Wednesday, April 26, 2017

Ritual Sebelum Tidur Bersama Anak - Review Piyama Mothercare

[Sponsored Post]

Buibu punya ritual apa saja yang biasa dilakukan bareng anak sebelum tidur? Sikat gigi? Baca dongeng? Berdoa? Nyanyi-nyanyi? Pakai piyama tidur? Waktu sebelum tidur adalah salah satu momen favorit saya sehari-hari karena wajah Aiden cerah banget dan suka ketawa-ketawa sebelum masuk kamar.


Ada beberapa hal yang biasanya saya lakukan bareng Aiden sebelum masuk kamar tanda mau pergi tidur. Di sini specifically menceritakan Aiden, yang sudah bisa ikut interaksi aktif, ya. 

Biasanya kami sudah siap-siap masuk kamar untuk tidur itu jam 20.30an. Sebelum akhirnya goler-goler di kasur, saya dan Aiden punya ritual ini:

1) Gosok gigi

Jangan dibayangkan Aiden sudah bisa gosok gigi, yah. Belum. Huhuhu. Jadi masih saya yang nyikatin dan pakai nya juga masih sikat silikon yang dipasang di telunjuk jari. Aiden belum mau buka mulut kalau pakai sikat gigi. Huhuh. 

Setelah itu, gantian Aiden yang nungguin saya sikat gigi. Kadang dia maksa masuk ke kamar mandi juga saking setianya nungguin Mami. Basah dikit biasanya.


2) Dorong kasur 

Ceritanya saya punya kasur busa yang keadaan nya sudah mengenaskan. Kasur ini biasanya saya taroh di kamar kalau sudah waktunya tidur. Jaga-jaga aja, biar kalau Aiden nggelindhing, nggak langsung ke lantai.

Jadi kalau malam, seluruh kamar saya nggak kelihatan lantai nya karena semua ketutup kasur dan bantal. Protection at its best. Hahaha.


Sehari-hari, kasur ini letaknya di luar. Otomatis harus dibawa ke kamar dulu kalau malam. Nah, Aiden suka sok ikut bantuin ngedorong. Ritual dorong-mendorong kasur ini kayaknya fun banget buat Aiden. Hepi banget dia kalau sudah waktunya masukkin kasur. Padahal mah ya gitu doang ya. LOL.


3) Brain gym

Ini sebenernya ritual Ubii. Jadi oleh terapis dipesenin bahwa Ubii harus sering latihan di rumah, salah satu agenda nya adalah brain gym. Saya pegang kaki Ubii dan nanny pegang tangan Ubii. Lalu digerakkan supaya kaki dan tangan nya saling ketemu/bersentuhan. Itu kami lakukan tiap malam sebelum tidur.

Karena Aiden adalah Raja Ikut-Ikut, dia tuh kayak semacam nungguin giliran. Alhasil, brain gym nya ke Aiden juga deh. Nggak masalah. Brain gym ini bagus kok. Nggak terbatas hanya untuk anak berkebutuhan khusus seperti Ubii.

Coba googling brain gym yaaa.


4) Nyanyi/nonton YouTube

Screen time Aiden yang sudah pasti saya bolehin adalah sebelum tidur di atas kasur. Aiden suka banget nonton video Baby Shark dan Tipa Tupa. Jadi nonton dulu sebelum saya buka lapak nenen.


Tapi, kalau kayaknya Aiden nggak kepengin YouTube, biasanya saya nyanyi-nyanyi aja. Lagu andalan saya: Kalau kau suka hati, tepuk tangan, prok prok prok - dan Aiden akan ikutan tepuk tangan.


5) Main bayangan

Ini bukan ritual wajib yang all the time dilakukan sih. Cuman kalau Aiden nggak ngantuk-ngantuk aja dan lampu besar sudah kadung dimatikan. Kami main membuat bayangan dengan bantuan senter dari smartphone saya.

Saya nggak bisa bikin banyak bayangan sih. Paling bisanya rubah, kobra, sama burung doang. Tapi Aiden udah hepi. Aiden juga suka mengamati bayangannya sendiri. Dia mendekat ke bayangannya di tembok lalu dipegang-pegang lalu dadah-dadah sendiri. Ngikik sendiri.


6) Matiin lampu

Karena Aiden senang sekali kalau dilibatkan, maka sekarang mematikan lampu adalah tugas Aiden. Saya gendong dulu baru dia yang mencetek (((MENCETEK))) tombol lampu biar mati. Lalu kami tepuk tangan. Dan dia kemudian merasa penting. LOL.



7) Ganti piyama

Saya selalu membiasakan diri sendiri dan anak-anak untuk ganti baju sebelum tidur. Soalnya yah abis mandi sore lalu anak-anak main itu keringetan dan lepek rasanya. Kadang baju kotor juga kena makanan atau minuman kan.

Jadi sebelum bobo, Ubii dan Aiden pasti ganti piyama. Kadang piyama lengan pendek, kadang lengan panjang. Tapi seringnya sih lengan panjang, biar nggak freezing karena di kamar pakai AC.

Saya dan Aiden suka main cilukba dalam ritual ganti piyama ini. Cilukba nya saat memakaikan piyama, saya bikin nutupin matanya dulu beberapa saat, lalu ditarik ke badan sambil bilang "ciluuk" dan Aiden akan menjawab "baaaa" sambil ketawa.


Momen ini bener-bener saya nikmatin banget. Makanya seneng aja gonta-ganti baju. Hahaha.

Untuk piyama, Ubii dan Aiden sering pakai piyama Mothercare. Ini lagi banyak motif baru deh di piyama Mothercare! I love it!

My favorite pajamas go to:

Tiger Pajamas 🐯 - IDR 329K


Aiden kalau pakai Tiger Pajamas ini, wajahnya jadi makin tengil menurut saya.


Bahan nya enak. Stretch gitu. Aiden bisa split begini dengan santai.



Robot Pajamas 👾 - IDR 329K


Ini juga ucul. Khas cowok gitu yah kesan nya.

Bahan nya adem dan lentur bener-bener jadi alasan saya jatuh cinta sama sleepwear Mothercare. Apalagi Aiden banyak tingkah bin lasak begindang.


Sampai akhirnya terkantuk-kantuk, masih keukeuh pegang mainan. Aiden demen mainin aneka rupa botol dan wadah, btw.



Zebra Pajamas 🐴  - IDR 329K
(nggak ada emoji Zebra di blogspot jadi diwakili oleh saudara nya, si kuda cokelat)



Nah kalau yang Zebra Pajamas ini pilihan Adit lah yang emang hobinya sama warna item, item, dan item lagi.

Aiden looks super cool! Jaim amat kesannya. LOL.


ZEBRAAAHH! 🐴


Dan masih setia sama botol lotion entah sudah hari ke berapa astaga, Udin Pokemon Air!

Sekarang saya lebih suka sleepwear model setelan atas bawah begini untuk Aiden ketimbang sleepsuit. Lebih pas aja rasanya ke Aiden yang udah lincah dan mulai gede. Tapi, sleepwear yang model sleepsuit punya Mothercare lucu-lucu juga loh.

Pernah saya tulis jaman Aiden masi bayi yang hanya bisa pasrah. LOL.


Baca: Sleepsuit Mothercare

"Tapi, Mothercare kan mehong? Emang nggak sayang duitnya?"

Kadang ada yang nanya gitu ke saya. Yaaaa, oke, mahal atau nggak itu relatif yah. Untuk produk Mothercare, asas 'ada harga, ada rupa' itu sungguh berlaku karena beneran awet-awet banget. Nggak yang gampang melar, gampang copot kancingnya, gampang pudar warna nya, dan kainnya emang enak dan halus.

Awet dan keliatan masih bagus nya itu level kalau sudah nggak kepakai, masih bisa dijual preloved dengan harga oke. Yey!

Kenapa mahal karena emang kualitasnya bener-bener dipikirin. Dulu pernah saya ceritain selengkap-lengkapnya tentang kualitas produk-produk Mothercare.

Baca: Mengapa Mothercare

And, then, as always, saya mau berbagi keriangan bobok nyaman dengan piyama Mothercare sama pembaca setia di blog Diari Mami Ubii ini.

💝💝💝 MINI GIVEAWAY 💝💝💝

💛 Jawab pertanyaan: Ritual bobok apa yang biasanya dilakukan bersama anak versi kalian masing-masing? - jawab di komentar postingan ini yah.

💛 Sebutkan nama kalian, akun Instagram, domisili, nama anak, dan usia anak juga.

💛 Follow Instagram saya @grace.melia nanti pengumumannya di IG.

💛 Done!

💛 Mini giveaway ini berlangsung 26 April - 2 Mei 2017.


What's the prize?

Satu set Tiger Pajamas Mothercare seperti yang dipakai Aiden di foto


It's unisex kok. Jadi nanti kalau menang, kembaran yah sama Aiden. Kayak baby boy nya mba @sari_kusumastuti yang memenangkan mini giveaway Mothercare sebelumnya kembaran kaos Super Food sama Aiden inih.


Baca: New Fashion Collection Mothercare (Mini Giveaway!)

So cus! Leave your comments below! Good luck!


UPDATE:

Sudah ada pemenang nya dan hadiah sudah dikirim yaaa. Congrats to Mariana!


(Hadiah nya nggak jadi piyama karena piyama-piyama yang saya jembreng di atas kebetulan sedang nggak ada size yang pas di store sama Prabu, anak Mariana. Jadi, diganti kaos and she didn't mind). Yeay. Semoga sukaaa!




Love,




75 comments:

  1. Saladin hobi begadang, pernah tidur jam 2 pagi (bundanya tepar) :)
    Jadi biar dia tidur jam 9-10, masuk kamar jam 8. Lalu ambil buku dan bolpen. Nggambar deh. Biasaya dia suka digambarin burger, french fries, lalu pura pura makan lol.
    Setelah itu bolpennya pindah ke tangannya, lalu dia coretin semua, mulai dari sarung bantal sampai tembok XD.
    Kalau bundanya ketiduran, dia coretin kaki bunda. Pas bunda kebangun, udah ada gambar bulet2, katanya 'pisang cokelat' wwkwk.


    Jam 21:30 belum tidur juga? pasti dia nodong minta beliin nasi goreng dugdug yang lewat depan rumah. Jadi harapannya dia makan (lagi), kekenyangan, lalu tidurr.

    Kalau masih ga bisa tidur biasanya ambil minyak telon lalu pijitin kakinya. Biar rileks lalu gampang bobok..

    Baru baca doa sebelum tidur.
    Kalau ga tidur juga ya..telepon ayahnya hehehehe.


    Thanks Aiden. Moga kapan kapan bisa main bareng yaa.

    Nama:Avizena Zen
    Ig: @bundasaladin
    Domisili: kota malang
    Nama anak: Saladin al Ayyubi
    Umur: 4 tahun 6 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya sebelum tidur wajib cium pipi bunda sambil bilang 'i love you. Bunda cantik'. Jadi di depan ayah pun tetap bilang 'bunda cantik' wkwkwk.

