Thursday, February 5, 2015

Tips Menang Lomba Blog Ala Mami Ubii


Beberapa kali saya mendapat message dari teman blogger yang menanyakan tips untuk bisa menang lomba blog. Terutama kalau saya habis menang lomba. Bukannya pelit atau nggak mau berbagi. Saya sebenernya merasa kalau saya masih belum seafdol itu untuk berbagi tips. Liat aja, saya udah jarang menang loh. Hehehe. Tapi ya, saya coba deh menuliskan tips ala Mami Ubii. Maaf sebelumnya kalau ini bukan hal yang baru, karena sebenarnya sudah ada beberapa blogger yang menuliskan kiatnya supaya menang lomba blog versi mereka masing-masing.

Memilih Lomba Blog Sesuai Passion


Credit

Pertanyaan yang paling sering saya dapatkan adalah... "Kok bisa kamu kepikiran nulis tentang itu?" Nah, kalau saya nih tipe orang yang nggak ngoyo-ngoyo amat kalau ikutan lomba blog. Nggak ngoyo di sini maksudnya adalah saya kebanyakan hanya mengikuti lomba blog dengan tema-tema yang saya bisa atau familiar. Atau, masih bisa saya pelajari at least. Kalau berkenan, coba intip list achievement saya dalam blogging di sini. Lihat deh, kalau saya kebetulan diberkati dengan menang lomba blog, ya paling tema itu-itu saja, kan? Antara parenting, kesehatan khususnya infeksi TORCH pada ibu hamil atau kesehatan anak, atau keluarga. Karena ketiga hal tersebut adalah hal yang minati.

Dengan menulis hal yang saya minati, saya jadi bisa mengembangkan ide awal. Nggak ngoyo karena itu semua passion saya. Ngoyo pun jadi nggak merasa terbebani. Jadi ide tiba-tiba saja mengalir. Mencari referensi atau sumber tambahan pun, paling-paling yang bersifat mendukung tulisan saya aja. Ambil contoh saat saya menjadi Juara III Mommychi App Review Contest. Tulisannya di sini. Lomba ini adalah tentang mereview sebuah aplikasi untuk para ibu. Jadi saya hanya berbekal menjajalnya saja lalu menuliskannya sesuai pengalaman saat mencoba. Nyambung kan dengan passion ngeblog saya di dunia parenting

Contoh lain, saat saya menjadi Juara III Anugerah Jurnalistik AQUA IV. Tulisan saya bisa diintip di sini. Tema lomba saat itu adalah Air dan Kehidupan untuk Indonesia Yang Lebih Sehat. Di lomba itu, saya juga banyak memasukkan unsur cerita tentang Ubii anak saya dan kebiasaan keluarga saya di rumah. Masih dekat-dekat ya dengan passion parenting dan keluarga, ditambah sedikit hobi saya di dunia craft atau DIY (Do It Yourself).



Mungkin jadi ada yang berpendapat kalau tulisan saya itu-itu saja. Nggak ada yang baru dan lain sebagainya. Ya, itu kembali ke masing-masing blogger saja. Kalau buat saya, harus mengikuti lomba yang kurang sesuai dengan passion saya, yang ada saya malah buntu ide. Bingung mau nulis apa. Ujung-ujungnya cerita yang saya tulis jadi terkesan dipaksakan. Makanya deh, kalau ada lomba ngeblog misalnya tentang review karya, keuangan, atau politik, saya biasanya nggak ikut. Walau hadiahnya sangat amat menggiurkan. Mungkin untuk sebagian blogger, ini jadi seperti saya hanya berani ada di zona nyaman saya. Atau, nggak mau menjajal kemampuan untuk menulis tema lain. But, hey, pilihan orang kan beda-beda ya. Hehehe.

Sempatkan Untuk Kepo

Biasanya saya sempatkan sedikit waktu untuk kepo tulisan peserta-peserta lain. Maksudnya bukan untuk mencontek atau plagiat. Maaf-maaf saja, itu nggak ada di kamus saya. Maksud kepo di sini adalah supaya saya nggak menuliskan cerita yang sama. Sebisa mungkin malah jadi berharap bisa menulis yang beda daripada yang lain. 

