Tuesday, October 10, 2017

[FREEBIES] DIY Vehicle Puppet


Udah lumayan lama saya lihat tayangan Mr. Maker episode dia bikin vehicle puppet alias wayang kendaraan. Waktu itu cuma mbatin doang wah lucu ya. Tapi belum niat bikin. Belakangan ini niat banget karena yah Aiden suka banget sama kendaraan.

Baca: Hot Wheels Meme


Suka nya itu yang ke mana-mana bawa mobil-mobilan, nonton YouTube juga yang ditonton mostly animasi kendaraan, dan kalau di jalan excited banget nyebut nama-nama kendaraan. Kan saya bosen yah hahahaha. Jadi emang udah saatnya bikin vehicle puppet.

Harapan saya kemarin sih ini bisa jadi variasi kegiatan buat Aiden yang emang tergila-gila sama kendaraan. Okay so this is it!

🚙 DIY Vehicle Puppet 🚙

Bahan-bahan:

💜 Kertas agak tebal. Maaf saya lupa ini namanya kertas apa. Yang jelas lebih tebal daripada HVS biasa, setebal kertas manila gitu deh
💜 Cutter / gunting
💜 Spidol
💜 Alat pewarna (pensil warna / krayon / etc)
💜 Selotip
💜 Sedotan / stik es krim
💜 Gambar kendaraan (nanti saya bagi printable nya di bawah)


Cara bikin:

1) Gambar jalan di atas kertas yang rada tebel itu. Boleh jalan raya, jalan pedesaan, atau apapun deh sebisanya. Punya saya sih simple banget karena nggak pinter gambar hehehe.

2) Warnai gambarnya supaya menarik.


3) Potong bagian jalan supaya bolong, tapi jangan potong sampai ke bagian pinggir-pinggir yah. Nanti jadi copot. Pokoknya potongnya dikira-kira cuman biar bisa dibenggang aja. (((BENGGANG))).


4) Siapkan kendaraan yang akan dijadikan wayang. Kemarin saya print hitam putih lalu saya warnai sendiri.

5) Tempel sedotan atau stik es krim di belakang gambar kendaraan dengan selotip.


6) Done! Siap dimainkan.


Cara main:

Selipkan kendaraan di bagian kertas gambar jalan yang udah dibolongin. Udah deh maju-mundur maju-mundur seolah-olah kendaraannya melaju di jalanan.


Simple banget yah. Bahannya nggak susah didapat. Cara bikinnya juga nggak ribet. I love this. Aiden juga happy mainin ini.

At first, Aiden belum tertarik memainkan kendaraannya sebagai wayang. Dia lebih tertarik menyebut nama kendaraan satu per satu dan warnanya, on repeat. So many times.


Baru abis itu lama-lama dia ngeh sama cara mainnya dan excited mainin vehicle puppet.

(See the video on my Instagram)


As I expected and predicted, kegiatan main vehicle puppet ini berhasil membuat Aiden sejenak lupa sama Hot Wheelsnya. Lumayan lah ya variasi main mobil-mobilan. Hehehe.

Untuk anak-anak yang sudah lebih besar dan senang mewarnai, bisa libatkan anak untuk warnai gambar jalan dan warnai kendaraannya yah. Kalau Aiden kemarin, saya semua yang bikin. Dia cuman kebagian mainin aja.

Buibu yang kepengin bikin DIY vehicle puppet juga, tapi nggak sempet cari gambar kendaraan, nih bisa download freebie printable kendaraan saya, silakeun yah!


Saya sediakan dua versi. Hitam-putih dan colored. Terserah mau pakai yang mana.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba yaaaa. Kalau ada yang download dan pakai printable saya, colek-colek yah di IG saya @grace.melia - I would be very happy to see!

Have a nice Tuesday!





Love,





11 comments:

  1. Ijin download ya mi, anakku juga seneng banget sama apapun yg berbau mobil

    ReplyDelete
  2. makasih mami ubiiiii..ini berguna banget buat aku..aiden sama kayak anakku....dia itu tergila-gila sama semua kendaraan...sampe kalo ke taman itu dia bukan main bola atau main perosotan tapi malah berdiri di pagar sambil liat mobil yang lewat...

    ReplyDelete
  3. tq mami ubi idenya,,, mau coba main sama anakku..

    ReplyDelete
  4. Mr. Maker itu tayangan dimana mbak Ges? Youtube kah?
    Btw printablenya kereenn! Simple yah padahal, tp suka gak kepikiran bikin beginian 😁😁

    ReplyDelete
  5. Iihh.. ini simpel tapi beneran gak kepikiran sebelumnya. Makasih ya Mami Ubii.. kreatif banget meski idenya dari orang lain juga..
    Bisa dicoba atau dikembangin sendiri buat anak cewek, nih :)

    ReplyDelete
  6. duhh udah lama banget gak bebikinan, terakhir bebikinan buat agustusan bikin bendera :D diy vehicle puppet boleh dicoba idenya pas anakku libur paud nih

    ReplyDelete
  7. Bagus blognya penulisanya rapih banget dan enak di baca,
    ,inspirasi buat saya ini hehe

    Salam kenal
    Www yukgas id

    ReplyDelete
  8. keren juga idenya..jadi pengen bikin juga.

    ReplyDelete
  9. Gratitude turns a gift into a treasure. Brindes BH

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^