Monday, September 3, 2018

New Tattoo 2018!


NEW TATTOO YEAAAYYYYYYYY! Akhirnya nambah juga setelah tato terakhir tahun lalu.



Qu mau cerita ringan tentang tato yaaa. Artinya apa, bikin di mana, rasanya gimana, perawatannya seperti apa, dan menjawab pertanyaan tersering: sakit atau nggak sih?

Tato itu kan ibaratnya kayak ditusuk jarum kecil dan diurek-urek pakai jarum gitu kan. Jadi kalau bilang nggak sakit sama sekali ya dusta lah sudah. Sakit pasti ada, tapi sakitnya itu masih sangat bearable. Nggak sesakit kayak yang dibayangin. But this is pretty subjective, I guess.

Kayaknya kalian bayanginnya tuh sakitnya luar biasa heboh yah? Sebenernya nggak juga kok. Buktinya saya masih bisa sambil ngelive dan cerita dikit-dikit sambil tato kemaren, artinya ya masih bisa ditahan kan. Kalau sakitnya luar binasa, pasti saya nggak akan bisa sambil nyambi ngapain selain teriak-teriak.


Mungkin yaaaa, mungkin, ini kayak takut ngebayangin mau pap smear buat yang belum pernah. Buat first timer pap smear, sebelum tindakan dilakukan biasanya takut pol-pol an, tapi ternyata setelah kelar ya emang sakit sih lol, tapi ternyata nggak semengerikan bayangan kita. Gitu kali deh perumpamaan nya.

Dari proses tato itu, yang paling kerasa sakitnya adalah pas bikin lining atau garis. Setelah lining jadi, tinggal dicolor, udah less painful banget. Tapi abis kelar tato emang rasanya capek sih. Jadi yang kepengin rebahan dan merem. Ini terjadi juga di Adit kemaren.


Kemarin kan Adit duluan, baru terus saya. Begitu dia kelar, terus Adit makan, abis itu duduk nyender di sofa, eh bobok teler. Saya juga langsung ketiduran di mobil saat otw pulang. Capek aja rasanya, energi seolah terkuras, yang entah untuk apa.

Oke, moving on!

Tato di mana, sama siapa, bayarnya berapa?

Kami tato di @paintedsister - go check their Instagram yah. Lokasi di Kalideres, Jakarta Barat. Tattoo artist nya namanya Ci Amel. Profile nya ibu dengan 2 anak, basicnya dia pelukis, dan dia nggak punya tato apapun, lol.


Profile Ci Amel as the tattoo artist yang seperti ini mengenyahkan stereotipe tentang tattoo artist dan tempat tato sih. Biasanya kan tattoo artist itu punya tato juga, dia nggak. Biasanya tempat tato itu iringan musiknya yang jedag-jedug keras, di tempat Ci Amel nggak. Musiknya yang santai-santai easy listening kita bisa sing along gitu.

Kalau liat sekilas, nggak akan nyangka sih Ci Amel ini tattoo artist. Style nya ibu-ibu banget soalnya. Dia home studio juga, jadi kami emang tato ya di rumahnya, bukan di tattoo parlor. Kadang ada anak-anaknya ikut ngeliatin, kadang suaminya ikut ngobrol sama kami. Buat yang tidak suka anak kecil, mungkin akan ngerasa kurang nyaman at first. Tapi karena saya udah biasa sama anak kecil sih ya biasa aja. Dan, anak-anak Ci Amel ini liat ya liat doang loh. Bukan yang ngerusuhin terus Ci Amel jadi nenang-nenangin dulu gitu, nggak sama sekali. Mereka udah tahu mama nya lagi kerja. Jadi cuman sesekali liat, terus masuk lagi sama nanny atau suami nya.


Suami nya juga luv banget sih, namanya Koh Jimmy. To be honest ya, awalnya saya surprised lihat profile mereka. Soalnya saya baru kali ini nemu tattoo artist ibu-ibu Chinese yang sendirinya nggak punya tato. Suami nya juga nggak punya tato. Koh Jimmy support banget sih dan itu keliatan. Ramah banget sama klien Ci Amel. Sigap banget juga jagain anak-anak biar istrinya bisa fokus kerja. Malah kami dibikinin ice coffee segala sama Koh Jimmy, thanks Koh! Believe me, ice coffee nya enaaaakkk. Racik sendiri loh dia, bukan sobek bungkus kopi instan terus dicemplungin es batu.