Untuk ajang menulis yang rutin diadakan tiap tahun seperti misalnya Anugerah Jurnalistik AQUA, saya hanya kepo ke tulisan para pemenang tahun lalu. Tujuannya masih sama. Supaya saya bisa membuat tulisan yang khas dan berbeda dari mereka. Dengan melihat tulisan para pemenang sebelumnya, saya jadi belajar menebak kira-kira kriteria seperti apa supaya bisa menang. Kebanyakan menulis yang berkaitan dengan pelestarian air dan lingkungan hidup. Saya jadi merasa ada celah untuk menuliskan tentang air dan lingkungan dari sudut yang berbeda. Makanya akhirnya saya wujudkan juga dalam recycling kemasan AQUA bekas menjadi barang-barang (yang menurut saya) kiut. Supaya beda. Kayak gini contoh craft yang saya bikin dari recycling kemasan bekas air mineral untuk lomba blog AQUA.



Berani Ikut Lomba = Berani Kalah

Nggak mungkin dong kita bisa selalu menang dalam semua lomba yang kita ikuti. Saya malah jumlah kalahnya jauuuuhhhhh sekaleeee lebih banyak dari yang menang. Tapi, kalau berani ikut lomba ya harus berani kalah dong. Artinya, berani me-maintain perasaan kecewa kalau kita kalah. Berani mengakui keunggulan para pemenang. Berani membaca-baca tulisan para pemenang untuk sumber belajar dan evaluasi. Berani mengucapkan selamat, tapi harus dengan tulus yah. Dan, tentu saja, berani move on.

Maintain perasaan kecewa itu gampang-gampang susah. Kalau yang saya alami, gampang kalau memang dari awal saya nggak jor-joran amat mengikuti lomba itu. Nggak jor-joran amat di sini bisa karena faktor nulisnya mepet deadline, ikutan hanya sekedar untuk meramaikan, atau dari awal lihat tulisan peserta lain yang bagus luar biasa jadi saya jiper. Huahaha. Susah nya buat saya adalah kalau saya sudah mencurahkan hati, waktu, dan pikiran *ceileh* untuk menulis panjang lebar dan memfoto ini itu sebagai pelengkap tulisan. Lebih susah lagi ketika saya mendapat komentar-komentar semacam, "Tulisanmu bagus banget. Yakin menang nih Mami Ubii" terus ternyata saya kalah. Hahahaha. Karena walau saya berusaha mati-matian untuk stay calm, ucapan-ucapan seperti itu pasti tetap membumbungkan harapan (walau sudah berusaha saya tekan). Akhirnya jadi bicara dalam hati, "Eh iya ya tulisanku bagus? Masa sih layak menang? Ah semoga ah yaaaaaa."

Berhubung saya pernah merasa down dan susah move on dari kekalahan karena komentar-komentar yang melambungkan harapan, saya jadi lebih berhati-hati sekarang saat meninggalkan komentar di tulisan teman blogger yang sedang dilombakan. Kalau memang menurut saya tulisannya unik dan keren banget, baru deh saya bilang begitu. Jadi, bukan untuk sekedar basa-basi saat ninggal komen aja. Komen-komen lain yang biasanya saya kasih adalah komen netral semacam "Good luck ya" atau "Thanks sharing infonya bermanfaat" - biar nggak melambungkan harapan seperti yang saya pernah rasakan juga. Mengutip perkataan sahabat saya, "Saling menjaga perasaan ajah."

Ada Niat, Ada Usaha

Ini masih berkaitan dengan tips pertama saya yaitu pilih lomba blog sesuai minat kita. Kalau memang sudah passion, pasti kita juga lebih semangat mengusahakannya, kan? Entah dengan foto-foto pendukung, cari referensi pendukung, cari gambar-gambar yang nyambung, atau bikin ilustrasi-ilustrasi supaya makin catchy. Tapi niat banget juga bukan jaminan menang sih. Ini ada lomba blog tentang finansial yang saya super duper niat. Pake foto-fotoin Ubii segala sambil ngejembreng mainannya, ternyata nihil. Bahahaha. *ketawa getir melintir*. Tulisan lomba nya di sini.


Kalau googling gambar dengan keyword Bahasa Indonesia nggak nemu, coba pakai keyword dalam Bahasa Inggris. Biasanya kok saya lebih gampang nemu yah kalau keyword nya pakai Bahasa Inggris. Hehehe.

