Thursday, June 30, 2016

Mencuci dan Berkreasi dengan Deterjen Easy Liquid

[Sponsored Post]

Untuk emak-emak, hal lain selain anak yang bikin hebring adalah... cucian. Apalagi kalau si emak punya anak bayi atau balita dan jumlahnya lebih dari satu pula. Dijamin, cucian kotor kayak nggak ada habisnya. Eh, nggak cuman saya aja kan?


Anak saya dua biji: Kakak Ubii (4 tahun) dan Adik Aiden (9 bulan). Mereka semua suka belepotan saat makan dan minum. Mereka juga semangat banget main-main di taman ketemu rumput. Belum lagi kalau pas mereka pup dan ada pupnya heboh sampai nyelepret ke celana walaupun sudah pakai popok sekali pakai. Alhasil, cucian kotor di rumah saya dimonopoli sama dua krucil ini.

Saat sedang capek-capeknya tapi harus mencuci pakaian mereka, sampai kadang saya suka membatin, "Cuci sendiri dong sekali-kali." Oke, ini saya delusional.

Sebenarnya kadang saya sendiri sih yang 'mengundang' mereka untuk berkotor-kotor ria. Misalnya saat saya mengajak mereka main finger paint atau sensory play lain yang bahannya bisa nempel di baju. 


Ya habis gimana, finger paint kan banyak banget manfaatnya untuk perkembangan anak-anak. Nggak cuma untuk motorik halus, tapi juga untuk pengenalan warna, imajinasi, kreativitas, dan lain-lain. Makanya saya nggak tiap hari mengajak mereka main finger paint. Nggak kuat bok kalau harus mengucek tiap hari.

Nah main kayak gini tuh PR banget ngucek bajunya

*___*

Di rumah saya memang ada mesin cuci, yang walaupun tua warisan dari mertua, tapi masih sangat berfungsi dan membantu banget. Tapi, kalau pakaian anak-anak terkena finger paint, noda makanan, atau celepretan pup, nggak bisa langsung bersih lho kalau saya cuci dengan mesin cuci. Jadi harus dikucek tangan dulu, baru deh dicemplungin ke mesin cuci.

Di situ lah letak PR abadi saya saat ini.

Kadang saya malas, nggak langsung ngucek yang kotor melainkan saya tumpuk dulu beberapa biar dikuceknya sekalian. Tapi malah nodanya makin bandel. Saya jadi kapok menunda PR mengucek deh.

Oh iya, sebenernya di dekat rumah saya ada laundry. Tapi sayang ah, buang-buang duit untuk biaya laundry. Saya kan pelit....

Nah, berhubung mengucek pakaian anak-anak adalah pekerjaan mulia tapi malesin dan makan waktu, saya merasa perlu pakai deterjen yang membuat agenda mencuci menjadi easy.

Atas rekomendasi dari ART saya yang sebelumnya sempat kerja di laundry, akhirnya saya mencoba deterjen Easy liquid. Will this Easy make my washing routine easier as the name suggests? Let's try!

Saya tuh orangnya kadang nggak langsung percaya sebelum cobain sendiri. Apalagi berdasarkan pengalaman saya yang dulu-dulu, noda di pakaian Kakak Ubii dan Adik Aiden (entah itu makanan, pup, atau finger paint) memang nggak bisa bener-bener hilang nggak keliatan walaupun sudah saya kucek berkali-kali sampai tangan saya rasanya mau copot. Makanya, saya coba beli 1 botol Easy liquid untuk percobaan.

Percobaannya, saya siapkan dua popok kain bekas yang masih bersih. Masing-masing saya sengaja kotori dengan chilli sauce. Satunya akan saya kucek dengan Easy liquid dan satunya bakal saya kucek pakai deterjen lama saya untuk lihat perbandingan hasilnya.


Deterjen lama saya kebetulan sama-sama deterjen cair dan warnanya juga biru. Tapi malah jadi lebih enak kan kalau perbandingannya dengan deterjen sejenis.

Tampak ada bedanya. Deterjen lama saya terlihat lebih berbuih dan lebih pekat daripada Easy Liquid.


