Saturday, January 6, 2018

Just A Random Saturday Post


I think makin ke sini, orang makin lucu. Kayaknya nggak terganggu kalau liat orang lain kesusahan. Seolah kesusahan atau masalah orang lain itu malah jadi penghiburan buat kita. Biar kita nggak ngerasa beban hidup kita yang paling berat. Miris lagi kalau malah buat lucu-lucuan.


Saya pengin marah banget waktu nonton video amatir cowok yang berusaha bunuh diri dengan tiduran di jalan raya biar ketabrak. Di Jakarta deh kayaknya, tahun lalu. 

Pengguna jalan yang lain malah banyak yang ngevideoin dia sambil ngenyek dan maki-maki. Banyak juga yang ngetawain. Kok nggak keliatan ada yang berusaha mendekati sambil ngomong yang baik. Oke, mungkin ada, tapi tidak terekam ya. Khusnudzon deh.

Tapi, poinnya adalah, kenapa di saat lihat orang lain mau mengakhiri hidup, kita bisa-bisanya ngetawain, ngenyek, dan memaki?

Baca: Depression Is Not A F*cking Joke

"Yaelah, bikin jalanan macet tau ga!"
"Mas, kalo mo mati jangan di sini, Mas!"
"Mas, tar kalo tamat di sini, kita yang repot, Mas."
"Di rel kereta noh, Mas, jangan di sini."


Kita selucu itu, ya.

Siapa pun yang berusaha bunuh diri, pasti karena udah capek menghadapi masalah, capek melawan depresi, capek ngerasa sendirian. Jelas bukan untuk lucu-lucuan, apalagi divideokan dan diviralkan.

Baca: Memanusiakan Manusia

Nggak kebayang loh, kalau cowok itu liat videonya, baca komen-komennya yang banyak julid, what would he feel? Tanpa lihat dirinya dipermalukan aja, dia ingin mengakhiri hidup. Dengan tahu dia dijadiin bahan nyek-nyekan di medsos, bisa banget kan kalau jadi makin ngerasa nggak berharga.

Then yang belakangan ini lagi heboh adalah Logan Paul. Youtuber kondang yang jalan-jalan ke Aokigahara Forest yang sering dijadikan lokasi untuk bunuh diri, dan menemukan dead body lalu divlog dan diupload ke YouTube.

Udah minta maaf, ngerti.

Tapi yang udah kadung nonton videonya berapa banyak? Subscriber channelnya aja 15 juta loh. Dan banyak banget yang masih anak-anak. Mana dead bodynya nggak entirely diblur. 


Lesson learned nya rada nambah kalau tentang Logan Paul ini. 

Selain jangan bikin kesusahan atau masalah orang jadi bahan hiburan (or malah fame kita) dengan divideoin, diketawain, dan diupload, let's be careful as content creators.

Baca: How To Inspire Others Thru Digital Content

Apalagi kalau punya subs or followers banyak. Iya sih, viral, fame, duit itu menggoda. Tapi ga begini juga caranya.

Jadi somebody yang punya followers itu ada tanggung jawabnya. Nggak bisa kita maunya enak doang, dapet endorse-an, dapet duit, dapet fame, etc tapi nggak mau mikir timbal baliknya ke masyarakat, atau minimal followers kita.

Ada yang namanya beban moral untuk kasih contoh atau sharing yang baik. Bukan berarti harus upload yang baik-baik doang, karena hidup content creators juga nggak mungkin selalu perfect. Tapi paling nggak, kita bisa pilah mana yang layak diupload dan nggak. Extra consideration apalagi kalau banyak followers kita yang masih anak-anak atau remaja.

Upload kesusahan orang, apalagi yang suicide jelas nay banget lah plis.


Cerita masalah diri sendiri, oke. Tapi better kalau itu udah terlewati. Biar yang baca/liat bisa tahu juga gimana kita deal with the problem. Ada sharing tentang solusi, effort, dan hikmah yang bisa dipetik. But ofc ya tetep ada filter. Nggak perlu semua detil dijembreng juga. Nggak semuanya perlu diketahui orang.

Anyway, beberapa waktu lalu sempet santer gerakan namanya Celup. Intinya ngajak bikin kapok pasangan yang pacaran di tempat umum dengan cara FOTO/VIDEO, lalu UPLOAD ke internet. Wah gila, apa-apaan.

Dulu di pelajaran Pendidikan Kewarganeraan, kita nggak pernah kan diajarin untuk mempermalukan orang yang melanggar peraturan atau norma sosial. Kita diajari untuk berani menegur. Itu yang harusnya kita lakukan: TEGUR. 


I get it, nggak semua orang berani untuk menegur. Nggak semua orang mau repot untuk berurusan sama hal-hal kayak gitu. But still itu bukan justifikasi kita lantas boleh mempermalukan mereka lah.

