Friday, February 27, 2015

Mengisi Mommies Daily Lunch Bersama Mothercare

Hola! Ini hari ke-dua saya pasca keluar dari rumah sakit dan saya sudah beredar. Hahaha. Yap! Hari ini saya dipercaya mengisi Mommies Daily Lunch, atau singkatnya #MDLunch, bersama Mothercare. Tema besar nya adalah Keeping Your Baby Safe From The Start. #MDLunch ini bertempat di X.O Suki Restaurant Ambarrukmo Plaza. 


Acara dibuka oleh Mba Lita dari Mommies Daily. Para mommies sudah ambil makanan masing-masing. Jadi bener-bener nyantai yah, makan sambil nyimak. Mba Lita cerita tentang sejarah singkat *apeu* MDLunch. Ternyata udah satu tahun event ini jalan. Then memperkenalkan diri (berikut social medianya hahaha) dan tema obrolan kali ini. Lalu saya mulai berbagi cerita..


Eh tapi saya bersyukur banget loh  karena obsgyn dan suami sudah ACC saya untuk keluar rumah (ini beneran loh). Karena memang konsep acaranya ringan dan santai sambil makan siang bersama. Saya bener-bener cuma duduk dan cerita aja. Nggak capek, kan? Lagipula, saya juga nggak harus capek-capek menyiapkan persentasi atau apa, karena once again, berbagi nya hanya sambil ngobrol ringan. Dan, rasanya sayang aja kalau membuang kesempatan bisa berbagi. Lagian saya juga sudah prepare pamflet edukasi TORCH untuk dibagikan. Hehehehe. Tapi lebih dari semua itu adalah... saya takut kalau nggak datang terus malah kepikiran dan terus stres HAHAHAHA. Paragraf ini penting banget ya -____- *barusan curhat*

dok. Indah Julianti

Acara dibuka oleh Mba Lita dari Mommies Daily. Para mommies sudah ambil makanan masing-masing. Jadi bener-bener nyantai yah, makan sambil nyimak. Mba Lita cerita tentang sejarah singkat *apeu* MDLunch. Ternyata udah satu tahun event ini jalan. Then memperkenalkan diri (berikut social medianya hahaha) dan tema obrolan kali ini. Lalu saya mulai masuk deh. 

Sesi awal dibuka dengan pertanyaan seputar Rumah Ramah Rubella. Kenapa saya bikin komunitas tersebut. Apa yang sudah dilakukan oleh Rumah Ramah Rubella, dan bagaimana pendanaannya. Pendanaan? Hmm. Percaya nggak, Rumah Ramah Rubella itu belum punya sumber dana rutin :))) Ya kan kami masih komunitas sederhana yang belum punya akta. Jadi kadang urusan propose minta donasi itu agak sulit. Tapi, entah gimana, Tuhan selalu punya tangan-tangan untuk membantu. Ada teman yang mendonasikan sekian persen penjualan produknya, ada yang membantu desain, ada yang membantu translate, dan ada yang baru saja menawarkan bantuan pembuatan website secara gratis. Ya, bantuan itu nggak melulu soal uang, kan? Saya sempat singgung juga bahwa sebenernya saat ini Rumah Ramah Rubella sedang butuh volunteer untuk jadi admin Twitter komunitas. Akun Twitter kami udah mati suri nggak ada tenaga. And to my surprise, setelah #MDLunch kelar, ada seorang kawan blogger yang memang mengikuti #MDLunch, menawarkan diri voluntarily untuk bantu Twitter kami. Thank God!

