Monday, July 11, 2016

DIY Color Sorting dengan Stik Es Krim

Saat ini di kelas okupasi terapinya, Kakak Ubii sedang belajar memasukkan donat ring ke tiangnya. Tau kan donat ring? Itu mainan sepanjang masa banget. Mau versi murah banyak banget, versi mahal di ELC dan lain-lain juga banyak. Donat ring itu banyak banget manfaatnya. Bisa untuk latihan memasukkan-mengeluarkan (menggenggam, motorik halus), mengenal warna, berhitung, dan lain-lain.

Adik Aiden belakangan ini suka ngintilin kakaknya beraktivitas. Kakak Ubii ke mana, Adik Aiden mengekor. Kakak Ubii pegang mainan atau barang ini, Adik Aiden ikut penasaran terus pegang juga. Well, merampas sih, lebih tepatnya. LOL.


So, I thought, let's make something yang sesuai dengan pelajaran Kakak Ubii di kelas okupasi terapinya dan sekaligus bisa untuk main Adik Aiden juga: DIY Color Sorting dengan Stik Es Krim.

DIY color sorting yang saya bikin kali ini juga akan membuat Kakak Ubii berlatih memasukkan stik es krim ke lubang. Ada elemen warna hanya untuk tambahan pengenalan warna aja. Tapi, untuk Kakak Ubii dan Adik Aiden saat ini, kayaknya tugas utamanya lebih ke memasukkan stik es krim ke lubang.

Kenapa pakai stik es krim? Karena ndilalah itu yang sedang ada di rumah. Hehehe.

Let's go!

Bahan:
  • Stik es krim
  • Kardus bekas (Saya pakai kardus bekas biskuit bayi)
  • Kertas kado
  • Selotip
  • Cat air dan kuas
  • Gunting
  • Pisau/cutter

Langkah-langkah:
  1. Warnai dulu stik es krimnya dengan cat air lalu dijemur. 
  2. Sambil menunggu kering, bungkus kardus bekas pakai kertas kado. Yang saya pakai bagian putihnya. Mau pakai kertas lain untuk membungkus juga bisa. 
  3. Lubangi kardus sebanyak stik es krim. Besarnya lubang mau seberapa, sesuaikan saja. Kalau punya saya, memang sengaja saya bikin agak longgar supaya anak-anak nggak kesulitan memasukkan dan mengepaskan stik es krim ke lubang. 
  4. Beri warna di pinggiran lubang sesuai warna stik es krim. Saya pakai cat air sekalian. Tapi bisa juga kalau mau pakai krayon atau yang lainnya. 
  5. Tunggu sampai kering (karena saya pakai cat air).
  6. Voila! Done! 

Saatnya eksekusi dan trial deh. 

Untuk kegiatan ini, ternyata Kakak Ubii lebih tertarik daripada Cimol Aiden. Mungkin (mungkin loh ya), Kakak Ubii teringat sesi belajarnya di kelas okupasi terapi. Jadi dia berusaha mengambil/menarik stik es krim dari lubang lalu berusaha memasukkan lagi, meskipun belum lancar dan masih suka luput. Hehehe.


Adik Aiden, ternyata nggak begitu minat. Tadi memang saya cobainnya sebelum jam tidur sih karena ndilalah dia sudah keburu pegang-pegang mainan ini duluan. Tapi dia lebih tertarik mainin stik es krimnya. Jadi untuk Aiden, kegiatannya hanya saya sebutkan saja warna-warna stik es krim yang kebetulan dia pegang. No pressure, no target at all.


Percobaan selanjutnya ke Adik Aiden, dia sudah lebih on. Belum ngeh untuk memasukkan sih. Jadi kegiatannya, saya yang memasukkan stik es krim ke lubang dan dia yang mengeluarkan. Saya masukkan semua, Adik Aiden keluarin satu-satu. Gitu terus berulang-ulang. Lumayan juga sih untuk dia belajar nge-grab benda berbentuk pipih.


Saat saya iseng menyembunyikan semua stik es krim di balik badan saya, Adik Aiden keliatan bingung dan mencari-cari stik es krimnya. Dia ngeliatin kotaknya lama banget, dibolak-balik, nyariin stik-stik es krimnya. 


Oh ya, proses bikin DIY color sorting dengan stik es krim ini super cepat. Nggak sampai 1 jam juga sudah jadi kok. Kebetulan saya bikinnya siang-siang pas anak-anak tidur dan matahari kemarin pas terik-teriknya. Jadi waktu untuk menjemur sampai kering juga kilat. Pokoknya nggak makan waktu deh bikin ini. Cobain deh dan buktikan sendiri. :))

So, that's pretty much all about mainan DIY color sorting dari stik es krim kali ini yah. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Ada ide lain untuk bikin kegiatan anak DIY? Share yuk. I would love to hear (or read) some of your ideas!


^____^




Love,




11 comments:

  1. Bikin aaaaahh, makasih idenya Mami Ubii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget bikinnya, selamat mencoba mba April 😚😚😚

      Delete
  2. Anak kecil memang begitu ya, apa yang dilakukan kakaknya pengen ikut juga, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa banget. Ngintilan, ngekoran. Gempor emaknya 😂

      Delete
  3. gemeees gemeees gemeees bgt liat ubii :D..apalagi kalo lg ketawa gitu :).. trs kalo mainan yg dia pegang direbut ama adek aiden, kaka ubiinya gimana mbak ? marah, nangis ato ngerebut balik :D?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubii masih diem aja, Mba.. :'')) belum gitu paham sih.. Huhu. Doain yaaa ^^

      Delete
  4. dengan alat sederhana banyak hal yang bisa dipelajari anak-anak ay mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sederhana dan.... Murceeeee! Hahahaha *emak lagi ngirit*

      Delete
  5. Wah coba bikin buat Aiman, makasih Mbak tipsnya.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...