Wednesday, August 16, 2017

Koleksi Gesi Dari Masa Ke Masa


Hai! Kali ini saya bahas topik receh aja yah. Lagi capek mikir tapi pengin nulis. Jadi marilah kita ngobrolin hal santai aja: koleksi. Ini buat bahan #GesiWindiTalk collab sama bubos Windi Teguh yak.


Saya kalau sudah suka banget sama sesuatu, penginnya bisa ngumpulin.  Alhasil jadi koleksi, walau yah sebenernya jumlahnya nggak yang fantastis kayak kolektor kelas kakap sih. Tapi mayan lah bisa buat bahan pamer di kala itu. Hahaha.

Baca juga cerita Windi Teguh yah. Kira-kira dia koleksi apaan hayo.


Koleksi saya dari SD sampai sekarang sih berubah-ubah banget. Sedihnya, banyak yang sudah raib ntah ke mana. Kangen sih kadang kalau keinget. Mari dijembreng benda-benda yang pernah Gesi koleksi dari masa ke masa.


👧 SD 👧

Masa-masa SD adalah saya merasa sangat kaya raya walaupun uang saku saya nggak berlebihan. Inget banget nominalnya. Kelas 1 SD uang saku saya 100 perak. Kelas 2 SD dua ratus. Kelas 3 tiga ratus. Kelas 4 empat ratus. Kelas 5 jadi 500 perak.

Kalau mau mengikuti rumus kenaikan uang saku, harusnya kelas 6 SD uang saku saya menjadi enam ratus rupiah. Tapi kelas 6 jadi 1000 rupiah. Hahahaha kenapa ya? Nggak tahu.

Dulu zaman SD kayaknya masih ada cemilan-cemilan remeh seharga 25 rupiah. Krip-Krip adalah salah satunya. 25 perak doang dan rasanya udah puas, walau sekali lhep langsung tandas. Pun saya sering dibawain roti atau apa dari rumah. Jadi uang saku sering sisa dan saya pakai untuk beli-beli barang koleksi.

🌀 Koleksi #1: Tazos 🌀

This little round thing was #lyfe


Dulu rasanya ketinggalan banget kalau nggak punya tazos barang sebiji dua biji. Seru aja ngumpulin walaupun sebenernya nggak saya main-mainkan kayak anak-anak lain.

Kalau temen-temen saya, tazos bisa dirangkai-rangkai sampai jadi bentuk apa gitu. Saya mah nggak. Cuman saya kumpulin doang. Kadang-kadang saya liatin, ngecek satu-satu, hepi, lalu simpan lagi. Gitu aja terus. 

Atau saya jembreng semua, saya susuh mendatar hanya untuk dipandangi sampai puas lalu disimpan lagi. Ada semacam kebahagiaan tersendiri. Hahaha.


Tazos yang saya koleksi adalah yang gambar-gambarnya Looney Tunes dan bentuknya bulat. Abis itu kayaknya ada model tazos yang bentuknya segi lima. Itu saya udah nggak semangat ngumpulin.

FYI, tazos ini hadiah ciki-cikian. Lupa dari ciki apa aja. Pokoknya dari ciki. Rasanya kuciwa banget kalau abis beli ciki, eh ternyata hadiahnya tazos yang udah saya punya. DOH KZL!

Sekarang udah almarhum, entah di mana. Huhuhu.


👸 Koleksi #2: Nona-nona-an 👸

Ini macem-macem nyebutnya. Kadang saya sebut rok-rok-an juga. Whatever you name it lah. Hahaha. 


Nona-nona-an ini esensi nya sama kayak mainin Barbie yah. Cuman dia dari kertas. Jadi tentu lebih irit (dulu Barbie itu tergolong mainan mewah dan mahal) dan bisa punya banyak.

Punya banyak means baju-baju si nona berarti juga lebih macem-macem jadi bisa sering ganti baju. Seremeh itu. Tapi bahagia.

Dulu saya punya nona favorit. Inget banget, rambutnya warna kuning, dikuncir satu, lalu ditata ke samping depan jadi menjuntai ke pundak gitu loh. Daleman nya warna merah model kemben. Sukaaaaa banget sama si nona itu.

