Tuesday, August 1, 2017

That Kinda Challenge Called Toilet Training

Jadi, Aiden sekarang 22 bulan dan belum bisa buang hajat pada tempat nya. Anak siapa yang juga belum bisa? Sini kita ketawa sama-sama. HAHAHA! Well, mungkin menurut Aiden, dia buang hajat sudah pada tempat nya sih karena dia mengasosiasikan popok sebagai tempat buang hajat. Ew.


Sebenarnya saya udah berusaha mengarahkan dia untuk pup nggak di popok dengan beliin potty beraneka macam bentuk. Well, cuma 3 macam deng. Hahaha. Tapi tetep masih belum sukses. Apa usaha saya yang kurang kuat? LOL.

Potty pertama adalah model potty seat.


You know, yang diattach ke dudukan kloset dewasa gitu loh. Menurut saya warna nya udah ceria. Ada motifnya pun yang khas anak-anak. Tapi Aiden kalau diajak duduk di situ selalu emoh.

Sekarang potty seat itu hanya nganggur. Belum pernah berfungsi sebagaimanamestinya. Untung beli yang nggak mahal. Hahaha. Itungan.

Potty kedua adalah model pispot.


Ini kalau mama saya dulu ngomongnya pispot. Kali ini lebih menarik, saya yaqin. Soalnya bentuknya mobil dan warnanya merah. Aiden itu suka banget sama mobil. Mobil dan masak-masakkan are the 2 things that Aiden loves so much. Harusnya sudah cukup inviting untuk bikin Aiden duduk di situ dan buang hajat kan?

Tetot salah. Aiden tetap ogah.

Iya, Aiden mau duduk di atas pispot mobil. Tapi buat mainan doang. Pura-puranya dia sedang naik mobil. Bukan untuk pupup. Kadang malah dimaininnya dijadiin topi segala astaga.

Potty ketiga adalah model kursi yang ada lubang pupnya. Saya nggak ngerti ini disebut apa. But this is how it looks:


Warna pink karena ini lungsuran Kakak Ubii sih. Hehehe.

Harusnya enak kan pupup di potty ketiga ini. Bisa sambil duduk leyeh-leyeh lalu makplung. Pup keluar. Selesai urusan. Mari kita cebok dan keringkan pantat. Fin.

Tetot lagi. Aiden masih aja nggak mau.

Mau duduk tapi buat mainan doang. Atau kadang malah dinaik-naikin lalu kakinya nyemplung di bolongan dan dia tertawa bahagia.

HAHAHAHAHA SO FAIL.


Jadi, kenapa masih belum berhasil?

Kalau saya analisa, alah gaya banget (((ANALISA))), hahaha, it's simply because Aiden belum siap aja.

Mungkin itu jawaban yang terpikir untuk melegakan hati saya juga, I don't know. But here's the thing:

Aiden itu MAU kalau pipis diarahkan ke toilet / tidak di celana.

Jadi kalau di rumah, sudah sering banget saya nggak pakein Aiden popok, kecuali kalau mau bobok malam ya. Nah itu emang masih selalu pakai.

Sisa nya, nggak pakai. Jam 3-4 an sore gitu Aiden biasanya sudah dijemput dari daycare. Lalu agenda nya main bebas muterin komplek. Begitu pulang dari daycare, popok Aiden selalu saya lepas. Jadi celanaan doang biasa.

Kalau dia kebelet pipis, dia sudah bisa pegang-pegang penis nya.

Baca: Pendidikan Seks Di Usia Dini, Yay Or Nay?

Kode kalau kebelet pipis. Sekarang Aiden malah sudah bisa bilang pipis, jadi makin jelas lagi kode harus diajak ke toilet. Kadang berhasil, bisa dibawa ke toilet lalu cuuurrr pipis. Kadang dia pipis di celana duluan baru bilang pipis. Hahaha.

Beda kalau pup.

Kalau Aiden ngerasa ada tanda-tanda dia kebelet pup, dia minta dipakein popok.
...
...
...
...

Sekarang Aiden sudah bisa bilang popok pun. Jadi makin ngotot gitu kalau minta dipakein.


