Thursday, December 8, 2016

Rental Perlengkapan Bayi: Yay Or Nay?


Rental Perlengkapan Bayi: Yay Or Nay? Barang kebutuhan bayi dan anak itu banyak banget. Mulai dari barang yang cukup penting kayak boks bayi, stroller, gendongan, baby chair, dan car seat, sampai yang sifatnya hiburan alias nggak punya pun nggak masalah macam play gym, sepeda, dan kolam renang plastik.


Barang bayi atau anak yang sifatnya hiburan atau mainan ini, kalau dibreak down juga masih banyak banget. Ada walker, push walker, jumperoo, perosotan, kitchen set, ayunan, pagar mandi bola, you name it. Lebih pilih beli atau sewa di rentalan?


Baca juga punya Windi Teguh:


Dulu saat masih hamil Ubii, saya pikir perlu nih kayaknya punya boks bayi. Alasannya remeh. Lucu dan cute. Tapi saya yakin boks bayi nggak akan kepakai lama, jadi saya nyewa. Untung banget nyewa. Karena emang cuman kepake buat foto-foto doank. Sisanya cuman jadi sarana ngegantung daster karena Ubii banyakan tidur nempel nenen emaknya.

Untuk barang bayi/anak yang saya rasa akan terpakai lumayan lama, biasanya saya memilih untuk beli. Kayak stroller, gendongan model kanguru, baby chair, dan car seat itu semua saya beli. Mikirnya simple sih. Soalnya kepakai bakal lama. Biaya sewa per bulan dalam jangka waktu lama, sama biaya kalau beli jatuhnya iritan kalau beli.

Saya coba hitung biaya sewa dan biaya beli. Biaya sewa untuk area Jogja tentu saja.

Baby chair: Rp 60.000/bulan.


Baby chair sering banget terpakai. Nggak cuman untuk makan doank. Kadang Aiden main-main apa dengan duduk di baby chair nya. Saya beli baby chair model simple keluaran Informa seharga Rp 299.000.


Sama kayak biaya sewa baby chair 5 bulan. Padahal saya pasti butuh punya baby chair lebih dari 5 bulan.


Car seat: Rp 80.000/bulan.

Car seat jelas sering terpakai. Ubii terapi Senin-Sabtu. Ubii duduknya di car seat karena kalau dipangku udah berat amat dan susah juga mau nyuapin Ubii kalau sambil dipangku. Belum kalau weekend jalan-jalan, pasti car seat nya kepakai juga. Jadi bisa dibilang car seat Ubii dipakai every single day.


Saya beli car seat Mothercare ini November 2014. Harganya Rp 2.999.000 saat itu. November 2014 - November 2016 berarti 48 bulan. Kalau saya menyewa di rental perlengkapan bayi berarti Rp 80.000 X 48 = Rp 3.840.000. Malah lebih ngirit saya beli ketimbang sewa. Dan lumayan jauh bedanya.

Baca: Tips Memilih Car Seat

Iya sih, ada kok car seat yang per bulan nya hanya Rp 50.000. Tapi, kami pakai car seat sering banget. Jadi memang kepengin car seat premium. Nah, car seat Rp 50.000/bulan itu biasanya yang modelnya kurang sreg buat saya.


Baby carrier: Rp 70.000/bulan.


Saya dan Adit adalah penggemar baby carrier model kanguru karena nyaman, nggak bikin satu pundak pegal, dan beban bayi terbagi rata di saya/Adit yang menggendong. Alasan penting lain, Adit maunya gendong kalau pakai baby carrier model kanguru. 


Baby carrier kami merk Ergobaby, lupa beli tahun berapa, yang jelas itu saat belum ada Aiden. Udah lama banget. Dulu harganya Rp 1.800.000. 

Tapi dulu di Jogja kayaknya belum ada yang menyewakan baby carrier Ergobaby, jadi kami nggak bisa compare. 

Compare harga sekarang aja. Ergobaby baru di Mothercare harganya Rp 2.299.000. Harga sewa terbaru (saya barusan cek soalnya) adalah Rp 70.000/bulan.

Ini bisa dipakai untuk bayi mulai berat 3 kg. Jadi sejak Aiden bayi 1 bulan, saya sudah gendong dia ngangkang pakai baby carrier model kanguru ini, which is fine by the way. Sekarang Aiden hampir 15 bulan dan masih sering digendong pakai Ergobaby ini.

Jadi kalau sewa, Rp 70.000 X 15 = Rp 1.050.000. Tapi saya yakin ini masih kepakai sampai lama sih karena temen-temen saya yang anaknya udah 3 tahun pun kadang masih butuh digendong di saat-saat tertentu. Dan Ergobaby ini bisa dipakai sampai berat anak 20 kg. So, buat Aiden, saya yakin masih kepakai lama.