Saking suka nya, sampai kepala nya saya selotip berulang kali kalau udah cuklek. Ya kan dari kertas doang kan. Gampang banget robek dan jadi kumuh. Hahaha.


📜 Koleksi #3: Kertas binder 📜

Hai kamu anak-anak zaman sekarang, Kak Gesi kasih tahu yah. Kertas binder yang kamu pakai di era milenium ini super duper beda sama kertas binder zaman saya.

Zaman sekarang mah begitu doang. Polosan. Boring. Ada gambar pun juga gambar gitu-gitu aja. Dulu? WAH KECE!


Kertas binder zaman dulu tuh colorful banget. Plus banyak gambarnya. Beneran gambarnya itu macem-macem dan lucu-lucu. Jenis kertas nya juga variatif. Ada kertas biasa, ada juga yang semacam kertas kado jadi rada mengkilap gitu.

Saya koleksi kertas binder banget. Depan sekolah ada yang jual. Harganya macem-macem tergantung tingkat rare dan elegan nya, hahaha. Saya inget betul, kertas binder kertas tebal bergambar Sailor Moon itu yang paling mahal. Jumlahnya juga sedikit. Jarang yang jual. Ada pun, cuman beberapa lembar. Nggak diumbar banyak-banyak seperti gambar-gambar lain kayak Winnie The Pooh, Mickey Mouse, dan Dalmatian. Gambar Sailor Moon nya semacam klasik gitu. Bagus lah pokoknya.

Jadi, kalau punya beberapa koleksi kertas binder bergambar Sailor Moon, rasanya di sekolah kasta saya meningkat.

#receh

Kertas binder ini jelas hanya dikoleksi, karena mau ditulisin mah sayang lah! Saya eman-eman banget bahkan sampai SMA pun masih ada dan tersimpan rapi.

Lalu, jreng-jreng! 

Saat saya kuliah di Jogja, koleksi kertas binder ini saya tinggal di rumah, di Salatiga. Eh malah dikasih-kasihin adik saya ke temen-temen nya!!!


WHAT THE F! 

Waktu tahu kertas binder koleksi saya raib begitu, saya langsung ngamuk ke adik saya dong. Dia cuman nyengir. HHH.

Masa SD saya merasa kaya, karena bisa punya banyak koleksi. Benda-benda yang saya suka dan sedang in di kala itu juga bukan benda dengan nominal bombastis. Jadi cukup nggak jajan beberapa hari, bawa bekal dari rumah aja saya udah bisa beli benda-benda koleksi.

Beda sama zaman SMP.


👭 SMP 👭

Zaman SMP terasa lebih sulit untuk koleksi-koleksian. Saya udah nggak pengin menambah koleksi tasos, nona-nona-an, dan kertas binder lagi. Gesi SMP itu sedang gandrung-gandrung nya sama ... F4!

📚 Koleksi #4: Buku Lupus 📚

Ini koleksinya mulai dari kelas 6 SD gitu sih kayaknya, berlanjut sampai SMP kelas 1 atau 2 awal. Gesi tuh Lupus mania banget!

Segala buku Lupus saya beli mulai dari Lupus Kecil, Lupus ABG, dan Lupus.



Lupus Kecil itu setting of time nya si Lupus masih SD. Lupus ABG, si Lupus udah SMP. Geng nya ada Iko-Iko (anaknya sederhana banget cenderung kurang mampu), Pepno (digambarkan kulitnya hitam dan anak orkay), Happy (ditokohkan gemuk dan anak orkay juga), Uwi (lupa, ga begitu mengesankan sih hahaha).

Seri Lupus doang itu si Lupus udah SMA. Geng nya udah ganti dan lebih variatif karakter geng nya. Nggak sekedar kurang mampu vs tajir dan gemuk vs kurus. Geng Lupus zaman SMA ada Boim, Gusur, Fifi Alone, Adi Darwis, Nyit-Nyit, dan ... lupa siapa lagi. Hahaha.