      Delete
  2. Kyopta to the maxx. Mau donk kembaran piyama sama aideen. Kalok kala sedikit bnyak sama kayak aiden, sblm tidur jumpalitan doloee, baca buku yg biasanya malah dia yg bacain ngarang cerita huff, sikat gigi, pipis, cuci2, dan ganti piyama. Aku trmasuk yg suka ganti piyama jg sblm tiduuur biar enakkk~~ meski stok piyama ga banyak si ada yg uda pd belel dr jaman bayi masi dipake wakakaka emak tega
    Nama: Dila Sari
    IG: @diladol
    Domisili: Jogja
    Nama anak: Kalasara (cowok)
    Usia: 3,5 tahun

    ReplyDelete
  3. Kyopta to the maxx. Mau donk kembaran piyama sama aideen. Kalok kala sedikit bnyak sama kayak aiden, sblm tidur jumpalitan doloee, baca buku yg biasanya malah dia yg bacain ngarang cerita huff, sikat gigi, pipis, cuci2, dan ganti piyama. Aku trmasuk yg suka ganti piyama jg sblm tiduuur biar enakkk~~ meski stok piyama ga banyak si ada yg uda pd belel dr jaman bayi masi dipake wakakaka emak tega
    Nama: Dila Sari
    IG: @diladol
    Domisili: Jogja
    Nama anak: Kalasara (cowok)
    Usia: 3,5 tahun

    ReplyDelete
  4. Ikutan ah sapa tau rejeki
    Biasanya sblm tidur ritual Raya & aku:
    1. Baca buku, ini harus wajib & raya ga mau tidur sblm aku bacain cerita
    2. Becanda2 sambil cerita hr itu Raya ngapain aja di daycare
    3. Berdoa, wajib krn aku bilang kl ga berdoa ntar mimpi buruk hahahha
    4. Matiin lampu, kalau ngga mati raya ga ba tidur
    5. Di pokpok pantat & peluk.. kl di pokpok & peluk hrs sama mamih, abah ga laku hahhaha

    Nama: sandra buana sari
    IG: @5andranova
    Nama anak: Raya
    Umur: 3thn 8 bulan

    ReplyDelete
  5. Ikutan ya Ges ;)

    Ritualku adalah:
    1. Cerita dan tanya2 tadi kenzo ngapain aja setelah seharian ditinggal mami papi kerja
    2. Berdoa, biasanya aku bisikin ke kenzo terus tangan kenzo posisi berdoa, dia nanti bilang amin hahaha
    3. Kipasin, kenzo kalau mau tidur harus dikipasin sama papinya pakai kipas kertas hahaha
    4. Elus2 pundak kenzo.
    5. Nenen.

    Wish me luck hahaha

    Ig: @meifariwis
    Domisili: Bekasi
    Nama anak: Kenzo Arghi Fariwis
    Usia: 22 bulan

    ReplyDelete
  6. Ikutan yaa, Mami...

    Bismillah, semoga beruntung :)

    Ritual sebelum Arjuna bobok :
    1. Biasanya main sampai capek
    2. Nonton Film kartun
    3. Berdoa sama baca surat2 pendek
    4. Ngedot
    5. Dipijitin

    IG : @witri_nduz
    Domisili : Boyolali
    Nama Anak : Arjuna Prasetyo
    Usia : 2 tahun 5 bulan

    ReplyDelete
  7. Momi gesi mau dong kembaran sama aiden, rio umurnya 20 bulan loo,hampir sama kan?ya kan? #maksagratisan,hihihi
    Ritual rio sebelum tidur biasanya
    1. Ganti baju tidur dan pampers selagi dia ngedot
    2. Setelin musik klasik dan pasang lampu remang remang biar tau klo ini sudah malem waktunya tidur
    3. Bacain buku cerita dulu sampe matanya sayu2 mengantuk,kadang sambil jambakin rambut maminya sampe mbrodol��
    4. Kadang sebelum rio merem,waktunya mami minta maaf klo seharian banyak khilaf sambil menye2 emaknya��
    5. Elus2 jidat rio langsung tidur dehh��

    Nama : Bilqish Nadia
    IG : @bilqish90
    Nama Anak : Rio Al Gibran
    Umur : 20 bulan

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Hai Ges, ikutan sharing ya...

    Ritualku sama bayiku sebelum bobok :
    1. di-nduselin, diajak main bentar biar capeknya maksimal jadi bisa bobok
    2. badannya dipijet-pijet ringan, ini bikin anakku keenakan, biasanya dia suka senyum-senyum atau gak ya mainin empeng pas lagi dipijetin gini
    3. dikasih mimik biar boboknya ntar makin nyenyak
    4. diciumin & dibisikin doa syukur atas hari itu dan doa supaya selalu diberkati
    5. abis itu di puk-puk, bobok deh bayik kesayangan

    please come to mama pajamas mothercare...

    Nama : Shanti Megasari
    Ig : @palembangfoodlover
    Domisili : Palembang
    Nama Anak : Adriana Cassandra Setioko
    Usia : Tanggal 3 mei nanti pas setahun

    pas banget kan kalo mini giveaway ini berakhir tanggal 2, siapa tau jadi kado buat sikecil yag ultah besoknya... hehehe..

    ReplyDelete
  11. pril 26, 2017 at 1:02 PM
    Ikutan lagi ah.
    Ritual zhaf sebelon tidur adalah:
    1. Cuci tangan-kaki-muka.
    2. Nyanyi brush2 teeth nya chu2 tv sambil sikatan
    3. Ganti kaos dalem, piyama tidur dan popok.
    4. Matiin lampu dan bikin kamar adem (kipas ac kudu nyala-kalo mati ga kedengeran dia suka bangun2)
    5. berdoa dan nen sampaaai tidur.

    Rutinitas itu ngga selalu mulus. Ada kalanya zhaf keburu tidur ngga smpet sikatan, atau lampu sudah mati dia masih guling2an di kasur, lari2an, main kuda2an di atas emak bapaknya😄

    Semogaaaa menang💪

    Nama : nesia
    Ig : @nesia.tan
    Anak : zhaf
    Usia : 20 bln

    Sorry mami coment yg td nama ig nya slh ketik ngga bisa ngedit komenan 😊

    ReplyDelete
  12. pril 26, 2017 at 1:02 PM
    Ikutan lagi ah.
    Ritual zhaf sebelon tidur adalah:
    1. Cuci tangan-kaki-muka.
    2. Nyanyi brush2 teeth nya chu2 tv sambil sikatan
    3. Ganti kaos dalem, piyama tidur dan popok.
    4. Matiin lampu dan bikin kamar adem (kipas ac kudu nyala-kalo mati ga kedengeran dia suka bangun2)
    5. berdoa dan nen sampaaai tidur.

    Rutinitas itu ngga selalu mulus. Ada kalanya zhaf keburu tidur ngga smpet sikatan, atau lampu sudah mati dia masih guling2an di kasur, lari2an, main kuda2an di atas emak bapaknya😄

    Semogaaaa menang💪

    Nama : nesia
    Ig : @nesia.tan
    Anak : zhaf
    Usia : 20 bln

    Sorry mami coment yg td nama ig nya slh ketik ngga bisa ngedit komenan 😊

    ReplyDelete
  13. Mamihh.. ikutan yaaa...

    Ritual Seno sama emaknya sebelum tidur :

    1. Ganti baju ke kaus kutang biar gak sumuk, ganti pampers

    2. Saya ajak ngomong-ngomong sebentar. Biasanya Seno langsung kasi eye contact sambil ngowoh dengerin emaknya ngoceh-ngoceh

    3. Kalau belum ngantuk banget, biasanya dia gulang guling dulu.

    4. Kalau Seno udah kucek-kucek mata, garuk-garuk kepala, emaknya nyalain kipas, ngeluarin gentong susu, trus dia ngempeng sambil di pok-pok pantatnya.

    Semoga Seno menang yaaa jadi tidur bisa pake pajamas, gak kutangan doang. Hihihi

    Nama : Vega
    IG : eritantunk
    Domisili : Balikpapan - Kal Tim
    Nama anak : Gigih Dhanurendra Suseno
    Usia anak : 6 bulan

    Maturnuwun....

    ReplyDelete
  14. Ada ritual baru setelah proses menyapih Arsyad ketika tidur. Untuk mancing dia agar tidak minta nenen biasanya kita berdua cerita hari ini bagaimana perasaanya, happy atau tidak, main sama siapa aja, biasanya Arsyad cerita dgn mengalir gitu aja dan itu jd jurus jitu utk mengalihkan perhatian dia dr nenen. Alhamdulillah skrg sdh sebulan ga nenen lagi. Selain itu tetep sih kadang minta ntn video sama nih kayak aiden sukanya baby shark (hidup generasi baby shark!) ������, baca buku jg jd ritual kami. Terakhir ditutup doa bersama, saling ucap rasa syukur dan doain ayahnya biar rejekinya banyak biar bisa beli lego ��.

    Ayu anggarini
    IG : @ayuanggarini
    Domisili : Jakarta
    Nama anak : Arsyad
    Usia : 2 tahun

    ReplyDelete
  15. Mami, zebranya lucu. Ritual Mami sebelum tidur pasti ada 1, scrolling IG lambe turah :))

    ReplyDelete
  16. coab-coba ikutaan aaah,sapa tau beruntung hihihihi

    ritual ibuk sama nino kalo sebelum tidur adalah:
    1.cuci kaki&tangan plus sikat gigi
    2. ganti baju sekalian pake diapers (soalnya nino baru pake diapers pas mau bobo)
    3. pijitin kaki nino
    4. baca doa sebelum tidur
    5. terakhir pukpuk pantat atau elus-elus punggung nino sampe merem


    moga-moga nino menang aaaah biar bisa kembaran baju sama aiden hihihihihi

    Nama : Indah Permatasiwi
    IG : indahpermatasiwi
    Domisili : Bandar Lampung
    Nama Anak : Adzanino Ahsan Praditya
    usia anak : 17 Bulan

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Ya Allah ucuull banget piyamanyaa :)
    kalo aku sebagai ibu beranak 2, ritual tidurnya juga 2 tahap, hehe. Kalo sama yang bayi, cukup nyanyi dan berdoa sambil nenen. Kalo sama si kakak, pake ngobrol dulu, angkat angkat kasur ke kamar, baca buku cerita pilihan dia, pipis ke kamar mandi dulu, dan berdoa.

    Yang ga pernah lupa, kecup kecup semua anak sambil bilang I LOVE YOU

    Nama : Ratih Rachma Islami
    IG : @ratihrachma
    Nama Anak : Akta & Kani
    Umur : 4.5 tahun & 8 bulan

    ReplyDelete
  19. ritual sebelom ala ian, mama + kadang2 papa haha...
    1.sikat gigi, masuk wc duduk di kloset trus disikatin gigi (sering nya sih sama papa)
    2. ganti piyama (spesialisasi mama krn klo sm papa nya bisa stngah jam gak kelar2 krn main kejar2an).. pke minyak telon, pampers, baru piyama
    3. ian main dlu sebentar sm papa, ngeroll lah salto lah dll (mama cm bs elus dada haha) tpi kdg2 baca buku kok.. yg normal la yah
    4. matiin lampu, ini ian jg sama kya aiden.. musti dia yg mencet
    5. papa nya musti keluar kamar, dadah2 cium2 peluk (soalny kalo gk keluar gk mau bobo nanti ian.. mau main trus sm papa) ian udah bobo baru deh bapake bs masuk kamar (*terzolimi haha)
    6. setelah itu nenen time, biasa abis nenen langsung klenger si ian.. lsg tepar

    nama : claresta giovanni
    ig : @clarestagiovanni
    domisili : jambi
    nama anak : sabian aldrich thang
    umur anak : 16bulan

    ReplyDelete
  20. wihhh baju tidurnya bagus ia ... cocok nih buat anak

    ReplyDelete
  21. Yuhuuu, ikutan GA nya ya Gesi. ^_^

    Ritual sebelum C tidur:
    1. Cuci tangan, cuci kaki, cuci muka, gosok gigi
    2. Ganti piyama
    3. Minum susu
    4. Nungguin bapaknya matiin komputer
    5. Ngobrol di kasur atau baca buku
    6. Matiin lampu
    7. Berdoa (C udah bisa pimpin doa, lho.)