Stroller: Rp 110.000/bulan

Saya bandingkan harga sewa dan harga beli stroller yang sama ya. Stroller Aiden ini keluaran Mothercare tipe Jive. Harga aslinya Rp 1.499.000. Dulu saya beli cuman Rp 999.000 aja karena sedang ada promo ini.


Baca: 10 Tips Memilih Stroller

Meanwhile, harga sewanya adalah Rp 110.000/bulan.

Kami beli itu Maret 2016, jadi sampai sekarang sudah 9 bulan. Dan masih akan kepakai sampai entah kapan. Jadi, saya lebih ngirit dengan beli. Punya Aiden ini nggak bisa ditidurkan maksimal sih. Tapi kalo bocahnya ngantuk ya tidur tidur aja tetep bisa. Hehehe.


Buat saya, stroller itu butuh banget meskipun di saat-saat tertentu saya lebih prefer pakai baby carrier. Untuk Aiden kepake banget untuk jalan-jalan outdoor.


Dan buat jalan-jalan sore ngiterin komplek lihat kucing tetangga. LOL.


***

Beli dan punya sendiri itu berlaku untuk barang-barang perlengkapan bayi yang sifatnya sering dan rutin dipakai. Saya pilih beli yang branded sekalian karena kualitas terjamin, juga karena nantinya bisa saya jual lagi dengan harga lumayan saat emang sudah nggak kepake. Kecuali baby chair Informa itu ya, karena paling kalau dijual juga cuman laku berapa.

Untuk barang perlengkapan bayi yang sifatnya entertaining dan dipakainya beberapa kali doank, saya memilih untuk sewa. Kayak pagar beginian, ini saya sewa di rental perlengkapan bayi, karena yakin nggak kepakai lama. And it's proven. Aiden dan Ubii nggak suka main dikurungi begini. LOL.


Hal kayak bouncer/rocker kayak gini, dulu endorsed. Jadi nggak keluar duit. Di Aiden, bouncer/rocker ini kepakainya di 6 bulan pertama aja. Sebenernya ada 3 settingan dan bisa disetel untuk kursi duduk. Bisa sampai berat anak 18 kg. Tapi Aiden udah ogah. Ada yang mau ngebeli? Masih komplit sama dus nya. Diutamakan area Jogja.


HAHAHAHA SEKALIAN BUKA LAPAK YES!


Untuk breast pump, saya lebih sreg punya sendiri daripada sewa di rental. But, the choice is yours! Kalau masih bingung mau beli merk apa atau tipe manual/elektrik, maybe bisa coba sewa dulu beberapa breast pump lalu dicobain sampai ketemu yang paling pas baru beli.

Baca: Review Breastpump Philips Avent Single Electric

Breast pump ini kepakainya lama sih di saya. Walau sekarang saya sudah nggak rutin memerah ASI, tapi tetep butuh sewaktu-waktu saat saya meninggalkan Aiden yang sampai nginep. Kepake banget. Soalnya saya nggak suka perah pakai tangan.

Meskipun nggak sering memakai jasa rental perlengkapan bayi, menurut saya rental-rental baby stuff ini membantu banget. Apalagi kalau kita misalnya berlibur/stay ke kota lain tapi belum bisa/nggak bisa memboyong perlengkapan bayi kita yang ukuran nya jumbo-jumbo.

Kejadian saat saya sekeluarga sempat tinggal di Jakarta selama 3 bulan Juni-Agustus 2015 lalu. Kami boyongan pakai mobil. Sudah penuh, nggak bisa muat stroller dan baby chair lagi. Akhirnya selama di Jakarta, kami sewa di rentalan. Nah, untuk kasus kayak gitu, rental perlengkapan bayi jelas sangat bermanfaat.


So, buat saya, rental perlengkapan bayi is a YAY terutama untuk barang-barang bayi yang kayak mainan-mainan atau barang yang nggak bakalan lama/sering dipakai dan untuk liburan/stay cukup lama di kota lain. Karena sayang juga mau beli kalau cuman dipake sebentar, kan? But, untuk stroller, baby chair, car seat, dan baby carrier, saya pilih beli sendiri. Bukan berarti sewa stroller/baby chair/car seat/baby carrier is a nay, ya. It's just a matter of preference aja.

