Monday, April 16, 2018

Japan Day 2: Haneda ― Tokyo

Japan Trip series berlanjut. Kali ini mau cerita hari kedua nya. Selama di Jepang kemarin, hari tercapek adalah di hari ini kalo buat saya. Soalnya ritmenya langsung terasa serba cepet. Begitu landing di Haneda Airport, langsung city tour ke beberapa tempat. Nggak pakai check in hotel dan leyeh-leyeh dulu.

Mungkin berasa 'kaget' nya juga karena selama tour ngikutin tour guide itu kudu cepet karena dia jalannya cepet banget wtf. Saya juga bisa sih jalan cepet. Tapi bisa jalan cepet dan terbiasa jalan cepet itu beda ternyata.

Namun yaa, secapek apa pun di hari kedua ini ya sebenernya ketutup sama excitement nya. Excited sampai di negeri orang, lihat jalanannya yang serba bersih, style cewe-cewe Tokyo, style turis, bus-bus yang warna dan gambarnya lucu, semuanya lah bikin excited.

Bahkan liat vending machine aja excited banget kok, lol. Soalnya minuman-minumannya bungkusnya imut semua (di mata saya).

Itinerary hari kedua nya kaya gini:

Setibanya di Haneda Airport, Anda akan langsung diajak city tour Tokyo dengan mengunjungi Asakusa Kannon Temple yang merupakan kuil terkenal, Nakamise Street di mana terdapat banyak toko kecil yang menjual berbagai jenis souvenir di sepanjang jalan yang berada di sekitar Asakusa Kannon Temple. Dilanjutkan dengan Photo Stop Tokyo Sky Tree dan melewati Imperial Palace yaitu istana Kaisar. Kemudian diajak mengunjungi Ginza Area yang merupakan kawasan belanja terkenal di Tokyo. Tak ketinggalan diajak ke Shibuya Area, pusat perbelanjaan di mana Anda dapat berfoto dengan Patung Hachiko.

But, the reality was ... ternyata urutannya nggak kayak gitu (well, it doesn't matter sih). Jadi saya cerita agenda nya yang sesuai real chronological order aja yak.

Shibuya Area

Pertama banget itu ke Shibuya Area. Ini saya excited bangeeettt super duper excited karena kami juga nyebrang di Shibuya Crossing yang katanya the busiest crossing in the world (cmiiw, ini kata Adit). Langsung Instastory beberapa dengan semangat.

Seneng aja kemruyuk di jalanan yang sangat jelas kapan harus jalan dan kapan harus berhenti. Sesuatu yang jelas nggak ada di Indonesia karena di sini mah kendaraan pada suka nggak mau ngalah even sama pejalan kaki.

Something new to know: Di Jepang itu sangat jarang banget nget nget ada kendaraan yang bunyiin klakson, kata Tama (local tour guide). Dan emang iya. Saya cuman denger ada suara klakson itu sekali doang. Masih kata Tama, mungkin ini lah kenapa orang Jepang itu nggak stress di jalan.

Iya bener stress level orang Jepang itu tinggi sampai suicide rate nya juga tinggi. Tapi mostly itu nggak ada hubungannya dengan capek di jalan / capek menuju kantor. Beda sama kita. Di rumah dan di kerjaan mungkin udah stress, di jalanan nambah stress nya karena jalanan nggak aturan, macet, dan suara klakson pada paduan suara.

Patung Hachiko

Level excited saya di Hachiko Statue ini, to be honest, biasa aja. Ya seneng sih, but that's it. Nggak yang sampai mengena dan teringat senengnya sampai berhari-hari. Mungkin karena saya takut sama anjing. Masuk akal nggak sih, wtf.

Kemungkinan lain karena di sana emang super kilat. Per orang / couple / group foto sekali dua kali sampai seluruh peserta tour dapet giliran lalu langsung cabut. Nggak ada sesi mengamati detil patung dari dekat or something like that.

