Monday, March 27, 2017

DIY Main Es Batu

Banyak banget ide permainan bersama balita yang bisa dibuat sendiri dan dilakukan di rumah. Salah satunya dengan es batu. Mudah, murah, dan anak-anak saya suka banget. Nyiapinnya juga nggak rempong sama sekali. Nah ini poin penting! πŸ˜†


Kelihatannya cuman begitu doang, tapi banyak jenis permainan yang bisa dilakukan loh. Siapin aja semalam sebelumnya. Lalu esok hari udah beku dan marilah main dengan riang gembira pakai es batu!

Malamnya, saya bikin es batu berwarna. Here's what you need:


πŸ’› Wadah

πŸ’› Air (boleh matang atau mentah, saya pakai air matang)

πŸ’› Pewarna makanan untuk mewarnai

πŸ’› Mainan-mainan kecil (saya pakai lego dan orang-orangan plastik)


Voila! Besoknya udah siap dimainkan.


Pas banget saat main ini tuh cuaca sedang bersahabat. Jadi kami main di taman aja. Wadah-wadah berisi es batunya saya letakkan di tampah plastik.

Untuk Ubii, dia senang dengan sensasi dingin nya. Jadi, Ubii pegang-pegang terus es batu nya tanpa risih. Abis itu dijilat-jilat, ditempel-tempelin ke mulut, kayaknya dia penasaran ada rasanya atau nggak.


Semangat banget sampai nunduk-nunduk masuk ke tampah.


Untuk Aiden, dia agak risih karena es batu nya dingin banget. Jadi megangnya sebatas nyolek aja lalu wajahnya kayak ewww gitu dan nggak pegang lama-lama.


Aiden lebih tertarik mengamati mainan-mainan kecil yang 'terperangkap' di dalam es. Ditungguin sama dia sampai es batunya mencair supaya dia bisa segera 'menyelamatkan' mainan-mainan kecil.

Tapi kan lelehnya juga nggak cepet. Jadi, sambil menunggu, dia berusaha mengeluarkan es batu dari wadah lalu dipeper-peperin di dalam tampah. Digerak-gerakkin kayak seolah-olah dia sedang main mobil-mobilan. Yaudah sana terserah. Hahaha.

Aiden kan bisa betah main es batu cukup lama karena lihat kakaknya. Dia kan anaknya ikut-ikutan banget. Jadi lihat Ubii kok masih asyik pegang-pegang es batu, dia mendekat lagi. Nanti minggir lagi, lalu mendekat lagi ikut pegang, gitu terus diulang-ulang.


Dan ikutan masuk ke tampah pun.


Sambil ngelap tangan nya yang basah ke ... rambut Ubii! ZZZ.


Beberapa jenis kegiatan yang bisa didapat dari main es batu ini:

πŸ’œ Mengenalkan warna. Kemarin saya pakai 3 warna: oranye, kuning, dan hijau. Mengenalkan warna nya juga bisa dari mainan-mainan kecil, ada warna biru, merah, dan kuning.

πŸ’œ Menghitung. Ada 5 wadah es batu, jadi berhitung 1 sampai 5. Aiden sih belum. Saya cuman sebut-sebut aja satuuuu, duaaaa, tigaaaa, empaaatt, limaaaa.

πŸ’œ Imajinasi. Terbukti Aiden berimajinasi menjadikan es batu sebagai mobil-mobilan. Plus, dia juga semangat mainin wadahnya. Dideketin mulut sambil ngomong "waa waaa waa" entah apa maksudnya.


Kemarin ini cuman saya isi mainan yang gampang banget dipegang. Next saya mau coba isi dengan waterbeads ah. Hehehe. 





Love,







12 comments:

  1. cuteness overload ubii aiden!

    ReplyDelete
  2. Aiden lucu banget ya ampun, emesh emesh pengin nyimpol terus cium mumumuuuuu
    Alhamdulillah ya Ges anak2 suka, idenya bagus bisa diterapkan juga saMA kENZO nih

    ReplyDelete
  3. Aideeeen pengen nyubit pipinya deh, lucu banget.

    ReplyDelete
  4. Laaah... itu Aiden pipinya kayak bakpao... gemessshh... :D

    ReplyDelete
  5. Ubie akrab banget sama adenya, so sweet. kalau main es batu pastinya lgs dimakan ya kalau anak-anak

    ReplyDelete
  6. Anakku juga suka banget mainan gini. Dia dilibatkan juga pas buat es batunya ^^
    Murah meriah :)

    ReplyDelete
  7. whuaaahh keren nih idenya *maafudik saya masih tinggal sama mertua jadi masih mikir kalau mau main anehaneh gitu, hiks, *note dulu deh, ntar kalo udah semepet bisa bikin. tnx

    ReplyDelete
  8. Wah kreatif ya mam. Terima ksih idenya.jadi pengen bikin juga buat anakku nnti 😍

    ReplyDelete
  9. Sederhana tapi hepi luar biasa yaaaah 😍

    ReplyDelete
  10. ada aja deh idenya mami Ubii buat mainan anak2..
    beda ya cara main anak laki dan perempuan..
    gemes deh liat muka jailnya Aiden ngelap tangan basah ke rambuy kakak Ubii

    ReplyDelete
  11. Aku ngakak pas liat aiden ngelap tangannya yg bsah ke ubii wkwkwkwkw... Aiden gemesiiinnn :D. Coba ah aku mw bikin ini juga ntr.. Pgn tau reaksi bobski megang es :p. Soalnya dia hobi bener buka kulkas.. Trs ngademin bdnnya di depan kulkas.. Blm bisa buka sendiri sih, slalu mnta bantuan babysitternya :D

    ReplyDelete
  12. μ—λ³Όλ£¨μ…˜μ ‘μ† λ¨ΉνŠ€κ²€μ¦ μ•ˆμ „λ…Έλ¦¬ν„° go

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^