    IG: @felyina
    Domisili: Malang
    Nama anak: Clairine
    Usia: 3 tahun 7 bulan

    ReplyDelete
  22. Pas baca blog mba gesi yang ini loh kok banyak miripnya sampe bagian dorong kasur aja agak mirip.
    1. Karena lemari baju anak anak diluar kamar jadi sebelum masuk kamar anak anak bebersih dulu di luar. Cuci kaki, Tangan n muka. Terus ganti baju bobo.
    2. Masuk kamar baru dech sikat gigi. Saya sikatin dulu trus mereka lanjut sikat sendiri sambil nungguin saya sikat gigi n cuci muka. Trus yg gede ud bs kumur kumur jadi dia minta kumur dulu n kdg basah bajunya. Ganti maninggg.. Yg kecil nanti ikutan (dia pikir lagi main air.. Hahaha.. ) basah juga dech. Gantii lagi... Kadang keselllll.. Mama ngantuk eh dua bocil malah mainan air. Huffttt...
    3. Oles oles yleo ada yg buat bekas luka cici di muka sambil berdoa moga moga jadi makin samar. Kasihan cewe ada bekas luka d muka. Trus oles juga di alis. Biar alisnya tebal cetar.. Hahaha..
    4. Baca buku. Satu anak satu buku. Well kadang rebutan buku. Kadang gak mau dibacain buku. Kadang bukunya diacak acak doank.. Ohh weell... Huft again..
    5. Nah ini bagian narik kasur. Ada dua. Satu playmat yang beratnya amit amit jadi bagian ini anak anak saya suruh nyingkir daripada ketiban. Satu lagi busa yang ud brudul n dtaruh juga diluar kamar (nah sama kan.. Hehehe.. ). Terus dipake buat anak anak loncat loncat pula makin brudul dech tuh busa.
    6. Screen time. Kadang iya kadang gak. Emg sich dede msh dibawah dua tahun n cici jg ada speech delay. Tapi gimana donk barbie lelahh.. (alasan.. Hehehe..) pembelaan saya: saya batasin waktunya n film filmnya uda saya download dulu utk ditonton offline jadi uda saya seleksi dulu.
    7. Matiin lampu. N sama kaya aiden. Cici n dede seneng matiin lampu jadi gantian siapa yang matiin. Kadang yang satu matiin. Yang satu nyalain. Terakhir emaknya yang matiin.
    8. Pas lampu ud gelap. Saya nyanyi biasanya. Mereka yang request lagu apa. Lagu terakhir itu biasanya nina bobo n satu lagu untuk memuji Tuhan.
    9. Terakhir doa..
    10. Teriakan emaknya ayyyooooo booobbbbboooooo.. Sambil mata emaknya ud kriyep kriyep.. Ntah kenapa mata emaknya ini kalo ud nempel bantal, kena ac, lampu mati langsung 5 watt kriyep kriyep.. Sedangkan dua bocah masih on.. Oh my.. Hufftttt againn...

    Nama mama: merryana seputri
    Nama ig: mseputri
    Domisili: lampung
    Nama anak:
    Grace 4tahun 2bulan
    Giovan 1tahun 7bulan

    ReplyDelete
  23. Aiko syuyaaaah bobok awal, paling cepet bobok jam 10/11 malam meski uda diajak ke kasur awal malam. Tapi kita suka sih kruntelan di kasur gitu ������
    Sebelum tidur biasanya Aiko nonton video di hp/netbook. Paling suka dia nonton videonya sendiri �� habis itu nonton video yang kita donlod dari youtube (aku ga kasih online untuk menghindari gak sengaja klik dan menjelajah video yang lain-lain ��) video yang boleh ditonton video lagu anak sama doa-doa gitu, biasanya Aiko minta makan kalo nonton video gini, kata dsa ga masalah buat anak yg dlm masa pertumbuhan makan larut malam jd kita kasih aja ��
    Selesai makan dan nonton video Aiko bersih-bersih dan ganti baju buat tidur, dia bakal nyanyi-nyanyi dan baca doa kalo udah mapan di kasur. Tapi ritual mau tidur benerannya baru akan dimulai kalo dia udah capek ngoceh. Aiko tidur di atas perutku sambil megang ujung selimut dan meluk boneka doraemon kesayangan. Trus minta dielus kepalanya sambil dinyanyiin lagu Si Kancil, tapi ada tambahan liriknya, yang paling Aiko suka " si kancil sudah besar, dia rajin belajar, jadi anak yang pintar, sabar berjiwa besar... aiko juga pintar, dia rajin belajar, jadi anak yanh sabar, kuat berjiwa besar"
    Itu ritual kami mom Gesi

    Nama : nur ana wulandari
    IG : @lovanalova
    Domisili : jogja
    Anak : aiko fidelya anindita putri
    Usia : 2 tahun 3 bulan

    ReplyDelete
  24. Ikutan juga ya Mami Grace, walaupun selama ini cuma silent reader & stalking2 IG aja, hihi ini pertama kalinya ikutan mini giveawaynya Mami Grace..

    Ritual sebelum bobo..
    1)Karena kamarku di lantai 2 jadi ritual pertama adalah naik tangga hahaha :) dan karena Jovan sedang belajar jalan, jadi ya sekalian titahan sedikit biar tambah lancar jalannya.

    2)Sama kayak Mami Grace, ada nyanyi-nyanyinya pula, lagu favorit : cicak-cicak di dinding (sambil liat ternit. lol!) dan ambilkan bulan bu

    3)Gak afdol rasanya kalo sebelum bobo gak berdoa dulu, jadi ya berdoa sama Jovan dan papindut (kalo pas papindut gak luar kota)

    4)Dan... yang terakhir dan wajib adalah nenen. Sekali nenen tetap nenen. Nenen is the best. Hahaha :)

    IG : feby_lestari
    Domisili : Semarang
    Nama Anak : Jovan
    Usia : 9 bulan

    sudah follow IGnya Mami Grace sejak lama hihi
    salam buat kakak Ubi & Aiden, Gbu

    ReplyDelete
  25. Ikutan ya Mami Ubii...

    Ritual sebelum Iyas bobok adalah:
    1. Ganti baju klo baju iyas kotor.. hehe.. dan saya juga ganti baju yang busui friendly, untuk "dinas malam" aka mimikin Iyas tengah malam.
    2. Kelitikin Iyas, spy mood nya jd agak baik..
    3. Atur posisi bantal, atur posisi kipas. Nyiapin selimut, kalau pake AC. Saya tidak bisa pake AC terus-terusan, listriknya mahal buuuk...
    4. Mimikin Iyas, sambil usap kepalanya atau sambil bersihin Iyas..
    5. Kadang sambil nunggu Iyas tidur, saya kejar tayang baca postingan Mami Ubii yg lama..

    Nama: nur amelia
    Ig: ameru_desu
    Alamat: indramayu
    Nama anak:iyas ihtisaban yunsorun
    Usia: 9 bulan

    ReplyDelete
  26. Ikutan ya Mami Ubii n Aiden
    Ritualku sebelum Neyna tidur itu :
    1. Aku wajibin Neyna sikat gigi sama pipis karena Neyna uda ga pake diapers lagi
    2. Kalau bajunya kotor maka baju tidurnya saya ganti dulu sambil dipijat
    3. Persis mirip Aiden, Neyna selalu minta dia yang matiin lampunya sambil saya gendong dulu dan dy tepuk tangan dengan gembira padahal ga abis minum soda gembira juga :D
    4. Milih selimut yang mau dipake karena kami masih tidur ber3 jadi ritual tiap malem rebutan selimut dlu :D
    5. Berdoa sebelum tidur jadi Neyna bisa ngapalin doanya juga
    6. ritual ga bole tinggalan adalah Neyna pegang kuping saya lalu terlelap sambil saya salawatan atau baca cerita yang saya karang sendiri

    Nama : Herva Yulyanti
    IG : @hervayulyanti
    Alamat : Cimahi Bandung
    Nama Anak : Hasna Nameera (Neyna)
    Usia : 3 th 8 bln

    ReplyDelete
  27. Sejak usia 3 bulan-an anak saya sudah mulai teratur tidur malamnya.. Ritual saya & Edgar sebelum tidur malam, dimulai jam 8 :
    1. gosok gigi, cuci tangan & cuci kaki. Kalau Edgar ga mau cuci tangan & kaki ya paling diseka (di-lap2) aja
    2. ganti baju soalnya Edgar aktif gerak & produksi keringatnya banyak
    3. baca buku.. lebih sering minta dibacain Alkitab Kecil sampai tenggorokan mamanya kering..
    4. berdoa.. meskipun Edgar suka males diajak berdoa, tapi harus dipaksa biar terbiasa
    5. Edgar sudah ga nenen lagi... sejak disapih ASI, ritual penting supaya dia bisa bobok adalah megangin udel mamanya sampai merem.. Hahaha..

    Kalau si bocah udah tidur, mamanya bangun buat matiin lampu.. (kalau lampunya dimatiin duluan mamanya bisa kebablasan tidur padahal kerjaan rumah belum selesai. hehe)

    Nama : Angela Woro Dwi Priharina
    IG : angie_rina
    Alamat : Surabaya
    Nama anak : Mikael Edgar
    Usia anak : 35 bulan



    ReplyDelete
  28. Ikutan juga mami gesiiii
    Pengin kembaran pajamas sama aiden juga

    Rumaisha kalau waktunya bobo itu gampang2 susah
    Sikat gigi pun tergantung mood nya Rumaisha, masih susah diajak sikat gigi.
    Biasanya start jam 7 malam itu udah di kamar, sambil nonton animasi dari chuchu atau zaky atau kids tv dan yang lainnya, tergantung Rumaisha lagi suka yang mana
    Kadang nonton sambil tak suapin makan juga, atau dia ngemil biskuit.
    Terus tau2 dia bilang 'Mimi mimi' baru deh nenen sampai bobo sambil tak kipasin sama pijit2 kakinya, dan saya bisikin doa sebelum tidur.
    Tapi kalau pas lagi rewel mintanya sambil gendong trus dinyanyiin sholawat, baru deh bisa bobo.

    Nama : Titin Nurjanah
    IG : @titin_nurjanah
    Alamat : Lumbir, Banyumas
    Nama anak : Rumaisha Putri Santoso
    Usia : 16 bulan

    ReplyDelete
  29. untuk pertama kalinya ikutan giveaway, antusias banget nih..padahal kami gak punya banyak ritual khusus..gapapa yaa mbak gesi..

    hmm..palingan sih usek2 rambut (kaya orang jaman dulu cari kutu)
    jadi kalo udh diatas tempat tidur dan siap bobo biasnya kami ambil posisi masing2..bapaknya di pinggir, saya ditengah, dan Tanna dipojokan deket tembok yang udah dibentengin pake guling2..

    kenapa saya yang ditengah?? kenapa bukan si bayik???
    karena kami masih menganut paham sesepuh. dimana anak gak boleh tidur diantara org tua..jadilah saya yang ditengah..

    setelah ambil posisi (telentang) tangan kiri si bapak usek2 rambut saya, tangan kiri saya usek2 rambut Tanna tangan kiri tana peluk si Tonno (the one dollar doll kesayangannya)dan tangan kanan pegang botol susu sambil nonton telletubies edisi "My mum's doctor"..(cuma edisi itu yang Tanna mau tonton kalo udh di posisi PW (diusek2), sampe kami hapal nyaris bosan sama dialognya), tanpa nunggu lama paling gak sampai susunya habis dan Tanna kembaliin botol kosong ke saya sambil bilang 'udah' hitungan ke tiga pasti langsung blek.....