Baca: Agama, Kebaikan, dan Dunia

Terus saya mikir, nanti harus ngajarin ke Aiden biar dia berani punya dan mengemukakan pendapat pokoknya!

Sabtu-Sabtu so random, dan nggak ngerti mau kasih judul apa hahaha.

Have a nice weekend yaaa!



Love,








14 comments:

  1. Beda topik sih Mbak, tapi soal tegur menegur. Aku beberapa kali dapat pelayanan yang nggak baik dari pelayan toko di sekitarku sini. Awalnya aku diem, mbak, terus tak tulis di blog. Banyak yg komen tapi mana ada perubahan sama pelayan tadi. Akhirnya pas ke sana lagi, meskipun terpaksa, eh aku dapat perlakuan yg nggak bagus lagi, aku beraniin negur. Alhamdulillah sejak aku tegur itu dia malah ramah sama aku, kalo ngelayanin nggak kasar. Kita emang berani negur. Nggak hanya main omong di belakang aja.

    ReplyDelete
  2. aiiih setuju banget mba gesi, sama halnya dengan video viral lain abk yang dibully, pertengkaran junior dan senior, direkam dan diupload. Jadi PR kita sebagai orang tua mendidik anak untuk peka terhadap sekitar bukan cuma sekedar tenar di internet.

    ReplyDelete
  3. Sekarang ini zaman emang pada gak bener ya, Mbak. Padahal kan cowok itu lagi butuh support dan dukungan. Mungkin saja dia lagi banyak masalah dan belum ada jalan keluar. Kalau dijudge dan bully kayak gitu, bisa-bisa tambah depresi :( Duh, saya miris banget dengan cyber bullyng di zaman sekarang :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kudu hati-hati banget pake sosmed sekarang. Kalo bisa jangan sampe buat nyakitin orang lain.

      Delete
  4. gantung banget hari ini tulisannya mbak ges
    gak goal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeett! Ahahaha. Soalnya random banget emang ini, pagi-pagi nulisnya sebelum anter Ubii terapi.

      Delete
  5. Good share.
    Dengan maraknya sosmed, banyak yang kebablasan dalam memposting sesuatu. Hal yang seharusnya mengundang simoati atau empati malah dijadikan bahan lelucon yang gak penting.
    Semoga semua orang bisa segera sadar...

    ReplyDelete
  6. Kalau bukan orang Jawa, sepertinya nggak tau apa itu istilah "nyek-nyekan". Haha

    Bener mbak, sekarang mah makin banyak orang-orang yang merasa up to date dengan gadget, malah banyak yang menyalahgunakan buat hal-hal macam ini. Yah, buat si perekam mungkin nggak terlalu punya efek yang "euh"...tapi ketika kejadian kurang baik tersebut viral dan si korban tau masalah ini. Wah siap-siap lah kita bakal dilabeli jelek sama netizen

    ReplyDelete
  7. Salam kenal mbak. Biasanya silent reader tapi akhirnya mau komen juga, soalnya kok ya ngerasa bener banget sama postingan ini. Ngalamin agak mirip-mirip soalnya
    Kejadian nih di sekitar saya, nggak sampai viral masuk instagram atau youtube sih, cuma sejak era grup di wasap nih di sekitar saya (nggak cuma 1 atau 2 orang) banyak yang hobi foto-foto terus di-share di grup. Nah masalahnya, foto yang di share itu ya foto temen-temennya sendiri yang misalnya lagi dalam kondisi nggak siap foto (misal lagi tidur, posisi duduk lagi aneh, dsb). Foto2 itu dishare di grup ya cuma buat lucu2an dan nyek-nyekan. Foto yang sama bisa di-share berulang kali. Mana kok ya saya gabung di grup itu. Mau keluar jg nggak bisa soalnya satu bagian di kantor. Anehnya, malah sepertinya cuma saya sendiri yang ngrasa nggak nyaman. Karena menurut saya, kok nggak lucu sama sekali. Mungkin buat si penjepret dan pengeshare lucu, tapi kalau menurut saya nggak sopan sama sekali. Jadinya sekarang harus hati2 dan jaga sikap. Soalnya kalau kelihatan aneh dikit, bisa2 di jepret terus dijadiin bahan lelucon di grup itu.

    ReplyDelete
  8. kak gesii!! ini bagus banget!

    walau gimanapun kita kudu memanusiakan manusia dan gaasal judge ya. Dan orang yg lagi kesusahan bukan buat diviralkan.

    keep writing kak gesyiii


    Cerita masalah diri sendiri, oke. Tapi better kalau itu udah terlewati. Biar yang baca/liat bisa tahu juga gimana kita deal with the problem. Ada sharing tentang solusi, effort, dan hikmah yang bisa dipetik. But ofc ya tetep ada filter. Nggak perlu semua detil dijembreng juga. Nggak semuanya perlu diketahui orang.

    paragraf di atas ku paling suka!

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^