Thursday, December 20, 2018

Contoh Report Untuk Blogger


Ini buanyak banget yang nanya gara-gara kapan gitu saya pernah upload screenshot chat sama agency yang say thanks karena report saya rapih. Capek eym kalo bales satu-satu. Jadi yaudah saya jembreng di sini wae yah.


Jangan dibayangin report saya itu dihias-hias yang bikin keliatan keren gitu yah hahaha. Biasa banget report saya. Polosan doang malah. Yang penting isinya lengkap, gitu aja sih.

Saya tempelin aja nih ya biar jelas.

Slide 1


Cuman saya isi header blog, alamat blog, nama brand / campaign, dan periode tanggal dari publish sampai saya bikin report nya


Slide 2


Isinya info blogpost. Judul, link, tanggal publish, dan beberapa screenshot postingan blog nya. Poin terakhir terserah mau kasih berapa biji screenshot yah.


Slide 3


Insight blogpost. Yang udah pasti saya masukin itu ada screenshot Google Analytics, socmed shares, label/tag, dan jumlah komentar. Screenshot label/tag ini untuk menunjukkan bahwa kita udah memasukkan label yang direquest sama si brand.

Abis itu dilengkapi pakai keterangan angka-angka nya juga yang ditulis, biar jelas aja dan agency/brand lebih gampang liat angka nya.

Selanjutnya mulai masuk ke insights media sosial. Urutannya bebas mau Instagram dulu kek, Twitter dulu kek, etc. Saya kebiasaan ngawalin pakai Instagram.


Slide 4



Screenshot sharing di Instagram beserta link dan insight nya. Kalau mau punya fitur insight begini, harus switch personal account menjadi business account ya. Nggak susah kok caranya.


Sekalian insight instastories, kalau pakai stories segala.


Slide 5


Sama kaya slide 4, tapi yang ini sharing di Facebook. Biasanya saya share blogpost itu di Facebook personal dan page. Tambahin juga keterangan likes dan comments (untuk FB personal acc) dan reached (untuk Page) biar jelas.


Slide 6


Kali ini screenshot sharing ke Twitter. Jangan lupa dikasih link dan insight nya. Kalau Twitter selalu bisa dicek insight per tweet nya yah, jadi enak buat reporting.


Slide 7


Terakhir biasanya saya masukin screenshot share di LINE@. Bisa juga ditambahin sama screenshot kalau ada pembaca yang jadi beli atau pembaca yang share blogpost saya di story dia.



Frequently Asked Questions:

1) Mba Gesi bikin report pakai apa?

💫 Saya bikin cuman pakai Keynote, semacam PowerPoint bawaan Mac. Dan emang sukanya pilih background polos gitu aja for now. Kalau kamu pengin bikin yang bagus dan eye-catching, bisa sih bikin di Canva. Banyak template lucu dan gretong pula yaa. Nggak harus download software desain-desain segala macem.


2) Penting nggak sih kasih report?

💫 Buat saya, penting. Satu, kadang emang agency / brand suka minta kan. Dua, menurut saya lebih profesional kalau saya kasih report kerjaan saya. Jadi walau brand nggak minta pun, most of the time saya bakal tetep kasih.


3) Tapi repot nggak sih kalau kudu bikin report terus tiap dapet job?

💫 Repot dikit sih ya. Tapi cuma di awal doang, pas bagian kumpulin screenshot data. Selanjutnya kan tinggal tempel-tempel, udah ada format nya.


4) Kalau job di blog berupa content placement, tetep perlu kasih report nggak?

💫 Nah itu saya nggak ngerti karena saya emang nggak pernah ambil job content placement.


5) Mba Gesi ngerasa ada manfaatnya nggak kasih report?

💫 Buat saya yaa, ada. Ke diri sendiri, saya jadi lebih ngerasa, "Oh nih aku udah ngelarin kewajibanku sampai akhir" and it makes me feel good about myself. Apalagi kalau report saya diappreciate sama agency/brand, dipuji karena punya inisiatif kasih report yang rapi. Jadi makin hepi.