    Nama : Mega D. Purbosari
    IG : purbosarimega
    Alamat :Tangerang selatan
    Nama anak : Amrita Nariratanna
    Usia : 16 bulan

    ReplyDelete
  30. Ikutan ya Mami Ubii

    Ritual Sebelum Tidur :

    FYI saya adalah seorang perawat yang bekerja secara shift, jadi saya tidak punya ritual tetap yang sama setiap harinya. Beruntunglah bagi mama mama sekalian yang setiap saat bisa "ngelonin" setiap saat.

    Ritual Saat saya
    A. Shift Pagi :

    Ini merupakan shift favorit saya, karena bisa nemenin waktu tidur anak seutuhnya.

    1. Bersiap tidur sekitar pukul 7, ritual wajib gebug tempat tidur pakai lidi biar debu debu hilang semua.
    2. Alza saya olesi minyak telon, ganti piyama.Saya bersiap ganti daster yang busui friendly
    3. Sesi main sebentar, sekedar liatin anak glundung2 di kasur.
    4. Anak mulai cape nanti minta mimik sendiri
    5. Mimik
    6. Kecup kening anak sembari dibacakan doa
    7. Matikan lampu dan semua gadget.

    B. Shift Siang

    Saya berangkat dari rumah pukul 2 siang dan sampai di rumah pukul 23.30

    Disini tugas saya hanya memantau dan memastikan ke nanny Alza jam berapa si bayi tidur, sudah ganti piyama, mimiknya lancar enggak dan rewel enggak. Nanti setelah sampai di rumah saya ganti semua pakaian dan mandi (yak, saya ga mau bawa kuman ke rumah), lalu saya kecup anak dan berdoa.

    C. Shift Malam

    Disini saya berangkat dari rumah pukul 22.00 dan sampai rumah kembali pukul 08.00 pagi, sebelum berangkat ritual tidur seperti shift 1, dan saya susui anak sepuasnya sebelum saya berangkat. Esok sampai rumah anak sudah bersih dimandiin nanny..

    Nama : Yohana Safetri
    IG : yohanasafetri
    Alamat : Cikarang, Bekasi
    Nama Anak : Alzafer Yusnett Fidela
    Usia Anak : 9 Bulan

    ReplyDelete
  31. Ritual sebelum tidur harus pipis dulu sebelum tidur.. dan berdoa
    Nama retno wulandari
    Ig retnowulandari92
    Alamat purworejo
    Nama anak bilal fauzan
    Umur 3th

    ReplyDelete
  32. Halo, mami Ubii dan Aiden!

    Ritual Dek Adam (22bulan) sebelum tiduurrrr cukup banyak, tapi ga jauh2 berbeda dari Aiden lo! Dek Adam masuk kamar jam 18.30, sekitaran sholat maghrib
    1. Seka air hangat (bahkan Mandi + keramas dalam kondisi tertentu)
    Dek Adam mandi jam 16.00, lalu makan, nah jam 17.00-18.00 dia main di luar sama teman2 dan kakak2. Pasti lariiii kesana kemari!
    Keringetnyaaa aseemmmmm. Kesian anak kalau bobo dalam keadaan keringetan dan gerah, takut gatal2.
    Pengecualian dia harus mandi, kalauuu habis naik odong2 atau main di pantai. Ini wajib sebelum maghrib dan gelap menjelang, mandi dulu!

    2. Ganti singlet jumper + piyama lengan panjang + diaper
    Meski seharian tidak diaper, Dek Adam masih pakai diaper semalaman. Maklum emaknya belom siap TT huks. Nah wajib pakai singlet jumper karenaaa kadang2 Dek Adam suka ga sadar narik baju pas bobo. Kesian kalau udelnya terekspos pas terbuka, atut masuk angin.

    3. Sikat gigi
    Ini mamanya sikat gigi di toilet, Anaknya disikatin BS dari luar. kalau ada papanya, ya papanya contohin sikatan, mamanya nyikatin. DIa suka sekalii karena pas sikat gigi ada 2 tahap, yaitu bilang " AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA " buat buka mulut dan sikat dalam, lalu "IIIIIIIIIIIIIIIIII" buat nyikat depan-depan.

    4. SALIM SAMA MBAK BS
    Walah ini jangan sampai deh masuk kamar tapi belom salim si mbak.. kalau lupa salim, anaknya bisa-bisa terbangun ketika sudah mulai merem-merem, lalu teriak "Nanaaa, ayim ayim", Bukannya mau bobo malah terang benderang matanyaaa minta keluar kamar lagi :D

    5. Bawa buku ke kamar, dan minta mamanya ganti baju
    Setelah salim, dia akan ambil 2buku, biasanya buku cerita dan buku bergambar ke kamar. Ini saatnya me time sama anak setelah seharian bekerja. Mamanya disuruh ganti baju baby doll wkwkwk.

    6. Mamanya sholat, dia ikutan. Berdoa bareng.
    Disini dia minta dipakein sarung!

    7. Telpon via Video call sama Papa dan Uti-akung
    ini juga wajib, 15 menit buat telpon Papanya (kalau lagi melaut) dan uti akung. Say hello2!

    8. Baca buku, main bayangan

    9. Minta gendong Mamanya untuk menyalakan lampu tidur :)

    10. Gulung-gulung sama mamanya, menyusu, lalu...
    Mamanya bilang : Mama sayang Dek Adam.
    Dek Adam : Papa?
    Mama : Papa juga sayang Dek Adam
    Dek Adam : Uti?
    Mama : Uti sayang juga
    Dek Adam : Ato? (akung)
    Mama : Akung juga sayang
    Dek Adam : Nana? (Nama BS)
    Mama : Mbak ratna juga sayang
    Dek Adam : Bu dhe? (ini ART yang pulang hari)
    Mama : Bu dhe juga sayang
    Dek Adam : Kakak? (Ini bingung sih kakak siapa, secara doi anak pertama)
    Mama : Kakak siapa? Kak cello? (nama tetangga depan), kakak cello juga sayang
    Dek Adam : Om? (ini merujuk pada papanya kakak cello)
    Mama : Om juga sayang
    Dek Adam : Tante (ini mamanya kakak cello -_________-)
    Mama : Tante juga sayang

    *percakapan ini bisa looping sampe 3-5x!*

    11. Setelah cium2 dan ungkapin sayang... dia merem, lalu pules :)


    *****
    Nama : Osaliana
    IG : @osaliana
    Alamat : Balikpapan
    Nama Anak : Adam R S
    Umur : 22 bulan

    ReplyDelete
  33. Bismillah..
    mau ikutan GA nya mami gesii ahh, aq selalu jd silent readernya mba gesi lho, pas jam" istirahat kantor gini bacanya, trus hari ini baca ada GA nya jd mau ikutan aahhh LOL, alby maauukk bgt bisa pny baju kembaran sama aiden..

    Ritual alby sebelum bobo:
    1. Sebelum masuk kamar dadah" sama aki, nini, om nya (secara aq masih numpang rumah ortu :))

    2. Gosok gigi dikamar, karena masih pake sikat silikon yang dipasang di telunjuk jari (sama bgt kaya aiden ya) tapi gosok giginya harus nonton upin ipin yg serial gosok gigi, biar mau buka mulut nya -___-

    3. Ganti piyama + diapers, sesi ini juga harus dibarengin sama main mobil"annya biar cepet ganti bajunya, klu ga bisa lamaaa bgt kebanyakkan nunjuk" tangannya kesana sini nunjuk barang" yg ada dikamar hahahaa

    4. Matiin lampu, ini juga sama kaya aiden harus kudu wajib alby yang matiin

    5. Enen time, sambil baca doa plus aq nyium"min jidatnya truuss terlelap deehhh

    ***
    Nama : Detty
    IG : @dettyretina
    Alamat : Bekasi
    Nama Anak : Alby J H
    Umur Anak : 19 Bulan

    ReplyDelete
  34. ikutan ya mami gesiii....

    siapa tahu rezeki,bismillah...

    ritual Seira sebelum tidur:
    Seira pulang dari daycare sampe rumah biasanya jam 18.00. Trus ditaro di atas kasur,mainan teehter sambil nunggu mama ganti baju, bersih2, dan solat.
    Abis itu seira ganti popok dan piyama (piyama panjang kalau lagi hujan, piyama pendek kalo lagi sumuk).
    Kegiatan selanjutnya kegiatan bebas, antara dibacain buku, video call sama eyang, atau main cilukba sama mama. Kalo seira masih seger ya di taro di lantai buat belajar merangkak. Pokoqnya dibikin capek :D
    Kalau sudah kelihatan kriyip2 ato ngusek2 mata tanda ngantuk baru deh minum susu.
    Setelah susu habis, dinina bobo sambil digendong sama mama sambil di ssshhh ssshhh (iya sih kata orang takut ntar anaknya bau tangan, tapi kan seharian ga ketemu dan mamanya kangen, jadi adegan gendong2an berpelukan lama ini yang paling ditunggu mama)
    Baru deh blek sek tidur :D

    Nama: Larissa Absharina
    IG: @larissa.abs
    Alamat: Depok, Jawa Barat
    Nama anak: Seira Jasmine K
    Umur: 7bulan

    ReplyDelete
  35. Hi..ikutan ya mami Ubii dan Aiden. Salam kenal.

    Ritual Edmund dan mama sebelum bobo adalah :
    1. Nonton TV
    Edmund suka sekali nonton film cartoon, jadi sebelum bobo dia nonton dulu. Sekitar jam 8 dia akan masuk kamar dan bilang "Ma, ganti baju malam". Baju malam yang dimaksud adalah baju tidur atau piyama. Kalau baju malam di lemari kehabisan stok misal belum disetrika, dia bakal nangis. jadilah emaknya nyetrika dulu :D

    2. Pipis dan Cuci Kaki
    Sebelum ganti baju, Edmund wajib pipis sekalian cuci kaki dan tangan ke kamar mandi.

    3. Ganti Baju
    Setelah dari kamar mandi selesai, Edmund dibalurin dulu pakai minyak telon terus pakai pampers dan pakai baju malam atau piyama.

    4. Main sama Adek
    Karena Edmund sudah punya adek, sebelum bobo mereka selalu bermain dulu. Edmund bikin lego-lego dan adeknya yang berantakin hehehe.

    5. Minum Susu
    Berhubung Edmund masih ngedot, sebelum bobo wajib ngedot dulu 1 botol susu. Setelahnya dijamin dan dipastikan Edmund bakal langsung pules bobonya.

    Nama : Dian Anggraini Siregar
    ID : @diananggrainisiregar
    Alamat : Batang Toru, Sumatera Utara
    Nama Anak " Edmund Azzamy Lesmana
    Umur : 4 Tahun (22 Mei bulan depan)

    ReplyDelete
  36. Hai mamii Gesi, ritual aku sama Kafka kalau mau tidur itu,

    1. Gosok gigi dan cuci tangan, kaki, muka
    Ini favorit Kafka banget, soalnya dia hobi main air. Biasanya aku sikat gigi duluan, jadi Kafka bisa main celup-celup sikat gigi ke gayung.