Setelah dipakein popok, dia akan ngibrit. Cari lokasi tenang dan sendirian. Mojok. Berpegangan pada sesuatu, entah kasur, kursi, bean bag, etc, lalu agak membungkukkan badan dan ngeden.

Baca: Review Bean Bag Informa

Begitulah cara Aiden pup.

Kalau udah kelar, dia akan mendekati entah saya atau nanny, anyone near him, bilang, "Bau bau, jijik" yang artinya minta dicebokin.

Pernah ya saya nggak menuruti Aiden untuk memakaikan popok saat dia kebelet pup. There were 2 results:

😂 Pup di celana pada akhirnya karena udah nggak tertahankan banget. Jadi pup nya nggelinding dari celana ke lantai. Aiden tampak shocked berat gitu. Hahahaha. Suer wajahnya lucu banget. Ini saya nulis part ini sambil nostalgia momen itu aja saya masih bisa ketawa inget mimik wajahnya. Abis itu dia nangis girap-girap beneran jijik liat pup di lantai dan jijik karena kaki nya kan kena celepretan pup yang nggelinding.


😂 Begitu dia tanda-tanda mau pup, saya lepas celananya dan saya ajak duduk di potty. Bertahan mau duduk hanya 10 detik kali deh. Nggak lama lah pokoknya. Abis itu minggir main-main. Lalu saya ajak duduk di potty lagi. 10 detik-an doang lagi. Lalu nyingkir main-main. Gitu aja terus sampai akhirnya tidak jadi pup sampai besok!

Yang terakhir itu posisinya pagi abis sarapan. Lalu berangkat ke daycare. Saat jemput, saya tanya ke miss nya Aiden pup nggak seharian. Miss jawab belum pup. Then, sore sampai malam itu di rumah juga nggak pup sama sekali. Besok nya baru pup, di daycare.

Baca: Mengapa Daycare?

And I was wondering, "Oh bisa ya pup masuk ke dalam lagi batal keluar dan batal kebelet?"

Lha ternyata bisa ya ... ... ...

Jadi yang udah saya coba adalah:

🚽 Menyediakan potty aneka rupa. Tiga doang sih.

🚽 Coba pakein training pants.

🚽 Kasih contoh buang hajat itu di toilet lewat buku cerita yang lucu banget. Ada bunyi toilet flush nya pun!


🚽 Rutin mengajak dan menyemangati Aiden pup di toilet.

🚽 Mendoktrin Aiden, "Kalau pup di kamar mandi aja yuk. Sama kayak Mami dan Papi."

🚽 Mengapresiasi kalau Aiden tampak akan mau (yang ternyata saya kecele wong dia ogah).

Ternyata belum berhasil juga. Maka kembali lah saya pada kesimpulan: Aiden belum siap aja kali. Nanti juga pasti ada waktunya sendiri dia buang hajat di toilet.

END.

Mami akhirnya tenang.

HAHAHAHA.

Maap ya nggak ada tips yang bisa saya kasih wong toilet training Aiden belum berhasil. Kapan-kapan yang entah kapan kalau sudah berhasil, pasti deh saya jembreng trik nya. So until that moment comes, be patient!

LOL.

Anak kalian gimana toilet training nya? Bisa dengan mudah nya tanpa drama atau ada cerita lucu juga kayak Aiden? Share dooonngg..



Love,





21 comments:

  1. heuheu lucuu banget ini ceritanya, toilet training emg pe-er mami ubi, aq pun blm berhasil wl anak sudah 3 tahun, terutama yg pup, kl pipis sudah bisa di antisipasi dg tiap jam ngajak ke toilet, jd gak pipis di celana lg, tapi kdg suka mls ngajakain ke toilet atau lupa,, hehehe tp dia udah tau pipis itu di toilet bukan di celana atau pampers.