Kadang agency/brand yang saya mintain testimonial kerja bareng saya jadi masukin poin itu dalam testi mereka. Ya bagus dong buat portfolio testimonial klien yang saya kumpulin.

Kaya gini misalnya:
Kami sangat senang bekerja sama dengan Mba Grace untuk sebuah kampanye ibu-anak. Cerita pengalaman bisa dikemas dengan menarik sehingga engagement tinggi dan bisa menginspirasi orang di sekitarnya. Selain itu, proses koordinasi berjalan sangat smooth. Draft dan laporan dikirimkan sebelum diminta. She's so professional! ― Dewi K. Rahmayanti, Social Media Specialist InMark Digital
Atau ini:
Berbeda dengan beberapa tahun silam waktu Gesi submit tulisannya ke website parenting yang saya gawangi, tulisan Gesi saat ini improving so much! Kerja sama dengan Gesi menyenangkan. Gesi bisa menyerap dan mengkreasikan brief yang diberikan oleh brand menjadi sebuah cerita yang tidak menghilangkan ciri khas ceria, blak-blakan, dan aura positif yang Gesi miliki. Di luar itu, ia juga berusaha membuat blogpost 'pesanan' menjangkau banyak orang dengan paid media dan membagikannya sesering mungkin. Menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kerja sama dengan Gesi terbilang smooth sejak awal sampai urusan report. Tanpa harus ditagih, sudah dijalani sesuai timeline yang ditentukan. Nggak sabar untuk kerja sama lagi! ― Maulita Iqtianti
Seneng banget pasti baca testi kaya gitu. Capek di awal pas ribet kumpulin screenshot langsung ilang begitu tahu bahwa kebiasaan saya kirim report diapresiasi dan dianggap sebagai poin plus.



Kayanya itu sih yang paling sering ditanyain. Kalau masih ada pertanyaan, boleh tulis aja di komentar. Nanti saya jawab di situ yah. Ayo dicoba, nggak sesusah itu kaann.

Anyway, mayan sering juga saya ditanyain tips atau cara blablabla sama temen-temen blogger via DM. Maapin yah kadang gabisa bales semua. Kebanyakan, yang kalian tanyain itu udah pernah saya beberin di blog soalnya. Jadi saya jembreng lagi nih, langsung dibaca aja ok.

💕 Tips Menang Lomba Blog di sini. Tapi ini gatau yah masih valid nggak, hahaha. Soalnya saya udah lama bangeeettt nggak pernah ikut lomba blog lagi dan udah nggak ngamatin juga lomba-lomba blog sekarang itu kaya gimana.

💕 Tips Memaksimalkan Instagram Untuk Blogger di sini. Mayan penting juga ini secara sekarang kalau ada kerjaan yang nyari blogger, suka ada ketentuan minimal followers kan huhu.

💕 Tips Menjaga Traffic Blog di sini. Nulisnya udah sejak 2016, sebelum ada fitur instastory. Itu fitur yang asyik banget yah sebenernya. Tapi ternyata berimbas juga loh sama traffic blog. Orang jadi lebih suka baca sharing di IG stories. Setelah buanyak banget orang yang suka berbagi di stories, traffic blog saya pun turun juga nih bahahaha.

💕 Tips Menulis Review Produk di sini.

💕 Tutorial Bikin Media Kit Blogger di sini.

💕 8 Aplikasi Edit Foto Recommended di sini.

💕 How To Inspire Others Through Digital Content di sini. Yang ini bagus deh, karena saya dapet sharing dari CEO sebuah agency ibu kota dan selebgram Sarah Diorita. Jadi sharingnya punya dua sisi, dari agency dan content creator. Baca ya.

Yaudah gitu. Tulisan ini kepending berhari-hari. Puas akhirnya bisa kelarin hahaha. Jogja lagi ujan deres banget sekarang. Ubii dan Aiden lagi bobo. Makanya saya bisa blogging deh yeay.

Next saya kasih tutorial bikin invoice dan quotation yah, ini banyak juga yang nanyain.

Have a nice day! Besok Jumat lagi lalu weekend, yashhh!




