sikat gigi, semoga cara ini berhasil, semangatt!!!!

    ditunggu freebies dan ide lainnya yaa mam..

    ^_^

    ReplyDelete
  6. Wah manteb nih tipsnya!... Aku padahal jarang sikat gigi!...
    Jadi mau gosok gggigi lagi!...

    ReplyDelete
  7. Nah, ini nih. Kemarin sempet bingung karena anak aku susah banget kalau sikat gigi. Cobain ah.

    ReplyDelete
  8. Sempat beberapa hari anak saya susah sikat giginya. Untung sekarang sudah mau lagi.

    ReplyDelete
  9. Akuuu kadang masih males gosok gigi. Kalo nggak ada rencana keluar rumah mungkin cuma sikat gigi pas mandi 😂 Waduh masa aku kayak Aiden? Tak boleh dong yaaa wkwk

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^