Tuesday, March 13, 2018

Aiden Boleh Makan Permen, Asalkan...

[Sponsored Post]

Tahun lalu, saya pernah bikin postingan tentang plus minus menitipkan anak di daycare. Belakangan ini, kerasa satu lagi challenge nya, yaitu Aiden jadi lebih gampang kenal aneka snack model ciki-ciki an dan permen. 



Kalau di rumah, apa yang dikonsumsi Aiden itu kan saya yang memilih dan membelikan. Di daycare rada beda ya. Aiden bisa liat temennya makan apa dan bisa ikut kepengin juga (lalu cobain dan pengin lagi lol). Boleh nggak sih Aiden makan permen kalau buat saya?

First of all, saya bukan ibu yang saklek-saklek amat yang nggak bolehin anaknya makan snack jajanan. Temen-temen yang udah sering baca blog ini, mungkin juga udah pada nangkep kesan itu yah. Snack yang biasanya saya beli itu semacam wafer, chips, dan coklat lunak yang ada bonus mainannya itu loh.

To be honest, saya belum pernah lebih dulu ngasih permen ke Aiden.

Suatu hari, Aiden pernah tantrum banget bilang minta 'emen capi' ― Udah bisa nebak sih 'emen' itu kemungkinan besar kayaknya kok permen. 'Capi' sih biasanya sapi. Tapi saya masih mikir kemungkinan lain soalnya saya ngerasa belum pernah mengenalkan permen ke Aiden.

Baca: Temper Tantrum Aiden (2 Tahun)

Ternyata maksudnya emang bener permen. Besoknya saya ajak Aiden ke minimarket beli popok, dia belok sendiri ke rak permen dan nunjuk permen Pindy Susu yang emang ada gambar sapi naik balon udara gitu. Pindy Susu ini permen chewy yang lunak btw dan berasa susu, pantesan Aiden doyan.


Baca: Tempat Belanja Susu dan Popok Termurah

Saya nggak bermaksud nyalahin daycare sama sekali yah. Ini missed di saya karena saya emang belum pernah secara eksplisit berpesan ke para Miss pengajar dan pengasuh untuk nggak boleh ngasih permen ke Aiden. 

Daycare Aiden itu banyak ngajarin positive values, salah satunya tentang sharing. Jadi, biasanya kalau ada anak yang bawa snack dari rumah, diajarin untuk berbagi dan makan bersama teman-temannya. Termasuk juga berbagi mainan, pewarna, dan lain-lain. Kalau saya nggak pernah bilang Aiden jangan dikasih permen, ya udah, berarti saya blas nggak boleh nyalahin siapa pun.

Baca: Ibu Yang Menitipkan Anak

Lagipula, walaupun kaya gitu, para Miss masih jaga banget kok supaya konsumsi snack terutama yang manis-manis itu masih dalam batasan dan nggak banyak-banyak. Cuman sekedar icip-icip dan menikmati bareng anak-anak daycare. Thank youuu, Miss!


Nah, jadi PR buat saya adalah menetapkan beberapa ground rules untuk Aiden dalam makan permen ini. Soalnya, walaupun saya bolehin, tetep harus ada rule nya kan.

Yes, Aiden boleh makan permen, asalkan:

๐Ÿญ Cuci tangan dulu sebelum makan permen. Ini karena Aiden makan permen bukan dengan diemut seluruhnya, tapi digigit dikit-dikit dan dia pegang pakai tangan. 

๐Ÿญ Cuci tangan juga setelah makan permen karena tangan yang abis pegang permen itu pasti lengket.

๐Ÿญ Abis itu minum air putih.

๐Ÿญ Sikat gigi setelahnya. Kalau makan permennya sebelum mandi, ya sikat giginya barengan pas mandi. Tapi kalau makan permen after mandi, maka kemudian harus sikat gigi lagi.

๐Ÿญ Dibatasi. Jumlah permen yang kami sepakati bersama adalah maksimal 2 biji permen aja dalam satu hari. Kalau udah makan 2 dan masih minta ya monmaap mau nangis gerung-gerung berurai darah dan air mata juga tetep nggak akan Mami kasih. Aiden juga nggak yang tiap hari pasti minta permen sih sebenernya.

