Wednesday, April 18, 2018

Japan Day 3: Tokyo ― Hakone ― Kawaguchi

Kalau hari ke-dua kemarin rasanya full sampai ngos-ngosan, hari ke-tiga ini sebaliknya. Woles dan banyak waktu buat napas. Sangking wolesnya sampai saya sempet ngerasa, "Aduh cuman segini doang? Sayang harinya huhu." Padahal mau dipush lagi juga susah sih karena hari ke-tiga ini emang dari satu tempat ke tempat lainnya jauhan.


Yang paling menyenangkan, even sampai sekarang masih terasa senangnya dari liat foto-fotonya di hape, apa lagi kalau bukan Shinjuku Gyoen National Garden. Taman yang super cantik banyak sakura mekar di mana-mana. Dan super L-U-A-S. 

Kalau main petak umpet di sini, sampai besoknya juga belum ketemu deh kayaknya. Beneran luas banget!

Jadi inilah itinerary hari ke-tiga di Jepang:

Anda akan diajak mengunjungi Shinjuku Gyoen National Garden yang merupakan taman terbesar dan terkenal untuk melihat bunga sakura di Tokyo. Kemudian perjalanan menuju Hakone, Anda diajak mencoba naik kapal untuk menikmati keindahan danau Ashi (Ashi Lake Cruise). Bermalam di area Kawaguchi.

Baca itinerary nya doang udah keliatan kan selo nya hari ke-tiga ini. Cuman liat sakura sama Hakone doang lalu ke hotel. Bandingin sama itinerary hari ke-dua kemarin. Rasanya jomplang banget.



Shinjuku Gyoen National Garden

Begitu sampai ke Shinjuku Gyoen National Garden, saya dalam hati yang, "Cih, ini taman nya? Katanya mau liat sakura, kok begini. Kok tampak kecil dan kurang hijau" ― karena saya bayangin taman itu kan ijo-ijo relaxing gitu kan.

TERNYATA ENG ING ENG.

Itu cuma area parkir bus doang.

BAHAHAHAHA MAAF GESI SUKA TERLALU CEPAT SOTOYNYA.

Sebelum bener-bener masuk, disambut sama papan informasi tentang sakura.


Ternyata sakura itu jenisnya macem-macem yah, baru tahu loh. Kirain semacem aja yang warna pink, end. Hahaha.

Abis itu jalan ngelewatin semacam security. Ada meja panjang dan ada beberapa officer. Tas yang kita bawa harus ditaroh meja dulu, dibuka, dan dicek isinya baru kemudian boleh masuk. Standard sih dan ini nggak lama.


Setelah itu berdiri baris dengan rapi sebelum masuk gerbang utama nya. Beneran ini barisnya kudu rapi. Untuk beberapa detik saya ngerasa back to masa SD yang mau masuk kelas harus baris dulu. Udah gitu lalu masuk.

WHOA. Saya dan Adit langsung amazed. Beneran pohon sakura di mana-mana sejauh mata memandang. Begitu banyak, megah, dan indah banget. Langsung minta difotoin berdua sama Adit. Baru berhenti begitu Darwis (tour leader) bilang, "Eh ayo, masuk dulu aja. Di dalem jauh lebih banyak dan lebih bagus. Ini belum ada apa-apa nya dibanding sama yang di dalem."


Wtf, udah bagus banget gitu dibilang belum ada apa-apa nya loh. Jadi kepo dong bakal kayak gimana sih yang di dalem.

Dan ternyata iya, bagus banget. Saya kehabisan kata-kata untuk mendeskripsikan selain bagus dan indah hahaha. I'm not really a fan of flowers and such. Tapi tetep aja di sana saya melongo doang. Kagum banget pokoknya. Ada sakura warna putih, pink muda, pink tua, merah, ah macam-macam.


Begitu tersadar untuk nggak melongo terus, saya ngeh banget ternyata area rerumputannya luas sekali yang sayang kalau nggak dimanfaatin. Jadi saya lari-lari kecil di situ, lompat-lompat, dan minta Adit ngefotoin saya sambil saya loncat. Biar fotonya nggak cuman pose cantik doang.


I really lived in that moment. Rasanya lepas banget lari-larian kayak anak kecil tanpa diliatin dengan tatapan, "Ih apa sih ini anak gede kok tingkahnya kanak-kanak" lol.

Abis pencilakan rasanya haus dan kebelet pipis. Jadi cari toilet dulu. Pas banget deket situ ada kios yang ada vending machine nya. Kios nya lucu ada patung es krimnya.


Ada danau kecilnya juga btw. Dan kami amazed lagi karena danaunya super bersih. Blas nggak ada sampah yang ngapung di airnya sama sekali. 


Ini saya ulang-ulang terus biarin ya. Kagum banget sama betapa bersihnya di sana. Sempet liat orang Jepang buang sampah bekas minuman. Ternyata di sana nggak langsung buang gelasnya ke tong sampah. Tapi sisa air atau es batunya dibuang dulu ke ember yang udah disediakan. Baru deh abis itu gelasnya masukin ke tong sampah. Jadi nggak becek-becek basah gitu ya tong sampahnya.