    2. Ganti baju dan diapers
    Dari setelah mandi sore sampai mau tidur, Kafka bisa 2-3 kali ganti baju. Ada aja yang mesti tumpah-tumpahan ke piyamanya. Ganti diapers kalo Kafka tidurnya udah agak malam, kalau masih sore biasanya aku ganti pas Kafka udah tidur.

    3. Guling-gulingan di kasur
    Iya, biasanya kalau mau tidur nenen terus dilepas, guling-gulingan di kasur. Terus bangun, jalan ke ruang tamu, terus balik lagi ke kasur nenen lagi. Gitu aja terus sampe Indonesia juara piala dunia hahaha. Biasanya berhenti kalau papanya ikut tiduran di kasur, terus ngempok-ngempok.

    4. Nenen
    ...yang berlanjut dengan tidur pulas. Sampai sekarang kalau mau tidur harus banget nenen, yang bikin aku galau gimana nanti nyapihnya hahaha.

    Tapi, semua itu hanya akan terjadi kalau taraf ngantuknya normal, kalau udah ngantuk banget, semuanya bubar jalan. Gosok gigi sambil drama, gak mau cuci kaki dan tangan, gak pake ganti baju dan diapera, langsung nenen dan tidur.

    Nama : Tia Mutia
    ig : @mrsmuthy
    Domisili : Bekasi
    Nama Anak : Kafka Ihya Ulumi Hafiz
    Usia Anak : 1 tahun 4 bulan

    ReplyDelete
  37. Ikutan yaaa gesiii hihi... Siapa tahu rejeki si Abim :D

    Ritual Abim sebelum tidur :
    1. Dengerin eyangnya ngaji (sebenernya lebih ke gangguin coz dia pengen ikutan pegang-pegang Qur'an juga :D).
    2. Ganti pempes pastinya, biar ga perlu ganti-ganti lagi kalau malam (mamaknya malas bangun behehehe...).
    3. Minum susu sebotol.
    4. Didengerin musik klasik kalau enggak videonya Muzamil Hasballah, ini bikin ngantuk mamaknya sebenernya :D
    5. Kalau belum tidur juga, dinenenin sambil nyanyi lagu tidur atau puji-pujian.

    Nama : Handriati
    IG : @handdriati
    Domisili : Banjar, JABAR
    Nama anak : Abimanyu
    Usia anak : 8 bulan

    ReplyDelete
  38. Hi mom.. ikutan berbagi ritual bersama anak sebelum bobo yaa ☺

    Sejak menginjak usia 1 tahun, anak sy Benaya semakin aktif dan lgi demen2nya ngoceh (biarpun masih bahasa planet sih😅). Makanya skg kalo mau bobo, saya sengaja ajak dia bkin video pendek di hp buat nyalurin hobi ngocehnya.. biasanya sy ajak dia "say hi" sm org2, atau kirim2 salam, kenalin siapa namanya sm mama papanya, atau ceritain apa aja yg dibikin sepanjang hari itu, dll.. pokoknya didorong spy komunikatif lah hehe..biar msih bahasa planet yg penting dia pede ngoceh dpn kamera.. hahahaa.. pake kamera depan biar dia sekalian bisa liat ekspresi mukanya sendiri 😊 so far, dia bisa happy bangett dan ketawa terbahak2 kalo dikasih liat videonya yg ngoceh2.. Benaya termasuk anak yg cepat bobo klo malem..jadi abis capek ketawa2 sendiri liat videonya, ga butuh waktu lama tahu dia bisa lgsg tidur pulas.. capek kali ya kebanyakan ketawa.. xoxoxo..

    Itu klo sama saya. kalo sama papanya sukanya diayun2 ke atas pake kedua kakinya sambil dinyanyiun lagu2 berbahasa daerah.. ini jg selalu sukses bikin Ben ketawa2 seneng, tpi sukses jg bkin papanya capek.. hehehe..

    Nama: Merlin Brenda
    IG: merlin_brenda
    domisili: Toraja, Sulawesi Selatan
    Nama anak: Benaya Nakaelo
    usia anak: 1 tahun 2 minggu

    ReplyDelete
  39. Hi Grace, ikutan mini giveaway-nya yaa..

    Kali ini mo ceritain ritual sebelum tidurnya anakku yang pertama, anak yg kedua usianya belum 2 minggu jadi ritual sebelum bobonya cuma nenen..hahaa

    Anakku yang pertama biasanya sudah dikondisikan di kamar jam 20.30. Masuk kamar, naik kasur biasanya doi 'pencolotan' (you know what I mean? Lompat2 maksudnya) sambil nyanyi atau ketawa-ketawa sepuasnya, atau sekarang lagi demen nyanyi 'Let It Go' beserta gerakannya ala Elsa.
    Kalau uda capek dia minta 'minum susu, Ma'. Oke, mama/papanya bikin susu. Kadang doi juga kepo ikutan bikin susu di dapur. Masuk kamar lagi, lalu minum susu.
    Kalau belum bisa tidur juga, dia request "gatel-gatel, Ma" (maksudnya minta digaruk-garuk/diusap-usap punggungnya).
    Sambil diusap-usap punggungnya, doi request lagi (banyak amat requestnya) "Ma, glo..o..o..ria". Kali ini minta dinyanyikan lagu Gloria Muliakan Tuhan (Iya, Natal kemaren uda lewat, taun ini juga Natal masih jauh), kadang minta diganti liriknya jadi "In excelsis Deo" suka-suka dia. Dan aku batasin nyanyinya 3x reff aja, soalnya klo ga dibatasin, 10x nyanyi doi ga bakal tidur. Biasanya setelah nyanyi sambil diusep-usep, doi bakal tidur dengan nyenyak sampai keesokan pagi.
    Sekian ritual sebelum tidur anakku yang pertama..

    Nama: Leony Perigela Sahara
    IG : leony.sahara
    Domisili: Kemayoran, Jakarta Pusat
    Nama Anak: Edlynn Fe Adhinugroho
    Usia : 2 tahun, 5 bulan

    ReplyDelete
  40. Dr bayi sampe skg umur 15bulan tiap abis mandi sore (mandi sorenya jam 17.30) pasti tidur. Jadi kebiasaan rutinnya habis mandi, pake telon, pijit bentar, brain gym kadang, pake baju terus nenen deh..pas nenen akhir2 ini minta ibunya sambil ngaji. Terus lama2 merem.

    Tp ada waktu yg bobo sorenya kelamaan jadi habis mandi masih on. Biasanya qt baca buku, bercanda di kasur atau dy yg jalan2 keliling rumah sampe ngantuk..😀

    Nama: miftahul karimah
    IG: @miftakarima
    Domisili: kotagede yogya
    Nama anak: nahla aghnia abha
    Usia anak: 15m

    ReplyDelete
  41. Dr bayi sampe skg umur 15bulan tiap abis mandi sore (mandi sorenya jam 17.30) pasti tidur. Jadi kebiasaan rutinnya habis mandi, pake telon, pijit bentar, brain gym kadang, pake baju terus nenen deh..pas nenen akhir2 ini minta ibunya sambil ngaji. Terus lama2 merem.

    Tp ada waktu yg bobo sorenya kelamaan jadi habis mandi masih on. Biasanya qt baca buku, bercanda di kasur atau dy yg jalan2 keliling rumah sampe ngantuk..😀

    Nama: miftahul karimah
    IG: @miftakarima
    Domisili: kotagede yogya
    Nama anak: nahla aghnia abha
    Usia anak: 15m

    ReplyDelete
  42. Hai mb ges . Mau ikutan nih mini give away nya
    Jadi ritual kami sblm tdr itu
    Cucikakitangan muka trs gosok gigi . Stelah itu ganti piyama masuk kamar
    Masuk kamar sambil bawa piano2 an smbl nyanyi2 nina bobo lah atau lagu anak2 atau lagu jowo .
    Stelah itu lampu dimatikan trs mainan bayangan di tembok kidang talun (kancil) pake tangan smbl nyanyi kidang talun mangan kacang talun mil ketemil mil ketemil si kidang mangan lembayung ������ kdg tangan si kecil ikutan jg smbl ckikikan sndiri ����

    Stelah itu ngantuk baru deh baca doa trs tidur

    Nama : dara provida gladystiadia
    Nama ig : darraprovida
    Domisili : sidoarjo
    Nama anak : kimora qatrunnada feryanda
    Usia anak : 23m

    ReplyDelete
  43. Hallo mamii ikutan juga ahh, ritualnya altha yang kebetulan seumuran aiden kalo mau tidur itu yah
    1. Dia harus matiin lampu, plek sama kaya aiden hobo banget mainan steker lampu
    2. Baca cerita pake jari, jadi aku suka ceritain dongeng tapi tokoh ceritanya jari dan altha happy banget ikut gerakin jarinya ��
    3. Berdoa sama sama umi sama abinya dan dia selalu semangat nungguin bagian amiin nya haha
    4. Yang terakhir kiss umi sama abinya abis itu langsung deh nenen sampe pules hihi


    Walau kadang suka bangun lagi dan acara guling2an dulu sih, yah tergantung sikon lah haha

    Hope us gud luck! *fingercross hihi


    Nama : silvy marissa
    Domisili : jakarta
    Nama ig :@silvyamril
    Nama anak : fateeh althario setiawan
    Usia anak : 16 m

    ReplyDelete
  44. Piyamanya lucu lucu ya, sayang setelah setahun duo anak Lanang kalau tidur sukanya pake songket aja. Pengen beli ah buat kado ponakan.

    ReplyDelete
  45. Halo mami Gesi...coba ikutan giveaway nya ah..siapa tau bs menang hehehe
    kalo ritual anak ku yg pertama :
    1. ajak anak pipis dulu
    2. matiin lampu kamar
    3. minum susu
    4. ucapkan salam good nite dan God bless you sambil di kiss pipinya
    5. kelonin di pokpok pantatnya
    kalo anak yg kedua :
    1. matiin lampu kamar
    2. minum susu
    3. ucapkan salam good nite dan God bless you sambil di kiss pipinya
    4. kelonin di pokpok pantatnya

    thank you mami Gesi buat kesempatan nya God bless your familiy

    Nama : Lianny Rosiana
    Domisili : Bekasi
    Nama ig : @liannyroaiana
    NAma anak :
    Kenzo Giovano 4 tahun 7 bulan
    Kelly Christabel 2 tahun 4 bulan

    ReplyDelete
  46. Hi Mba Grace Melia, salam kenal..karena anakku kembar cewek cowok ritualnya sebelum bobo biasanya ada 2 versi hehe :
    Yang cewek :
    1. Sikat Gigi (pasta giginya aku pake Jack n Jill rekomen dari Mba Grace juga setelah baca di blog hehe)
    2. Cuci tangan dan kaki
    3. Ganti baju bobo
    4. Baca buku cerita/nonton youtube/nyanyi2
    5. Berdoa
    6. Dipisahin sama kembarannya karena kalo gak bisa begadang alias gak mau tidur2 huhu..krn dia masih nenen..jadi aku ajak ke kamar aku lanjut deh nenen..sampe pules dan dia gak suka bobo gelap..jadi lampunya dimatiin setelah dia pules :)


    Yang cowok :
    1. Sikat gigi
    2. Cuci kaki dan tangan
    3. Ganti baju bobo
    4. Baca buku / nonton youtube / nyanyi2
    5. Berdoa
    6. Berpisah dengan kembaran..karena udah gak nenen jd lanjut minum susu sambil ditemenin mbak..dannn kalo yg ini harus matiin lampu sebagai tanda sleeping time hehehe..