(Ternyata mereka emang punya mimpi bikin tattoo parlor samping-sampingan sama coffee shop. Ci Amel hobi nato, Koh Jimmy hobi ngeracik kopi. Semoga terwujud!)

Nah price list nya nih. Kalo buat black grey, panjang X lebar X Rp 10.000, gengs. Kalo color, panjang X lebar X Rp 12.000. Masih friendly banget itungannya karena emang lagi promo. Minimalnya di Rp 600.000 yaaa. 


Moving on to the process!

First stepnya itu adalah kita cari gambar referensi terus ditunjukkin ke Ci Amel. Infoin aja, mau yang kaya referensi plek ketiplek, mau Ci Amel modif dikit, atau minta digambarin yang baru. Abis itu ya biasa lah ya, bikin appointment kapan mau tato nya. Begitu udah dapet tanggal, Ci Amel bakal infoin hal basic macam no alcohol intake deket-deket tanggal tato.


Jadi kalo mau tato, terus kita minum beer atau apapun yang mengandung alkohol gitu, gaboleh gengs. Soalnya ngaruh ke darah. Darah bisa jadi lebih encer. Tinta yang masuk bisa nggak maksimal.

Prosesnya awalnya, tata dulu mau ditaroh di bagian tubuh mana. Abis itu, desain gambarnya diblat (((DIBLAT))) ke desired area. Ini yang dipakai tattoo artist untuk patokan. Gambar blat-blat an ini kan gampang banget ilang yah. Kalau sama Ci Amel, nggak perlu khawatir. Ingat, basicnya emang pelukis. Jadi nggak worry dia bakal 'buyar' karena blat-blat nya udah ilang.


Setelah itu bikin lining. Nah ini yang namanya lining.


Setelah itu diwarnain.


Nah udah, tinggal diwrap. Ini biar nggak kena debu kotoran dulu karena ibaratnya kan ada titik-titik kulit yang kebuka. Setelah 2 jam udah bisa dilepas.


Setelah kelar tato, Ci Amel bakal infoin after care nya. Kayak jangan digosok sabun dulu, nanti ngeringinnya pakai tissue, dikasih salep 2x sehari tiap abis mandi, dan tunggu sampai ngelopek alami. Boleh mandi, boleh. Kena sabun juga boleh. Yang jangan itu kalau digosok. 

Kayaknya banyak yang ngira kalau tato itu ya langsung kelar begitu selesai proses tatonya. Not really sih. Nanti tinta-tinta nya tuh bakal ngelopek. Setelah selesai ngelopek semuanya, nah baru itulah the actual color. Dan kita nggak boleh iseng kelopek yaa, harus nunggu itu ngelopek dengan sendirinya.

THIS IS THE REAL CHALLENGE FOR ME!

I can bear the pain. Tapi saya tuh orangnya susah banget nahan ‘gatelnya’ untuk tidak ngelopek-ngelopek. Segala saya kelopek loh mulai dari kuku tangan, kuku kaki, kapal kaki. Like everything. Kalo Adit lagi ada kapal juga saya suka nggak tahan untuk nggak ngelopek. Punya orang aja saya kelopekin. Bayangin sesusah apa saya nahan gemes ingin ngelopek huhu.

Thanks Ci Amel, we're happy with the results!


Oke lalu arti tato.

Ini punya Adit. Karakternya terinspirasi dari header blog saya, karya Nahla. Terus dimodif dikit-dikit sama Ci Amel.


Obvious dan harfiah banget lah artinya apa ya. Ini kan bentuk keluarga kami. Muka Adit, saya, Ubii, dan Aiden. Yang saya nggak tahu adalah arti pot kembangnya apa deh??? Kata Adit, suka aja. Ok baiqlah. 

Nanti kalo nambah anak lagi gimana dong?

Obisa, don’t worry. Itu di atas muka Aiden kan udah disisain space. BARANGKALI akan nambah anak sebiji lagi, masih cukup kok ditaroh di space yang udah disediakan.