    ReplyDelete
  2. Sama Ges, saya juga awalnya beliin itu alas duduk warna-warni buat dipasang di toilet beneran, eh anaknya emoh. Untungnya saya gak tergoda beliin pispot karena mikirnya di rumah ada pispot dari logam, untuk orang pup di Rumah Sakit itu huehehe.
    Awalnya (usia setahunan lebih) Ziqri memang sudah gak pakai popok siang hari, karena saya perhatikan popoknya sudah sering kering dan baru pipis waktu di buka popok dan celana terus di ajak pipis.
    Selama gak pakai popok, untuk pipis kodenya gampang karena begitu megang tiitit langsung di bawa ke toilet dan biarkan pipis di lantai kamar mandi. Pup masih sering kebablasan (eeww). Lama2 saya perhatikan kalau anaknya udah diem2 aja dengan mimik wajah aneh, langsung saya gotong ke toilet juga. Sejauh ini berhasil! Ziqri pup di lantai kamar mandi sampai baru2 ini (2,5 tahunan) bisa di bujuk pup di toiletnya dengan alas tadi. Saya selalu memuji2 kalau pupnya sukses di toilet (atau lantai kamar mandi, soalnya lebih gampang dibersihkan dibanding di ruangan rumah lain kan) dan 'diomelin' kalau ga berhasil nahan terus keburu jackpot dengan bilang "tu kan, lantai jadi kotor, ibu jadi repot, dsb".
    Alhamdulillah sejak rutin di bawa ke toilet + sounding2 gitu, usia 2thn10bln Ziqri benar2 lepas popok 24 jam :) Ada sih sekali duakali masih ngompol.
    Semangat terus potty trainingnya Aiden. Kalau sudah lewat ini paling melegakan maminya lho huehheehee

    ReplyDelete
  3. Anak saya mau satu tahun , udah rencana mau mulai toilet training, agak deg2an juga mau mulainya hihi..

    ReplyDelete
  4. Anak saya mau satu tahun , udah rencana mau mulai toilet training, agak deg2an juga mau mulainya hihi..

    ReplyDelete
  5. Sama bgt mbak. Anakku cowok jg umurnya skrg 23 bulan. Kalo pipis dia jg udah bisa bilang n pasti keluar. Tp kalo pup belum bisa di tempatnya. Persis Aiden. Dia bilang "buk, eek" ku ajak ke wc & dia jongkok di wc pun tetap gak keluar mbak. Heran jg aku. Kalo di celaba bisa keluar sampe "tutuk". Kutunggu ya mbak tips buat TT😉

    ReplyDelete
  6. anakku 19 bulan.. untuk pup sih dari setaun udah bs di toilet.. tanpa potty atau pispot krn emaknya jijikan... walaupun sekali dua kali ada laaah pup di pampers atau bahkan lg mandi gelinding gt aja.. kalo pipis masih susah.. kalo liat pampersnya kering baru aku suruh pipis di toilet... kalo bangun tidur sih beberapa kali bs dia tahan semaleman.. mungkin dia udah ready tp emaknya yg ga ready kalo sampe dia pipis kena sofa kasur dll jd smp skrg ya baru telaten pup di toilet aja.. semangat aiden!!

    ReplyDelete
  7. Semangat aiden..
    Anak ku dua2 nya lulus toilet trainning umur 18 bulan, tp skrg yg kedua masih blum berhasil WWL padahal umurnya 2,5 tahun

    Seneng deh baca tulisan mami ubi, keep writing ya mami ubi

    ReplyDelete
  8. Andra dari 1 thn udah aku beliin yg model potty seat
    Awal2 dicoba, beuuhh... Nangis2
    Takut anaknya kapok, yaudah mama nya ngalah, akhirnya nganggur potty nya
    Pernah sekali pas mau ngeden aku dudukin ke potty seat, bisa donk... Tp dikit bgt yg keluar, entah gak jd keluar atau emang sgtu doank, tp bsknya jg malah gak pup, mirip aiden
    Skrg 1,5 thn, bangun tdr sampai mau tdr lagi mulai aku pakaiin training pants, tp msh kecolongan kl pipis
    Tiap 1 jam aku ajak ke toilet tp malah gak pipis, nangis2, begitu pakai pants nya pipis donk 😓 (sedih mama ndra)
    Gara2 kmrn diare, jd pakai diapers lagi sampai skrg
    Perjuangan masih blm berakhir
    Semangat mommy geci!!!! Aiden kamu bisaa!!