Setelah itu, pertanyaan ngalor ngidul lagi ke Ubii. Ubii sudah bisa apa, bagaimana progress nya saat ini. Bagaimana dulu pertama kali saya bisa mencurigai Ubii terkena Congenital Rubella Syndrome. Apa saja yang saya lakukan. Tes-tes nya apa saja serta biaya nya. Sempet mewek sedikit. Tadi tiba-tiba laper pas bagian itu. *lhoh?!*

dok. Kurnia Kartikawati

Udahan, kami masuk ke bagian yang agak serius. Ciye. Mba Lita mulai nanya tes apa saja yang sebetulnya perlu dilakukan. Kapan sebaiknya melakukan itu. Mengapa itu penting. Di mana bisa te-tes itu dan berapa biaya nya. Sekaligus saya cerita tentang beberapa tips mencegah infeksi TORCH yang bisa banget kita lakukan di rumah. Supaya lebih lengkap, nggak lupa dong saya ingatkan mommies yang hadir untuk nanti meluangkan waktu buat intip-intip pamflet edukasi TORCH yang saya bagikan. Karena di pamflet tersebut sudah kami rangkum 101 TORCH Infection including pencegahan, penularan, gejala, diagnosa, dampak, dan pengobatan. Semoga dibaca ya, mommies! ;)


Buat saya pribadi, yang seru hari ini adalah hidupnya suasana Mommies Daily Lunch bersama Mothercare ini. Rasa-rasanya, diskusi nggak hanya berjalan satu arah aja. Saya nggak melulu ngomong sendiri. Mommies yang ada di sana juga cukup aktif terlibat dalam obrolan. Mulai dari bertanya tentang kekhawatirannya sendiri, menanyakan kasus yang terjadi pada kawannya, minta tips, dan juga saling menambah dan melengkapi info. Di tema Keeping Your Baby Safe From The Start ini, obrolan bisa interaktif karena pesertanya cukup lengkap. Ada yang sedang merencanakan kehamilan, pasca melahirkan, dokter, tenaga kesehatan di puskesmas, dan ibu-ibu dari anak usia PAUD (yang terakhir ini kaitannya dengan vaksinasi MMR). Nah, jadi yah, obrolan tadi bisa meluas dengan sendirinya. Melebar ke BPJS, ongkos vaksin, kelebihan vaksin di puskesmas, info diskon screening di lab swasta, dan ini itu lainnya.

Selesai ngobrol nya, sesi selanjutnya adalah... foto-foto. Huehehehe.

dok. Ardiba Sefrienda

Sesi foto masih berlanjut yah saat store visit. :)))

Daann... selesailah Mommies Daily Lunch Bersama Mothercare ini. Saya seneng banget bisa hadir dan dipercaya mengisi acara ini. Karena saya semacam punya history dengan Mommies Daily especially Mba Lita. Berbagai pengalaman baru dan rezeki saya boleh dibilang berawal dari website www.mommiesdaily.com *mewek*. Saya pertama kali menulis cerita tentang Ubii yang beneran niat dan (agak) lengkap itu ya di website MD. Mba Lita yang nyunting. Baca: Anakku Terinfeksi Rubella. Ndilalah, tulisan perdana itu banyak banget yang baca dan nge-share. Total ada 652 shares. Kemudian tulisan di website MD itulah yang mengantarkan saya ke Kick Andy, karena produsernya mencari kontak saya setelah baca tulisan itu lewat... Mba Lita lagi. Saya jadi dapat kenalan orangtua-orangtua lain yang punya anak spesial seperti Ubii. Kenalan dengan para mama papa inilah yang lantas jadi ide awal saya membentuk Rumah Ramah Rubella. Setelah komunitas kecil ini terbentuk, lagi-lagi saya cerita di website MD. Baca: Komunitas Rumah Ramah Rubella. After a while, menulis di MD bikin saya ngeh ternyata saya enjoy banget nulis. Sejak itu mulai ngurusin blog dan beraniin bikin buku Letters to Aubrey. Jadi jarang setor tulisan lagi di Mommies Daily. *nyengir kuda*. Once buku Letters to Aubrey kelar, no wonder saya langsung pengen Mba Lita ikut menuliskan kesan-pesannya. Ceileh. So, Mba Lita, thanks a bunch, Buu.