Baca: Silly Convo #7 ― Cari Nama Bayi Perempuan

Nah ini punya saya.


Punya saya emang harus dijelaskan karena artinya nggak sekentara punya Adit yah.

Ada 4 bentuk: unicorn, pelangi, pita Sailor Moon, dan ikan mas koki.

Unicorn 💖

I’ve always luved unicorn. First karena LUCU BANGET YA GAK. But then, unicorn for me is a magical creature with philosophical meaning. Mengandung makna open mind terhadap semua possibilities. Unicorn is also believed to bring the gift of smart pursuit of dreams.

Pelangi 🌈

Ini temennya unicorn sih. Biasanya unicorn itu deketan sama pelangi kan. Hahah #receh. Oke serius nya. Buat saya, pelangi itu janji-Nya. Tuhan janjikan selalu ada pelangi (hikmah) setelah hujan badai (ujian hidup). Itu yang saya pegang untuk menguatkan diri sendiri ketika saya down banget dan ngerasa kok hidup saya isinya ujian terus.

Baca: Everybody Has Their Own Battle

Ada satu lagu gereja yang liriknya mengenai hal ini:

Apa yang kau alami kini
Mungkin tak dapat engkau mengerti
Satu hal, tanamkan di hati
Indah semua yang Tuhan beri

Tuhanmu tak akan memberi
Ular beracun pada yang minta roti
Cobaan yang engkau alami
Tak melebihi kekuatanmu

Tangan Tuhan sedang merenda
Suatu karya yang agung mulia
Saatnya kan tiba nanti
Kau lihat pelangi kasih-Nya

Wuih tumben ya Gesi, hahahahaha. 


Pita Sailor Moon 🎀

Yang udah lumayan lama baca-baca cerita Gesi, mungkin udah tahu kalau saya tumbuh dengan Mama yang keras. Kalau belum tahu, bisa baca dulu di sini:


Sosok Mama yang sekeras itu sangat memengaruhi karakter dan self-acceptance saya. Dulu jaman bocah, sering banget saya kesel sama Mama dan membatin, “Gini doang aja kok marahnya sampai kebangetan sih?!?!?!?” saat saya nggak bisa-bisa pas diajarin pembagian bersusun, lupa matiin lampu kamar mandi, atau lupa buang bungkus apaan, dan hal-hal remeh lainnya. 

I grew up as a teenager feeling unloved. Dan itu impact nya ke mana-mana banget. Jadi sering kabur dari rumah lah (huhuhu), ngelawan dan ngebantah Mama balik lah, dan ya banyak deh. Sedih kalau diingat.

Sailor Moon ribbon ini simbol aja bahwa  sesering apa pun saya ngerasa nggak layak digalakin sedemikian rupa di masa kecil di mana saya belum bisa bantah lawan balik, tetap ADA DAN PASTI ADA banget momen-momen masa kecil yang bahagia. That should become a reminder which I’ll hold in my heart.

Baca: Some Childhood Memories


Ikan mas koki 🐠

This one is still related to my mom. Growing up as a rebel and now being a mom, I put more effort to move on, to understand, and to forgive. I finally arrived in one conclusion: Mom loves me. She just didn’t really know how to convey it. Not everyone is able to express feelings. There are some people who find it really difficult to say “I love you” thru words and sweet things, and my mom absolutely belongs to that kind of people.

Baca: Merayakan Hari Jadi, Alay Biarin

It’s not like she’s mean in purpose. She always provided what I needed. Even when I wanted to attend an expensive high school. She did try what’s necessary not only in terms of money. I clearly remember how much she was involved in my Art class in elementary.

Dulu di SD saya, ada mata pelajaran Kertangkes (Kerajinan Tangan & Kesenian). Tugasnya macem-macem, disuruh bebikinan dari wadah air mineral bekas, sabun, stik es krim, and so on. Maaf nih sombong, saya selalu dapet nilai bagus. Bikinan saya selalu (dianggap) kreatif dan beda. 

Misal, wadah air mineral bekas. Temen-temen saya mostly bikin yang predictable, wadah pensil. Jadi gelas atau botol air mineral dipotong dan dihias. End. Not me. Saya bikin semacam lampion. Bisa digantung dan menjurai-jurai. Dalemnya dikasih tali senar, 4 biji kali ya yang menjuntai lalu ditempelin hiasan burung kecil. Seniat itu.