All Out Cari Dukungan

Kadang-kadang ada lomba blog yang salah satu kriteria nya adalah dengan seberapa banyak dukungan dalam komentar blogpost yang dilombakan. Kalau begitu yaaahh, jangan ragu colek-colek teman-teman blogger lain untuk minta tolong intip-intip dan meninggalkan jejak di tulisan kita. Kalau sudah tergabung di sebuah komunitas blogger, biasanya akan lebih enak ya. Daripada minta dikomenin di Wall pribadi karena pasti nggak semua teman Facebook kita juga blogger.

Colek-colek teman-teman blogger yang kira-kira berkenan diminta bantuan seperti ini. Biasanya teman blogger yang juga langganan ikut lomba sih nggak keberatan karena sudah sama-sama paham. Tapi jangan lupa, kalau di lain waktu mereka gantian mencolek kita minta dukungan, sebaiknya kita return the favor. Gantian suporterin dan semangatin tulisan mereka juga.

Kalau memang faktor dukungan di komentar ini cukup penting, berani-beraniin aja minta dukungan. Kan sayang ya kalau sudah nulis panjang lebar sepenuh hati tapi tersisih karena kurang dukungan hanya karena kita maju-mundur saat cari dukungan. Hehehe.

Dadah ^^

Hmm. Kayaknya itu aja deh. Beneran. Nggak punya tips fantastis apa pun. Oh ya, tips yang nggak kalah penting: jangan lupa berdoa. Kan Mami Ubii udah berbagi tips. Gantian dong, kamu bagi tips-mu. Saya kan pengen belajar juga dari kamu, kamu, kamu *menggema*

Jangan malu-malu share di komen ya. Suer, saya pengen belajar juga. Selamat memilih-milih lomba blog yang sesuai dengan minat dan selamat berlomba dengan suportif, yak. Good luck to all of us!

Anyway, lagi ada lomba blog apa sih sekarang-sekarang ini? Mami Ubii lagi kudet berat...... :(




Love,








90 comments:

  1. Tengkiyu tipsnya Mami Ubii.....*hug

    ReplyDelete
  2. Terus berkarya, Grace :-) Salam buat Ubii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam balik dari Ubii. Kapan buku antologi nya kelar, Mba? Hehehe

      Delete
  3. Terus berkarya, Grace :-) Salam buat Ubii....

    ReplyDelete
  4. Hihi..sama..yang lomba finansial itu aku juga dah niat banget ternyata kalah.hiks

    ReplyDelete
  5. mantap mak tipsnya,kalau saya kalau nggak sesuai dengan pengalaman sendiri agak susah dan mending nggak ikut, nggak ada ide gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macet dan mampet ya, Mak Hanna. Kayak septictank. Wkwkwkwkw *ngaco

      Delete
    2. wew iya mantab banget kak tipsnya :3 bisa d tiru nih :3

      Delete
  6. Aku kadang kalau KEPO malah jadi minder :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda-beda sih yaa. Kalo aku nggak kepo terus setelah publish baru kepo, terus nyadar ada yang mirip banget ama ideku (tapi yang publish dia duluan), pasti kecewa. Soalnya pengen nulis yang beda. (kalo pas bisa) wkwkwk

      Delete
  7. yang kepo jangan ubi.....bikin drop duluan biasanya

    ReplyDelete
  8. iya ...huhuhuh...aku beberapa kali dipuji2 bagus..tapi nyatanya ga menang..hikz...
    btw...ini kayak curhatan aku :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw. Samaaaa. Untung yang Aqua aku nyantol, kalo enggak bisa-bisa aku mutung. Hahaha -_-

      Delete
  9. Mami Ubii, loph, lophhh, lopph...! Ini wis bener kabeh lah tips dari dirimuh. Aku juga praktekin semacam ini, tapi untuk merumuskannya dalam sebuah postingan, kok PR bingits ya *lap kringet**
    Makasiii banget ya mami Ubii. Aku tuh, selalu adore the way you write everything, kayaknya simpel, seolah2 "ngobrol" ama pembaca, tapi dapeeeet banget ilmunya. Wihiiiiyyy --> btw, ini bukan komen basa-basi loh. Nulis komennya pake ati (dan rempela) banget hahaha.
    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. *nyumbang tissue buat lap keringet*
      **nyomot rempela terus ngeduk nasi anget**

      Bahahahaha jadi laper -____-

      Delete
  10. "Tulisanmu bagus banget. Yakin menang nih Mami Ubii" Hahaha, saya juga pernah dapet komentar kayak gitu. Memang jadi seperti yg mamy Ubi tuliskan di atas.
    Kalau saya sendiri belum pernah menang lomba yang hadiahnya wah. Jadi nggak berani kasih tips, justru masih harus banyak belajar ini.
    Thanks sharingnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, toss dan berpelukan, Mak Uwien :* :p

