Friday, June 20, 2014

DIY Tutorial Membuat Ribbon Wreath


Hi there. Saya lagi seneng karena craft saya yang kali ini adalah ribbon wreath baru jadi. Huehehehehe. Ini craft udah lama banget dimulai. Sebenernya nggak butuh waktu lama kok. Tapi dasarnya saya aja yang banyak alasan kegiatan, jadi tertunda terus. Ribbon wreath ini berhasil kelar waktu saya menunggui Ubii anak saya yang saat itu sedang diopname. Yang bikin saya tambah seneng lagi adalah ada beberapa teman yang bilang kalau ribbon wreath bikinan saya cukup kece. Semoga mereka bilang gitu jujur yah, karena saya udah keburu terbang. Hihihi.

Sebenarnya ide ribbon wreath ini sama sekali nggak original *nunduk*. Saya dapet ide buat bikin ribbon wreath ini boleh googling dan ngubek di Pinterest. Googling aja, pasti banyak banget gambar wreath beraneka warna, bahan, dan cara membuat yang bakal nongol. Tapi saya tetep pengen bikin tutorialnya ah. Hehehe. Barangkali ada temans yang pengen bikin juga tapi males baca tutorial dalam Bahasa Inggris. Tutorial ini juga request dari teman blogger saya, si Guru Kecil Kartini Muda alias neng Cheila. :))

So let's begin, folks!


Pertama, apa saja yang harus disiapkan? Ini dia, eng ing eng! Berhubung namanya saja ribbon wreath, jadi siapkan dulu ribbon alias pita nya. Mau warna apa, terserah. Bebas! Berhubung saya Pinkywati sejati, jadi pita yang saya pilih jelas PINK! :))

Itu lebar pita nya, in case you wanna know ;)

Hal kedua yang perlu disiapin dari ribbon wreath jelas wreath nya. Sebenarnya kalau dari googling, saya lihat ada styrofoam yang memang sudah berbentuk wreath. Jadi tinggal hias saja. Tapi di Jogja kok saya nggak nemu yah. Atau mungkin saya yang lagi-lagi katrok. Ihiks.

But no worries, walaupun nggak ada styrofoam berbentuk wreath, kita bisa siasati pakai benda lain kok. Saya pakai bulatan yang biasa dipakai untuk menyulam itu loh. Di toko bahan kerajinan, ada banyak ukuran bulatan menyulam ini (Apa sih istilah bulatan menyulam? Ihiks). Pilih saja mau yang diameternya seberapa.


Tapi, saya ngerasa bulatan menyulam ini terlalu kurus/pipih. Kayaknya lebih kece kalau sedikit lebih tebal biar nanti pita nya lebih keliatan dan berbentuk. Jadi, bulatan menyulamnya saya gubet-gubet pakai kertas koran lalu diselotip. Sebenarnya kalau mau bikin wreath dari kertas koran yang dibentuk bundar lalu diselotip biasa bisa juga sih. Tapi wreath nya bakal lebih rapih kalau ada kerangka nya dari bulatan menyulam itu. So the choice is yours! :)



So here's what you need:


  1. Pita
  2. Bulatan menyulam dan kertas koran untuk wreath
  3. Selotip untuk merekatkan koran
  4. Gunting
  5. Penggaris atau meteran
  6. Tambahan: Cemilan buat menemani kita berkreasi biar makin semangat. HAHA! 
Okay, jadi semua bahan printilannya sudah terkumpul. Mari kita mulai bikin ribbon wreath nya. Cuss.
  1. Gubet-gubet bulatan menyulam dengan kertas koran kalau memang pengen kerangka wreath lebih gemuk. Gambar sudah saya taroh di atas ya.
  2. Gunting pita-pita nya. Semua pita digunting sama panjang ya supaya wreath nya nggak panjang pendek. Terserah mau bikin panjang pita nya berapa cm. Kalau punya saya panjang pita nya 30 cm.
  3. Ikat pita nya ke wreath. Ikat biasa saja.
  4. Ulangi mengikat pita sekali lagi supaya ikatan pita nggak gampang copot dan bikin amburadulss. Arahkan untaian pita ke atas ya.
  5. Lakukan langkah no 3 dan 4 sampai seluruh wreath tertutup pita. Saat mengikat pita, usahakan jaraknya berdekatan banget supaya nggak ada kerangka wreath yang masih kelihatan.
  6. Oh ya, wreath nya juga bisa ditambah dengan tule kalau mau. Saya juga sempat menambah ornamen tule. Tapi akhirnya saya copot lagi karena menurut saya terlalu ramai. Hehehe.
  7. Setelah selesai, take a moment and look at your ribbon wreath. Nikmati rasa puas dan senengnya karena wreath yang cara bikinnya cuma gitu doank bisa jadi cantik. Hehehehehe. Peace ^_^ 
Jadinya di lumah atit :p
Sudah kah kalian puas dengan ribbon wreath kreasi kalian? Belum? Kalau belum, masih bisa dipercantik lagi loh. Bisa ditempeli hiasan bunga, ditambah tule, dan lain-lain. Untuk ribbon wreath saya, saya pengen hias supaya lebih personalized dengan hiasan huruf-huruf yang membentuk nama anak saya, Aubrey (nama aslinya Ubii). Hehehe. Hiasan huruf ini saya beli di Rumah Warna *bukan promosiong* *bukan ngereview* *keliatan banget malesnya buat bikin huruf sendiri* :))

