Monday, January 22, 2018

Sentuhan Ibu, Sesekali Special Needs Moms Juga Berhak Dimanjakan

Desember tahun lalu, saya dihubungin sama Mommies Daily. Mereka nawarin saya jadi salah satu narasumber event bertajuk Sentuhan Ibu yang merupakan realisasi CSR nya Nivea. Mereka nanya saya interested nggak involved di event kaya gini.


Nggak perlu pikir panjang, ya saya interested banget lah. Mau jembreng cerita dan foto-fotonya di sini yaaa.

First, kenapa saya interested banget. Pengin cerita deh tentang ini.

Somehow, saya ngerasa connected sama Mommies Daily. Flashback. Dulu banget saat saya belum bangkit-bangkit amat, masih bingung gimana ngasuh Ubii yang punya kebutuhan khusus, dan belum punya temen sesama special needs parents, saya channel stress saya dengan menulis.

Well, sampai sekarang sih masih nulis ya. 


The difference is, dulu itu saya masih malas-malasan nulis di blog sendiri. Dulu, blog ini kan sempet mati suri lama banget. Isinya cuman curhatan-curhatan putus cinta semasa kuliah. Males aja rasanya cerita tentang Ubii di blog alay.

Dulu blog Diari Mami Ubii ini juga namanya masih ribet: gimmegaiety. Err.

Jadi, dulu saya nulis cerita lengkap tentang Ubii yang lahir dengan Congenital Rubella Syndrome perdana itu di website Mommies Daily. Tanggal 10 Desember 2012, tulisan saya dipublish di sana. Itu Ubii umurnya hampir 7 bulan.


Mommies Daily kan emang portal parenting online gitu yah. Yang baca ibu-ibu dan calon ibu. Langsung buanyak banget yang baca tulisan saya itu. Saya aja sampai kaget ternyata kok responsenya luar biasa. Banyak mommies yang kemudian mengirim kata-kata penyemangat dan doa-doa. 

Mungkin itu pertama kalinya saya jadi ngerasa ternyata punya anak berkebutuhan khusus itu tidak melulu jadi bahan ejekan. Mungkin itu kali pertama saya ngerasa dikuatkan lewat dunia maya oleh orang-orang yang nggak saya kenal.

Long story short, ternyata tulisan saya di Mommies Daily itu menemukan jalannya sampai dibaca oleh produser acara Kick Andy. Nggak ujug-ujug juga itu terjadi. Saya dikontak tim Kick Andy pada Agustus 2013, yang awalnya saya takut jangan-jangan itu penipuan. Hahaha. Soalnya itu perdana banget dikontak sama media.


13 September 2013, episode yang ada Ubii ditayangin. Abis itu jadi ada orangtua-orangtua yang juga punya anak Congenital Rubella Syndrome nemuin sosmed saya dan jadi temenan. The numbers just kept growing.

2 Oktober 2013, saya bikin Rumah Ramah Rubella bersama dua teman.

Dari nulis di Mommies Daily, jadi bisa ke Kick Andy, lalu jadi ditemukan sama parents lain yang anaknya kayak Ubii, dan akhirnya bikin supporting group. That's why saya ngerasa Mommies Daily punya peran di hidup saya. 

*lalu melow abis nostalgia* 


Saya mau banget didapuk jadi salah satu narasumber karena ya saya appreciate banget event-event yang merangkul dan memfasilitasi orangtua dengan anak berkebutuhan khusus. Kalau yang ngadain event macam ini tuh rumah sakit, komunitas parenting, klinik terapi, fakultas kedokteran, udah biasa banget, karena udah sering kan.

But, event macam ini yang diselenggarakan oleh sebuah brand besar? Wow. I'm so touched!

Nivea bikin campaign Sentuhan Ibu ini nggak hanya dituangkan dalam event talkshow begini loh. Mereka juga meluncurkan buku Sentuhan Ibu, dan beberapa video campaign yang menyentuh banget. I guess I'm happy and thankful I can be a part of this.

And here's some photos of the event kemarin Minggu, 21 Januari 2018.

Disambut dengan dekorasi serba biru dan banyak produk Nivea bertebaran di mana-mana.


Meja peserta pun dihias cantik.


Ada playground dengan mainan yang lengkap buat yang bawa anak-anak.


They also got spot untuk foto kaya gini.


So pretty!

Personally, saya seneng banget bisa ngajak temen-temen saya para special needs moms ke event kaya gini (soalnya saya dikasih jatah boleh ngajak sekian teman dari Rumah Ramah Rubella). Kalau saya sendiri, udah sering dateng ke event dengan dekorasi cantik begini. Event-event blogger atau product launching dari brands yang saya liput sering didekor begini.