Luv,






26 comments:

  1. Like This Mami Gesi,
    Ini bermanfaat banget. Kadang sih kalau selow kukirim bukti traffic blog mbak,
    Kalau nggak ya nggak hhee
    Tapi perlu dibiasakan sih ini yah mbak hheeee
    TFS utk sharing yg sangat bermnfaat inii mbakk

    ReplyDelete
  2. Ini kasih reportnya berapa lama mba jedanya dari setelah diposting? kereeen pvnya masih jauh euy nyainginnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya aku sebulan setelah posting aja, kecuali agency/klien minta report lebih cepet :*

      Delete
  3. Makasih ya mbak Gesii... selama ini report aku hanya modal screenshot tapi ga Raffi Ahmad. �� tapi tetep pakai data.

    Kebetulan aja aku emang lagi pengen benah2 blog, sekalian media kit juga pengen diupdate supaya makin okey

    ReplyDelete
  4. Wiih rapi banget asli. Bisa buat contekan nih, maacii udah sharing Mam

    ReplyDelete
  5. Makasih mami Ubii, manfaat banget. PR banget nih.
    Bikin report yang rapi.
    Bikin media kit aja belom jadi hiks
    Ningkatin PV
    Kadang yang bikin males report kalau ga di minta itu gegara emang PV nya mengecewakan hahaha.

    Tapi kadang emang harus di push diri sendisendiri biar kerja keras naikin PV dll itu

    ReplyDelete
  6. Ci Gesiii, ini berfaedah sekali! Makasih banyak yaaa. Meski belom pernah bikin beginian (dapet sponsored post aja masih jarang huahaha), tapi nggak ada salahnya dipelajari supaya nanti nggak kaku.

    Keren sekali blog panutanku yang satu ini hihi thank you very very much, ci!

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sharingnya mba gesi, sangat berfaedah sekali... lavvv

    ReplyDelete
  8. Wah, terima kasih dah sharing mba, sya nggak pernah kepikiran buat report keren kyk gini. Paling saya cuma kasih cheklist aja klo saya dah ngerjain semua poin2 pekerjaan yang dikasih.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih mbak Grace, luar biasa banget infonya. Kayaknya bisa mulai seperti yg mbak Grace buat supaya kelihatan profesional.

    ReplyDelete
  10. Bookmarked! Mbak Gesi always take it to another level :) Thank you for sharing Blogger panutanquuuuu

    ReplyDelete
  11. Wah pengetahuan baru, terima kasih sudah sharing ^^

    ReplyDelete
  12. Aku juga bikin kayak gini, tapi statisticsnya masih kalah jauuhh akutuu :D

    ReplyDelete
  13. wah, terima kasih banget mbak Ges udha dijembrengin cara bikin report :) karena jujur saya paling pusing kl udah di tanya report sama brand

    ReplyDelete
  14. Sharing yg manfaat banget mbak. Terima kasih :) keren

    ReplyDelete
  15. Ilmu baru biar lebih profesional lagi

    ReplyDelete
  16. Rajin banget mami Ubii, kece lah, juarak

    ReplyDelete
  17. Super sekali lah tipsnya banyak 😍😍😍 nyicil dulu bacain atu² 😬

    ReplyDelete
  18. Bookmarked! Nambah ilmu banyakkk dari mba Gesi, makasih banget buat sharingnya, mbaaa... Siap dipraktekkan :)

    ReplyDelete
  19. Waahh keren banget nih. Pas lagi saya cari-cari kalo bikin laporan kayak apa eh nemu artikel mbak Gesi. Thanks ya mbak...save aah.

    ReplyDelete
  20. Makasih mba Grace, kebetulan sy lagi butuh kaya gini hihi, save ah ��

    ReplyDelete
  21. Terimakasih mbak, tahun 2019 mau buat report juga ah.
    Maklum masih newbie :)

    ReplyDelete
  22. Mba Grace. Sebelumnya makasih banyak insightnya. Pertanyaan saya gini mba, adakah trik khusus menurut pengalaman mba untuk cara ningkatin potensi share di media sosial? contohnya artikel review dapet share sampe 100+ di facebook. Thanks ya mba.

    ReplyDelete
  23. Terima kasih sharingnya mbak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^