Saat sudah sama-sama dicampur dengan air pun, terlihat ada bedanya. Deterjen lama saya warna birunya lebih kentara daripada Easy Liquid, dan lebih ngeblok juga keliatannya.


Easy Liquid memiliki formula 'Bersih Kilat' yang membuat pekerjaan mencuci jadi lebih ringan serasa dibantu kekuatan 10 tangan, sehingga cuman dengan 1x kucek dan 1x bilas, kegiatan mencuci saya jadi lebih enteng.

Nah, ini dia percobaan saya membandingkan kedua popok kain yang berlumuran chilli sauce dengan deterjen lama dan Easy Liquid. Masing-masing hanya dengan 1x kucek dan 1x bilas.

Hasilnya.. tadaaaaa!


Ternyata memang bener, popok kain yang saya kucek dengan Easy Liquid, nodanya jadi lebih hilang daripada pakai deterjen lama saya. Ritual mencuci saya jadi lebih enteng deh.

So, my curiosity has been answered! Easy Liquid makes my kucek-mengucek routine a lot easier. 

Selain hemat waktu dan tenaga, Easy Liquid juga nggak meninggalkan sisa deterjen di pakaian atau mesin cuci. Jadi nggak perlu khawatir sama resiko menambah noda baru deh. Wangi nya juga tahan lama kok. Dan, yang penting lagi untuk emak-emak centil macam saya, deterjen Easy Liquid tuh lembut di tangan. Nggak bikin tangan kita jadi kasar dan bersisik. 

Setelah beralih ke Easy Liquid yang punya formula 'Bersih Kilat', saya merasakan ada perbedaan yang signifikan. Waktu mengucek saya jadi lebih singkat, nggak selama dulu. Mengucek noda nakal juga nggak seberkali-kali dulu. Saya jadi punya sedikit waktu luang yang rasanya tuh lumayan banget. 

Saya kan memang hobi bikin-bikin craft atau DIY mainan buat anak-anak. Sekarang jadi sempet lagi bikin-bikin. Curi-curi waktu setelah sesi mencuci kelar. Ternyata saya juga bisa memanfaatkan botol bekas Easy untuk mainan anak-anak.

Dari botol Easy Liquid, saya bikin DIY rumah boneka sederhana.

Bahan-bahan kreasi rumah boneka dari botol bekas Easy Liquid

Kayak gini hasilnya:


Mau lihat tutorialnya?

Baca: DIY Doll House dari Botol Bekas Deterjen

Hepi banget deh. Dengan aktivitas mencuci yang lebih efisien, saya bisa punya sisa waktu untuk nyicil bikin-bikin mainan buat anak-anak, meskipun seadanya. Eh tapi walaupun seadanya, rasanya puas loh. Ada nilai sentimentilnya gitu. Hehehe.

Siapa tau juga kan, kalau saya bisa kontinyu bikin mainan anak ala do-it-yourself gini, suatu saat bisa saya jualin. Hahaha. Abis saya mantengin IG, sekarang banyak loh mama-mama kreatif yang menjual kreasi mainannya. Semoga ah.. Amiinn!

So I guess, I should thank Easy for that.

Thank you, Easy!

Kalian gimana moms? Punya cerita apa nih tentang cuci-mencuci pakaian si krucil? Pernah nggak sih mengalami noda yang bener-bener bandel dan nggak bisa hilang bekasnya sampai baju kesayangan anak-anak jadi nggak kece lagi?

Cerita dooonggg..


^___^



Love,





43 comments:

  1. Tulisannya KE.REN!!! Suka banget Mbak sama cara reviewnya. Aih aslik kerennn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakk, thank you, Mas Dani! It means a lot! *sibak poni*

      Delete
  2. Saya juga di rumah langganan pakai Attack. Btw kreatif euy sampai bikin rumah bonekanya juga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehehe, soalnya emang suka bikin-bikin DIY mba :D

      Delete
  3. Mami Gesi selalu kreatip! Aku juga pakainya ini di rumah, tapi aku tau cuma beli nggak nyuci sendiri T__T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Ntar kalau udah beranak, pasti nyuci sendiri deh kamoohhh :p

      Delete
  4. Aku pakainya malah deterjen bubuk dapat piring, hehehe
    belum nyoba Easy Liquid...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga pakainya deterjen bubuk dapat piring, tapi malah jatuhnya lebih boros euy :(

      Delete
  5. Replies
    1. Sini sini aku bikinin buat Mak Icoel, spesial pake telor :D

      Delete
  6. Saya juga suka pake Easy kalau nyuci mak, dan ga panas di tangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah. Kalau deterjen nya panas di tangan tuh gengges banget. Ntar tangan kita gak kece lagi. Wkwkkwk.