Pleasant thing to see: Orang-orang ini super tertib dan tahu diri. Nggak ada cerita satu orang foto sama Hachiko terlalu lama. Pada cepet-cepet biar antrian selanjutnya bisa segera foto (antrean ramainya astaga).

Biasanya kalau kita abis foto, kan kita cek dulu yah hasilnya di tempat. Udah ada yang bagus on point atau belum. Kalau nggak ada, maka foto lagi dan lagi sampai dapet foto yang layak mejeng di Instagram. Kemarin ya iya pada ngecek dan ada yang foto ulang. Tapi mereka pada nyingkir dulu. Jadi kalau mau foto ulang ya baris antre lagi. Nice yaa.

Lunch

Aduh ini sayangnya saya nggak foto karena udah laper tingkat dewa uttaran. Yang jelas model nya kayak Shaburi gitu dicelup-celup rebus ke dalam soup. Terus ada ikan mentah udah disediain di meja yang kami disuggest untuk nyoba. Saya ogah banget karena geli sama ikan mentah. Tapi Tama persuade nya mantap, dia bilang, "Ayo cobain ikan mentah yang asli Jepang mumpung di Jepang. Beda lho, di sini lebih fresh."

Jadi yaudah akhirnya saya icip sebiji. Ternyata nggak segeli yang saya bayangin. Tapi cukup satu aja, it's not for me deh.

Btw, ini lunch nya di sebuah gedung yang berlantai 8 kalau nggak salah. Jalan masuknya sempit gitu. Lift nya cuman satu, lalu ada tangga. Berhubung lift nya hanya sebiji, jadi kami para peserta tour kan harus antre banget. Selama antre lift, saya sering banget liat orang Jepang naik-turun tangga.

An interesting fact to learn: Kata Tama, orang Jepang itu sehat bukan hanya karena mereka sering jalan kaki, tapi karena mereka sering naik turun tangga. Jadi kalau ada pilihan antara lift dan tangga, banyak yang prefer pakai tangga aja walau itu ke lantai 5 astaga.

Tama kan kerja di semacam travel agent Jepang. Banyak orang Indonesia kerja di situ. Katanya, pengguna lift di kantornya itu mostly orang Indonesia. Kolega-kolega nya yang warga Jepang pada pilih pakai tangga semua. Mungkin bisa kita coba untuk lebih sehat, lol.

Ginza Area

Setelah lunch kelar, kami dikasih waktu 1 jam untuk ngider di sekitar tempat makan, which is di Ginza Area. Di kawasan itu banyak banget store bertebaran macam Uniqlo, H&M, Onitsuka, etc. Saya masuk beberapa store tapi nggak beli apa-apa. Cuman untuk menghangatkan badan doang.

Biasanya di Jogja Jakarta ngemall itu pengin ngadem. Pas di Jepang kemarin sebaliknya, biar anget karena di luar dingin brrr. Nggak beli apa-apa, tapi sempet foto-foto di Uniqlo nya karena lucu hehe.

Sempet foto-fotoin beberapa store yang menurut saya lucu gedung dan dekorasinya juga. Udah pernah saya ceritain di Instagram sih tentang toko-toko lucu ini.

Imperial Palace

Abis itu ke Imperial Palace tapi ternyata nggak turun sama sekali. Cuman lewat doang sehingga liatnya ya cuman dari dalam bus. Harusnya saya nggak kaget sih kalau baca itinerary nya dengan teliti. Soalnya di itin pun tertulisnya "melewati Imperial Palace" bukan "mengunjungi" heheh.

It doesn't matter though. Udah cukup puas ngeliat dari dalam bus sambil denger cerita dari Tama. Cuman saya nggak terlalu konsen dengerin saat itu. Lagi sibuk cobain makanan yang abis beli di Ginza Area lol.

Cuman nangkep bagian ini doang:

Keluarga kerajaan di Jepang itu beda dari keluarga kerajaan Inggris. Kalau keluarga kekaisaran Jepang itu jarang banget diexpose di media.