    Thank you buat giveawaynya moga2 bisa menang yaa..salam buat Ubii and Aiden

    Nama : Selvy Widjaja
    Domisili : Gading Serpong Tangerang
    IG : selvy9185
    Nama Anak :
    Abigail Nelsa Theryo (2 tahun)
    Andes Iniesta Theryo (2 tahun)

    ReplyDelete
  47. Hi ci.. Mau ikutan kgi ah GA nya siapa tau lucky..hehe

    Klo Alen biasanya tidur antara jam 9-jam setegah 11 range waktunya. Pkoknya masuk kamar dia mnta main smbil nnton tv ntr dia mnta makan lagi dgn menu malam nasi+bawang goreng+kecap (menunya ga mau diganti) lalu abis mkn dia akan mnta buka kulkas untuk nyemil biskuit abis itu dia biasanya mnta minum trus pipis. Abis pipis kadang minta minum susu mimi.
    Setelah itu dia akan goleran dan saya suruh duduk dan sikat giginya baru deh berdoa...
    Dan sehabis itu jgn harap dia tidur.
    Dia akan mnta tv nyala (biasanya suaranya sya 0 in) dan bisa mnta biskuit lgi. Dia gegoleran ga jelas lalu tidur dengan biskuit ditangannya yg ga dimakan itu.. LOL
    Bgtu aja tuh tiap hari..hehw

    Nama : Olivia
    Domisili : Tangerang Kota
    Nama IG : @alenoshop
    Nama anak : Alena
    Usia : 2 tahun

    ReplyDelete
  48. ih lucu emang kalau ritual mau bobo
    dulu ibuk disiplin banget pakein saya piyama kalau mau bobok, ga boleh pakai baju lain
    jadinya sampe sekarang kebawa kalao bobok harus pakai piyama
    kayaknya nyaman banget itu piyama
    pingin ikutan giveaway tapi aku belum punya anak -_-

    ReplyDelete
  49. aku ikut ya ges,,, moga aja piyama nya buat Intan.hahaha

    ritual Intan sebelum tidur itu :
    1. pipis dulu di kamar mandi (kalau beruntung sih dia mau pipis, kalau nggak ya sudah siap2 ngompol aja di kasur.hahaha. balada dia menolak pampers kalau di rumah)
    2. biasanya aku ajak dia cerita2 dulu soal keseharian ini dia mainan apa, sama siapa. kadang klau aku jadi seorang monster aku minta maaf ke dia. trus kasih pesen gitu lah besok bangun pagi ikut sekolah.
    3. berdoa sebelum bobo *wajib*
    4. nenen sambil elus2 boneka kesukaan
    5. kalau nggak mau tidur juga biasanya ya ditunggu sampai capek mainan gitu. alternatif terakhir baru deh buka Youtube 5 menit. udah habis itu dirayu2 buat bobok.

    nama : Chela
    DOmisili : Purwodadi Grobogan
    nama IG :@guru_kecil
    nama anak : Intania
    usia : 19 bulan

    ReplyDelete
  50. Hai mba Gesi salam kenal, sekali-sekali mau coba ikutan GA ah.

    Anak saya Hakim untungnya bukan tipe yang suka begadang, jadi jam 7 sore biasanya juga udah tepar, kadang malah habis magrib udah ngantuk, jadi biasanya habis mandi sore udah langsung pake piyama, kalau dia keringetan atau kotor baru deh ganti baju lagi. Habis mandi terus sikat gigi, sama kayak aiden masih pake sikat silikon juga, dia malah kesenengan dan sukarela buka mulut kalau lihat sikat giginya.
    Setelah itu main-main sebentar, hobinya joget-joget pakai iringan musik dari sepeda roda tiganya, jadi dia pencet2 tombolnya sendiri terus joget2 sendiri sampai capek, lol. Biasanya habis joget-joget itu dia ngantuk terus akan gandeng tangan saya ke kamar, tapi kalau belum ngantuk dia sering minta nonton video di HP.
    Dan yang ditonton adalah... videonya dia sendiri, hahaha, narsis bukan turunan ibunya.
    Setelah masuk kamar, matiin lampu, terus dia naik sendiri ke tempat tidur pasang posisi siap nenen. Lanjut nenen sambil baca doa sebelum tidur, sambil usap-usap kepala, biasanya dia akan terlelap dengan sendirinya. Atau kalau udah kenyang nenennya dilepas terus guling-guling aja di kasur sampai merem sendiri.

    Tapii, itu kalau saya di rumah pas jamnya dia tidur. Karena saya kerjanya shift maka kalau saya pas shift sore rutinitasnya ganti, setelah main-main sama kakung utinya biasanya dia akan diajak keliling kota naik mobil sambil minum susu sampai ketiduran di mobil.

    Makasih mba Gesi udah ngadain giveaway, semoga rejekinya hakim...

    Nama : Swastika Dewi
    Domisili : Purworejo, Jateng
    IG : @swastikadewi
    nama anak : Hakim
    Usia : 16 bulan

    ReplyDelete
  51. Hi mba.. Mau coba ikut giveaway lagi..sapa tau beruntung.. ��
    Ritual sebelum bobok bareng sakha biasanya kami ngelakuin beberapa hal dr list di bawah ini :
    1. Matiin lampu
    2. Berdoa
    3. Tanya jawab ttg keseharian sakha di daycare
    4. Nyanyi/nonton youtube
    5. Main tebak2an ttg kegunaan hal2 di sekitar, misal anggota badan, barang2 d dalam kamar, dll
    6. Dongeng/baca buku
    7. Elus elus kaki sakha atau 'puk-puk' punggung sakha

    Thanks mba dah sering adain giveaway..��

    Nama : granit prihara
    Domisili : jogja
    Ig : @granitprihara
    Nama anak : sakha
    Usia : 2 tahun 8 bulan

    ReplyDelete
  52. Haii mami ubii..

    Mau ikutan ah, rutinitas yang biasa dilakukan oleh saya dan Azzam (2,5 tahun) adalah bercanda, mengajaknya bercerita, dan mendengarkan celotehannya.
    Azzam juga suka sekali bernyanyi, sebelum tidur dia biasanya bernyanyi dulu. Banyak banget yang bisa jadi inspirasi dia untuk menyanyi. Melihat cicak dia nyanyi cicak-cicak di dinding, lihat kereta dia nyanyi kereta api, lihat bantal warna biru dia menyanyi warna.

    Setelah itu azzam biasanya minta susu, kalau tidak segera diambilkan susu, dia akan ke dapur sendiri, mencari susu dan protes agar segera dibuatkan susu. Minum susu adalah ritual yang tak pernah dilewatkan azzam sebelum tidur.

    Kalau sudah lelah berceloteh, menyanyi dan minum susu azzam biasanya mulai ngantuk. Azzam ini sudah terbiasa diusap2 punggungnya. Kadang karena girangnya dia diusap2 di punggung, dia suka tertawa sampai terbatuk-batuk keenakan. Kebiasaan ini hampir nggak pernah dia lupakan. Biasanya dia nyari minyak telon sendiri untuk mengusap punggungnya. Anak pintar.

    Sambil diusap2 punggung dan dipijat sedikit azzam mulai diajari berdoa. Tiap malam menjelang tidur diucapkan, hingga sekarang dia sudah hafal. Kalau mulai ngantuk mulai baca doa sendiri.

    Nama : Nurmaya Saputri
    Domisili : Bogor
    IG : @masker_skini
    Nama anak : Azzam
    Usia : 2 tahun 9 bulan

    ReplyDelete
  53. Haii mami ubii..

    Mau ikutan ah, rutinitas yang biasa dilakukan oleh saya dan Azzam (2,5 tahun) adalah bercanda, mengajaknya bercerita, dan mendengarkan celotehannya.
    Azzam juga suka sekali bernyanyi, sebelum tidur dia biasanya bernyanyi dulu. Banyak banget yang bisa jadi inspirasi dia untuk menyanyi. Melihat cicak dia nyanyi cicak-cicak di dinding, lihat kereta dia nyanyi kereta api, lihat bantal warna biru dia menyanyi warna.

    Setelah itu azzam biasanya minta susu, kalau tidak segera diambilkan susu, dia akan ke dapur sendiri, mencari susu dan protes agar segera dibuatkan susu. Minum susu adalah ritual yang tak pernah dilewatkan azzam sebelum tidur.

    Kalau sudah lelah berceloteh, menyanyi dan minum susu azzam biasanya mulai ngantuk. Azzam ini sudah terbiasa diusap2 punggungnya. Kadang karena girangnya dia diusap2 di punggung, dia suka tertawa sampai terbatuk-batuk keenakan. Kebiasaan ini hampir nggak pernah dia lupakan. Biasanya dia nyari minyak telon sendiri untuk mengusap punggungnya. Anak pintar.

    Sambil diusap2 punggung dan dipijat sedikit azzam mulai diajari berdoa. Tiap malam menjelang tidur diucapkan, hingga sekarang dia sudah hafal. Kalau mulai ngantuk mulai baca doa sendiri.

    Nama : Nurmaya Saputri
    Domisili : Bogor
    IG : @masker_skini
    Nama anak : Azzam
    Usia : 2 tahun 9 bulan

    ReplyDelete
  54. Kalau Aisyah ritual tiap sblm tidur sikat gigi dan mandi malam. Rasanya gak sreg aja klo dia gak mandi lg sblm tidur. Apalagi Aisyah sering berkeringat. Setelah mandi biasanya pakai hair lotion, sisiran, ganti baju. Jarang pakai piyama karena Sby panas bo, haha. Pake kaos kutang sama celana dalem aja. Setelah itu biasanya rebutan guling, haha. Biasanya saya dan suami tny2 dia tentang kejadian hari itu. Kami juga mengulang pelajaran huruf hijaiyah supaya dia ingat terus. Gak lupa aja baca doa. Setelah itu kipas2, usap2 punggung, kadang jg minta dipeluk dan ketiduran sendiri2, haha.

    Nama: Enny Law
    Domisili: Surabaya
    IG: @juvmom
    Anak: Aisyah
    Usia: 3 tahun 2 bulan

    ReplyDelete
  55. Haiii mami ubi & Aideen...

    Ritual Rafa sebelum tidur adalah sbb:
    1. Gosok gigi & lap badan karena berkeringat bis main sore
    2. Ganti baju tidur
    3. Nurunin kasur karena kalo siang hari kasurnya saya berdiriin biar kamar bisa jadi area bermain buat Rafa
    4. Matiin lampu
    5. Berdoa
    6. Puk puk pantat sambil Rafanya ngedot ( Rafa masih belum bisa lepas dot��) dan mamanya sambil nyanyiin lagu anak
    7. Kalo masih belum tidur juga d tontonin video lagu anak tetep sambil ngedot dan d puk puk (kalo nonton video lampu kamar d nyalain lagi dan d matiin lagi kalo Rafa dah tidur)sambil mama nya ikutan tidur nanti lama lama Rafa akan tertidur jugaaa... Yeeeee��

    Nama : Lili Agustina
    Domisili : Tangerang
    IG : mb_yiyi89
    Anak : Al Rafa Pratama Siswanto
    Usia : 2 tahun 3 bulan

    ReplyDelete
  56. Ini smpe,, tgl berapa mami.. Aku mau ikutann ,semoga masih berlaku ya hihi


    Ritual atta sebelum bobo
    Nonton vidio nurseryryhme.. Di yutube,,
    Kadang aku main bedong bedongan ,, jadi atta aku bedong pake slendang nanti dia uget ugett sambil ketawa , berusaha nglpasin tangannya
    Lucuu bgtt,, klo capekk ya udahh minta nennn dan K,O dianya
    .
    Cuma gitu aja sihh masih tergantung moodnya dia juga mau gimana.. Karna belum tentu ,, ketebak yg namanya anak mahh

    Hihi
    Semoga bisa menang ,,

    Nama : lia safitri
    Domisili : wonosobo
    Ig : liaatta29
    Nama anak: atta fathullah
    Umur : 9bulan 3hari

    ReplyDelete
  57. Mami Gesi, kuingin ikutan, tapi belum punya anak haha. Cuma punya adek 3 tahun. LOL haha. Yaudin ikut giveaway mothercare kalau udah beranak aja haha. Sukses untuk giveawaynya mami!