Anyway, karena saya sempat memanfaatkan jasa rental baby stuff di Jogja dan Jakarta, berikut saya jembreng rental perlengkapan bayi yang saya pakai, just in case you need the info:

Haidee Rental (Jogja)
IG: @haideerental
WA 081226776665 / BBM D2F09526 / LINE haideerental

Papapap Rental (Jakarta Timur)
Page: Papapap Baby's Equipment & Toys Rental
www.papapaprental.com
WA 087880222582 / Email cs.papapap@hotmail.com

Kalau kalian gimana? Barang perlengkapan bayi apa aja yang kalian sewa di rental?

Other Yay Or Nay posts:







Thank you mba @feby_lestari for the idea! :*



Love,






14 comments:

  1. Kalau dipakai sementara, aku juga memilih buat menyewa. Kaya baby box yang dipakai Aira juga nyewa. :D Hehehehe ...

    ReplyDelete
  2. Zaman sekarang semua mudah, ya? Buat keperluan anak yang sifatnya sementara bisa menyewa. Harganya pun ternyata terjangkau.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah coba, Mbak. Lumayan praktis, ya? Irit di ongkos.

    ReplyDelete
  4. Udah terlanjur beli, Mbak. Di sini belum ada kayanya. Atau memang akunya yang kudet. :'D

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa, tiap baca postingan di sini, paling betah ngelihatin foto Ubii dan Aiden. Lucu banget. :D

    ReplyDelete
  6. Stroller emang wajib dimiliki. Soalnya bisa dipakai sampai satu tahun lebih. ^_^

    ReplyDelete
  7. Kangen euy ngurusin bayi lagi. Sekarang balitanya semakin galak sama aku.

    Kalau aku sewa berarti perlengkapan bayi tadi enggal lama make dan enggak begitu urgent. Contohnya sewa box bayi, aku sewa 6 bulan dan cuma dua bulan pertama kepakai. Selebihnya cuma buat naro perlengkapan bayi yang lainnya.

    Kalau aku enggak sewa karena aku memang butuh dalam jangka waktu lama, contohnya stroller. Memang sich pernah sewa, itu pas bayi. Sudah masuk ssembilan bulan, aku sewa karena ankanya udah bisa duduk.

    Nah, kalau mainan aku belum pernah sewa, ges. Takut rusaaak ***

    ReplyDelete
  8. Kalo utk peralatan kyk stroller, pokoknya yg bukan mainan, aku selalunya beli sendiri ges. Tp kalo maianan2 kebanyakan sewa.. Anakku mah bosenan :D. Rugi yg ada beliin kalo cm bertahan paling lama seminggu.. Malah ada yg cm 10 menit, trs anaknya bosen :(. Makanya aku rada kapok kalo beliin mainan

    ReplyDelete
  9. Kalo utk peralatan kyk stroller, pokoknya yg bukan mainan, aku selalunya beli sendiri ges. Tp kalo maianan2 kebanyakan sewa.. Anakku mah bosenan :D. Rugi yg ada beliin kalo cm bertahan paling lama seminggu.. Malah ada yg cm 10 menit, trs anaknya bosen :(. Makanya aku rada kapok kalo beliin mainan

    ReplyDelete
  10. Ahhh baru aja kemaren browsing rental perlengkapan bayi di Bali. Soalnya bulan depan mau pulang kampung ke sana, dan diskusi sama suami mau sewa apa aja selama di sana. Kalo di Bali disewainnya per hari dan per minggu, harganya sama kayak yang Mami Grace share di atas, which is mahal yaa ):

    Kalo barang esensial kayak stroller, car seat dan baby carrier rasanya lebih oke beli sendiri ya. Stroller rasanya bisa kepake lama, car seat juga. Untuk beberapa mainan mungkin aku YAY. Alasannya juga sama, nggak akan kepake lama, haha. Aku juga udah hunting pagar buat area main Josh nanti.

    Soal beli/sewa perlengkapan bayi, balik lagi ke preference masing-masing yaa. Yang penting disesuaikan dengan kebutuhan aja.

    Thanks Mami Grace for sharing! (:

    ReplyDelete
  11. Di Boyolali aku ggtahu sewa di mana, jadi kalo ggbeli yowes pasrah... eheh

    ReplyDelete
  12. hihihi...aku malah jarang sewa karna pas tak hitung2 budgetny lebih murah beli. tapi setelah beli semua sekarang bingung karna rumah jadi umpel2an ama barang bayi/balita...huahahaha...

    ReplyDelete
  13. Aku galau,baby walker sewa ato beli ya??Sara kalo gendong mulu pegel euy

    ReplyDelete
  14. Beli aja itu-itung buat adik-adiknya, atau story buat mereka pribadi, tapi ndak usah yang terlalu mahal, hehehehe.

    Salam,
    Gabrilla.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...