Asakusa Kannon Temple - Nakamise Street

Nah kalau ini saya semangat banget nget nget. Kenapa? Karena saya suka sekali baca komik Miiko dan di komik pernah ada cerita yang Miiko main ke Kuil Asakusa lalu jajan-jajan di seputaran Nakamise bareng temennya, Haruna. Jadi saya ngerasa relate wkwkwk. Remeh.

But seriously, sebelumnya cuman baca tempat-tempat itu di komik lalu bisa liat langsung itu rasanya excited. Kayak udah kenal hahahaha.

Kuil Asakusa ini komplek nya luas sekali. Begitu sampai di areanya, kami disambut dengan pohon-pohon sakura yang sedang bermekaran.

Jalan dikit lalu ketemu deh kuil utama nya yang sangat megah. Didominasi dengan warna merah dengan pilar-pilar besar dan kokoh, rasanya amazed banget. Semacam main ke klenteng jumbo gitu lol. Selain amazed karena megah, juga karena kuil Buddha ini masih sangat apik dan terurus padahal dia adalah kuil tertua di dunia (cmiiw).

Ada kolam air di sana dengan banyak gayung yang tersedia. Kata Tama, air kolam tersebut dipercaya bisa menyucikan diri. Jadi banyak banget orang berkerumun untuk membasuh tangan dan wajah mereka. Saya juga cobain membasuh tangan. Ternyata airnya ... dingin banget! Seger sih tapi.

Ini pas banget Adit moto dapet momen saya kaget karena airnya sungguh dingin lol.

Selain itu, ada juga area tempat membakar kemenyan untuk berdoa. Banyak yang meyakini bahwa asap kemenyan ini bisa membuat sakit-sakut di tubuh mereka hilang. Yang ini saya nggak coba sih soalnya full banget.

Terus ada juga tempat di mana kita bisa mengambil ramalan, bayar seharga 100 yen. Ini saya pengin banget cobain sebenernya. Bukan karena percaya ramalan tapi karena Miiko cobain di komik jadi pengin ngikut. Sayang nggak punya koin 100-an yen jadi batal lol.

Then, ada juga beberapa kios kecil yang menjual jimat. Kios-kios ini ramai banget banyak yang beli atau sekedar lihat-lihat. Jimatnya pun macam-macam. Ada jimat biar sehat, biar percintaan lancar, biar ujian lancar, rezeki mengalir deras, dll. Semua ada keterangannya. Harga nya variatif, ada yang 800 yen, 1000-an yen, etc. Tapi saya nggak beli. Cukup fotoin aja.

Setelah itu saya lihat-lihat ke area kuil yang lain. Banyak banget spot yang cantik untuk foto-foto kaya gini.

Nah, tapi sayangnya, saya nggak sempet melongok ke Nakamise yang jual aneka macam souvenir huhuhu. Baru mau melangkahkan kaki ke situ, ternyata udah waktunya untuk kumpul lalu cus. Jadi yasudahlah, rada kecewa sih di sini tapi nggak yang banget-banget sampai hati perih lol.

Tokyo Sky Tree

Setelah peserta tour udah kumpul lengkap, kami diajak jalan menuju ke Tokyo Sky Tree untuk foto-foto buat kenang-kenangan. Jalannya lumayan jauh tapi nggak kerasa sih karena excited ngeliatin jalan, orang, gedung, etc.

Sampai di sana dikasih waktu 15 menit untuk liat-liat dan foto-foto.

Lalu cus balik ke bus.

Hotel Grand Nikko

Sudah mendekati waktu yang disepakati untuk dinner, tapi ternyata masih ada waktu. Jadi kami semua naroh bagasi-bagasi di Hotel Grand Nikko dulu. Hotelnya bagus banget. Saya kira hotelnya bakal tipe budget hotel kayak Amaris atau Pop gitu kan, ternyata nggak hehehe.

Selain seneng karena hotelnya bagus, norak juga sih karena sabun, sampo, dan conditioner yang disediakan di kamar mandi itu merk Shiseido. Jarang banget saya pakai toiletries mahal jadi ya udah pasti norak lah wkwkwk.