Koleksi yang satu ini asyik banget, karena apa?

KARENA DIBAYARIN PAPA SEMUA, hahahahaha.

Papa saya suka baca dan beliau senang kalau anak gadisnya juga suka baca. Jadi difasilitasi banget. Yeay! Masih ada sampai sekarang koleksi buku Lupus saya, cuman di Salatiga. Huhu.


👬👬 Koleksi #5: F4 stuff 👬👬

(gandengan berempat, namanya juga F4 ... ... ...)

Tau Ming Se, Wo Ce Lei, Xi Men, Mei Zuo, I love them so bad! Walau paling suka sih ya, of course, sama Wo Ce Lei, lah! Karisma nya huhuhuhu, meleleh sampai ke ion terkecil #apeu


Ngefans nya saya sama F4 nggak cukup hanya dengan nonton serial Meteor Garden doang. Saya butuh benda-benda berbau F4 yang bisa saya pandangi dan dengerin tiap hari. Makanya, saya jadi mengincar tabloid dan majalah Asia apa gitu (lupa namanya). Jadi pengin beli kasetnya juga.

Tabloid dan majalah Asia Plus itu sering ngasih bonus barang-barang F4, makanya saya harus punya. Tapi, harganya lumayan untuk anak SMP. Harganya 45.000!

Dari mana anak SMP punya duit segitu coba.

Tapi ya akhirnya kebeli sih. Puasa jajan berhari-hari, minta tambahan duit dari Mama juga kayaknya. Hahaha. Poster-poster nya saya tempel di kamar saya. Jadi kamar penuh dengan wajah 4 cowok ganteng itu. Kyaaaaa!~

Beli kasetnya juga, tapi lupa harga berapa. Every single day saya dengerin sampai hapal luar kepala walau ya jelas pelafalan nya acak adut semua. Yang penting ikut nyanyi! Side A habis, ganti side B. Side B habis, balik lagi kasetnya, kembali mendengarkan side A. 

Saya jadi ngerasa hidup di area kampus Ing Te yang mengamati F4 dari jauh.

Krik krik.

Saya jadi ngerasa ikut panik saat Tau Ming Se disekap. Dan adegan ini saya nangis banget dong.


Rasanya pengin bersihin luka di jidat Tau Ming Se terus peluk dia.

MEH.


👯 SMA - Kuliah 👯

Kayaknya nggak ada benda yang bener-bener niat saya kumpulin deh. Paling-paling cuman kalung dan bando gitu. Itu pun nggak sampai level layak disebut barang koleksi sih.

Koleksi pacar termasuk nggak? Hahahaha!



👩 Now 👩

Koleksi #6: Hello Kitty stuff

Sempet koleksi Hello Kitty stuff dan ngumpulin nya cukup niat. Jadi ini layak disebut koleksi! Hahaha.


#niat banget dulu yak hahaha.


Koleksi #7: Unicorn Stuff

Hello Kitty sih masih tetap di hati. Tapi unicorn juga saya suka sekali. Tahu nggak philosophical meaning nya unicorn? Menurut saya sih keren. Hahaha. Pernah saya jembreng di postingan sebelumnya.

Baca: Things To Do Before I Turn 30

Unicorn stuff saya belum sebanyak koleksi Hello Kitty stuff. Kenapa? Karena sekarang saya sudah lebih pikir panjang sebelum beli sesuatu. Nggak lagi cuman karena alasan lucu aja lalu main sabet dan bawa ke kasir, kecuali kalau sampai berhari-hari masih kepikiran. Hahaha.

Baca: 3 Hal Terboros Gesi

Benda-benda unicorn saya banyak yang dikasih sama temen-temen sih, ailapyu gengs!



KLARIFIKASI TERPENTING ABAD INI:

Itu tas unicorn kayak punya Agnes di Despicable Me. Masa dikira itu tas sapi albino huhuhu. Sigh.

***

Wow jembreng ginian ternyata bisa panjang dan nggak kerasa loh. Soalnya pas nulis semangat aja nostalgia. LOL.