Seneng juga karena tadi sempet ngobrol sama tim Mothercare dan Mommies Daily yang lain. Meet Mba Manda from MD and Mba Apni from Mothercare, guys!


Once again, thanks for the opportunity. I feel so excited and blessed. Semoga apa yang dibagikan hari ini bisa bermanfaat dan nggak berhenti hanya di kita-kita saja yah, mommies. Kasih tau tetangga, sepupu, keluarga, kenalan, temen kantor, dan lain-lain tentang apa itu infeksi TORCH kongenital dan bagaimana mencegahnya, yah.

Yang mau tau cerita lainnya, search aja #MDLunch di Twitter yah. Mommies di kota lain, kalau ada #MDLunch di kota-mu, jangan ketinggalan. ^^


I share because I care, how about you? :)





Love,





20 comments:

  1. Saksesss bumill..yang penting sehat2 yaaa....syukurlah tadi kamu g loncat2 gt disana :v

    ReplyDelete
  2. Ges keren weeesss... sebarin terus ya Ges info2 berharga seputar Rubella, pasti bermanfaat buat banyak orang tuh.

    ReplyDelete
  3. masih hangat nih liputannya, langsng publish :) tadi bisa kan jawab pertanyaan emak keren :-D

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah mi ubi n utun udh sehat lageee...udah beredar pulak...
    Acaranya asyik ya mak ges...kayak ngobrol santai gt yak...
    Duuhh keren dah mak ges...semangat selalu n sukses bwtbrumah ra,ah ubella :)

    ReplyDelete
  5. iya. seru banget. bikin diriku tambah melek masalah kesehatan. aku segera menyusul buat publish. yuhuu..

    ReplyDelete
  6. Waah seru ya mbak. Semoga nanti ada MDlunch juga disini :-)

    ReplyDelete
  7. Walau aku belum jadi mommie, bisa ikutan event kayak gini gak ya? Atau yang ikutan cuma anggota komunitas?

    ReplyDelete
  8. Seneng banget punya keluarga baru di sini. :D ---> mommiesdaily

    ReplyDelete
  9. Jujur ya mami ubii, saia akhirnya ngeh dan perhatian dg rubella setelah join KEB dan menemukanmu #eh :D memang kesadaran torch ini masih rendah di masyarakat, sehat terus ya mbak :)

    ReplyDelete
  10. Baca pengumumannya & pengin itut tp ntar keliatan aneh sendiri. Secara eyke masi single & nggak dong kalau diajak diskusi.

    ReplyDelete
  11. Aaah, Grace ... it was nice to meet you in person. You are such an inspiration. *love

    ReplyDelete
  12. Memang asik bgt ya MD lunch kemaren. Aku jg pgn nulis reportasenya mak.tp blum sempat.

    ReplyDelete
  13. Acaranya keren tuh Ges dan hebat banget dirimu bisa jadi narasumbernya.

    ReplyDelete
  14. keren. asik ya bisa ikutan acara kayak gini. dan tentunya bisa nambah relasi plus wawasan juga.

    btw mami ubi masih cute aja. hehe...
    salam kenal.

    ReplyDelete
  15. keren yah, kalau ibuk-ibuk banyak eventnya tapi kalau bapak-bapak nih jarang ada eventnya

    ReplyDelete
  16. waah komunitas yang positif yaa :) semoga selalu lancar dan semakin sukses komunitasnya serta dapat membantu sesama yang membutuhkan

    ReplyDelete
  17. Seru nih acaranya, ngobrol, lunch, kopdar, dan banyak ilmu di dapat. Sehat terus ya Mommy Ubii :)

    ReplyDelete
  18. wahhh acaranya keren. asik ya bisa ikutan acara kayak gini. dan tentunya bisa nambah relasi plus wawasan juga.

    data roaming
    game android

    ReplyDelete
  19. baru mampir , langsung suka sama artikelnya

    ReplyDelete
  20. mak geges mah emang yahud..wah udah jadi bumil lagi ya..selamattt :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...