      Delete
  11. Setuju, saya pernah kepo malah bikin down dan ganti tulisan mulu. Wuih, yang sana lengkap banget, lengkapin juga ah, malah jadi maju mundur ga pakai cantik. Satu lagi catatan saya, juri punya selera yang berbeda, jadi bisa saja kita sudah tampil maksimal kalah, atau kita biasa aja menang. Namanya rejeki. Kalau saya mah buanyak banget kalahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul tuh. Selera juri kadang nggak ketebak. Tapi kadang ketebak juga. Xixixi. Terutama kalau ajang menulis yang ada tahunan :p Aku juga yang kalah buanyak pol, Mak Rizka :p

      Delete
  12. Makasih mami ubii, jd smangat kepoin lomba blog lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah dapet info, bisikin doonnggg :D

      Delete
  13. Sama,udah dipuji2 ternyata ga menang tsaaaah sakitnya tuh disini # nunjukdompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakitnya tuh di sini *nunjuk saldo* Wkwkwkwkw

      Delete
  14. thank you tipsnya Maaak... lumayan buat contekan kalau suatu hari tergerak untuk ikut lomba blog.. :D

    ReplyDelete
  15. Membaca tulisan mak Gracie santai, ringan tapi ngena, thanks infonyanya btw kreasinya cantik2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak. Kreasinya cantik, secantik orangnya, kan? Bwee pede. Xixixi.

      Delete
  16. makasih mami ubii... tapi aku jarang banget ikut lomba blog. tapi setuju sih kalo untuk ikut lomba blog harus dengan sesuai passion masalahnya bakalan mentok di ide dan bakalan kaku. hehehe..

    ReplyDelete
  17. Makasih mami ubiiii, udh berbagi tips, lain kali bagi duit yak, hehe
    Sy jg biasanya gt sih mak, yg kurang itu all out cari dukungan, suka nggak pede soalnya mak. 1x lg tengkiu yak

    ReplyDelete
  18. Terima kasih Maak tipsnya :D Emang topik yang dipilih harus sesuai passion ya, supaya bisa nulis dari hati :) Barusan ngintip portofolionya, wuaah menang macem2 ya Mak... Seru & inspiratifff!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eits jangan salah, Mak. Yang kalah berkali-kali lipat dari yg menang. Huahahahaha *ketawa getir*

      Delete
  19. Makasih mak Grace tipsnya... memang benar lbh baik ikut yg sesuai dg passion kt..klo gak itu rasanya gamang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantab nih tips blogging nya :D kapan2 kalo ada lomba pake cara ini ya umi ^^

      Delete
  20. Wuih, aq meh komen opo ya hihihii....sering ikut lomba tp lebih sering jebloknya :D :D Klo niat banget pengin menang malah ambruk, eeehh begitu ikutan lomba yg abis posting terus lupa malah menang. Piye jal? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku banget... postingan yang bikinnya berdarah2 sering keok. Giliran nulis sejadinya plus mepet DL, malah menang x)

      Delete
    2. Mak Uniek: Sama kalo itu mah, aku yang pengen banget menang dan beneran menang juga baru sekali doank :D

      Pungky: Kecuali yg The Nature Conservancy ya :p *kaboor

      Delete
  21. samaa..dengan mak uniek, dakuw sering ikutan lomba dan kalah mulu hihihihi..tetap semangat :)

    ReplyDelete
  22. Kudu belajar sama suhu nih, iyah bener banget harus sesuai passion, kalo saya parenting malah agak kurang mak, maklumlah mak mama yg satu inih keibuaanya kurang, lebih banyak kebapakan hehe, kalo sy lebih senang yg berbau alam, kemasyarakatan, sama review2 gitu mak. jangan ditanya kalo soal yg berhubungan sama ibu2: masak, kecantikan hadeuuhhh lebih banyak kalahnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saling belajar kalo gitu, Mak Ev. Aku yg alam endebraw endebrew keok pastii wkwkkw

      Delete
  23. setuju banget mamii ubii, sesuai passion, gak maksain hal2 yg diluar kemampuan. saya mesti belajar banyak nih sm dirimu, soalnya lebih banyak kalah drpd menangnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhah, aku pun banyakan kalahnya loh, Mak. Ciyuusss :D *sedih*