Baca: Blogger Bawa Anak Ke Event, Yay Or Nay?

Tapi, temen-temen para ibu dengan anak berkebutuhan khusus di Jogja? 

Baru kali ini mereka difasilitasi ngumpul bareng di event dengan dekor secantik ini.

Biasanya, kami-kami special needs parents di Jogja itu dateng ke event macam seminar atau workshop yang kesannya serius. Seminar TORCH, workshop terapi yang bisa dilakukan orangtua di rumah, seminar cerebral palsy, dan semacamnya. Kami dateng ke event-event serius kayak gitu dengan feel mau cari ilmu untuk anak-anak spesial kami.

Event Sentuhan Ibu ini beda. 

It's like they attended the event for having fun. Untuk diri mereka sendiri. Mereka disambut dengan dekor yang indah, dikasih goodiebag berisi produk-produk Nivea yang bisa dipakai sendiri, buku, dan syal cantik, ditraktir makan, dan at the end tetep ada ilmu yang bisa mereka dapat dari Mba Anggi, Psikolog anak dari Kemuning Kembar.


Bukan berarti goalnya adalah traktiran dan barang. Nggak sama sekali. It's just, finally, mereka datang ke sebuah event di mana mereka bisa ngerasa dimanjakan. 

THEY DESERVE IT.


Temen-temen saya yang punya anak difabel itu mostly waktunya terpakai untuk ngurusin dan ngelatih anak mereka. Waktu untuk hang out sungguh terbatas. Saat akhirnya keluar ikut acara, itu pun feelnya serius dan berat. Sekali-kali dateng ke event kayak gini, mereka jadi ngerasa, "Oh, aku juga boleh kok seneng-seneng."

Baca: When Being A Mother Isn't Enough

Kelar acara, saya sempet ngobrol sama beberapa peserta. Ada yang emang saya udah kenal karena member Rumah Ramah Rubella, ada yang baru kenal on the spot. Semuanya bilang seneng. Penyegaran banget dateng ke event yang warm dan light kaya gini.


So, I guess, thanks Mommies Daily and Nivea.

Event terakhir Ibu Adis, see you next time!

Semoga nggak berhenti sampai di Jakarta, Bandung, dan Jogja aja event Sentuhan Ibu ini ya. Semoga bisa ke kota-kota lain juga biar para special needs moms di kota lain juga berkesempatan ngerasain segernya event begini.

Dan, saya berharap banget nget nget, ke depannya brand-brand lain juga merangkul keluarga dengan anak berkebutuhan khusus dalam program CSR mereka dengan events yang educating but warm seperti ini.

ADA AMIN?



Love,







14 comments:

  1. sangat mengapresiasi untuk perusahaan yang punya program CSR seperti ini

    ReplyDelete
  2. Keren ya acaranya... :) maaf ges, sy suka salfok sama kamu. Kenapa kamu tetep imut nan ABG padahal anak sudah dua huhihu :D sukses terus ya mami ubiiiiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaa. Asiikk. Aminnn. Makasi yaaa :)

      Delete
  3. Keren acaranya ya, semoga makin banyak acara begini. Ortu jadi makin namabah ilmu dan sahabat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn, semoga makin banyak ya, Mak Naqi

      Delete
  4. Aamiinn, Ges.Ih udah lama ya ga ketemu kamu. Kok ku ga mudeng ada acara Sentuhan Ibu di Bandung,ya? Hihihi...kudet amat ih. Salam sayang buat Ubi, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Bandung udah Desember tahun lalu kayaknya, Mak Efi. Iya nih kita udah lama banget nggak ketemu yaa. Terakhir ketemu 2015 kayaknya, cmiiw.

      Delete
  5. Yeessss setuju dengan hal.ini mbak...sesekali kita yg mempunyai putri Istimewa juga butuh hak.seperti ini...supaya tetap seimbang.

    ReplyDelete
  6. Aaaaaa mamai Ubii kamu keren sekali
    Terus berbagi dan menginspirasi ya

    ReplyDelete
  7. Semoga aja nanti diadain juga di Makassar..

    ReplyDelete
  8. Kamu inspiratif sekali Gesi. Love banget. Eventnya kece ❤️

    ReplyDelete
  9. Aamiin. Senengnya ibu2 dimanjakan di event kyk gini. Moga2 acaranya bisa bikin ibu2 ini lbh semangat lagi mengasuh dan merawat buah hati mereka :D

    ReplyDelete
  10. Even yang menarik dan bermanfaat buat para ibu, all moms deserve "me time" :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^