Terus ada area pohon-pohon begini yang leh uga buat foto-fotoan heheh.


Eh nemu taman yang luas lagi. Seluas ini, gengs.


Udah capek mau pencilakan jadi yaudah saya rebahan aja di rumput. Ih asyik banget. Mataharinya terik tapi nggak panas menyengat. Tapi Adit ogah saya ajakin rebahan gini huh.


Banyak orang yang juga rebahan-rebahan begini. Tapi mereka jauh lebih prepared. Bawa tikar dan bekal, piknik keluarga gitu. Seru yah. Then the time was up, saatnya kembali ke bus untuk menuju tempat lunch.


Lunch ― Shinjuku

Kami lunch di area Shinjuku. Ngelewatin jalan kecil yang banyak tempat karaoke nya dulu. Di tempat-tempat karaoke ini, bagian depannya memajang foto-foto beberapa cewek yang biasanya nemenin karaoke. Adit saya suruh foto di situ malah ogah z.

Menurut saya, jalanan kecil ini agak kumuh untuk versi Jepang. Tapi anehnya nggak bau sama sekali. Kalo di sini, jalan kecil atau gang kan biasanya beraroma comberan atau apa lah gitu yang rada nggak enak. Di sana nggak. Takjub lagi jadinya.


Lunch nya ala-ala Shaburi lagi. Kali ini disuggest sama Tama untuk cobain nyelupin dagingnya ke telur mentah dulu sebelum dimakan. Jadi direbus dulu, empuk, diangkat, celupin telor, hap. Yaudah cobain. But it's not for me. Saya ternyata nggak cocok banget makan mentah-mentah begitu kecuali sayuran.


Kelar lunch, foto-foto dulu karena lucu ih ada Gojira besar mengintai. 


Kalau Gojira kearifan lokal jadinya Si Komo kali ya. 

Tidak lupa main gachapon karena ini bertebaran banget di lantai bawah gedung tempat kami makan. I really love gachapon!!!


Padahal isinya juga nggak ada yang penting. Remeh semua. Gagal mau menguatkan iman biarin ah kali ini.


Hakone ― Ashi Lake Cruise

Ini naik kapan gitu. Seru sih sebenernya. Tapi kurang bisa saya nikmati karena ramai dan desak-desakannya super. Jadi mau foto pun ya buru-buru sekali dan nggak bisa dapet foto yang oks karena di belakang pasti penuh orang sebagai background.


Padahal sebenernya pengen berdiri di pojokan kapan ala Jack sama Rose di Titanic loh. Batal, sodara-sodari. Udah dipenuhin sama orang lain, kalah cepet, wkwk.


Ternyata naik nya nggak lama. Tapi nggak kecewa sih soalnya di atas juga adem anginnya terasa kenceng. Lagian juga udah nggak betah sama desak-desakannya itu loh. 


Meh moment nya adalah: Begitu turun, ternyata nggak ada apa-apa. Turun hanya untuk nungguin bus menjemput. Soalnya saya kirain bakal ada pulau kecil atau apa. Yang kayak kalo kita visit Pulau Penyu gitu loh. Naik kapan, turun, main bentaran sama penyu. Nah kirain juga bakal gitu. Ternyata nehi tak ada apa pun. 


LOL kecele. Jadi yaudah foto-foto aja sambil nunggu bus.


Ini rombongan keluarga Adit.


Ada pakdhe budhe dari Papa Adit, budhe, tante, dan sepupu dari Mama Adit. Sama kakak Adit, istri, dan anak, plus adiknya Adit.


Yatsugatake Royal Hotel ― Yamanashi

Nah dari Hakone ke hotel ini jauh banget. Ada 2 jam deh kayaknya kalau nggak salah. Jadi hari ke-tiga ini waktunya banyak di jalan. Yatsugatake Royal Hotel di Yamanashi ini udah masuk area pegunungan. Jadi jalannya berkelok-kelok dan sepi. Sempet liat Gunung Fuji juga, yang bakal jadi destinasi besoknya di hari ke-empat.

Banyak yang semangat menantikan waktu sampai ke hotel karena rencananya bakal nyebur ke onsen (pemandian air panas ala Jepang) sama-sama. Pada penasaran kan onsen itu kayak gimana, airnya beda nggak sama pemandian air panas di Indonesia, etc.

Sampai di hotel, kami langsung disuruh masuk ke kamar dan ganti baju pakai yukata. Setelah itu turun ke lobby, foto bareng, dinner sama-sama, baru lanjut ke onsen. Tadaa beginilah kami pakai yukata. Pilihan warnanya cuman ini doang. Coba ada yang pink yah, ehe.


Ternyata saya dan Adit nggak bisa ikutan nyebur ke onsen karena ada rule bahwa orang yang punya tato itu nggak diperbolehkan. Sempet yang kecewa gitu karena jadi batal ngerasain sensasi mandi air panas ala Jepang. Tapiiii, terus udah nggak kuciwa lagi sama sekali lantaran kalo masuk onsen itu harus telanjang bulat.