    ReplyDelete
  9. Zhaf sudah bisa pee sejak mulai ngomg sih ya, sekitar 15 bulanan kalo ngga salah. Jadi ngga pakai popok setelah bangun tidur di pagi hari. Yang tetap masih pakai popok tidur siang dan tidur malam. Selepas bangun ya ngga pakai langsung ke kamar mandi utk pee.
    Kalau pup sih, biasanya kalo udah tanda2 jongkok terus muka mulai merah dan ngeden beberapa saat baru kuangkut ke kloset pakai dudukan kloset dia. Ya beberapa kali sukses. Tapi belum 100 persen sih. Kadang dia udah mau pup, aku keburu-buru angkut, sampai kamar mandi yang ada malah mainan airlah,gayung, segala macem dipegang lalu musnah itu hasrat ingin pup😩😅. Oiya, semisal zhaf pup di popok, aku selalu buang pup nya ke kloset lalu aku flush sambil aku sounding kalo pup di kamar mandi terus bisa kita flush itu pup. Hahaha.. Semoga ia paham deh ya. Yaaaa yg kulakukan biar zhaf pup di kamar mandi adalah nunggu anak bener2 ngeden beberapa saat sambil memastikan itu pup setengah keluar baru angkut😁. Mari sama2 berjuang ya gesi dan aiden hehehe.. Semoga bisa totally di kamar mandi deh hehehe..

    ReplyDelete
  10. Pelan2 aja mom ges..anakku 3 taon baru berhasil potty trainingnya..awalnya setiap dy mau bilang klo mau pipis or pup sy kasi reward..misal dy bole makas es krim..pernah seharian pipis bilang dan oup d kamar mandi langsung diajak papanya beli mainan..lama2 dy terbiasa klo pipis bilang abis itu kita semangatin dan puji anaknya jadi happy..klo soal pup tiap masuk kmr mandi ato uda mulai jongkok2 kita tanyain mau pup apa engga..klo ga mau ya uda..klo dipaksa makin anaknya ga mau pup kadang malah di tahan2 ato uda ngambek duluan..skrg uda mulai tau klo pup d kamar mandi..walaupun kadang masi kebobolan pup di training pants..gut luck mom ges..kesiapan anak2 emg masing2 ya.ga bisa disama2in sama nak laennya..hehehe

    ReplyDelete
  11. Aaaahhh toilet training itu sngguh masa yg capeeeekk buat mamanya hahaha
    Semangaaaatttt gess! Aku wktu TT nya kakak berubah jdi monster mengerikan yg ngomeeelll panjaaanggg lebar kl dia pupup smbarangan,, why? Bcz ad adeknya jga yg lg lasak2ny merangkak tkt dong kl smpe tu kotoran kepegang adek..hiuuyyy jijaaaaayyy
    Jgn bosen sounding gess! Semangaaaaaaat

    ReplyDelete
  12. kalau anakku kebalikannya gesi, kalau pup suka bilang, dan mau d ajak ke toilet, tapi ya gitu jongkoknya dilantai, gak mau dikloset, sudah d belikan potty juga tapi gak mau pake :(, tapi kl masalah pipis.dia suka keluar duluan baru bilang kl pipis, jadi aku akalin tiap jam di tatur (diajak ke toilet buat pipis) kalau ibunya lupa gak natur, ya sudah wassalam, bleber kemana2 :D

    ReplyDelete
  13. Aisyah biasa pake clodi, jd dy merasa risih sendiri pas umur setahun udh mulai toilet training. Klo pup mlh tergolong mudah sih krn keliatan dy mw pup. Yang susah itu biasain dia pipis. Tahu2 amber, smp dlu klo ada air dikit di lantai aku parno bgt tkt pipis. Dan pegel bgt hrs ngepel hampir tiap bbrp jam :D

    ReplyDelete
  14. Wkwkwkwkwkwkw... Geeees, aku lgs ngakak gitu baca aiden pup yg ngegelinding hahahahaha.. Kebayang bgt mukanya :D. Ah, akupun kalo toilet trg utk bobski msh blm lulus kok :p. Dibawa santai ajalah.. Tunggu dia siap juga ges :D

    ReplyDelete
  15. Hihhiiii...
    Ngakak-ngikik ngebayangin ekspresi shock Aiden itu.
    Aduuuh, Mbak. Bisa aja nyeritainnya.

