Monday, December 19, 2016

DIY Christmas Decoration


DIY Christmas Decoration. It's almost Christmas already. Saya selalu suka bulan Desember karena ini adalah bulan kelahiran saya. Plis, siapin kado untuk 29 Desember, plis! Alasan lain adalah karena ini bulan Natal. Aura Natal selalu membawa atmosfer yang hangat buat saya.


Dulu, saya suka bikin-bikin craft untuk menyambut Natal. Terakhir bikin adalah tahun 2013. Udah lama banget yak! Belakangan ini, saya kangen banget bikin-bikin craft. Berhubung momen nya mendekati Natal, yaudah bikin hiasan Natal aja gimana.

Baca: DIY Christmas Stick Decoration

Berhubung saya udah banyak mati ide mau bikin apa, plus nggak punya waktu luang sebanyak dulu, jadi saya bikin yang gampil-gampil aja. Saya bikin ribbon wreath lagi kayak dulu di tahun 2014.

Ribbon wreath yang saya bikin teramat niat saat itu tema nya pinky-pinky karena pengin saya jadiin hiasan kamar bermain Ubii. Saat itu kan belum kepikiran mau kasih adek dalam waktu dekat. And also because I love pink!


Nah kali ini, saya pilih warna yang bertema Natal untuk pita-pita nya. Saya pakai warna merah dan hijau.

Bahan-bahan dan peralatannya masih gampil seperti dulu:


  • Pita warna merah dan hijau.
  • Ring sulam. Saya ambil bagian dalamnya aja, yang lingkaran mulus. Bagian luarnya nggak kepakai.
  • Koran bekas.
  • Gunting.
  • Penggaris/meteran.
  • Selotip.

Langkah-langkah:
  1. Lapisi ring sulam dengan koran bekas. 
  2. Atur ketebalannya sesuai yang diinginkan ya.
  3. Selotip sampai rekat dan padat. 
  4. Gunting pita. Punya saya, panjang pita masing-masing saya bikin 30 cm. 
  5. Saya lebih suka gunting banyak dulu, baru lanjut ke step selanjutnya.
  6. Setelah banyak guntingan pita, mulai ikat-ikat di ring sulam. 
  7. Ulangi ikatan satu kali lagi. 
  8. Ikat pita lain sampai seluruh permukaan ring sulam tertutup pita.
  9. Voila! There you got your very own Christmas wreath!

Untuk mengikat pita ke ring sulam, atur jaraknya ya. Jangan kejauhan, nanti jelek dan kelihatan bagian koran nya. Jadi satu pita menumpuk pita sebelumnya.

Bikin kaya gini sebenernya bisa cepet karena steps nya gampil. Tapi saya bikin nya colong-colong waktu sambil nemenin Ubii dan Aiden main. Kalau mereka udah bobo, saya lebih pilih ngeblog atau nonton film buat me time. Jadi yah ... nggak kelar-kelar. LOL.


Sebenarnya, banyak juga toko yang jual hiasan Natal. Malah ada model wreath dari kertas yang jatuhnya lebih murah daripada bikin ginian. Tapi kalau emang dasarnya suka bikin craft, apalagi kalau gampil begini, pasti kepengin bikin sendiri aja. Sekalian sarana me time sih.


Berikut budget yang saya keluarkan:
  • Pita merah roll - Rp 27.000,-
  • Pita hijau roll - Rp 27.000,-
  • Ring sulam - Rp 9.000,-

Total: Rp 63.000,-

Untuk koran bekas, meteran, gunting, dan selotip, emang udah ada di rumah. Jadi nggak perlu beli.

Selanjutnya, tinggal digantung aja di pintu atau di dinding, or anywhere you want to. Yeay. Rumah saya jadi terlihat 'siap' menyambut Natal. Hehehe.

Untuk teman-teman yang nggak merayakan Natal, bisa bikin ribbon wreath dengan warna lain. Untuk hiasan pintu kamar misalnya, or anything.

Ada yang mau cobain bikin juga? Colek-colek saya ya kalau udah jadi.

Muah muah!



Love,



8 comments:

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^