Kalau kamu punya atau pernah koleksi apa aja nih? Cerita doonnggg.




Love,








Pics credits:
mainan-jadul.blogspot.co.id
twitter[dot]com/generasi90an/status/531123869885550592
scontent-sea1-1.cdninstagram[dot]com/t51.2885-15/s480x480/e15/10949071_723682874395596_696941799_n.jpg?ig_cache_key=OTI0NTI5NDMyNDA4MDA3OTc5.2
s2.bukalapak[dot]com/img/2608944701/m-1000-1000/SERI_NOVEL_BY_HILMAN____LUPUS__LULU__OLGA__VANYA.jpg
oocities[dot]org/urf4fansite/Galleries/F4/f4a.jpg
i.ytimg[dot]com/vi/1GfRAU87CF8/hqdefault.jpg

20 comments:

  1. tasnya mirip kuda nil sih dr pd unicorn mnurutku :D
    atau mungkin itu unicorn obesitas :P

    ReplyDelete
  2. Gilzzz nostalgic banget inihh!!! Hahaha. Aku yang paling kerasa banget sih isi binder itu mam, sama isi orji (versi kecilnya binder). Masih inget ada tipe kertas harvest, adinata tipe yang tebel dan mihil gitu haha, sampe sekarang masih ada. Mau diapain pun bingung, ditulisin kok ya sayang :"D

    ReplyDelete
  3. Koleksi jaman SD-nya persis sama ky aku mom Ges.. sekarang entah kemana barang2 itu..
    jaman kecil aku juga koleksi perangko, entah perangko bekas atau perangko baru. dulu banyak banget sampe punya albumnya, sekarang raib entah kemana.. hiks

    ReplyDelete
  4. Jaman sd aku juga koleksi nona-nona, tapi aku nyebutnya bp (bongkar pasang). Enggak dilepas, cuma dibiarin lembaran aja. Tapi tiap hari dielus-elus. Dilap. Diliatin. Sayang kalau dibuat main. Nanti potel palanya. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Tos anak 90an.. Untung krip2 masih ada yg jual yaaa di jogja. Kalo kangen tinggal ke mbokjajan hahaha..
    Tazoz itu dari chiki ball sm cheetoz deh kalo ngga salah.. Aku juga ngumpulin tazoz. Cuma skg mbuh di mana.. Tapi jaman skg juga ada.sih model kayak tazos cuma dari kertas kalo pun ada yg kepingan ga setebel jaman dulu.

    Isi binder juga ngumpulin. Sampe skg isi bindernya masih sih, cuma tetep aja begitu, sayang aja ditulisin. Dapetnya pake nabung dulu atau bertukar isi binder sama temen.

    Duh baca postingan ini bikin nostalgia banget. Emang jaman dulu tuh bahagia gampaaang banget, yaa dengan hal2 yang simple bangeet kayak gitu..

    ReplyDelete
  6. keliatan deh seumuran..

    Tazos --> ini mah dimaenin banget, siapa paling banyak.. hahaha

    Nona-nona an --> kalo di Palembang nyebutnya uwong-uwongan (orang-orangan), happy banget main ini sumpah, jadi kreatif buat kasur, sofa, lemari, dll dari barang-barang bekas untuk melengkapi permainan wkwkwk

    Majalah Asia itu Asian Blitz bukan? dulu suka minjem punya temen soalnya hepeng ga ada hahaha...

    Kalo isi binder mah suka dibeliin adik mama yang berduit gitu, seneng banget pas punya banyak pilihan hahaha...

    kusenang sekali waktu kecil ~

    ReplyDelete
  7. Mba Gesi, mana koleksi Miiko mu? Hahaha ngoleksi jg ga? Aku ngoleksi dong tu Miiko. Kumplitos sampe no 18. Dari namaku miiko sampe hai miiko. Dari cuma 8500 sampe skrg udah jd 20 rebu an. Dan lalu... kebanjiran ketika kuboyong semuanya ke jakarta. Huhuhu syedihhhh.. kalo skrg kan ga brani asal sabet miiko segabrukan dr nomer pemula smp keri dhewe lsg msk keranjang. Lhaaa wis larang jeeee.. hiks..