      Delete
  24. Makasih tipsnya mama Ubi... memang kalau sesuai passion idenya mengalir sendiri ya mom, jadi tinggal ngrapiin tapi ngrapiinnya itu yang susah hehehe, tetep semangat dan terus belajar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, sependapat, ngerapiin nya yang kadang takes time :p

      Delete
  25. Aku juga suka kepoin karya peserta lain mak dan suka bagian siap kalah kalo ikutan lomba, walaupun optimis menang lebih besar ya ... :)

    ReplyDelete
  26. Makasih Mak Ges tipsnya. Hehe kalo ga menang Ubii ngambek ga tuh ;p

    ReplyDelete
  27. Thanks untuk tipsnya ya mami Ubii :)

    ReplyDelete
  28. Replies
    1. Teh Melly harusnya bagi tips juga niihh biar rameee

      Delete
  29. Melakukan apapun kalau sesuai dengan passion memang jadi enjoy ya mak... Ikut lomba juga begitu... tetep pasti ada usaha yang dilakukan. ;)
    Makasih tipss nya mama Ubii.. Aku tipe blogger jarang ikut lomba tapi jadi pingin ikut juga kapan2 kalau ada tema yang 'pas' :D

    Moga 2015 makin keren mak Grace ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin doanya, Mak Haya, terima kasih and you too yaaa ^^

      Delete
  30. Setuju Mami Ubi, karena saya juga sering ikut lomba dan "kebanting" banget sesudah dipuji pasti menang ngga taunya kalah , hehehe
    Kalo saya ikut lomba untuk mendanai kegiatan komunitas dampingan, lumayan bisa beliin ini dan itu yang harganya ratusan ribu rupiah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, iya tuh, diksi yang pas --> kebanting. Hehehe. Toss, Mak. :D

      Delete
  31. Setuju Mami Ubi, karena saya juga sering ikut lomba dan "kebanting" banget sesudah dipuji pasti menang ngga taunya kalah , hehehe
    Kalo saya ikut lomba untuk mendanai kegiatan komunitas dampingan, lumayan bisa beliin ini dan itu yang harganya ratusan ribu rupiah :)

    ReplyDelete
  32. Terima kasih sharingnya, Mak. Mantap. Emang betul bgt, kalo temanya sesuai passion segalanya jadi lbh ringan. Masalahnya kebanyakan lomba kok ya temanya gak aku kuasain banget, jadi yah... Begitulah, hehe... Kalau aku kepoin tulisan peserta lain alasannya kurang lebih sama, Mak. Plus kadang buat brainstorming aja, jd kita mikirin sudut pandang lain. Kadang2 tadinya blank udh liat2 yg lain malah jd ada ide sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terakhir, sama banget kayak aku, Mak :D

      Delete
  33. Hm... berani ikut lomba = berani kalah, bener banget tu Mami Ubi. Dulu mah saya juga pernah tu ngerasain susah move on, udah mencurahkan segala daya dan upaya buat lomba, eh ternyata kalah. Haduh, sakitnya tuh di sini :')

    Yah... tapi bagaimanapun juga, kalau rejeki mah kagak kemana, intinya kalau udah berusaha, banyakin aja berdoa, kali aja rejekinya di situ. Kalau enggak, ya cari yang lain :D

    ReplyDelete
  34. waaahhh bener tuh tipsnya mami, sesuai passion ya, nulis jadi sepenuh hati karena kita memang menguasai :)

    ReplyDelete
  35. Replies
    1. Mak Injuuul :')))))))) Mak InJul mah harusnya udah bikin tips beginiii jugaaaaa x____x

      Delete
  36. Yuk, yg punya pengalaman memenangkan lomba blog share pengalamannya. Tenang, meski punya jurus maut tapi tetep lagi balik ke faktor luck. We do the best, God does the rest. Rezeki nggak bakal tertukar, kok. :)

    ReplyDelete
  37. kalau nulis sesuai passion emang kelihatan sih mak, karena termasuk dalam penguasaan materi lomba yang diberikan, gak asal - asalan. Akupun kepo di blognya Mami ubiiiii :D

    ReplyDelete
  38. Asik asik asik dibocorin tipsnya. Makasih Mami ubiii :*

    ReplyDelete
  39. Asik tambah ilmu lgi nih,kdng udah ngerasa sebanding dgn kompetitor.ternyata kalah...mungkin kudu sabar mbk...hehe #slmkenal

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...