Penampakan hotelnya saya story in doang, nggak difoto-foto. Stories nya saya taroh di highlight Instagram saya yaa.

DiverCity Tokyo Plaza

Setelah naroh barang di hotel, kami makan malem sama-sama di mall deket hotel. Kelar makan sekitar jam 8 malam waktu Jepang. Tama membebaskan kami mau ikut balik ke hotel bareng atau mau jalan-jalan free time sendiri.

Adit sudah pasti ngajak jalan-jalan dulu lah karena deket mall tempat kami dinner itu ada DiverCity Tokyo Plaza yang punya patung gundam raksasa. Sebenernya nggak terlalu jauh, tapi berhubung udah capek seharian jadi rasanya kok nggak sampai-sampai wtf.

Begitu sampai di area gundam raksasa, Adit langsung tertegun terpesona dan saya dicuekin. Seneng banget Adit liat patung gundam gedenya. Emang menarik sih. Saya aja juga excited liatnya karena megah, ada lampu-lampu, dan sesekali patung gundam raksasa nya itu gerak-gerak gitu.

Di sekitar situ juga ada store kecil yang menjual gundam. Aroma-aromanya Adit kepengin beli tapi takut ngomong ke saya. Hahaha. Padahal saya mah nggak apa-apa kalau dia mau beli. Kan mumpung di Jepang. Soalnya di sana, ada beberapa gundam yang kami nggak pernah lihat di Indonesia.

Akhirnya beli sebiji, seri Beargguy untuk melengkapi koleksi Beargguy nya Adit. Harganya jadi lebih murah. Plus jarang yang jual tipe ini di store-store di Indo heheh.

Baca: Hobi Suami, Didukung Nggak Yaaa?

Kelar jalan-jalan balik ke hotel. Abis itu rebahan bentar kaki pegel. Terus mandi. Lalu nyicil siapin baju buat besok hari ketiga sambil packing. Udah kelar lalu lelah tak ada tenaga lagi. Hari kedua belum tercapai cita-cita make love while in Japan wkwkkw.

Cerita hari ketiga lanjut di postingan selanjutnya yaaa.

Have a nice day!

Love,

9 comments:

1. Giiiiiilllls baca detailnya aja wis menggeh-menggeh Mbak. Jadi kebayang capeknya perjalanan dalam satu hari itu. Yang penting happy yaaaak. Beberapa poin bisa coba dipelajari juga tuh, kayak biasain naik-turun tangga dan ngantri lagi kalo foto emang belum bagus dan pengen foto lagi. Nice syekaliii~

ReplyDelete
  2. Kita sama sih ttg hachiko ges. aku jg ga excited pas liat patungnya. Soalnya aku ga suka cerita si hachiko ini, terlalu sedih huahahaha.. Jd ngeliat patungnya, jd inget kisah sedihnya lg. Tp krn sepupu pgn foto, ya sudah akhirnya ksana. Tp aku blasss ga mau foto :p.

3. Kalau saya suruh jalan cepet-cepet bisa tepar di jalan, wkwkwk. Tapi enak juga di jepang gak ada klakson kek di Indo yang bikin stress. Kapan Indo kayak Jepang gitu ya?

4. OMG padat banget ya agendanya. Dulu saya muter2 Tokyo itu sehari paling 3 tempat aja, hihi. Lanjutkan ceritanya mbak, jadi kangen Jepang lagi, fufufu.

5. Seru banget sih mba Gesi. Bacanya berasa pernah ngalamin juga :D

6. Di sana masuk store buat menghangatkan badan ya Gesss, kalo di sini buat ngadem hihiii

7. Aku baca yang jimat itu, biar pencernaan lancar. Ternyata percintaan lancar, haha.

8. Seneng baca post travel begini, berasa ikutan liburan juga ehehehe ��

9. Mami Gesi maksimal banget liburannya. Sampai OOTD nya dipikirin hahaa...
    Tapi aku sukaaa. Pas bangett kayal Orang Japan beneran ��

ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^