    ReplyDelete
  8. Nostalgia anak 90an.. hahahaha
    Daaaann karena sy jg anak 90an jadi kok ngerasa "looh ini gue bgt yaaak?? Smpe kennominal duit jajan yg naik per seratus perak

    LOL

    ReplyDelete
  9. tazos dan boneka kertasnya aq juga koleksi mami ubi waktu sd, oiya kertas file juga waktu smp,, kl sekarang koleksi novel dan gak sadar ngoleksi hijab,, hehehe

    ReplyDelete
  10. koleksinya hampir sama, hahaha...kayaknya kita seumuran deeeh :D

    ReplyDelete
  11. Jaman SD lg ngetop2 nya Sheila On7, dan tergila gila sama Duta ❤️ jadi deh bela2in beli poster, majalah, tabloid ttg Sheila On 7..
    Nguber Tabloid Fantasi yang sering ngasih poster Sheila On 7 dan mendadak pengen pindah jogja biar bisa ketemu Duta :D

    ReplyDelete
  12. Kita seumuran Mbak Ges...jadi koleksi jaman ciliknya yaa mirip2, terutama si kertas binder! Haha. Sekarang masih ada beberapa, amaann..soale adekku cowok, gak maen begituan kann :p
    Lupusnya juga aku punya, tp cuma 2 (Candlelight dinner & Bunga untuk poppi) krna gak niat koleksi. Dulu malah lebih sering nonton serialnya di tv.

    Seru juga yah Mba nostalgia kenangan gini, simple but meaningful :)

    ReplyDelete
  13. Jaman SD saya sempat jadi filatelis, koleksi prangko. Duh..tuwir banget yaa saya ini! Hihiii.. 😆

    ReplyDelete
  14. Eh, ternyata koleksi jadul kita nggak jauh beda, ya (kecuali Tazos, aku nggak ngoleksi) hauhahaha #Generasi90an

    Dulu aku seneng banget koleksi kertas surat+amplop yang lucu-lucu, nggak dipake, cuma buat koleksi aja. Terus stiker juga pernah, sama kertas organizer (dulu bilang kertas "orgi" hoahaha). Jaman F4, sih, nggak koleksi barang-barangnya, tapi aku koleksi AMIGOS (yang tahu ketahuan tuanya HAHAHA).

    Jaman dulu kayaknya seneng-seneng aja koleksi barang-barang receh gini. Walaupun receh, tetep aja kudu nabung uang jajan dulu buat bebelian, huft!

    ReplyDelete
  15. Ubii lucu banget di foto hello kittyyyy 😍😍😍😍😍😍😍😍

    ReplyDelete
  16. Sama Gessss. Hehehehe.Tazosss m binder ... Sayangnya uda ilang ng tau kmana...Hiks hiks hiks. Dulu sayang banget kalo kepakai buat nulis..Hhehehehe...Soalnya cantik..Sayang bangetttt..Kadang tukaran sama teman deh.

    ReplyDelete
  17. Tazos itu ada yang kotak juga kan yaa. dulu aku juga punya banyak banget. setiap priksa gigi borong di kantin puskesmas. kalo blm dibeliin g mau priksa gigi.wkwkkw

    ReplyDelete
  18. Sammaaaa tazos nya. Sampe bertumpuk2. Binder juga. Sampe tuker2an sama sekelas. Skrg tau de di mana. Terus aku sama koleksi kartu2 bintang film macam andy lau. Sampe punya bbrp album. Sama kartu dragon ball. Hakakaka

    ReplyDelete
  19. Aku ngakak pas liat kolekdi kertas binder, ya ampun..itu dulu ke sekolah dibawa terus, trs sampe skolah tuker"an gitu, kl ke tpko buku hunting krtas binder lg, tp jarang beli kecuali dibeliin mama LOL. Skarang sudah raib entah kmana..kyknya waktu SMP aku kasih ke sepupu yg lebih kecil deh sebagian..trs sisanya aku bagiin atau apalah..lupaa

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^