      Delete
  7. Kereeen :)
    Sukak ripiunya.
    Duh aku pengen bisa bikin DIY.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Mak InJul. Itu minta lah diajarin sama Kayla. Pinter banget loh doi :D

      Delete
  8. Mami Ubii et Aiden, mau dunk diajarin buat DIY yg Ciamis gitu...

    Easy ya? Baiklah kalo gitu sekarang detergentku ganti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada link tutorialnya kok, Mak Amma > http://www.gracemelia.com/2016/06/diy-doll-house-dari-botol-bekas-deterjen.html

      Delete
  9. Gagal fokus..doll housenya lucuuuk bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiikkk, makasi, Mak Ari. Yuk Tayo, kita bikin sama-sama :D

      Delete
  10. Wah. Lebih gampang ngilangin noda ya? Mantap nih.

    ReplyDelete
  11. Dulu ya, jaman Adam bebi pakenya popok kain. Bayangin, popok kain ! Dalam sehari semalam itu bisa habis popok sampai 4 lusin yg harus langsung direndam - cuci - pakai, kalau ndak wes ra keruan bentuk & aromanya. Secara bebi baru bisa pipis & poop.

    Daaan hasilnya belum sampe 2 bulan cuci mencuci popok, tangan lecet semua karna noda susah hilang & harus dikucek lama ;( belum kenal ini siy,

    Besok cobaaa ah kalau punya bebi lagi hihihi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu Ubii pakai popok kain full sebulan. Pas zaman Aiden, kayaknya seminggu atau 2 minggu doank lalu aku dadah-dadah ke kamera, bahahaha.

      Delete
  12. Wanginya enak dan ampuh ya.. Itu rumah bonekanya lucuuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wanginya wangi bunga, harruuummmm. Makasih, Mak In ^^

      Delete
  13. Okeee... bsk dicoba pake easy liquid😊

    ReplyDelete
  14. beneran cpet ilang nodanya ya mbak?? skr ini sih lg pake liquid detergent yg onoh itu :D.. tp krn mbak ART ku ga prnh ngeluh apa2, aku jg g tau sih itu cepet ngilangin noda ato ga.. tp kalo memang easy segampang ini ngilanginnya, utk bulan depan mndingan aku beli easy aja supaya kerjaan si mbak ga berat2 bgt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain dulu aja, Mba Fanny beli yang sachet buat coba dulu :)

      Delete
  15. Wah kyknya mesti nyoba nih buat ngilangin bekas2 noda makanan baju anak2 tc reviewnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samasama mbaaa April. Glad if this can be useful 😚😚😚

      Delete
  16. mba Grace, ini beneran bantu banget loh pas si mbak gak ada, urusan cuci mencuci jadi beneran 'easy' yah ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeettt. Jadi cepet irit waktu hehehe. Emaknya jadi bisa leha2 bentar kelar ngucek ya mba hahaha

      Delete
  17. Sepertinya saya bisa rekomendasikan ke ibu saya nih mencoba memakai easy untuk dijadikan deterjen.

    ReplyDelete
  18. mbak grace emang kreatif yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya emang suka bikin2 ginian. Dan suka banget ngumpulin barang bekas sampai rumah penuh hahaha

      Delete
  19. anak saya hobi main becek2an, lumpur di bajunya pd susah ilang :(
    cobain pake easy ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba yaaa maakk, semoga noda lumpurnya jadi ilang cling bersih lagi deh baju anak2 😍👌🏻

      Delete
  20. Ahhh bener bgt main finger paint itu Pr banget deh nyuci bajunya..

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^