    ReplyDelete
  58. Halo, mba Grace, ikutan mini giveaway nya ya.. :)

    Berhubung aku masih tinggal sama orangtuaku, jadi ritual sebelum Fisya bobo biasanya adalah salim dan dadah2 dulu sama mbah uti, mbah kakung dan om nya..

    Habis itu ke kamar mandi sambil nyanyi, "Sebelum kita tidur cuci tangan cuci kaki cuci muka gosok gigi lalalala" pakai nada sembarangan lah pokoknya suka2 yang penting hepi, hehe..

    Setelah ritual di kamar mandi, terus masuk kamar ganti baju (kalau basah), baca buku cerita, main bayangan, kadang main boneka..

    Habis itu nyalain lampu remang-remang, terus baca doa sebelum tidur dilanjut nenen sampai tidur, kadang bisa sejam nenen baru tidur n bisa dilepas nenen nya sampai pegel..huhu..

    Gitu aja sih paling ritualnya, hehe semoga beruntung..

    Nama: Agustin Faradila
    Domisili: Bekasi
    IG: @faradilagustin
    Nama anak: Fisya
    Umur: 19 bulan

    ReplyDelete
  59. Nama : Nurul dwi larasati
    IG : @nurul_gie
    Domisili : Depok, Jawa Barat
    Nama anak : Arkana Gie Pratama
    Usia anak : 4 tahun 6 bulan

    Menjelang tidur adalah momen paling romantis dengan anak bagi saya. Karena ada kegiatan-kegiatan sederhana tapi membuat bonding antara kami lebih erat. Sebelum tidur aku dan si kecil biasanya :

    1. Cuci tangan, kaki dan gosok gigi.
    2. Mengatur posisi bantal, guling dan posisi tidur masing-masing. Biasanya si kecil berada di tengah.
    3. Mematikan lampu kamar. Kebetulan kami lebih suka tidur dalam keadaan gelap dan si kecil lebih nyenyak bobonya.
    4. Kalau si kecil belum ngantuk bener, dia pinjam hp ku dan kartun di youtube sebentar sampai udah nguap tandanya ngantuk.
    5. Kalau ga mau main hp, si kecil suka cerita sendiri apa yang udah dia lakukan hari itu. Misal tadi siang main sama tetangga dan punya mainan baru. Ehh ujung-ujungnya minta dibeliin mainan baru lagi (modus bocah) 😊.
    6. Kalau saya terlihat capek, dia suka mijitin tangan dan leher saya. Lumayan lah...
    7. Berdoa. Alhamdulillah sudah bisa baca doa tidur sendiri.

    Have a nice dream...
    Zzzzzzz.....😚😚😚

    ReplyDelete
  60. Nama :Dinsta Devinsta Driessen
    Nama ig :@dinstadriessen
    Domisili:Yogyakarta
    Nama anak:Zivara Nadira Devindra
    Umur anak: 14bulan

    Ritual zee sebelum tidur
    - cuci kaki dan muka
    - di kamar, muter muter enggak jelas, semua mainan di keluarin lagi, loncat loncat kasur
    - sudah mulai lelah dia pasti minta susu (pegang kaleng susu), bilang mimik mimik
    - saya buat susus, ayahnya ganti baju buat tidur, karena pasti kotor terutama kena iler dia hehehehe (lagi tumbuh gigi sukanya ngeces mulu) tp walaupun enggak kena iler ttp saya ganti karena kotor, kan sore setelah mandi pasti main keluar.
    -susu sudah jadi dia mapan sendiri, sambil minum susu,lampu saya matikan,tv saya kecilin atau matikan, susu habis pasti dilempar (entahlah ini anak suka main lempar ������ )
    -lalu dia nyari empeng,dan boneka snoopy kesukaaan dia (karena enggak bisa bilanh snoopy,dia panggilnya pepis ). Bonekanya sampai bau apek,karena baunya yang aduhai itu jadi bius buat dia. Langsung deh,teparr dia. Bonekanya dia usap usap dihidung,lama lama dia merem sendiri.

    Untuk masalah tidur,zee memang tergolong gampang asal ada boneka snoopy dan empeng,dan yang pasti kalau udah ngantuk,langsung zzzz. Tp kalau belum ngantuk ya mainnya di kamar agak lama mpe kadang saya yang ketiduran hahahaha.

    ReplyDelete
  61. Nama :Dinsta Devinsta Driessen
    Nama ig :@dinstadriessen
    Domisili:Yogyakarta
    Nama anak:Zivara Nadira Devindra
    Umur anak: 14bulan

    Ritual zee sebelum tidur
    - cuci kaki dan muka
    - di kamar, muter muter enggak jelas, semua mainan di keluarin lagi, loncat loncat kasur
    - sudah mulai lelah dia pasti minta susu (pegang kaleng susu), bilang mimik mimik
    - saya buat susus, ayahnya ganti baju buat tidur, karena pasti kotor terutama kena iler dia hehehehe (lagi tumbuh gigi sukanya ngeces mulu) tp walaupun enggak kena iler ttp saya ganti karena kotor, kan sore setelah mandi pasti main keluar.
    -susu sudah jadi dia mapan sendiri, sambil minum susu,lampu saya matikan,tv saya kecilin atau matikan, susu habis pasti dilempar (entahlah ini anak suka main lempar ������ )
    -lalu dia nyari empeng,dan boneka snoopy kesukaaan dia (karena enggak bisa bilanh snoopy,dia panggilnya pepis ). Bonekanya sampai bau apek,karena baunya yang aduhai itu jadi bius buat dia. Langsung deh,teparr dia. Bonekanya dia usap usap dihidung,lama lama dia merem sendiri.

    Untuk masalah tidur,zee memang tergolong gampang asal ada boneka snoopy dan empeng,dan yang pasti kalau udah ngantuk,langsung zzzz. Tp kalau belum ngantuk ya mainnya di kamar agak lama mpe kadang saya yang ketiduran hahahaha.

    ReplyDelete
  62. Halooo Mami Ubii.. Mamak Rania mau ikutan juga mini giveaway nya... hihihii..

    Ritual sebelum bobo biasanya:
    1) Jam sembilan lewat mamak mulai ngerayu-rayu Rania supaya mau udahan main dan masuk kamar
    2) Rayuan maut ini biasanya berupa ajakan nonton video Kakak Kirana @retnohening di instagram, baca buku ringan atau bersekongkol gangguin Ayah yang udah gegoleran duluan.. hahaha
    3) Kalo Rania iyes, aku berusaha ngajakin dia beresin mainan dulu sebelum masuk kamar. Hasilnya gak maksimal sih. Lebih sering aku yang banyakan beresin. Tapi gpp hitung-hitung usaha ngajarin kebiasaan baik sejak dini.
    4) Masuk kamar dan ngelakuin kegiatan nomor (2) sambil periksa-periksa kelambu dan sibuk ngeraketin nyamuk.
    5) Ngelap gigi dan ganti pampers. Huhu Rania susahhhhh banget mangap buat sikat gigi. Jadi di usianya yang 2 tahun ini, giginya masih aku lap pake kain kasa atau waslap basah. Sedikit dengan paksaan. Masih peer besarr buat dia mau sikat gigi.
    6) Matiin lampu dan baca do'a sebelum tidur
    7) Nenen diiringi riview kegiatan hari ini plus wejangan, misal "Rania tadi pukul Bunda ya.. Rania kesel Nak? Lain kali gak boleh pukul pukul begitu ya Nak.. Bunda gak suka.. dipukul itu sakit.. Rania boleh kesel.. tapi gak boleh mukul." Semacam itu lah..
    8) Kalau Rania langsung tidur, alhamdulillah banget.. Tapi kalo masih mau ngisengin Ayah sementara mamak udah ngantuk berat, aku biasanya minta waktu 10 menit untuk tidur. Dan setelah itu aku ON lagi sampe Rania tertidur lelap di pelukanku. Hehehe.

    Nama: Dwi Septiani
    IG: @dwiseptiani
    Domisili: Bandar Lampung
    Anak: Ramaniya Fatiha Subekti
    Usia: 2tahun

    ReplyDelete
  63. mau ikutan lagi ah mini give away mami ubii. sapa tau kali ini beruntung.
    ini loh ritual roland sebelum tidur :
    1. gosok gigi, cuci tangan dan kaki
    2. pakai piyama soalnya kalo gak pakai piyama roland pasti gak bisa tidur. piyamanya juga harus yang lengan panjang.
    3. minum susu hangat segelas. kalo tanpa susu dijamin gak tidur2. biarpun habis makan tapi kalo dah waktunya tidur teteup susu hangat wajib hukumnya :)
    4. sambil minum susu biasanya roland suka nonton youtube
    5. matiin lampu kamar lalu peluk guling kesayangan. kalau roland sudah capek pasti langsung bobok tapi kl belum palingan juga gulang gulung sebentar abis itu bobok.

    nah itu deh ritual roland dari dulu sampe sekarang.

    nama : susan
    IG : @susan.jusuf79
    domisili : jakarta
    anak : Roland Aviel Jusuf
    usia : 7 tahun

    ReplyDelete
  64. Ritual Sebelum Tidur Bersama Matahari

    1. Ganti piyama dan sikat gigi pukul 20.00
    2. No gadget
    3. Naik ke kasur sendiri
    4. Bercerita dongeng sebelum tidur
    5. Membaca doa
    6. Tidur dengan nyenyak jam 21.00 sampai keesokan paginya

    Sayangnya hal tersebut (masih) berupa impian belakaaa xD

    Faktanya adalah...

    1. Jadwal tidur Matahari masih terbalik meskipun usianya sudah 16 bulan. (biasanya ia tidur pukul tiga pagi)
    2. Ia sangat suka berada di luar rumah, walaupun kenyataannya waktu sudah menunjukkan pukul 1 pagi. Maka ketika malam saya membuatnya diam di rumah dengan memberinya tontonan teletubbies. (Am I a bad mother? hiks)
    3. Matahari kurang bisa bertahan lama jika dibacakan buku, permainan sebelum tidurnya adalah kejar-kejaran dengan ayah.
    4. Matahari tidak punya piyama, maka tidak ada cerita berganti piyama sebelum tidur, haaaha. Saat ini pakaian berpergian dan tidurnya masih sama, tetapi selalu diganti jika kotor atau basah karena keringat.
    5. Saya tidak bisa memprediksikan kapan ia akan tidur karena di pagi buta pun biasanya saya sudah kelelahan. Hal itu membuat aktivitas doa sering terlewat (maafkan hambaMu ini, Tuhan)

    Saya tahu ritual sebelum tidur kami benar-benar tidak patut di contoh. Saat ini saya masih dalam proses mengenal anak saya (sekaligus diri saya sendiri). Saya baru tahu bahwa ritual ini bisa menjadi permasalahan serius ketika kemarin saya diberitahu oleh teman saya yang seorang guru. Maka PR saya sekarang adalah membenahi diri saya sendiri agar bisa hidup "normal" (yang semoga bisa dilakukan bersama suami juga). Semoga rutinitas impian saya nanti tidak sekadar angan-angan kosong saja. Saatnya berjuang dan terus belajar, semangat!