Baca: Berkata Tidak Pada Anak

๐Ÿญ Harus tertib buang bungkus permen ke tempat sampah, nggak boleh asal lempar bungkus gitu aja.

๐Ÿญ Nggak boleh minta makan permen di saat makan nasi. Nggak akan saya kasih.

I guess that's pretty fair. Aiden bisa dapet treat untuk dirinya sendiri, namun tetap dengan aturan, nggak seenak udel dia.

Ada satu lagi kriteria Aiden boleh makan permen, yaitu asalkan permen nya jelas dan aman. Jelas dalam arti sudah terdaftar di BPOM. 'Permen sapi' Pindy Susu memenuhi kriteria ini. Akhir tahun lalu sempet yah ada isu yang heboh beredar tentang anak yang jadi lemes setelah makan Pindy Susu karena permen nya mengandung narkoba.


Baca itu, to be honest, saya sempet parno. Apalagi broadcast message tentang Pindy Susu mengandung narkoba itu nyebar banget, saya aja dapet dari beberapa WhatsApp group. But, wait, nalar saya masih jalan untuk mempertanyakan itu berita valid atau cuman hoax?

Saya belajar banget dari peristiwa heboh tentang anak SMP yang 'katanya' jadi lumpuh setelah imunisasi MR (Measles Rubella). Wagelaseh berita itu santer luar biasa sampai banyak orangtua yang jadi takut bawa anak-anaknya untuk dapet vaksin MR. Ternyata apa? HOAX, sodara-sodara!

Baca: Support Imunisasi Measles Rubella

Ternyata, setelah ditelusuri oleh Komda KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), gadis SMP tersebut memang sudah punya riwayat sakit dan yang dialami juga bukan lumpuh melainkan 'hanya' kesulitan berjalan. Tapi nasi udah jadi bubur. Di Google udah kadung banyak beredar berita imunisasi MR bisa bikin anak jadi lumpuh dengan bumbu-bumbu warbiyasa. Malah imunisasi MR nya jadi terdiskreditkan kalo kaya gini, kan? *sad*


Back to Pindy Susu yang katanya diracik pake narkoba. Bener atau hoax? Jawabannya adalah ... HOAX! Berikut penjelasan BPOM RI yang saya kutip dari sini.

๐Ÿ’ Isu mengenai peredaran permen susu yang diduga mengandung narkoba di Banyumas adalah TIDAK BENAR.

๐Ÿ’ Balai Besar POM di Semarang telah melakukan penelusuran dan berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Banyumas dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa ada 4 anak yang mengonsumsi permen yang sama dan hanya 1 anak yang sakit. Selanjutnya diketahui bahwa anak tersebut sakit demam dan diberi obat penurun panas yang mengandung Ibuprofen.

๐Ÿ’ Permen susu yang diisukan mengandung narkoba, yaitu Pindy Kembang Gula Lunak Rasa Susu dan Stroberi, telah terdaftar di Badan POM RI dengan nomor izin edar BPOM RI MD 224510008005 diproduksi oleh PT. Inasentra Unisatya, Kabupaten Bogor. 

๐Ÿ’ Izin edar diberikan setelah ada evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, dan gizi produk termasuk proses produksi dan labelnya.

๐Ÿ’ Balai Besar POM di Semarang telah mengambil sampel dan melakukan pengujian terhadap sampel permen Pindy Susu dan hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel permen tersebut tidak mengandung narkoba.

Kesimpulannya? Permen Pindy Susu yang Aiden suka makan itu aman dan jelas nggak ada bumbu narkoba nya. Plis lah, saya nggak bakal ngulas produk yang bahaya buat anak-anak di blog yang saya sayangin banget ini.


HUFF. 

Untuk case apa pun, plis lah kita lebih wise dalam baca berita. Nggak asal main share sana-sini. Kasian sih pihak-pihak yang jadi dirugikan. Ini bukan hanya untuk imunisasi MR dan Pindy Susu doang yah, tapi untuk semuanya. Jangan sampai kita jatuhnya jadi fitnah kan.. :(

Pindy Susu ini punya 3 varian rasa, btw. Rasa susu vanila, susu stroberi, dan susu cokelat. Kalau saya personally paling suka yang rasa susu stroberi. Kalau Aiden, semua juga mau lol. Kalau kamu, gimana? Udah pernah coba permen Pindy Susu, belom?