Nempel tali senarnya dengan diiket-diket gitu, gelas aqua nya dibolongin dulu pakai solder. Mama sudah akan nyolderin dari rumah. Jadi di sekolah saya tinggal menghias. Semua bahan dipikirin dan disiapin sama Mama. Terus H-1, Mama akan ngajarin dulu gimana cara bikinnya supaya bagus.

Another example, prakarya dari sabun. Most temen sekelas saya bikin yang gampang dan ketebak banget: asbak. Sabun tinggal dikerok di bagian tengah supaya cekung, terus dibikin lengkungan di pinggir-pinggir nya biar menyerupai asbak. Udah pada gitu doang kebanyakan. I was more than just asbak. Saya bikin ikan. Dari sabun GIV, inget banget.

Baca: DIY Ikan-Ikanan

Sabun GIV kan nggak kotak gitu, tapi rada oval. Saya potong sedikit di satu ujung biar menyerupai ekor ikan, bikin gurat-gurat seolah sisik, terus pakai mata-mataan biar beneran kayak ikan. Dari rumah, Mama sudah akan kasih tanda di mana saya harus potong biar rapih dan simetris ekornya. 

Itu lah Mama. Galak, (terkesan) sadis, kalau ngomong nyelekit, tapi deep down dia sayang sama saya, cuman emang nggak bisa ngungkapin aja. Makin ke sini, saya mikir. Bagus juga punya Mama sekeras itu. Saya jadi tough, nggak gampang ambruk kena cobaan. I am where I am today, masih bisa ngakak bodor walau secapek ini punya anak berkebutuhan khusus, mungkin ketangguhan nya sudah dibentuk oleh Mama dari kecil.


Baca: Ikhlas Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

(Maka ini salah satu contoh ‘pelangi’ dari ‘badai’ punya Mama sadis, lol).

For me, every tattoo in my body has its own meaning related to something or someone precious. I have a tatttoo saying “Daddy’s girl” in Greek on my back. I have “I will fight her fight” on my left wrist, dedicated to Ubii. 
When I first intended to make a tattoo to remember my mom by, I thought so hard. What’s the one thing that reminds me of a happy memory with my mom. 

Then, I knew. It should be gold fish. Back then, she used to like keeping gold fish in aquarium. I have a mental picture when she cleaned up the tank and I was surprised to see the goldfish’s eek. Fish, as I stated above, is also the shape of my soap in art class which pointed out her effort in helping me with my school.

So, fish it is.


As for today, I’m grateful for how I and mom have managed to get along. Back then, it was very difficult when I was asked to mention one good thing about her. Now, I can really make a list of that. We can talk more, so much more compared to us in the past. And now, I can ask for a kiss everytime I meet her without feeling awkward or embarassed. 


WAH GILS, mau 2000 kata ternyata hahaha. Sebelum diakhiri, pesan layanan masyarakat dulu ya, karena belakangan ini pembaca blog dan Instagram saya ada yang anak-anak SMA dan manggil saya dengan sebutan TANTE 😅

Pesan layanan masyarakat

1) If you're still in high school, I suggest you to NOT get any tattoos. Menurut UU Perlindungan Anak, sampai usia 18 tahun itu masih dimaksud Anak. Artinya (menurut Tante Gesi) jelas ya, keputusan yang serius masih sangat perlu persetujuan orangtua. Meski, I know, mungkin kalian ngerasa udah tahu apa yang kalian mau, but still, wait.

2) Usia SMA, kalau sudah pacaran ya, adalah masa-masa dunia hanya milik berdua. Akan qulakukan apa pun untuk menunjukkan cintaqu padanya. Plis jangan bikin tato permanen wajah pacar kamu.

3) Pengin bikin tato apa pun, yang temporary dulu aja ya adik-adik. Tante Gesi juga SMA belum berani tatoan kok, walau temen-temen ada yang tatoan pas SMA, but I didn't, padahal Tante Gesi anak gaul pada jaman nya.

4) KADANG selepas masa SMA, sudah kuliah, dan sudah punya kerjaan sambilan jadi punya duit jajan sendiri, kita merasa jumawa. "Nih aqu udah bisa beli-beli pakai duit sendiri, aqu sudah dewasa, aqu sudah boleh bikin keputusan sendiri, termasuk untuk tato."