Hurufnya pun Pinkywati :))
Saya tempel hiasan huruf ke ribbon wreath nya memakai lem tembak. Tapi pakai lem UHU atau Castol juga bisa kok. Tempel-tempel sebentar. Voila! Jadi deh, Aubrey ribbon wreath untuk digantung di kamar mainnya Ubii. Yiipie! ^_^


Gampang banget kan? Yuk, bikin. Ribbon wreath ini bisa dikerjain anak kalau ada tugas membuat prakarya di sekolah. Cocok juga untuk mengisi quality time antara mama dan anak di akhir pekan. Bisa juga untuk anak balita yang sudah memahami perintah/arahan karena mengikat-ikat pitanya bisa berfungsi untuk latihan motorik halus sederhana. Tapi kalau untuk anak balita, pilih pita nya yang lebar dan besar ya supaya mereka nggak kesulitan. Kalau ada yang bikin, jangan lupa difoto dan pamerin ke saya yah. I love seeing handmade things. Hehehe. :)

Oh ya, kalau pengen bikin wreath dengan bahan dasar lain seperti kertas minyak, saya juga pernah bikin juga di tahun 2012.



Baca: DIY Bear Christmas Wreath

Dan ini ada craft lain yang juga saya bikin tutorialnya *sekalian pamer yang lain* *jangan timpuk saya*. Craft ini saya bikin untuk menyambut Natal 2013 kemarin.

Christmas Stick Decoration

Baca: DIY Christmas Stick Decoration

Tapi pola-pola Natal bisa diganti dengan pola lain loh. Mungkin ada yang pengen bikin bentuk ketupat atau bedug untuk teman-teman yang sebentar lagi akan merayakan Idul Fitri. Craft ini lumayan macem-macem fungsinya. Bisa dijadikan hiasan saja seperti gambar saya di atas. Bisa juga jadi kartu ucapan hari raya.


Bisa juga bagian belakangnya diberi selotip jadi tempat untuk menyisipkan angpao Lebaran. Pasti lucu dan unik buat keponakan-keponakan. :))


Seru ya ber-craft ria. Bikin apa lagi ya enaknya? Ada ide? :))


Selamat berkreasi ^_^

22 comments:

  1. Aiihh cantik banget ituuuu...mudah bikinya namun kereeennnn !

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Bikin juga yuk mak yg craft buat Lebaran :))

      Delete
  3. lucunya maaak...pengen coba bikiin...hihi aku blas nggak bisa nge-craft, doakan akuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi pasti bisa. didoain dari sini yaaaa :*

      Delete
  4. Lucuuu. Gampil pulak! Yuk kita berburu pita! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mak buat ama kak Shaki yaaaa :))

      Delete
  5. wih.. kreatif banget nih Mami yg satu ini... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah nggak mak, kan cuma nyontek di Pinterest hihihi

      Delete
  6. cantiknya kebetulan aku juga suka crafting, thanks info menariknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Wah, TOS dulu dong. Mau dong dikasih liat crafts bikinan mba Tira :*

      Delete
  7. lucuuuuuuu...aku mau bikin ahhhhhh buat ngisi liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya lagi liburan ya Mak. Sampai kapan kah?

      Delete
  8. Mami ubi kreatif juga yes. :D
    Hasilnya manis2. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manis biar kayak orangnya wkwkwk. *kepedean*

      Delete
  9. mak ges postingan ini sekalian aja buat GA daftar di mbak susi tentang kerajinan tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku telat baca komennya Mak Lid, huhuhu.

      Delete
  10. Ayok ayok pada bikin, nanti colek aku hasilnya yaaa :*

    ReplyDelete
  11. Wiiii, buat gantungan depan kamar baguuuuussss. Bikin juga ah buat Aisha

    ReplyDelete
  12. Lucuuuuuuk... Aku mw bikin ah :D. Mumpung selasa bsk udh mulai cuti panjang :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...