๐Ÿฎ Mini Giveaway ๐Ÿฎ

Saya punya 3 pack Pindy Susu dengan 3 varian rasa lengkap. Kalo kamu kepengin coba atau punya stok permen di rumah, tinggalin komen aja di postingan blog ini. Komen nya bebas, tapi jangan lupa sebutin nama akun Instagram kalian juga ya. Soalnya saya selalu umumin pemenang giveaway itu di Instastories.


CUSS!



"Kok Mba Gesi ngulas permen sih, padahal anak-anak kan lebih baik nggak makan permen kan?"

Tergantung parenting rule masing-masing aja, gengs. Kalo saya, in real life, emang nggak ngelarang Aiden untuk tidak boleh makan permen atau snack manis sama sekali sih. Asalkan, itu tadi, dengan aturan dan batasan.

Saya lebih yang gapapa dikenalin sambil pelan-pelan bikin Aiden paham kesepakatannya, ketimbang yang nanti Aiden makan diem-diem, ngumpet-ngumpet, dan nggak ngaku. Berlaku untuk hal yang lain juga ke depannya sih. Saya berharap Aiden nggak ngerasa perlu menutupi sesuatu dari Mami nya.


*mendadak mellow*

Baca: Mengajarkan Kejujuran

Buibu yang anaknya boleh makan permen seperti Aiden, jangan lupa ajak rajin sikat gigi yaa. Aiden walau kadang makan permen dan snack cokelat, giginya bagus loh karena disiplin sikat gigi meski masih saya bantuin banget.


*proud*

Kalau anaknya rada susah diajak sikat gigi, bisa dikasih activity sikat gigi kayak yang saya terapin ke Aiden. Cara main dan printable nya udah saya jembreng di postingan Sikat Gigi Yuk semoga berfaedah yaaa.


Baca: Printable Sikat Gigi, Yuk!

Oks, cus komen yang mau iseng-iseng berhadiah 3 bungkus Pindy Susu. Oh, and one more thing. Jangan lupa hati-hati dalam membaca, menyaring, dan menshare berita. Info-info lebih lengkap tentang Pindy Susu, bisa mampir ke website mereka di www.iu.co.id ― Facebook Permen Pindy ― Instagram @permenpindy_id yaa, gengs.

Have a Moo-anis day!




Loph,







42 comments:

  1. Aiden dan permen .. Tumben ... Haha...
    Memangbya klo urusan gigi anak n permen itu ky godaan...
    Vareen belom kenal sm permen...
    N
    Selalu deh ga mau ketingalan cerita serunya mam ges seru sie...
    Akun ig @vareenabqary

    ReplyDelete
    Replies
    1. Godaan bagi yang lemah iman *halah* hahahaha. Thanks udah mampir muah :*

      Delete
  2. Wah, pas bangat mamy ini sama Azza yang baru umur 14 bulan tapi diajarin sma abinya makan permen. Memang aku sma abi aja gak terlalu over bangat larang makan ini itu asal dalam batas yang wajar dan yang penting aman. Iya, makan permennya di batasin 1 biji sehari dan harus gosok gigi. Tapi sikat gigi ini yg susah krn azza belum bisa muntahin ato kumur2. Emang dari umur 7 bulan udah di ajar buat sikat gigi sendiri tpi cuman asal2an azza nya. Klu darurat aku yg sikat pake sikat slikon. Maklum klu masalah gigi aku parno bgt, krn gigi ku berlobang dan gak bagus. Krn waktu kecil malas sikat gigi dan suka coklat. Jadi gak mau azza juga gitu. Apalagi gigi azza udah banyak 12 biji.

    Ig @ticka_ry

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiden dulu juga lama banget baru bisa kumur-kumur dan muntahin. Solusinya kumurnya pakai air matang dan pasta giginya pakai yang aman tertelan, mama Azza :)

      Delete
  3. Sedih.. Belum bs ngajak anak ku gosok gigi, berbagai rayuan belum mempan, selalu tutup mulut.

    Selalu nunggu cerita dari mam ges.. Semangat ya mam..