Boleh kalau ngerasa kayak gitu, I wouldn't judge because I've been there. I made my very first tattoo when I was in college.

But, a friendly reminder, bikin yang kecil atau di tempat tertutup dulu aja ya. Jangan first tattoo langsung segede gaban di leher, misalnya. Pertimbangan nya terkait pekerjaan. Kalau kamu bercita-cita jadi PNS, misal, takutnya susah kalau punya tato yang visible. Pikirin sampai ke sana juga ya..

Baca: Diari Papi Ubii #12 ― Tentang Cita-Cita

Baca: Diari Papi Ubii #5 ― Sistem Pendidikan Ideal Itu ...

Dulu tato pertama saya di pergelangan tangan kiri, kecil doang, yang kalau saya pakai jam tangan mah juga ketutupan. Bener-bener nggak obvious deh pokoknya. Tato kedua dan ketiga, semasa kuliah juga, tapi di area tertutup: pundak dan punggung.

Remember, permanent tattoo is forever. So think before you actually do yah. Because, like it or not, tidak semua kantor / perusahaan di Indonesia menilai karyawan murni dari kinerja. Masih banyak banget yang menilai berdasarkan penampilan. Nggak peduli kamu kerja sebagus apa, kamu keliatan 'begundalan' karena punya tato, ya bisa jadi ditandain sama bos. Tidak semua memang, tapi masih banyak yang kaya gitu. Soalnya tato juga masih sering dikaitkan dengan hal-hal negatif, sadly.

Baca: Parents With Tattoos Can Be Great Parents Too


Sekian iklan layanan masyakarat dari Tante Geci



Yaaa, jadi itulah arti tato-tato baru kuh. Tercoret deh satu bucket list saya sebelum berusia 30, yey! Ada 9 target dan baru kecoret 2 astaga huhu.

Baca: Before Turning 30

“Terus, tato buat Adit dan Aiden mana dong?”

Nanti ah satu-satu. Yang buat Adit, kami mau bikin tato couple kok. 

Coba tebak karakter couple nya apa HAHAHAHAHAHA. Kalau tato tentang Aiden, kegampangan, kalian pasti bisa nebak. Saya hampir yakin nggak akan ada yang bisa nebak tato kopel saya dan Adit deh.

Go guess!



Loph,







10 comments:

  1. Buat Aiden pasti policii yaaa mbak ? Hahaha

    ReplyDelete
  2. Tattonya lucu but so meaningful ��

    ReplyDelete
  3. seneng dan terharu bacanya, apalagi bagian Mamanya Mami Ubii..

    ReplyDelete
  4. Aku kok salfok ama diblat hahaah . Diblat bahasa indo apa jowo ges . Cimol pasti polisi. Apa humpty dumpty ? Apa humpty dumpty sit on police car ?

    ReplyDelete
  5. Dan saya nangis waktu baca tentang mama mb gesi
    I was there too dan saya sudah berdamai dgn masa lalu
    Now, I just missed mama in heaven 😢

    ReplyDelete
  6. Romantis! Aku nonton pas livenya mbak. Hohoho.

    Oya bagian ttg mama tadi itu bikin aku nostalgia juga. Makasih cerita arti tatonya ❤️

    ReplyDelete
  7. Aku bukan penggemar tatto, tapi kalo denger atau baca tentang cerita di balik tatto milik seseorang selalu menarik. Sentimentil banget, ya. Sukaaa banget sama tatto baru kalian <3

    ReplyDelete
  8. Lucu tattonya :) aku pingin nato cm masih maju mundur hehehe.

    ReplyDelete
  9. Ya ampun tattonya Adit lucu banget. Thanks sharingnya, jadi tahu bagaimana prosesnya bikin tatto. Saya suka aja lihat gambar di badan orang. Kaya suku asmat atau motif cantik yang suka ditangan orang india. Cuma kalau untuk permanen kok kayanya serem. Khawatir bosenan dan pengen ganti gambar lain.

    ReplyDelete
  10. I read a article under the same title some time ago, but this articles quality is much, much better. How you do this.. collaboration app

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^