Misalkan saya nggak punya tato pun, saya tetep nggak akan masuk onsen ah. Beneran malu ih kalo saya. Area onsen perempuan dan laki-laki itu dipisah. Tapi ya tetep aja maluuuu. Kecuali boleh pakai bra sama celana dalem gitu mungkin masih ok yah. Kalau telenji full, hahaha, geli.


Banyak yang nanya kenapa orang dengan tato nggak diizinkan masuk ke onsen. Well, it's the rule in most onsen in Japan. Masyarakat Jepang masih sangat mengasosiasikan tato dengan Yakuza, which is a triad / sindikat / gangster. Dan biasanya Yakuza itu disegani atau malah ditakuti. Kalau ada Yakuza yang masuk ke onsen, biasanya orang akan pada minggir. Jadi itulah kenapa orang bertato nggak boleh masuk onsen.

Tentang tato ini, saya juga baru tahu dari Tama. Di Jepang tato itu belum lazim dan belum dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Malah lebih lazim di Indonesia deh kayaknya. And yes, selama di Jepang, saya cuman sekali doang liat orang Jepang punya tato.


Orang dengan tato atau anggota Yakuza nggak perlu khawatir sih. Soalnya ada juga kok onsen yang memperbolehkan people with tattoos to join. Yang jelas bukan onsen di hotel tempat kami menginap.


Jadi yaudah malam itu saya dan Adit cuman mendekam di kamar. Mau jalan-jalan di sekitar hotel juga cuman ada pepohonan mana gelap serem. Mandi air panas di bathtub kamar doang, but that's okay. Setelah itu nyiapin baju buat besok, nyicil packing lagi, cuddling, dan ... tidur.

Angan-angan ingin bercinta di Jepang belum terlaksana di hari ke-tiga ini. HAHAHA.


Cerita hari ke-empat di postingan berikutnya yahh. Lagi on fire ngeblog lagi. Have a nice day, y'all!




Love,






8 comments:

  1. Duh, cita-cita banget nih pengen Hanami di Jepang. Gilaaa itu cantik banget, yak, sakuranya. Dan aku juga baru tau sakura itu nggak pink doang toh. hahahaha.

    Mudah-mudanhan di postingan selanjutnya, impian bercinta di Jepang sudah terlaksana, ya :P :P

    ReplyDelete
  2. baru tahu juga sakura ternyta ada beberapa macem. selama ini lihat di komik kan, warna pink doang :D btw mami gesii diari papi ubii ttg liburan ini juga dong. Gimana dari sisi dia , apakah se-excited mami ubii? apakah dia juga larian kesana kemari di taman? hihi.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu juga kalau sakura itu macam-macam, haha. Lah di film kayaknya cuma pink gitu, ternyata warna-warni juga.

    ReplyDelete
  4. Hahahaha aku udh mikir sih, gesi pasti ga bakal onsen krn masalah di tato. Tp tdnya aku jg mikir, kira2 kamu berani ga ya kalo seandainya g ada tato, ternyata tidak juga :p. Karena akupun jg ga mau hahahahaha.. Risih laaaah kalo hrs telenji. Kalo cm berduaan ama suami oke. Tp kan terpisah cowo cewe nya. Kalo ama temen aku ttp risih soalnya.

    Itu yg gacaphon machine, aku suka jg ges. Pas di sana semua koin kita gunain utk beli mainan kecil2nya dr mesinnya lah. Dapet banyaaaaaak. Ada mainan koper ukuran miniiii banget, yg ternyata beneran bisa dibuka, dan kualitasnya bgs. Trs ankku beli mainan dinosaurus yg masih hrs di assamble dulu. Banyk bgt pokoknya mainan dari vending machinenya yg kita beli :)

    ReplyDelete
  5. Wah, serunya bisa lihat sakura asli yang beraneka warna. Aku malah hobinya googling2 aja. hehehe. Btw, kata temenku yang udah nyobain onsen, emang sih geli di awal. begitu masuk katanya keenakan. Gak ada yang perhatiin kebugilan masing2 gitu. Tapi kalau saya ya geli, bayanginnya aj dah geli, wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Ya ampun mba Ges, mupeng banget aku pingin lari-larian, rebahan di taman itu jug.. Hihi.. Baguuus banget sakuranya.. Dan ternyata ada ya sakura warna kuning.. Baru tau juga soal tatto gak dibolehin di onsen.. Tapi aku pun sama deh kayaknya bakal geli juga kalo harus bener-bener gak pake apa-apa di onsen.. hihi.. Tapi kalo liat di film or serial Jepang mah adegan di onsen tetep pake handuk putih gitu yaa.. :D

    ReplyDelete
  7. Kalau dulu pas numpang nginep di apatibtemen, mau buang sampah itu.botol dibilas, tutup botol beda plastik, botol kaca beda plastik, sisa makanan neda plastik sama sampah elektrobik bayar. Sampah yg gede gede juga bayar. Dispose mobil juga bayar 😂😂

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^