    Akun ig : evi_nasya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diajak main sikat gigi yuk kayak Aiden, Mba hehehe siapa tahu manjur :D

      Delete
  4. Waaahh mba baguss nii...
    Aku copas ya rule nya buat diterapin ke sulthan nanti, meskipun usianya baru 6bln tp aku ngerasa penting banget parenting2 kyak yg di blok mbak grace ini...
    Baru mulai follow ig nya mbak sekitar sebulanan ( kemana aja yakk ), dan sekarang lagi nikmatin banget parenting2 di blok mba sambil ketawa - ketiwi sendirian ������
    Makasih mba sudah share pengalaman dan info2 penting nya...
    Suksess terus yaa salam buat kakk ubi dan adek aiden ������
    Akun ig @priyantiiidw_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay makasi juga udah mampir dan betah baca-baca di blog ku, Mama Sulthan :*

      Delete
  5. Anakku kenal permen dan ciki pas umur 2than ,karna aku dan suami gak mau gigi anakku gigis item2 gt , selain itu juga kurang bagus , apalagi ciki2 yg banyak micin bikin anakku susah makan๐Ÿ˜ญ , kalo misal anakku mau makan ciki atau permen paling gak seminggu sekali aku kasih dengan syarat makan banyak dan abis pas dia minta ciki apa permen hahahaha , dr umur 1th aku sama suami selalu ngutamain roti,wafer,coklat,ya sama susu kotak aja sampe skrg masih bgtu ,
    Penasaran mau nyoba pindi ini yg di recomended mba gesi semoga dapet ni 4x ini ikut give away gagal semoga berhasil ๐Ÿ˜ akun ig @anggitawigka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita undi hari ini apakah di percobaan ke-5 beruntung lol

      Delete
  6. aha emen capi.. harus siapin mental nanti kalo anak udah ngerti, emak bapaknya doyan permen jg. FYI anakku br sebulan, haha, gpp bljr ilmunya dr sekarang. mksh mami ges..

    Ig @ggyyaass

    ReplyDelete
  7. Kembar usia 27mo dan sampai skrg blum kenal permen.mungkin emen capi ini bisa dicoba untuk kembar,heheheh...semoga bisa menang. IG @rizmanurrusliana

    ReplyDelete
  8. Setujuuu.. ga perlu yang full dilarang. Shachi skrg beberapa kali dapet permen di sekolah. Dia pulangnya bakal bilang kalo abis makan permen.
    Jajanan lain pun kalo emg lgi ga fit dan takutnya malah bikin sakit, dia bakal bilang "nanti kalo uda sembuh aku beliin coklat (atau yg lain) ya.."
    Ig: @arfiqicya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah lebih tenang kalau anaknya jujur yaa

      Delete
  9. Daaan yg mengenalkan permen ke anakku adalah simbah putri alias ibu, dari suamiku. Dan kalo lg sama neneknya dia selalu minta permen, permen dan permen. Pas nangis pun andalannya dikasih permen. Tapi untung nya ga serumah ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  10. Aku sebagai emak yang gagal pelihara gigi anakku mba Ges karena gigi anakku caries gitu padahal aku ga pernah kenalin permen mungkin ga telaten juga gosok giginya akhirnya caries gigi depannya. Dan bener meski kita ga kenalin permen tapi anakku tahu permen di sekolahnya yo wis mau tak mau sama seperti mb ges bole makan asaaal tahu batasannya :) btw aku belum pernah cobain permen pindy susu ini kok aku yang pengen y hahha

    IG : @hervayulyanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga beruntung jadi bisa cobain dari aku hehehe :D

      Delete
  11. Mega D. PurbosariMarch 13, 2018 at 2:29 PM

    anakku juga tak bebasin makan apa aja selama yang dikonsumsi itu halal. kaya ciki2an, coklat2an, permen2an..kukasih aja..biarlahh, banyak sekalipun gapapa yang penting aku akalin aja. kalo banyak makan ciki2an yang agak banyak kusuruh banyak minum air putih setelahnya supaya gak sariawan,dll. betul kaya yang mb ges bilang aku gak mau anakku nyolong2, bohong sama aku cm gara2 makan ciki ((sedihnya dibohongin anak cuma gara2 ciki). prinsipku makanlah sesukamu nak, karna setelahnya pasti akan bosan, dan gak tertarik lagi..so, aku gak perlu larang2..