    Tulisan ini dibuat di suasana yang agak sendu xD. Terima kasih kuisnya sudah membuat saya sadar akan kesalahan saya yaa Mba Gessi ~

    Nama ibu: Winda Lestari
    Akun Instagram: @windamaki
    Domisili: Bogor, Jawa Barat
    Nama anak: Matahari Ar Sakha
    Usia anak: 1 tahun 4 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana ke depan untuk membenahi memang bgmn mbak?maaf kalo menyela tny

      Delete
  65. Ritual sebelum tidurnya Si Olil Cemolil itu:
    1. Cuci muka, tangan dan kaki
    2. Minum air putih
    3. Ganti kostum pake singlet dan celana panjang doang, di kamar masih pake kipas angin ;-)
    4. Kadang nih si Olil pengen baca buku, dia yg buka bukunya entar emaknye yg ngasi tau gbr apa yg ada dibuku, atau main tebak2an gbr apa.
    Pernah si Olil insomnia, jam stgh 10 belum mau bobok juga, -_-, akhirnya sy pakai jurus merayu Olil dengan boneka Onyet dan kelinci kesayangannya, lalu saya bermain peran dg boneka itu haha, dan ajak Olil ke kamar supaya bobok.
    5. Ending nya tentu nen :-D nen sambil dengerin Hafiz Talking Baby Doll.
    .
    Nama : Nurul Fauziah
    IG : @nufaz3e
    Nama Anak : Rayyan Khalil Arrafif (20 bln)
    Domisili : Medan

    ReplyDelete
  66. Ikutan siapa tau beruntung. Ini ritual keponakan ya karena belum punya anak.
    Biasanya sebelum tidur, dia ...

    1. Ngambil kasur
    Jadi di kamar utama selain ada kasur gede, ada kasur busa. Nah si busa ini biasanya dislempitkan di antara dinding dan lemari. Si kecil suka ikutan narik kalo waktu bobok. Si kakak yang nata, ngerapihin kasur dan pernak perniknya. Nata guling, bantal plus area adik. Khusus area adik dipasang selimut anti air.

    2. Ganti baju
    Karena udah gede, dia suka riweuh kadang lari sana sini. Sebagai tante yang sigap saya biasanya tangkap dan pakein baju. Walau kadang diakhiri drama nangis soalnya saya usilin.

    3. Gosok gigi
    Dia udah bisa gosok gigi sendiri. Tapi suka diulang sama yg dewasa. Kadang ada yg kelewatan digosok hihii... .

    4. Cerita cerita
    Aneka boneka dikumpulin dan mulailah cerita sesuka hati. Ayahnya yg lebih jago cerita.

    5. Matiin lampu
    Ini pertanda saatnya tidur

    6. Ngabsen
    Kadang kalo dia belum tidur, sementara yang dewasa sudah tepar, dia bakal bangunin bundanya. Lalu mulai absen tanya inilah itulah, tanya tante dimana, ngapain. Ceriwis banget trus bundanya pura pura tidur.Buat info keponakan biasa tidur setelah jam 12. Huahahaa.. Energinya kayak baterai kelinci. Kadang jam 02.00 baru mau tidur :(

    7. Pok pok
    Ini puncak semua. Pok pok area pantat is the best. Tapi kalo belum ngantuk ya bakal lama sambil dia muter sana muter sini. Tapi pok pok mah wajib.

    8. Baca Line Webtoon
    Hahaah.... Kalo ini ritual tantenya. Niatnya cuma satu komik tapi lanjut ke komik selanjutnya. Hidup Cinderelkatoon wkwkwk

    Nama: Rima M.H
    IG: reemamifta
    Nama Anak: Raka Priya (3 tahun 3 bulan)
    Domisili: Jakarta Timur

    ReplyDelete
  67. Ritual sebelum tidur anak2ku :
    1. Sebelum tidur anak2 harus bersih2 dulu. Pipis, cuci tangan & kaki, gosok gigi.
    2. Ganti baju tidur.
    3. Naik ke tempat tidur lalu baca dongeng atau bercerita tentang kegiatan hari itu atau main2 di tempat tidur. Nah di tahap ini nih, kalau anak nya belum ngantuk, dia akan turun lagi dari tempat tidur dan main2 lagi di luar. Sementara ibu nya sudah tepar.. hahaha..
    4. Kelonan. Anak pertama sudah gak perlu di kelonin akan langsung tidur kalau dia sudah ngantuk. Anak kedua masih nenen.
    5. Tidur deh semua nya. Ibu nya pun ikut tidur.

    Nama : Dhita
    IG : henyndhita
    Nama anak : Mily (5thn) & Daffan (2thn)
    Domisili : Tangerang Selatan

    ReplyDelete
  68. Meskipun belum ada sebulan, baby Prabu sudah punya ritual sebelum tidur.

    1. Buka lapak nenen. Yang paling pertama ini dulu, nenen sampai kenyang, lama akan pules sendiri.

    2. Muter shalawat. Biasanya ini Ayahnya yang suka muterin shalawat sebelum baby tidur, soalnya aku gak pegang hp kl baby melek. Ritual ini pas baby nenen, jadi sambil liyer2 dengerin shalawat nabi
    3. Bacain doa. Sambil ngasih nenen, biasanya aku bacain surat-surat pendek, gak pas nenen ajah sih, pas susah tidur juga sering aku bisikin dengan bacaan surat pendek

    4. Ganti popok. Kalau udah pules, biasanya aku baru ganti popok nya. Soalnya baby masih berak2 kl habis nenen. Jadi aku nunggu dulu sampai baby buang air baru ganti popok nya.

    5. Ganti baju. Kalau cuaca panas, biasanya aku gantiin pakai singlet aja, maklum kontrakan belum pasang AC. Tapi kalau cuaca hujan, langsung ganti baju pakai baju lengan panjang dan celana lengan panjang.

    Nama: mariana
    Domisili : jakarta
    Ig : marianabees
    Nama anak: Prabu Sinatria (0 bulan)

    ReplyDelete
  69. ritual sebelum tidur anakq sih g banyak..aku nunggu dia bilang sendiri ibuk ayo masuk..ngantuk..kalau udah gitu ritualnya sih :
    1. ganti baju tidur..liat situasi udara panas atau dingin..menyesuaikan..cuci tangan,kaki,muka..
    2. ambil 1 atau 2 mobil2an..soalnya dia kalau dikamar belum langsung tidur..paling g nunggu ngantuk.atau setelin upin ipin/robocar poli/chugginton
    3. kalau udah kriyip2 diajak baca doa sebelum tidur..sambil dikelonin dan dipuk2 dari belakang..


    dah gitu aja mb ritualnya..ga banyak..haha😁😁

    semoga menang giveawaynya..

    nama:intan oktavia
    ig:madre_nafta
    usia :3th
    nama :gibran daffa yudhistira
    domisili:magelang

    ReplyDelete
  70. Ritual sebelum bobo pertama kasih bobo si bungsu dulu asii, sambil elus punggungnya setelah itu ngurus kakak dan abangnya
    1.sikat gigi
    2. Baca buku cerita
    3.Selimutin anak
    4. Cium anak satu-satu dan bilang i love you
    5.baca doa sebelum bobo

    Anakku ada 3 vinka azzahra umur 7 tahun, firas asshidiq umur 5 tahun dan M. Gibran alfarizi 11,5 bulan
    ig @khairiahharie

    ReplyDelete
  71. Coba ikutan ya kali aja menang...

    aku punya dua anak, yg pertama cewe 22 bln yg kedua cowo 7bln, ritual tdrnya dua2 nya ga bs dipisahin, saling terkait...hahaha....

    Sblm tdr aq membiasakan anak2 ku ganti pampers n.baju juga...dibntu sama ayahna anak2 kadang aq yg gantiin kakaknya, ayahnya gantiin adeknya....tp begitu tet jam 19.30 (adeknya lbh teratur jam tdrnya) adeknya (namanya hannan) musti udah aku pegang, kelonin karna nenen. Nah kakaknya, auni sama ayahnya...

    Sama ayahnya sebenernya auni juga mulai diajak tdr, dibikinin susu, baca buku tp selalu berakhir bolak balik nyamperin adiknya yg lg nenen. Kadang ndempel2 ke mamanya, kadang tiba2 masuk kamar bawa mainan yg brisik, dikejar sama ayahnya tp udah kalah cepet..wkwkwk(smntra kamar buat ngelonin dipisah, kalo udah tdr semua baru diJadiin satu). Sering sih adiknya ngambek gara2 udah ngantuk, tp kakaknya brisik aja.

    Jam 20.00-21.00 hannan biasanya udah tdr nyenyak, gantian deh emaknya ngelonin kakaknya....karna udah minum susu sama ayahnya, jd tinggal.baca buku aja...tp dasar anaknya ga bs diem bgt, sering pas baca buku dia.udah mau kabur aja kluar kamar, dan ga hanya sekali kaya gt, berkali2, tp kalo samaga mamahnya mahmalah ga berhasil kluar kamar, selan karna pntu kmr aku kunci, juga tiap dia mau kluar pasti aq pura2 baca buku yg kenceng.tp bikin crita yg menarik, dan pasti iti berhasil..wkwkwk....

    Setelah dia capek akhirnya anteng dengerin critaku, doa sblm tdr, trus minta dielus2...digaruk2, dinyanyiin sholawat (ga pernah mau ganti yg lain, bs marah ga jd tdr kalo diganti) akhirnya tdr juga...biasanya sekitar jam 21.30 an..

    Eh disela2 giliran aku ngelonin kakaknya, adiknya tu sering bgn juga, tp ayahnya udah standby juga buat nimang2 lagi, kadang bs pe tdr lagi, kadang engga..nah kalo engga tdr lagi ni ntar emaknya musti langsung ngibrit nyamperin begitu kakaknya udah tdr....

    Beginilah ritual tdr tiap malem dua anak2 ku...hehe...seru2 asyik, dan capek...

    Kalo ritual emaknya cuma bs pegang hp kalo pas ngelonin adiknya, kalo sama kakaknya hpnya aq sembunyiin...hahah...

    Sekian, semoga menang..aamiin...

    Nama : sri rahayu
    Ig. : ayu_idwan
    Domisili : klaten
    Nama anak : auni (22bln) hannan (7bln)

    ReplyDelete
  72. ikutann mak ubiii..
    ritual nakhla sebelum bobo :
    1. ganti baju tidur
    2. masuk kamar sambil papanya ngedongeng (nakhla biasanya di dongengin papanya.. karna mamanya pegang adek nadhif)
    3. klo udh kriyep2.. baru baca surat2 pendek. kaya al fatihah, al ikhlas,an nas dan doa mau tidur. pokoknya di ulang2 terus sampe anaknya teparrr.. oh ya sambil di usap2 punggungnya 😆😆


    nama : Dwi Wahyuni
    IG : @dwidwahyuni
    domisili : Depok
    nama anak : Alifiandra Nakhla Arzachel
    usia : 3th 7bln

    ReplyDelete
  73. Huaaa..udah kelewatan. Gak papa deh komen aja.

    Itu Aiden default muka polosnya emang lucu banget ya. Pakai Tiger Pajamas juga makin lucu.

    Kebiasaan bareng anak sebelum tidur? Cerita-cerita. Hihihi..Rani anaknya doyan banget diajak cerita.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^