    Good luck ya, toilet trainingnya Cimol. Semoga segera berhasil dan jadi blogpost tips. *Yeaayyy

    ReplyDelete
  16. Hahahaha ngakak banget baca post ini.
    Kalau aku dulu mulai dari pakein N celana doang pas di rumah, start umur 1 tahunan. Tapi ga ajarin bilang pipis atau pup juga, cuma biar dia ngerti kalau pipis di celana (tidak pada tempatnya) itu ga nyaman. Lalu tiap kali dia pipis di celana, langsung aku bilas di kamar mandi sambil bilang kalah pipis di kamar mandi ya.. Lama2 N bisa bilang kalau mau pup, itupun awal2 pas nongkrong di kloset ga keluar2 pupnya. Akhirnya sambil aku ajak ngobrol atau baca buku, eh keluar deh. Disorakin biar dia seneng. Lalu setelah itu mulai dia ga mau pipis di diapers pas lagi pergi, maunya di toilet. Pas umur 2,5 tahun horee N berhasil lepas diapers! It was a looong and tiring journey but totally worth it.
    Semangaatt ya mami! Kalau sudah waktunya Aiden, pasti dilancarkan..

    ReplyDelete
  17. Jadi inget perjalanan potty training anak saya. Iya kuncinya emang kesiapan anak dan kesabaran orangtua nunggu anaknya siap. Dulu saya pikir wong pup aja kok nunggu anaknya harus siap, makanya saya agak memaksakan kehendak juga pake potty, training pants, sugesti ke anak, sampe marah-marah gegara anaknya tetep ngompol ga dipakein diapers. Akhirnya memang si anak harus benar-benar siap dan voilaaa...tanpa disuruh tiba-tiba dia bilang mau pipis, mau pup di kamarmandi dan nolak dipakein diapers. Oiya, awalnya saya wanti-wanti sama dia, kalo pipis bilang ya dek..dan bener aja dia bilang kalo pipis, tapi udah pipis di celana dan ngewer kemana-mana hahahaaa...trus saya ganti kata-katanya, dek kalo kebelet pipis bilang ya, kita pipis di potty. Eh, beneran dia bilang pas kebelet pipis. Anak-anak emang pintar ya hahaaa... Jangan spaneng mom gesi, semua akan indah pada waktunya :-) siapkan aja stok sabar sebanyak-banyaknya. Salam...

    ReplyDelete
  18. Halo mba grace. Udah lama sy jadi pembaca blog mamiubii.. tp baru sekarang ikut komen. Dulu sy semangat nge potty train anak pertama.. jd dari awal sy beliin toilet kecil kaya yg tipe no 3 nya mba gessy. Gagal.. pertama kali disuruh pup disitu keluar, tapi dia kayanya ga nyaman dan jadi takut dan setelah itu beneran ga mau. Y sudah nganggur deh tuh toilet kecil. Pas anak kedua dicoba lagi, juga ga mau. Ntah kenapa saya ngeliatnya mereka berdua tuh takut didudukin di situ. Mereka akhirnya lebih nyaman jongkok di toilet jongkok. Wkwk. Mungkin krn alaminya emang posisi pup paling enak itu jongkok kali ya.

    Btw, sy pernah nulis hal seputar toilet training (sebenernya lebih ke arah anak yg susah/nahan pup).. tapi mungkin ada tips yg bisa diterapin ke aiden.

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1302622593123816&substory_index=0&id=1131829076869836

    Pesen saya sih, jangan dipaksa mba. Bener kata mba, mungkin anaknya belum siap. Jadi woles aja. Sy ke anak pertama agak terlalu keras soal ini yang justru kayanya jadi salah satu faktor dia dulu susah pup :'(

    ReplyDelete
  19. Ngakak banget baca bagian "celepretan eek"..hahhahahaha..sukka bgt baca diari mba ges dgn bahasaa yg apa adanyaa smangatt buuuu

    ReplyDelete
  20. Experience must be one of the main measures while picking the right plumber.
    drain cleaning

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^