    IG : @purbosarimega

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalo aku suka parno sendirinya gini: kalo hal kecil macam makanan aja nggak berani jujur, nanti gimana hal yang lebih besar

      Delete
  12. Asiknya bisa makan permen tapi giginya baguss. Hiks, PR banget buat Una yang giginya grepes gara-gara saya males sikatin giginya, pas giginya baru mulai tumbuh. Sekarang tinggal nyeselnyaa. Untung masih gigi susu dan bisa copot. Mudah-mudahan nanti gigi yang berikutnya bisa bersih, rapih, dan cakep kaya aiden :)


    @risalah_husna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa dont worry masih ada kesempatan di gigi tetap yaa, Una :))

      Delete
  13. Yup bener kl kita tll jagain makanan anak2 ntar kl dah sekolah malah repot sendiri kan gk mungkin kita kawal trs ampe gede. Kadang aku ksh anakku makan permen ato ciki biar ntar kl misal ada temn dia bawa ato ntar sekolah di beli sendiri jg tenggorokannya gk kaget.
    Permen Pindy itu merk lama ternyata masih ada ya, gk pernah liat soalnya.
    Ig rikamh11

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya merk lama banget, iklannya udah mondar-mandir sejak zaman aku kecil hahahaha tapi dulu yang pindy mint

      Delete
  14. Aiko kenalnya permen kenyel kenyel itu hahahaa selebihnya belommmm kenalin permen keras.. Dan itupun makannya dirumah biar langsusnh gosok Gigi hahaha @Sherenalashop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikannya Aiko, kalo Aiden permen kenyel malah belom hahaha

      Delete
  15. udah mama nya cantik, anaknya imut klop deh..
    bikin artikelnya asyik dibaca.
    dari dulu suka banget permen tapi tetep ya harus pilih-pilih apalagi untuk anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa tetep kudu pilih-pilih ya. Makasi udah mampir, Mba :)

      Delete
  16. Hallo mami ubii aiden, anak saya pernah sekali nyobain permen. Dan dia sukaaa, tapi permen yg dicoba bukan permen anak jadi ya saya larang. Baca artikel ini pas banget bisa diterapin ke anak saya. Rules dan permennya ;)
    IG : dewiipramitaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalo bermanfaat, makasi udah mampir yaa

      Delete
  17. Mau permennya mbakk geesss... Buat dimaem ibuk aja yaa,, anak2 mam permennya besok aja kalo udah gk susah sikat gigi pake pasta gigi... Hehe
    Ig : titik_dw

    ReplyDelete
  18. Suka sama parenting rules nya.Santai tapi ttp jelas aturannya utk anak, tfs mba ges

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga udah baca-baca ke sini :)

      Delete
  19. Itu yg nyebarin hoax ttg permen narkoba, semoga siaaap ya mempertanggungjawabkan ke Tuhan nanti. Seenaknya fitnah produk orang lain.. Gemes sekaligus pengen mites aku kalo nemu orang yg jahat gini :(

    Akupun izinin anak2 makan permen ges. Asalkan yg ptg sikat gigi. Samalah alasannya ama kamu, mnding aku izinin daripada anak2 nyuri2 kesempatan nyoba di belakang . Iya kalo permennya bener, kalo permennya ga baik kan bahaya.. Makanya aku selalu wanti2, kalo mau makan permen, minta aja ama mami. Ga usah diem2. Ntr pasti aku stok kok di rumah

    ReplyDelete
  20. My regulation still no candy at all sampe sekarang B hampir 4 tahun. Entah bertahan sampai berapa lama lagi :D

    ReplyDelete
  21. Aku jg gak ngelarang anakku makan permen tapi membatasi, sehari gak lebih dari 2 permen. Bukan pelit sih tp sudah jd peraturan hehehe. Ada untungnya sih gak royal kasih permen ke anak, dia jd gak terlalu suka permen. Dikasih dimakan, gak dikasih ya udah deh pikir anakku mah. Aku jg kasihnya yg permen yg lembek jd bisa digigit, klo yg keras takut keselek. Klo dapet goodie bag ada permen byk, jatah anak 2 sisanya emaknya hihihi.
    IG @rianugros

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terakhir sama banget kayak aku, banyakan jatah mami nya hahahaha

      Delete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^